10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah

10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah

Meluruskan rambut pria yang keriting atau bergelombang dapat dilakukan dengan berbagai alternatif, mulai dari rebonding, perawatan salon, atau pemakaian produk tertentu. Namun, meluruskan rambut dengan bahan-bahan alami lebih aman dan Anda tidak perlu khawatir karena tidak memiliki efek samping yang dapat merusak rambut Anda.

Berbeda dengan meluruskan rambut menggunakan catok atau bahan kimia pelurus rambut. Cara instan tersebut mengandung unsur panas yang memiliki risiko tinggi untuk merusak rambut. Penggunaan cara instan yang salah bahkan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada rambut seperti rambut rontok dan kebotakan.

Jika tidak ingin rambut rusak, cara terbaik meluruskan rambut pria dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekeliling kita. Selain lebih aman, bahan-bahan herbal untuk meluruskan rambut juga dapat menjadi perawatan alami agar rambut tetap sehat. Berikut adalah beberapa cara yang aman untuk meluruskan rambut pria.

1. Masker Pisang & Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Image Credit: Sehatq.com

Salah satu alternatif untuk meluruskan rambut pria secara alami adalah dengan menggunakan buah pisang dan minyak zaitun. Caranya adalah mencampur 1 hingga 3 buah pisang dengan 2 sendok minyak zaitun. Haluskan pisang dan aduk hingga tercampur rata dengan minyak zaitun, kemudian aplikasikan ke rambut sebagai masker.

Berdasarkan penelitian, buah pisang mengandung senyawa lactid acid yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dan sekaligus meluruskan rambut. Asam alami dalam buah pisang tersebut juga bagus untuk menjaga keseimbangan pH asam pada kulit kepala. Masker pisang dapat menjadi cara alami yang aman untuk meluruskan rambut.

Tambahan minyak zaitun pada masker pisang dapat membantu menyehatkan rambut. Kandungan vitamin A, E, dan K dalam minyak zaitun bermanfaat untuk melindungi keratin rambut. Minyak alami ini juga sudah lama dimanfaatkan untuk merawat kelembapan rambut dan  membuat rambut lebih mudah ditata.

2. Santan Kelapa & Lemon

Lemon

Image Credit: Rd.com

Cara meluruskan rambut pria yang mudah dilakukan di rumah adalah dengan menggunakan bahan alami berupa campuran santan kelapa dan lemon. Perasan air lemon ditambahkan ke dalam santan kelap dan didinginkan di lemari es. Minyak santan yang berada di lapisan atas adalah yang digunakan untuk keramas agar rambut lurus.

Setelah diaplikasikan rata ke kepala, biarkan  sekitar 20 menit untuk selanjutnya dibilas dengan shampoo. Bahan alami ini merupakan pilihan tepat untuk meluruskan rambut pria tanpa merusaknya. Santan dapat menjadi conditioner alami yang mampu merawat rambut kusut dan memberikan protein yang cukup pada rambut agar tetap sehat.

Buah lemon mengandung senyawa alami yang bagus untuk membersihkan rambut dari kotoran dan minyak berlebih. Penggunaan air lemon tidak hanya meluruskan, tetapi juga merawat rambut dan mengurangi masalah ketombe. Campuran santan kelapa dan lemon untuk perawatan rambut dapat membantu membuatnya terlihat lebih berkilau.

BACA:  15 Cara Merawat Rambut Kering & Rontok yang Mudah Dipraktikkan di Rumah

3. Telur & Tepung Beras

Telur

Image Credit: Okezone.com

Meluruskan rambut pria tanpa efek samping berbahaya dapat dilakukan dengan menggunakan masker rambut alami. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah satu butir telur dan ambil bagian putihnya, kemudian campur dengan tepung beras sebanyak 5 sendok. Oleskan merata ke seluruh rambut dan biarkan 1 jam sebelum dibilas shampoo.

Setelah rambut dibilas bersih, keringkan menggunakan handuk atau kipas angin. Hindari penggunaan hairdryer agar rambut lurus tetap sehat dan lembut. Penggunaan masker untuk meluruskan rambut pria ini dapat dilakukan setiap seminggu sekali hingga rambut menjadi lurus alami. Rawatlah rambut dengan rajin disisir agar rambut tidak kusut.

Telur merupakan bahan alami yang kaya akan protein untuk menutrisi rambut. Kandungan vitamin A, vitamin B, dan vitamin E pada telur juga bagus untuk merawat rambut keriting agar lebih lurus. Selain itu, telur mengandung asam lemak, mineral dan sulfur yang membantu mengembalikan kelembapan rambut.

4. Pisang & Pepaya

Pepaya

Image Credit: Halodoc.com

Pisang dan pepaya merupakan bahan-bahan alami yang dapat membantu meluruskan rambut pria. Pilih buah pisang dan pepaya yang sudah matang sempurna dan kemudian hancurkan. Campuran pisang dan pepaya tersebut langsung dioleskan ke seluruh rambut dan biarkan hingga mengering, kemudian bilas dengan shampoo hingga bersih.

Selain untuk meluruskan rambut secara alami, buah pisang juga bermanfaat sebagai antioksidan dan antibakteri untuk rambut. Senyawa tersebut dapat menjaga kesehatan dan memperkuat rambut. Sedangkan buah pepaya sendiri mengandung beragam vitamin yang dapat menutrisi rambut, seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Penggunaan masker rambut dari campuran buah pisang dan pepaya ini dapat dilakukan setiap satu minggu sekali. Penggunaan yang rutin akan membantu mengurangi rambut keriting pria sehingga lebih lurus. Selain itu, campuran pisang dan pepaya juga bagus untuk mencegah berbagai permasalahan rambut seperti rambut yang sulit tumbuh.

5. Minyak Kelapa & Minyak Jarak

Minyak Kelapa

Image Credit: Sehatq.com

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa minyak jarak dapat digunakan untuk mengurangi rambut keriting secara alami. Campuran minyak jarak dengan minyak kelapa dapat menjadi bahan perawatan alami untuk meluruskan rambut pria. Cukup gunakan satu sendok minyak jarak untuk dioleskan ke kepala dan biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Minyak alami ini mengandung asam risinoleat dan omega 9 yang bagus untuk kesehatan rambut. Selain meluruskan rambut pria, perawatan alami ini juga bisa membantu membuat rambut menjadi lebih lembut dan tampak berkilau. Shampoo yang digunakan untuk membilas sebaiknya bebas dari sulfat sehingga aman untuk rambut kepala.

BACA:  5 Vitamin yang Efektif Mencegah Rambut Beruban

Kandungan minyak alami pada minyak kelapa bagus untuk mengurangi masalah rambut mengembang yang sering dialami pemilik rambut keriting. Minyak kelapa dan minyak jarak tidak hanya membuat rambut lebih lurus, tetapi juga lebih sehat dan mudah diatur. Gunakan setidaknya satu minggu sekali secara rutin hingga rambut menjadi lurus alami.

6. Lidah Buaya & Minyak Zaitun

Lidah Buaya

Image Credit: Sehatq.com

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang sudah lama dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Manfaat dari lidah buaya antara lain adalah membantu pertumbuhan rambut agar lebih lebat dan untuk meluruskan rambut. Lidah buaya dapat dimanfaatkan bersama minyak zaitun untuk mengurangi rambut keriting secara alami.

Lidah buaya mengandung enzim alami yang dapat membuat rambut lebih halus dan lembut. Sedangkan minyak zaitun merupakan bahan alami yang kaya vitamin untuk menutrisi dan menyehatkan rambut. Lidah buaya dan minyak zaitun untuk masker rambut dipercaya dapat mengurangi rambut yang keriting dan kaku menjadi lebih lembut.

Kandungan vitamin yang tinggi pada lidah buaya juga berperan bagus untuk merawat sel-sel rambut. Selain lebih lurus, masker rambut dari lidah buaya juga bermanfaat untuk memperkuat dan menyehatkan rambut Anda. Permasalahan rambut seperti kerontokan juga bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami ini.

7. Menggunakan Susu Murni

Susu

Image Credit: Jd.id

Mengatasi rambut keriting pada pria bisa dilakukan dengan memanfaatkan susu cair murni. Susu dapat membuat rambut menjadi lebih lurus, menjaga kelembapan rambut, menguatkan akar rambut, dan membuatnya tampak lebih berkilau. Manfaat susu tersebut bisa menjadi perawatan yang mudah dan murah untuk mengatasi rambut keriting.

Caranya adalah dengan menyiapkan susu murni dan tuang ke dalam botol semprot. Tekstur susu murni yang cukup kental bisa diberi sedikit tambahan air agar lebih encer. Semprot air susu tersebut ke seluruh permukaan rambut dan biarkan selama 30 menit. Selanjutnya bilas dengan shampoo hingga bersih dan keringkan menggunakan handuk.

Susu murni mengandung banyak protein, mineral, dan vitamin yang bagus untuk menutrisi rambut. Kandungan fosfor dan kalsium pada susu murni juga berperan penting dalam menjaga dan menguatkan rambut. Kandungan nutrisi yang melimpah pada susu inilah yang dimanfaatkan untuk perawatan rambut alami dan menyehatkan kulit kepala.

8. Menggunakan Sari Apel

Cuka Apel

Image Credit: Wooomania.com

Bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk meluruskan rambut pria selanjutnya adalah sari apel. Siapkan sekitar 2 sendok makan sari apel dan tambahkan satu gelas air. Campur hingga rata dan gunakan air sari apel tersebut sebagai conditioner setelah melakukan keramas.

BACA:  Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat

Sari apel memiliki manfaat untuk mengurangi rambut keriting dan membuatnya lebih lurus secara alami. Bahan ini juga dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan membuat terlihat berkilau. Sari apel mengandung minyak alami yang bagus untuk mengangkat kotoran yang menumpuk di kulit kepala sehingga rambut bisa lebih sehat.

Sari apel yang sudah melalui proses fermentasi mengandung senyawa asam yang bagus untuk kesehatan rambut. Asam alami tersebut mampu membantu menyeimbangkan pH basa pada rambut kepala. Sedangkan cuka apel yang mengandung cider dan alkohol, bermanfaat untuk merawat rambut kusut, rambut kering, dan masalah rambut lainnya.

9. Menggunakan Seledri

Daun Seledri

Image Credit: Hellosehat.com

Daun seledri tidak hanya digunakan untuk bumbu masakan, melainkan bisa juga dimanfaatkan untuk meluruskan rambut pria secara alami. Memanfaatkan daun seledri merupakan cara mudah untuk mengurangi rambut keriting. Caranya adalah dengan menghaluskan daun seledri dan beri sedikit air. Oleskan ke rambut sambil dipijat dengan lembut.

Biarkan air seledri meresap ke akar rambut sekitar 15 hingga 30 menit. Selanjutnya bilas hingga bersih menggunakan shampoo. Minyak seledri mengandung vitamin A yang cukup tinggi untuk menutrisi dan merawat kekuatan akar rambut. Selain untuk meluruskan dan menguatkan rambut, seledri juga dapat mengurangi masalah ketombe.

Seledri juga mengandung protein alami yang bagus untuk menutrisi dan menyuburkan rambut. Kandungan mineral pada daun seledri dapat dimanfaatkan juga untuk mengatasi permasalahan rambut rontok pada pria. Selain itu, sifat antibakteri pada daun seledri juga bagus untuk membersihkan rambut dan mengatasi ketombe pada pria.

10. Menggunakan Minyak Goreng

Minyak Goreng

Image Credit: Dream.co.id

Minyak goreng terbukti dapat membantu meluruskan rambut pria secara alami tanpa efek samping berbahaya. Meluruskan rambut menggunakan minyak goreng merupakan salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan di rumah. Anda tidak perlu ke salon, cukup oleskan minyak goreng ke seluruh rambut kepala secara rutin.

Lakukan sebelum tidur dan tutup rambut agar tidak mengotori bantal. Pada pagi harinya, Anda bisa membilas dan membersihkan rambut menggunakan shampoo. Keringkan rambut dengan handuk atau kipas angin. Jangan gunakan hairdryer agar rambut tidak kering, kusam, dan kembali keriting.

Jenis minyak goreng yang bisa dimanfaatkan untuk meluruskan rambut pria antara lain adalah minyak wijen, minyak almon, minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak biji bunga matahari. Pilih salah satu jenis minyak goreng dan gunakan untuk perawatan rutin di rumah agar rambut menjadi lurus alami, lebih kuat, berkilau, dan lebih sehat.

Itulah 10 rekomendasi cara alami yang bisa dilakukan untuk meluruskan rambut pria. Jika Anda malas ke salon atau tidak ingin menggunakan bahan-bahan kimia yang bisa merusak rambut, cara meluruskan rambut secara alami di atas bisa menjadi pilihannya. Namun, harus sabar karena hasilnya tidak secepat meluruskan rambut dengan catok dan lainnya.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba