13 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Mudah Dilakukan

13 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Mudah Dilakukan

Jerawat merupakan permasalahan kulit yang seringkali membuat banyak orang merasa kesal. Hal ini dikarenakan jerawat dapat merusak penampilan. Selain itu jerawat juga sangat mengganggu, karena apabila tersentuh akan terasa sakit. Terutama bagi jerawat yang pada kondisi sangat meradang, jerawat batu. Jerawat batu adalah masalah yang seringkali dikeluhkan akan keberadaanya.

Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa jerawat dapat timbul karena berbagai macam faktor. Seperti makanan yang tidak sehat, kulit yang terlalu berminyak, pengaruh hormon, kebersihan yang tidak terjaga, stress, dan paparan polusi dari luar. Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat batu. Oleh karena itu, jerawat memiliki penanganan yang berbeda-beda sesuai faktor yang berpengaruh.

Namun jangan khawatir terlebih dahulu, jerawat tentunya juga dapat dihilangkan apabila mendapat penanganan yang tepat. Anda tidak perlu terburu-buru membeli obat jerawat yang ada di pasaran, karena Anda dapat menghilangkan jerawat dengan cara yang mudah dan alami tanpa efek samping. Berikut 13 cara menghilangkan jerawat batu secara alami yang mudah dilakukan:

1. Menggunakan Madu

Madu

Image Credit: Hellosehat.com

Madu dikenal sebagai bahan yang sangat berguna untuk berbagai macam bidang, salah satunya adalah kecantikan. Madu telah dipercaya sejak lama dapat menghilangkan banyak permasalahan pada kulit. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan madu sebagai salah satu cara untuk menghilangkan jerawat batu.

Caranya adalah Anda dapat mengoleskan madu ke wajah atau bagian jerawat batu yang sedang meradang. Anda dapat mengaplikasikannya menggunakan kapas atau cotton bud. Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan madu sebagai masker wajah yang tentunya juga akan sangat bermanfaat.

Selain dapat meredakan peradangan pada jerawat, madu juga dapat dimanfaatkan untuk melembabkan, menghaluskan, dan melembutkan kulit wajah. Madu adalah bahan yang sangat lembut sehingga cocok digunakan pada kulit sensitif karena tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit.

2. Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk Nipis

Image Credit: 8villages.com

Jeruk nipis  terkenal akan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi tubuh baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Vitamin C juga dikenal dapat meredakan peradangan yang terjadi. Salah satu contohnya adalah jerawat.

Untuk memanfaatkan jeruk nipis sebagai obat pereda jerawat batu Anda, Anda dapat mengambil perasan jeruk nipis untuk dioleskan pada area di wajah yang terjadi peradangan. Anda akan merasakan manfaat yang maksimal apabila Anda menggunakannya secara berkala.

Perlu Anda ketahui bahwa pengaplikasian jeruk nipis di wajah pada sebagian orang akan merasakan sensasi terbakar dan perih. Maka Anda perlu memperhatikan kondisi kulit Anda terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Anda dapat mencoba mengoleskan perasan jeruk nipis sedikit terlebih dahulu untuk mengetahui cocok atau tidaknya di kulit Anda.

BACA:  15 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami yang Paling Ampuh

3. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah Buaya

Image Credit: Sehatq.com

Khasiat lidah buaya tak perlu diragukan lagi dalam bidang kecantikan. Lidah buaya memiliki kandungan yang sangat baik bagi kulit yaitu dapat melembabkan, menghaluskan tekstur, menenangkan kulit, dan tentunya dapat meredakan jerawat batu yang timbul pada wajah. Anda dapat memanfaatkan lidah buaya untuk perawatan kecantikan Anda.

Anda dapat mencuci dan mengupas kulit lidah buaya terlebih dahulu, setelah itu Anda dapat menghaluskan daging lidah buaya atau mengambil gelnya untuk dioleskan pada bagian yang berjerawat. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menggunakannya rutin di pagi dan malam hari. Maka jerawat akan kering dalam kurun waktu kurang lebih 3 hari.

4. Menggunakan Bawang Putih

Bawang Putih

Image Credit: Hellosehat.com

Siapa sangka, bawang putih yang sering Anda temukan di dapur ternyata dapat Anda gunakan sebagai obat penghilang jerawat. Bawang putih tentunya merupakan bahan yang mudah ditemukan serta terjangkau. Selain itu, bawang putih juga menyimpan manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan.

Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi penyembuhan jerawat. Kandungan antioksidan diketahui dapat berguna untuk membunuh bakteri yang ada. Termasuk bakteri yang ada pada jerawat. Anda dapat mengoleskan bawang putih pada bagian yang berjerawat dengan lembut.

Saat Anda menggunakan bawang putih sebagai obat penyembuh jerawat, Anda harus berhati-hati pada area sensitif salah satunya adalah mata. Saat mengaplikasikan bawang putih pada wajah, Anda perlu menghindarkannya dari daerah mata karena dapat menyebabkan rasa perih dan tidak nyaman.

5. Menggunakan Pepaya

Pepaya

Image Credit: Halodoc.com

Pepaya merupakan buah yang mengandung vitamin C yang berguna bagi tubuh. Anda dapat memanfaatkan buah pepaya untuk menjaga kesehatan maupun kecantikan. Kandungan vitamin C yang ada dalam pepaya inilah yang dapat Anda gunakan sebagai obat penghilang jerawat di wajah.

Caranya, Anda dapat membuat buah pepaya sebagai masker. Haluskan buah pepaya terlebih dahulu hingga memiliki tekstur seperti pasta, jangan menambahkan air terlebih dahulu karena akan membuat tekstur terlalu cair sehingga akan membuat rasa tidak nyaman saat diaplikasikan. Setelah itu Anda dapat mengoleskannya pada wajah.

Buah pepaya akan sangat bermanfaat bagi kecantikan. Terutama apabila Anda menggunakannya secara rutin, maka wajah akan lebih terlihat cantik. Selain itu, Anda juga dapat merasakan manfaat buah pepaya yang lain yaitu dapat mencerahkan wajah yang terlihat kusam. Untuk itu jangan ragu-ragu untuk mencobanya.

6. Menggunakan Buah Mengkudu

Buah Mengkudu

Image Credit: Sehatq.com

Buah mengkudu mengandung antioksidan tinggi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk menyembuhkan jerawat. Kandungan antioksidan pada buah mengkudu yang tinggi inilah yang dapat membuat peradangan pada jerawat mereda.

Cara mengaplikasikannya adalah hancurkan buah mengkudu menggunakan blender sampai halus hingga teksturnya seperti pasta. Kemudian Anda dapat mengoleskannya pada wajah yang berjerawat, diamkan beberapa menit hingga kering kemudian bilas menggunakan air bersih.

BACA:  10 Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami yang Perlu Anda Coba

Aplikasikan masker buah mengkudu ini pada wajah secara rutin untuk hasil yang maksimal. Jerawat Anda juga akan menghilang apabila mengaplikasikannya secara tepat.

7. Menguapi Wajah

Menguapi Wajah

Image Credit: Hellosehat.com

Perlu Anda ketahui bahwa jerawat biasa maupun jerawat batu dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah karena produksi minyak berlebih di dalam kulit. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menguap-uapkan wajah Anda di atas air hangat. Uap tersebut akan membuka pori-pori di wajah Anda.

Terutama apabila Anda yang memiliki tipe wajah berminyak Anda dapat mempraktekkan hal ini untuk mengurangi produksi minyak. Pori-pori wajah yang terbuka karena uap panas akan membuat kulit Anda mengeluarkan kelebihan minyak. Sehingga produksi minyak Anda dapat terkontrol.

Tidak lupa setelah Anda menguapkan wajah Anda, bilaslah menggunakan air dingin. Air yang dingin akan membuat pori-pori Anda menutup kembali.

8. Menggunakan Es Batu

Es Batu

Image Credit: Ramesia.com

Es batu adalah bahan yang paling mudah Anda temukan untuk menyembuhkan jerawat dengan sederhana. Anda hanya perlu mengeluarkan es batu dari kulkas untuk mengompres area yang berjerawat. Pastikan saat mengompres Anda sudah mencuci tangan terlebih dahulu. Anda juga perlu memperhatikan kebersihan air pada es batu.

Es batu diketahui dapat membuat peradangan pada jerawat Anda berkurang. Juga dapat mencegah pembengkakan di area yang lain. Lakukan secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal.

9. Menggunakan Kentang

Kentang

Image Credit: Endeus.tv

Kentang selain bermanfaat sebagai bahan makanan yang lezat, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk perawatan kecantikan. Anda dapat menggunakan kentang sebagai obat penghilang jerawat biasa atau jerawat batu yang sering Anda temukan di wajah maupun di area tubuh yang lain.

Caranya adalah bersihkan dulu kentang sampai benar-benar bersih. Kemudian kupas kulit kentang dan haluskan menggunakan parutan atau blender. Setelah itu oleskan kentang yang telah dihaluskan pada wajah sebagai masker, diamkan kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini secara berkala sampai jerawat menghilang.

10. Menggunakan Tanaman Mahkota Dewa

Tanaman Mahkota Dewa

Image Credit: Hellosehat.com

Tanaman atau buah mahkota dewa memiliki bentuk yang bulat dan warna yang cenderung merah atau merah muda. Buah ini memiliki berbagai macam khasiat bagi tubuh. Selain itu Anda juga dapat memanfaatkannya untuk perawatan kecantikan. Terutama untuk penyembuhan jerawat pada wajah.

Buah mahkota dewa memiliki kandungan anti-inflamasi serta anti-iritasi, cocok bagi Anda yang sedang mengalami permasalahan jerawat. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Bersihkan kemudian haluskan daging buah untuk dioleskan ke wajah. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, Anda dapat mencobanya karena buah ini bersifat anti-iritasi.

BACA:  Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Cepat & Mudah Dilakukan

11. Menggunakan Putih Telur

Putih Telur

Image Credit: Alodokter.com

Putih telur telah dikenal sangat bermanfaat untuk kecantikan. Anda juga dapat memanfaatkan putih telur sebagai perawatan untuk menyembuhkan jerawat. Hal ini dikarenakan putih telur memiliki kandungan enzim lusozim yang dapat menghancurkan dinding sel dari bakteri penyebab timbulnya jerawat.

Cara pengaplikasiannya cukup mudah, yaitu Anda dapat memisahkan terlebih dahulu kuning dengan putih telur, lalu kocok putih telur hingga berbusa. Kemudian oleskan putih telur ke wajah Anda. Tunggu sampai kering kemudian bilas dengan air hangat.

Manfaat putih telur selain dapat menyembuhkan jerawat adalah untuk mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit. Yang tentunya akan sangat berguna bagi Anda yang ingin merawat kecantikan kulit. Anda dapat menggunakannya secara rutin agar manfaat putih telur dapat bekerja secara maksimal.

12. Menggunakan Kunyit

Kunyit

Image Credit: Hellosehat.com

Kunyit juga dikenal sebagai bahan yang memberikan manfaat untuk kecantikan. Penelitian telah membuktikan bahwa kunyit memiliki sifat anti bakteri, anti oksidan, anti inflamasi, dan anti jamur yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Sifat inilah yang membuat kunyit dapat dijadikan sebagai obat penghilang jerawat yang alami.

Anda dapat menggunakan kunyit sebagai campuran masker Anda. Anda dapat menggunakannya dengan madu maupun bahan masker lainnya yang Anda inginkan. Atau Anda juga bisa mengaplikasikan kunyit secara langsung setelah dihaluskan. Fokuskan pada area yang berjerawat agar penyembuhan juga dapat berjalan maksimal.

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan kunyit sebagai masker juga dapat mencerahkan warna kulit Anda. Setelah Anda menggunakan masker kunyit, jangan terkejut apabila warna wajah Anda berubah menjadi kuning. Tapi jangan khawatir, karena efek ini hanya bersifat sementara saja.

13. Menggunakan Cuka Apel

Cuka Apel

Image Credit: Wooomania.com

Cuka apel telah dikenal banyak orang karena keampuhannya mengatasi permasalahan jerawat. Cuka apel mengandung asam sitrat yang dipercaya dapat meredakan peradangan pada jerawat biasa ataupun jerawat batu.

Cara pengaplikasiannya cukup mudah, Anda dapat sekedar mengoleskannya pada area yang berjerawat menggunakan kapas ataupun cotton-bud. Atau juga bisa dioleskan ke suluruh muka lalu membiarkannya sekitar 20-30 menit hingga mengering, kemudian membilasnya dengan air bersih.

Namun perlu Anda ketahui bahwa cuka apel memiliki bau yang sangat menyengat. Sehingga bagi Anda yang tidak tahan akan baunya, Anda dapat mengoleskannya sedikit saja pada area yang berjerawat. Namun walaupun memiliki bau yang menyengat, cuka apel sangatlah ampuh bagi Anda yang ingin menyembuhkan peradangan jerawat dengan segera.

Itulah 13 rekomendasi cara menghilangkan jerawat batu secara alami dan mudah dilakukan. Anda dapat mempraktekkannya sendiri di rumah tanpa membeli obat-obatan yang mahal dan belum tentu cocok untuk kulit Anda. Selain itu, Anda juga perlu menjalankan gaya hidup sehat agar permasalahan kulit juga dapat dicegah. Semoga bermanfaat!

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh Anda
10 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh Anda
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba