Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Cepat & Mudah Dilakukan

Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Cepat & Mudah Dilakukan

Bagi banyak orang, kemunculan jerawat adalah sesuatu yang sangat menjengkelkan. Hal ini tidak dipungkiri karena apabila jerawat muncul, usaha yang dikeluarkan tidak cukup sekedar mengempeskannya saja, namun setelah jerawat muncul, Anda akan dihadapkan oleh masalah lain yaitu bekas jerawat yang tentunya juga akan memakan usaha untuk menghilangkannya.

Bekas jerawat dapat bermacam-macam, ada yang berupa flek hitam, bekas kemerahan, dan ada pula yang sampai membuat kulit bopeng. Anda perlu mengetahui beberapa cara yang tepat untuk merawat jerawat Anda agar bekas yang ditinggalkan juga tidak terlalu buruk. Hal yang paling sederhana adalah jangan menyentuh jerawat Anda menggunakan tangan berkali-kali.

Selain menjaga kebersihan wajah, Anda juga dapat melakukan beberapa cara agar jerawat dan bekasnya cepat menghilang. Salah satunya adalah menggunakan masker. Jangan buru-buru membeli masker yang beredar di pasaran dulu, Anda dapat menyimak beberapa cara alami menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dan mudah dilakukan sebagai berikut:

1. Menggunakan Madu

Madu

Image Credit: Hellosehat.com

Madu terkenal akan khasiat dan manfaatnya yang sangat banyak. Tak heran madu dijuluki sebagai obat dari segala penyakit. Manfaat madu pun juga dapat dirasakan pada bidang kecantikan. Diantaranya adalah untuk melembabkan, menghaluskan, melembutkan, menghilangkan jerawat, dan juga bekasnya.

Anda dapat menggunakan madu sebagai masker harian Anda agar kulit Anda senantiasa selalu terawat. Caranya adalah oleskan madu ke wajah atau daerah yang memiliki bekas jerawat, tunggu hingga mengering kemudian bilas dengan air hangat. Anda juga dapat mencampurkan madu dengan bahan masker lain seperti oatmeal dan susu.

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, jangan ragu untuk menggunakan madu sebagai perawatan kulit Anda. Karena madu bersifat sangat lembut sehingga mencegah terjadinya iritasi. Jika Anda menggunakannya secara berkala, Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal. Semakin baik kualitas madu juga tentunya akan memiliki efek yang lebih baik pula.

2. Menggunakan Kentang

Image Credit: Endeus.tv

Kentang yang seringkali menjadi bahan makanan ini merupakan bahan yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat begitu pula dengan bekasnya. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam kentang diketahui dapat berguna untuk penyembuhan kulit yang bermasalah.

Caranya adalah Anda dapat membersihkan kentang terlebih dahulu sampai benar-benar bersih kemudian parut atau haluskan kentang. Setelah itu Anda dapat mengoleskannya ke wajah sebagai masker. Atau Anda juga bisa memotong tipis kentang dan meletakkan irisannya ke area yang memiliki bekas jerawat.

3. Menggunakan Baking Soda

Baking Soda

Image Credit: Today.com

Selain digunakan untuk bahan membuat kue, ternyata Anda juga dapat memanfaatkan baking soda sebagai penghilang bekas jerawat. Dalam baking soda terkandung kristal sodium bicarbonate yang dapat berfungsi sebagai pengangkat sel kulit mati. Tentunya akan sangat berguna untuk menghilangkan bekas jerawat.

BACA:  10 Tips Perawatan Kulit Wajah Secara Alami & Mudah Dilakukan

Perlu Anda ketahui sebelumnya, bahwa bekas jerawat merupakan jenis sel kulit mati. Sel mati tersebut perlu diangkat agar kulit wajah dapat mudah beregenerasi dan menggantinya menjadi sel kulit yang sehat. Sel kulit yang sehat tentunya juga akan membuat kulit Anda lebih cerah dan bersih.

Oleh karena itu, baking soda dapat Anda gunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat di kulit Anda. Anda dapat menggunakannya sebagai scrub atau hanya untuk dioleskan ke bagian yang memiliki bekas jerawat. Caranya adalah mencampurkan baking soda dengan air ataupun bahan lain seperti madu dan perasan jeruk lemon, campur kemudian aplikasikan.

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan baking soda. Anda dapat mengaplikasikannya sedikit terlebih dahulu untuk mengetahui reaksi kulit terhadap baking soda. Apabila kulit Anda timbul warna kemerahan atau rasa tidak nyaman, sebaiknya Anda hentikan penggunaan dan beralih ke cara yang lain.

4. Menggunakan Lemon

Lemon

Image Credit: Rd.com

Lemon diketahui sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit. Telah banyak beredar produk-produk kosmetik yang menambahkan ekstrak lemon sebagai kandungan didalamnya. Hal ini dikarenakan perasan lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit. Tak heran penggunaan lemon juga dapat membantu proses penyembuhan jerawat.

Selain itu, jeruk lemon juga mengandung asam alfa hidroksi alami (AHA) yang dipercaya dapat berfungsi untuk menghilangkan bekas jerawat. Kandungan AHA telah diketahui banyak orang memiliki manfaat eksfoliasi kulit, agar sel-sel kulit mati dapat terangkat. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan jeruk lemon sebagai penghilang bekas jerawat.

Cara penggunaannya cukup mudah. Anda dapat membersihkan lemon terlebih dahulu kemudian potong dan peras buah lemon tersebut. Air perasan itu dapat Anda oleskan ke bagian wajah yang memiliki bekas jerawat. Jangan lupa sebelum mengoleskannya, Anda perlu membersihkan tangan dan wajah terlebih dahulu. Diamkan hingga kering lalu bilas dengan air bersih.

Perlu diperhatikan bahwa lemon memiliki efek tidak nyaman seperti kemerahan dan rasa terbakar pada sebagian orang. Maka Anda perlu untuk mengecek terlebih dulu reaksi dari perasan jeruk lemon terhadap kulit Anda. Caranya adalah mencoba sedikit terlebih dahulu, atau Anda bisa menggunakan kapas untuk mengaplikasikannya.

5. Menggunakan Tomat

Tomat

Image Credit: Reviewed.com

Seperti yang kita tahu, tomat memiliki vitamin dan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Khasiat dari tomat inilah dapat kita manfaatkan di berbagai bidang seperti kesehatan dan kecantikan. Di bidang kecantikan, ternyata tomat juga dapat digunakan sebagai bahan untuk memperbaiki kerusakan jaringan pada kulit. Salah satunya adalah bekas jerawat.

BACA:  15 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami yang Paling Ampuh

Tomat mengandung karoten sebagai antioksidan, selain itu juga terdapat vitamin C dan vitamin A. Kandungan inilah yang diketahui dapat menyembuhkan kerusakan jaringan pada kulit, termasuk bekas jerawat. Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk menggunakan tomat sebagai pilihan alami perawatan kecantikan kulit Anda.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, Anda dapat menghancurkan tomat terlebih dahulu kemudian oleskan ke bagian wajah yang memiliki bekas jerawat. Atau Anda juga dapat memotong tipis tomat untuk Anda letakkan ke bagian kulit yang bermasalah. Diamkan sekitar 20-30 menit kemudian bilas menggunakan air bersih.

Efek penggunaan tomat sebagai masker adalah sensasi yang menyegarkan pada kulit. Jika Anda ingin mendapatkan kesegaran pada wajah yang maksimal, Anda dapat membilas menggunakan air dingin setelah menggunakan masker. Anda juga dapat mengompres bagian mata dengan irisan tomat sembari menunggu masker di wajah mengering.

6. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah Buaya

Image Credit: Sehatq.com

Lidah buaya telah terkenal sebagai bahan dari banyak produk kecantikan. Karena tidak diragukan lagi, lidah buaya memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Beberapa manfaat lidah buaya antara lain adalah melembabkan, menenangkan, menutrisi, melembutkan, dan mendinginkan kulit.

Lidah buaya atau yang juga sering disebut sebagai aloe vera ini ternyata juga dapat bermanfaat menghilangkan bekas jerawat. Bagi Anda yang memiliki bekas jerawat berupa flek hitam, lidah buaya dapat Anda manfaatkan. Hal ini karena dalam lidah buaya terkandung zat aloesin yang berfungsi menghambat produksi melanin di kulit.

Perlu Anda ketahui bahwa bekas jerawat berupa flek hitam dapat terjadi karena penumpukan melanin dalam kulit. Inilah yang menyebabkan kulit memiliki warna lebih gelap. Oleh karena itu, untuk menghilangkan bekas jerawat berupa flek hitam Anda perlu menghambat pembentukan melanin. Menggunakan masker lidah buaya adalah pilihan yang tepat.

Anda perlu mengupas kulit lidah buaya terlebih dahulu sebelum menghaluskannya. Hal ini dikarenakan apabila Anda menghaluskan bersamaan dengan kulitnya maka akan timbul rasa gatal yang tidak nyaman. Ambil gel lidah buaya tersebut untuk dioleskan ke wajah atau bagian yang memiliki bekas jerawat.

7. Menggunakan Timun

Image Credit: Baliekbis.com

Timun juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk kecantikan. Beberapa kandungan dalam timun seperti magnesium, vitamin A, dan vitamin C dipercaya sangat berguna bagi kecantikan kulit. Anda juga dapat memanfaatkan kandungan dari timun ini untuk menghilangkan bekas jerawat Anda.

Anda dapat sekedar mengiris tipis timun untuk diletakkan pada daerah yang terdapat bekas jerawat atau menghaluskannya terlebih dahulu untuk dijadikan sebagai masker wajah. Sensasi yang Anda dapatkan saat menggunakan masker timun adalah efek segar dan mendinginkan. Sehingga Anda akan merasa nyaman saat memakainya.

8. Menggunakan Gula

Gula

Image Credit: Okezone.com

Apabila Anda tidak memiliki bahan makanan apapun di kulkas, Anda dapat mencoba gula sebagai cara alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Perlu Anda ketahui bahwa gula tebu memiliki asam alfa hidroksi dan asam glikolat yang dapat berfungsi untuk membersihkan sel-sel kulit mati. Sehingga bekas jerawat juga dapat hilang.

BACA:  9 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Anda dapat menggunakan gula sebagai scrub. Caranya adalah Anda dapat mencampurkan gula dengan madu, air perasan lemon, atau minyak zaitun terlebih dahulu. Campur hingga tekstur menjadi pasta lalu oleskan ke wajah. Gosok dengan lembut dan pelan-pelan wajah Anda agar kotoran dan sel-sel kulit mati dapat terangkat.

Sebelum Anda menggunakan gula sebagai srcub, Anda perlu terlebih dahulu memperhatikan ukuran butiran gula. Apabila ukuran butiran terlalu besar dan kasar, itu akan menyakiti kulit Anda. Anda dapat menggerus gula terlebih dahulu hingga ukurannya kecil. Atau Anda juga dapat memilih produk gula yang memiliki butiran cukup kecil.

Lakukan scrub sekitar dua atau tiga hari sekali. Jangan melakukannya terlalu sering karena akan justru dapat merusak jaringan kulit wajah Anda. Pastikan untuk melakukan scrub dengan lembut karena jika terlalu kasar, kulit juga dapat rusak. Aplikasikanlah secara tepat agar manfaat yang didapat juga akan maksimal.

9. Menggunakan Es Batu

Image Credit: Ramesia.com

Menggunakan es batu untuk menghilangkan bekas jerawat adalah hal yang paling mudah dilakukan. Cukup ambil es batu dari kulkas dan kompres bagian wajah yang memiliki bekas jerawat.

Dingin dari es batu tersebut dapat bermanfaat mengecilkan pori-pori kulit dan mengurangi produksi minyak di wajah. Selain itu, juga dapat meningkatkan sikulasi darah. Anda dapat mencoba mempraktekkannya sendiri di rumah.

10. Menggunakan Bawang Putih

Bawang Putih

Image Credit: Hellosehat.com

Bawang putih selain digunakan sebagai penyedap dalam masakan, ternyata juga dapat Anda manfaatkan sebagai penghilang bekas jerawat. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung senyawa thiacremonon sulphur yang berfungsi sebagai anti bakteri. Senyawa inilah yang dapat menjadikan bekas jerawat Anda menghilang.

Caranya adalah potong atau iris tipis bawang putih kemudian tempelkan ke daerah wajah yang terdapat bekas jerawat. Biarkan selama 2 sampai 3 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin hingga bekas jerawat menghilang.

Dalam mengompres bagian wajah menggunakan bawang putih ini, hindarkan dari daerah mata. Sebab area tersebut akan lebih sensitif. Selain itu, apabila terkena mata juga akan menimbulkan rasa perih yang tidak nyaman.

Ada baiknya untuk mengetahui kondisi wajah Anda terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan. Agar tidak menjadikan efek yang tidak nyaman. Jika Anda melakukan dengan tepat, manfaat juga akan didapat.

Itulah 10 cara alami menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dan mudah untuk dilakukan. Anda dapat mempraktekkan cara-cara tersebut sebagai usaha untuk menghilangkan bekas jerawat. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan wajah agar jerawat baru juga tidak akan muncul lagi.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba