Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat

Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat

Rambut rontok merupakan  hal yang sering terjadi pada setiap orang, baik muda maupun tua. Tentunya ini akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman, sebab ada kemungkinan hal tersebut akan membuat rambut menjadi botak bahkan sampai pada kasus kehabisan rambut.

Rambut rontok bisa di derita oleh siapa saja dan memiliki penyebab yang beragam. Sehingga, perawatannya pun cenderung berbeda antar tiap orang. Untuk itu, perlu perawatan dan pengobatan yang tepat untuk mengatasi rambut rontok. Apakah masalah ini terjadi pada Anda? Jika iya, Anda bisa menggunakan beberapa langkah berikut untuk mengatasi rambut rontok.

Yang perlu diperhatikan adalah, bahwa terdapat cara alami untuk mengatasi rambut rontok, Anda hanya perlu menggunakan bahan-bahan yang tersedia di alam, tanpa harus menggunakan bahan-bahan kimia. Berikut langkah-langkahnya agar bisa mengatasi rambut rontok secara cepat dan mudah, sekaligus memberikan hasil yang signifikan.

1. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Image Credit: Sehatq.com

Langkah pertama untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan menggunakan lidah buaya. Caranya mudah dan gampang, Anda hanya perlu menyiapkan lidah buaya saja sebagai bahan untuk memperkuat dan membuat rambut Anda menjadi tidak mudah rontok. Banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya, sehingga rambut Anda akan semakin sehat.

Langkah juga cukup mudah, Anda hanya perlu membahasi rambut, kemudian menunggunya hingga setengah kering. Pada tahap ini bisa mengiris lidah buaya tersebut, lalu mengusapkan lendir yang terdapat pada lidah buaya ke seluruh rambut Anda, dari akar hingga ke ujungnya. Lakukan 2-3 kali per minggu agar hasilnya makin optimal.

2. Kemiri

Minyak Kemiri

Image Credit: Popmama.com

Selanjutnya adalah menggunakan kemiri, pada tahap ini, rambut Anda tidak hanya berkurang rontoknya, namun juga membuat rambut Anda semakin sehat dan indah. Sebab di dalam kemiri tersedia berbagai nutrisi yang dapat membuat rambut Anda makin subur dan tidak mudah rontok.

BACA:  10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah

Daripada menggunakan jenis samphoo yang mahal, Anda bisa menggunakan kemiri dengan harga yang lebih ekonomis, namun tetap memberikan hasil yang maksimal. Caranya, sangrai kemiri kemudian tumbuk sampai halus. Akan ada minyak yang keluar dan oleskan pada rambut. Bilas sampai bersih setelah di diamkan beberapa saat.

3. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis

Image Credit: 8villages.com

Bahan alami selanjutnya adalah jeruk nipis. Dalam jeruk nipis terapat berbagai zat yang mengandung bahan alami yang bisa mencegah rambut rontok. Langkahnya cukup mudah, anda hanya perlu mengiris tipis buah jeruk ini menjadi beberapa bagian, kemudian usapkan pada kulit kepala.

Selanjutnya, Anda hanya perlu mendiamkannya selama beberapa menit untuk hasil yang optimal. Cukup 15 menit saka, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan beberapa kali seminggu dan lakukan secara rutin, ini akan membuat masalah rambut rontok Anda hilang dan teratasi lebih cepat.

4. Neem

Neem

Image Credit: Merdeka.com

Neem merupakan sejenis daun yang bisa membantu Anda untuk mengatasi rambut rontok. Sering disebut sebagai nimba, ia memiliki senyawa anti bakteri yang bisa membantu Anda untuk melawan bakteri pada rambut sekaligus membuatnya tetap sehat dan kuat, sehingga rambut tidak mudah rontok.

Caranya cukup mudah untuk menggunakan daun neem ini, Anda hanya perlu merebusnya dengan air, kemudian membiarkannya mendidih atau sampai airnya berubah warna. Gunakan untuk mencuci rambut seminggu sekali, atau dua kali seminggu, lakukan secara berkelanjutan untuk hasil yang lebih maksimal.

5. Avokad

Alpukat

Image Credit: Liputan6.com

Selain enak dimakan dan mengandung banyak vitamin dan mineral, alpukat ternyata cukup ampuh untuk melawan berbagai macam penyakit dan masalah rambut, salah satunya adalah rambut rontok. Dengan nutrisi yang tepat, rambut Anda bisa terbebas dari masalah tersebut menggunakan masker rambut alpukat.

BACA:  10 Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel Dengan Cepat

Cara menggunakan alpukat sebagai bahan alami untuk menumbuhkan rambut sangat mudah. Haluskan alpukat, untuk kemudian di oleskan pada rambut dan mendiamkannya selama kurang lebih 20 menit, agar semua nutrisinya terserap dengan sempurna. Pembilasan dilakukan dengan shampoo agar hasilnya lebih bersih.

6. Teh Hijau

Konsumsi Teh Hijau

Image Credit: Dream.co.id

Teh ternyata bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut rontok, selain ia bisa dinikmati sebagai minuman herbal. Manfaatnya untuk kesehatan cukup tinggi, ia bisa mengatasi masalah pencernaan, stress dan yang utama bisa mencegah rambut Anda rontok secara berlebih.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu merebus teh hijau untuk digunakan sebagai pembilas rambut setelah selesai keramas. Ini akan membuat akar rambut Anda menjadi lebih kuat dan sehat. Untuk takaranya, jika menggunakan teh kantong, Anda hanya perlu menggunakan 3 buah saja.

7. Ketumbar

Ketumbar

Image Credit: Keepo.me

Selanjutnya adalah ketumbar. Bahan penyedap masakan yang satu ini, ternyata memiliki beragam jenis manfaat, salah satunya untuk mengatasi rambut rontok. Nutrisi yang terkandung dalam ketumbar, membuatnya mudah di serap rambut, sehingga bisa mencegah berbagai masalah kerontokan.

Anda hanya perlu melakukan penghalusan dengan ketumbar, baik dengan cara di jus ataupun di tumbuk. Di jus lebih direkomendasikan, sebab hasilnya lebih halus dan cocok digunakan sebagai masker rambut. Oleskan pada rambut untuk menghasilkan akar rambut yang kuat dan sehat.

8. Kentang

Image Credit: Endeus.tv

Anda bisa mengkonsumsi kentang sebagai menu diet yang sehat, namun ternyata ia memiliki khasiat untuk mengurangi rambut rontok. Hal tersebut bukan tanpa alasan, di kentang Anda akan menemukan berbagai macam mineral yang bisa membantu rambut Anda yang telah rontok tumbuh dengan subur.

BACA:  5 Vitamin yang Efektif Mencegah Rambut Beruban

Caranya mudah, Anda hanya perlu memblendernya untuk mendapatkan sari kentang yang halus, untuk kemudian dioleskan pada rambut. Lakukan dua sampai tiga kali per minggunya untuk hasil yang lebih optimal. Bilas dengan air bersih atau menggunakan shampoo untuk menghilangkan residu yang menempel.

9. Minyak Esensial Kelapa

Minyak Kelapa

Image Credit: Sehatq.com

Ini tentu sudah tidak asing bagi Anda yang sering melakukan perawatan rambut. Kelapa dikenal sebagai salah satu bahan alami yang bisa mengatasi kerontokan rambut secara alami namun dengan hasil yang lebih cepat dan signifikan. Anda juga bisa mendapatkannya dengan mudah di toko-toko maupun pasar tradisional.

Cara memakainya juga cukup mudah, Anda hanya perlu memijatnya secara lembut di kulit kepala. Lakukan secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal. Selain mengatasi rambut rontok, minyak kelapa juga bisa membantu Anda untuk memperindah dan memperhalus rambut.

10. Bawang dan Madu

Bawang dan Madu

Image Credit: Adicrea.org

Campuran bawang dan madu ternyata terbukti cukup efektif untuk mengatasi rambut rontok. Cara mencampurkannya tentu menggunakan blender agar hasilnya lebih halus dan merata. Caranya juga mudah, Anda hanya perlu mengoleskannya di rambut dan menunggu sekitar satu hingga dua jam sebelum dibilas.

Lakukan secara rutin untuk hasil yang kian maksimal. Anda harus membilasnya sampai bersih agar tidak menimbulkan residu dan mengakibatkan ketombe. Sehingga, rambut Anda benar-benar bersih setelah pemaskeran dengan bawang dan madu dilakukan.

Itulah langkah dan cara alami untuk mengatasi rambut rontok yang untuk lakukan di rumah. Bahannya mudah ditemukan dan cukup mudah pula pembuatannya. Hasilnya memang memerlukan waktu yang lama, namun, Anda akan mendapatkan rambut yang sehat tanpa bahan kimia.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba