10 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Cepat dan Hasil Permanen

10 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Cepat dan Hasil Permanen

Memang diakui, kulit putih bersih adalah dambaan semua orang, apalagi wanita. Namun, cara yang mereka tempuh kebanyakan masih salah untuk ditiru, apalagi jika sudah menghabiskan ratusan juta hanya untuk kulit bersih. Tidak berhasil melakukan perawatan dalam negeri, biasanya mereka akan berlabuh ke negara tetangga untuk melakukan perawatan kulit.

Khususnya bagi masyarakat di Asia yang ingin mempunyai kulit terlihat putih bersih alami. Apapun caranya, pasti akan mereka lakukan hingga memperoleh hasil yang indah. Mulai dari mencoba produk perawatan, mendatangi langsung terapi kulit hingga mencoba langkah ekstrem dengan suntikan pemutih.

Mereka tidak tahu efek samping yang diperoleh akibat salah memilih produk. Apakah itu berbahaya bagi tubuhnya atau bahkan lebih baik. Masih banyak cara sederhana untuk memperoleh kulit putih.  Selain itu, cara ini terbilang ampuh dan bisa bertahan lama karena cukup menggunakan bahan herbal pilihan. Apa saja itu? Simak penjelasan 10 cara memutihkan kulit secara alami berikut ini.

1. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Image Credit: Sehatq.com

Fungsi dari lidah buaya adalah agar kulit terbebas dari warna gelap dan menjaganya terlihat lembab. Cara penggunaannya adalah pilih jenis lidah buaya yang masih segar. Setelah itu usap perlahan pada permukaan kulit yang gelap. Jangan bilas sebelum 20 menit, setelah itu barulah Anda basuh menggunakan air biasa.

Apabila bosan dengan cara tersebut, Anda bisa mencampurkan dengan bahan yang lain seperti minyak almond. Pada langkah ini, Anda harus mencampurkan kedua bahan tersebut pada gelas kosong. Setelah itu oleskan bahan itu pada kulit dan diamkan selama 20 menit. Untuk memperoleh hasil yang baik, usahakan agar terjauh dari sinar matahari langsung.

Perlu diingat juga bahwa perawatan menggunakan lidah buaya akan bagus untuk tipikal kulit berminyak. Kinerja lidah buaya lebih efektif dan menuai hasil yang cepat untuk memperoleh kulit putih bersinar.

2. Lemon

Lemon

Image Credit: Rd.com

Buah lemon tidak digunakan untuk hidangan minuman saja, ternyata buah yang kaya akan vitamin c ini mampu membuat kulit seseorang terlihat cerah dan putih. Terdapat 2 langkah untuk menggunakan lemon sebagai perawatan kulit. Campurkan 3 sendok perasan lemon, setelah itu tambahkan juga 1 dadih serta 2 sendok tepung garam.

Campur aduk semua bahan hingga terbentuk seperti adonan, lantas dinginkan selama 20 menit.  Setelah dirasa keras, laburkan adonan ke seluruh tubuh Anda. Lakukan hal ini setiap hari untuk memperoleh hasil maksimal. Untuk cara kedua lebih sederhana yaitu membuat lemon menjadi scrub. Anda perlu madu sebagai bahan tambahan, setelah itu aduk rata bersamaan dengan lemon dan gula.

Terdapat bahan lain yang bisa Anda gunakan sekaligus. Misalnya adalah petereli atau parsley. Anda akan membuat sebuah ramuan pemutih kulit secara alami dari bahan gabungan itu. Untuk langkah-langkahnya lebih sederhana lagi. Cukup merebus peterseli terlebih dahulu, setelah itu berikan sedikit perasan lemon.

BACA:  13 Manfaat Asam Untuk Kesehatan & Kecantikan

Untuk mempermudah ketika mengoleskan pada kulit, gunakan bola kapas dan rendam pada ramuan tadi. Biarkan sesaat hingga bola kapas tercelup secara penuh, lantas Anda tinggal mengoleskan pada permukaan kulit. Untuk ramuan ini lebih diutamakan pada bagian tubuh yang terdapat noda hitam, dengan mengoleskan ramuan lemon tersebut noda hitam akan hilang dengan sendiri.

3. Pepaya

Pepaya

Image Credit: Halodoc.com

Pepaya saja juga bisa digunakan, namun akan lebih berhasil jika menambah 1 bahan lagi yaitu jeruk nipis. Manfaat dari bahan tersebut adalah kulit seseorang akan menjadi putih secara cepat akibat kandungan nutrisi pada buah pepaya dan jeruk nipis. Selain itu, buah ini mempunyai zat antioksidan yang berfungsi mencegah adanya radikal bebas.

Untuk penggunaannya sangat sederhana, haluskan terlebih dahulu semua bahan tersebut. Gunakan kapas sebagai bahan peresap ketika campuran tersebut sudah Anda peras dan mengeluarkan sari-sari pepaya. Laburkan pada area wajah, dada, hingga bagian leher. Setelah itu diamkan sesaat kurang lebih 15 menit.

Anda bisa juga mencampurkan beberapa bahan sekaligus seperti pepaya, madu, oatmeal, cokelat, dan juga susu. Campurkan semua bahan jadi satu dan tumbuk sampai halus. Setelah halus, Anda bisa menggunakan bahan tersebut sebagai masker wajah. Oleskan pada permukaan wajah dan diamkan selama 10 menit. Setelah dirasa mengering, Anda bisa membasuhnya menggunakan air.

Meskipun pepaya banyak mengandung vitamin C, banyak peneliti yang masih melakukan penelitian lebih lanjut. Tujuannya hanya ingin memastikan kembali bahwa buah pepaya mampu dijadikan bahan untuk memutihkan kulit secara alami dan permanen.

4. Mentimun

Mentimun

Image Credit: Baliekbis.com

Kandungan pada mentimun berupa mineral dan beberapa vitamin. Kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga tingkat kesegaran kulit, sehingga kulit akan nampak segar dan tidak kusam. Manfaat lain dari mengkonsumsi mentimun adalah adanya penghambatan pigmentasi pada kulit. Ada juga, bahwa dari mentimun saja warna kulit yang gelap akan terlihat samar-samar.

Anda bisa mengkonsumsi secara langsung atau memilih cara menghaluskannya dengan blender. Setelah mentimun halus, Anda bisa campurkan 2 helai lidah buaya dan aduklah hingga rata. Hasil proses semacam ini sering disebut krim mentimun. Ketika sudah berbentuk krim, Anda hanya perlu mengoleskan pada sekujur tubuh dan diamkan saja selama 10 menit.

5. Alpukat

Alpukat

Image Credit: Liputan6.com

Bahan herbal pemutih kulit selanjutnya adalah buah alpukat. Manfaat mengkonsumsi alpukat setiap hari bisa membuat kulit Anda terlindungi dan menghilangkan efek keriput. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan pada alpukat, dan juga vitamin E dan C. Vitamin E berguna untuk terhindar dari penuaan dini. Sedangkan vitamin C berguna agar kulit seseorang terlihat segar dan kuat.

BACA:  8 Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

Bagaimana cara menggunakannya? Mudah sekali, siapkan 2 buah alpukat yang sudah matang. Kemudian haluskan alpukat dan tambahkan air secukupnya. Setelah itu, Anda bisa membalurkan campuran itu pada kulit dan diamkan selama 20 menit. Untuk memperoleh hasil maksimal, Anda bisa menggunakannya ketika ingin mandi atau di pagi hari.

Bisa juga menjadikan buah alpukat sebagai masker. Hanya saja Anda butuh madu sebagai bahan campuran. Caranya hampir sama, yaitu mencampurkan kedua bahan tersebut menjadi satu hingga menjadi sebuah pasta.

Sebelum mengoleskannya pada wajah, bersihkan terlebih dahulu permukaan wajah dengan lap kering. Hal ini bertujuan untuk membuka pori-pori pada kulit. Setelah itu, barulah Anda bisa oleskan pasta tersebut ke seluruh permukaan wajah. Diamkan selama 20 menit dan setelah itu bisa Anda bersihkan wajah menggunakan air bersih.

6. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Image Credit: Sehatq.com

Banyak sekali manfaat yang terkandung pada minyak zaitun, salah satunya sebagai bahan herbal pemutih kulit secara permanen. Ingin permanen asalkan Anda mampu mempraktikannya secara teratur. Kandungan utama pada minyak zaitun adalah Linoleic Aci yang berfungsi untuk keseimbangan zat yang berada di kulit.

Selain itu, minyak zaitun juga mempunyai kandungan antrioksidan yang bagus untuk melindungi sel pada kulit. Cara menggunakannya adalah siapkan 4 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok madu. Setelah itu, campur rata kedua bahan itu hingga menjadi bahan lulur. Balurkan setiap tubuh setelah Anda selesai mandi.

Cara kedua, Anda bisa memanfaatkan jus lemon sebagai bahan tambahan lainnya. Langkah yang harus Anda lakukan hanyalah mencampurkan 1 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok jus lemon.

Setelah semua tercampur, Anda bisa melaburkan pada seluruh permukaan kulit. Jangan lupa untuk memijatnya secara perlahan agar bahan tersebut mampu meresap pada sel-sel kulit. Anda hanya perlu mendiamkannya selama 20 menit, barulah bilas dengan air bersih.

7. Air Beras

Air Beras

Image Credit: Merdeka.com

Ketika ingin memasak nasi, pasti Anda akan membersihkan beras tersebut bukan? Nah, air beras itulah yang bisa dimanfaatkan sebagai perawatan kulit. Ternyata, air beras tersebut mempunyai kandungan berupa asam ferulli dan allantoin yang berguna untuk mencerahkan kulit.

Berikut ini adalah langkah dalam pemakaiannya. Simpan air beras yang Anda gunakan untuk membersihkan beras. Setelah Anda pisah, biarkan air tersebut terlihat mengendap. Nah, dari endapan air beras tersebut bisa Anda gunakan sebagai bahan lulur pada kulit

8. Bengkoang

Bengkoang

Image Credit: Liputan6.com

Dari warna buah ini saja sudah terlihat putih. Sudah pasti jika seseorang mengkonsumsinya akan memberikan efek putih pada tubuh. Tepat sekali, bengkoang mempunyai kandungan vitamin B serta vitamin C yang berguna untuk mencerahkan kulit dan menjaga agar kulit tetap bersih.

BACA:  Cara Membuat Masker Kunyit Untuk Perawatan Kulit

Adapun cara dalam menggunakan bengkoang sebagai bahan pemutih kulit, yaitu dengan menghaluskan bengkoang dan peraslah hingga mengeluarkan air. Anda bisa memanfaatkan sari bengkoang tersebut sebagai masker lulur ketika mandi. Selain sebagai lulur, Anda bisa menjadikan bengkoang menjadi scrub karena tinggal menambahkan parutan dari bengkoang.

Ada cara lain lagi untuk memanfaatkan bengkoang menjadi masker wajah. Namun tujuannya tetap sama, yaitu memutihkan bagian kulit dan membuatnya nampak bersih bersinar. Siapkan 1 buah bengkoang, kemudian cuci hingga bersih. Anda hanya membutuhkan perasan air bengkoang, agar lebih mudah parut terlebih dahulu bengkoang tersebut dan peras hingga mengeluarkan air.

Untuk memperoleh hasil maksimal, hindari penambahan air ketika memeras bengkoang. Cukup mendiamkan parutan bengkoang maka buah itu akan memiliki endapan air sendiri. Setelah itu berikan sedikit madu dan campurlah menjadi satu. Selesai, masker wajah dari bengkoang sudah bisa Anda gunakan sebagai perawatan.

9. Putih Telur

Putih Telur

Image Credit: Alodokter.com

Tidak perlu biaya mahal untuk memperoleh wajah yang glowing dan putih berseri. Dengan menggunakan putih telur saja sudah bisa menjadikan kulit tubuh menjadi putih secara alami. Karena pada putih telur terkandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh seseorang.

Protein yang terkandung pada putih telur bermanfaat sebagai regenerasi kulit mati yang terkelupas dan digantilah sel kulit baru yang lebih baik. Meskipun ada efek amis pada putih telur, namun sudah banyak wanita korea yang menjadikan putih telur sebagai ramuan herbal alami.

Tidak percaya? Seperti inilah cara mereka melakukannya. Pisahkan terlebih dahulu kuning telur dan putih telur. Kocoklah putih telur tersebut hingga mengeluarkan busa. Anda Bisa menambahkan madu sebagai bahan campuran, lantas balurkan pada seluruh tubuh dan diamkan selama 20 menit dan bilaslah menggunakan air bersih. Anda bisa menjadikan itu sebagai masker atau luluran pada tubuh.

10. Tomat

Tomat

Image Credit: Reviewed.com

Buah tomat mempunyai kandungan seperti Lycopine yang bermanfaat untuk menghindari adanya radikal bebas pada kulit. Sealin itu, tomat juga berkhasiat membantu sel kulit terlihat putih berseri. Ada lagi satu manfaat yang tidak kalah penting yaitu sebagai tabir surya agar menghindari kerusakan akibat pancaran sinar ultravilolet

Untuk menggunakan tomat sebagai bahan herbal pemutih kulit, Anda bisa menumbuknya hingga menjadi bubur. Setelah itu laburkan bubur tomat tersebut pada kulit dan diamkan saja selama 20 menit. Setelah itu, baru Anda bilas menggunakan air bersih. Jika tidak mau repot, Anda bisa sekaligus mandi setelah selesai membalurnya pada kulit.

Bagaimana? Sangat banyak bukan cara sederhana untuk memutihkan kulit secara alami dan permanen. Selain itu, cara dan bahan yang digunakan bebas dari efek samping berbahaya. Itu sebabnya, pilihlah cara aman diatas daripada menggunakan produk-produk berbahaya yang banyak beredar di pasaran.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba