10 Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel Dengan Cepat

10 Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel Dengan Cepat

Ketombe merupakan salah satu jenis permasalahan dalam kecantikan yang tentunya sangat mengganggu. Ketombe yang seringkali muncul pada rambut tentunya akan menjadikan penampilan seseorang menjadi kurang menarik. Hal inilah yang seringkali dikeluhkan oleh banyak orang. Maka berbagai macam pula usaha yang bisa dilakukan untuk menghilangkan ketombe.

Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa ketombe dapat muncul karena berbagai macam faktor. Seperti kondisi kesehatan, kebersihan rambut, pH kulit, hormon, dan lingkungan. Berbagai macam faktor ini dapat menjadikan seseorang memiliki ketombe. Namun jangan khawatir, Anda tentunya dapat menghilangkan ketombe yang membandel tersebut.

Menjaga kebersihan rambut agar senantiasa sehat dan tidak berminyak merupakan cara dasar yang dapat dilakukan. Namun, bagi Anda yang seringkali mendapatkan permasalahan rambut berketombe yang membandel, Anda dapat menyimak 10 cara menghilangkan ketombe dengan cepat yang dapat Anda praktekkan dengan mudah di rumah.

1. Menggunakan Garam

Garam

Image Credit: Sehatq.com

Siapa sangka, bahan yang sangat mudah ditemukan di dapur ini dapat bermanfaat untuk menghilangkan ketombe yang membandel di rambut. Anda tidak hanya sekedar memanfaatkannya sebagai bumbu masakan saja, melainkan juga dapat Anda gunakan sebagai perawatan kecantikan rambut Anda.

Anda dapat menggunakan garam sebagai scrub untuk bagian kulit kepala yang berketombe. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa ketombe berasal dari sel kulit mati yang ada di kepala. Jika Anda menggunakan garam sebagai scrub, Anda akan dapat menghentikan munculnya ketombe karena sel kulit mati pada kepala terangkat.

Cara penggunaanya pun cukup mudah. Ambil garam secukupnya lalu gosok perlahan-lahan bagian yang berketombe dengan perlahan-lahan dan lembut. Gosok hingga kulit kepala terasa lebih bersih. Kemudian bilas dengan air bersih. Anda tentunya dapat melakukan cara ini dengan mudah di rumah tanpa memakan waktu dan tenaga yang banyak.

2. Menggunakan Cuka Apel

Cuka Apel

Image Credit: Wooomania.com

Cuka apel diketahui selain bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah, ternyata juga dapat Anda manfaatkan sebagai bentuk perawatan untuk permasalahan rambut berketombe. Seperti yang dikemukakan sebelumnya bahwa rambut berketombe dapat timbul karena faktor ketidakseimbangan pH pada kulit kepala.

Oleh karena itu Anda dapat menggunakan cuka apel karena cuka apel dapat berguna untuk menyeimbangkan pH pada kulit kepala sehingga ketombe dapat menghilang dengan mudah. Sifat asam yang ada pada cuka apel dapat bermanfaat dalam menangkal pertumbuhan jamur yang menyebabkan rambut berketombe.

Cara penggunaannya pun mudah. Cukup tuangkan seperempat gelas cuka apel pada botol semprot yang telah diisi air, kocok kemudian semprotkan pada bagian kulit kepala yang berketombe. Diamkan sekitar 30-60 menit kemudian bilas menggunakan air bersih. Anda juga dapat mengoleskan campuran tersebut pada rambut yang berketombe.

3. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah Buaya

Image Credit: Sehatq.com

Lidah buaya dikenal sebagai bahan yang sangat berguna bagi kesehatan maupun kecantikan. Manfaat dari lidah buaya tidak dapat diragukan lagi keampuhannya dalam menangani berbagai macam permasalahan. Salah satunya adalah untuk menghindarkan rambut dari munculnya ketombe. Anda dapat mencoba sendiri khasiatnya.

BACA:  5 Vitamin yang Efektif Mencegah Rambut Beruban

Lidah buaya dikenal memiliki kandungan yang sangat baik untuk pertumbuhan rambut. Sehingga tidak jarang produk perawatan rambut seringkali menggunakan lidah buaya sebagai campurannya. Bagi Anda yang menginginkan rambut sehat, Anda dapat memanfaatkan khasiat dari lidah buaya sebagai bentuk perawatan kesehatan dan kecantikan rambut Anda.

Cara penggunaanya pun mudah, Anda hanya perlu untuk mengiris kulit lidah buaya terlebih dahulu kemudian ambil dagingnya untuk dihaluskan sehingga membentuk gel. Oleskan gel tersebut pada bagian rambut yang berketombe. Diamkan sekitar kurang lebih 10-15 menit. Kemudian bilas menggunakan air bersih. Lakukan perawatan secara rutin agar mendapat hasil maksimal.

4. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak Kelapa

Image Credit: Sehatq.com

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Bahan ini tentunya sangat terkenal manfaatnya karena seringkali digunakan dalam berbagai produk kecantikan. Hal ini tentunya tidak dapat dipungkiri karena minyak kelapa mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin E yang dapat menjaga kesehatan rambut.

Bagi Anda yang memiliki permasalahan berupa rambut tipis dan rusak, Anda juga dapat menggunakan minyak kelapa sebagai asupan nutrisi bagi rambut Anda. Semua orang tentunya akan sangat mendambakan rambut yang sehat dan berkilau. Oleh karena itu Anda tidak perlu membeli produk yang mahal, karena Anda dapat menggunakan minyak kelapa sebagai pilihan.

Cara penggunaanya pun cukup mudah. Gunakanlah minyak kelapa sekitar 1 sendok makan saja, kemudian usapkan pada bagian rambut yang berketombe. Pijat perlahan kulit kepala agar nutrisi dapat terserap secara maksimal. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dan lanjutkan dengan keramas. Cara ini sangat ampuh untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut Anda.

5. Menggunakan Minyak Kemiri

Minyak Kemiri

Image Credit: Popmama.com

Minyak kemiri merupakan bahan yang juga sama terkenalnya dengan minyak kelapa karena manfaatnya yang sangat bagus bagi kesehatan rambut. Minyak kemiri seringkali digunakan pada berbagai macam produk kecantikan rambut. Hal ini dikarenakan minyak kemiri mengandung berbagai nutrisi yang tentunya sangat diperlukan oleh rambut.

Kandungan minyak kemiri dipercaya dapat menjaga kesehatan dan kecantikan rambut. Oleh karena itu Anda perlu mencobanya sebagai bentuk perawatan kecantikan rambut Anda. Minyak kemiri juga dapat mengatasi permasalahan rambut yang berketombe.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengambil minyak kemiri secukupnya lalu oleskan pada bagian kulit kepala yang berketombe. Pijat perlahan dalam mengaplikasikannya agar nutrisi terserap maksimal. Kemudian diamkan sekitar kurang lebih 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih dan lanjutkan dengan keramas.

BACA:  Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat

6. Menggunakan Bawang Putih

Bawang Putih

Image Credit: Hellosehat.com

Bawang putih selain dapat digunakan sebagai bahan penyedap masakan, ternyata juga memiliki manfaat dalam berbagai bidang termasuk kesehatan dan kecantikan. Bawang putih juga dapat Anda manfaatkan sebagai cara untuk menghilangkan ketombe membandel yang ada pada rambut. Hal ini dikarenakan kandungan dalam bawang putih yang bersifat anti bakteri dan jamur.

Perlu Anda ketahui bahwa ketombe juga dapat disebabkan oleh pertumbuhan bakteri dan jamur yang ada di kulit kepala. Oleh karena itu untuk menangkal pertumbuhannya Anda dapat menggunakan bawang putih. Dikarenakan bawang putih sangat terkenal akan manfaatnya dalam mengurangi pertumbuhan bakteri dan jamur.

Cara penggunaanya pun mudah. Cukup haluskan bawang putih terlebih dahulu kemudian campurkan dengan madu dan bubuk jahe. Hal ini dilakukan untuk mengurangi aroma bau putih yang menyengat. Oleskan pada rambut lalu diamkan sekitar 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih. Cara ini memang menimbulkan aroma rambut yang menyengat, namun jangan meragukan khasiatnya.

7. Perasan Jeruk Nipis atau Lemon

Lemon

Image Credit: Rd.com

Jeruk nipis dan lemon merupakan bahan yang sangat terkenal dalam manfaatnya untuk kesehatan maupun kecantikan. Anda ternyata juga dapat menggunakan jeruk nipis atau lemon untuk mengatasi permasalahan pada rambut Anda. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin pada jeruk nipis atau lemon yang sangat baik untuk tubuh.

Jeruk nipis atau lemon memiliki beberapa vitamin seperti B1, B2, B3, B5, magnesium, fosfor, vitamin C dan masih banyak lainnya. Vitamin C yang kaya terkandung dalam jeruk nipis atau lemon inilah yang diduga dapat bermanfaat bagi pertumbuhan rambut yang sehat. Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan perasan jeruk nipis atau lemon sebagai perawatan rambut Anda.

Cara penggunaannya pun mudah. Anda cukup memeras air jeruk nipis atau lemon secukupnya. Kemudian oleskan pada rambut. Diamkan beberapa menit hingga perasan jeruk dirasa sudah meresap dengan baik di kulit kepala. Kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan dengan teratur agar ketombe yang membandel tidak muncul lagi.

8. Menggunakan Daun Sirsak

Daun Sirsak

Image Credit: Alodokter.com

Manfaat daun sirsak salah satunya adalah dipercaya dapat menghilangkan ketombe. Hal ini tidak dipungkiri lagi karena daun sirsak memiliki kandungan yang memang sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Bagi Anda yang memiliki permasalahan ketombe yang membandel, Anda dapat mencoba daun sirsak sebagai cara yang ampuh untuk menanganinya.

Daun sirsak memiliki kandungan acetogenin. Acetogenin merupakan senyawa yang sangat bermanfaat terutama untuk membunuh racun. Anda dapat memanfaatkan kandungan dalam daun sirsak ini untuk membunuh bakteri, jamur, ataupun racun yang ada dalam rambut atau kulit kepala Anda. Sehingga dapat menghindarkan dari kondisi rambut yang berketombe.

BACA:  10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah

Cara penggunaannya pun tergolong mudah. Cukup ambil beberapa daun sirsak kemudian haluskan. Anda juga dapat menambahkan air agar mudah dalam mengaplikasikannya ke rambut. Haluskan bagian daun kemudian oleskan ke rambut secara merata. Diamkan beberapa menit kemudian bilas menggunakan air bersih. Cara ini dikenal ampuh untuk menghilangkan permasalahan rambut berketombe.

9. Menggunakan Minyak Tea Tree

Image Credit: Hellosehat.com

Tea tree dikenal sangat populer terutama dalam bidang kecantikan. Hal ini tidak dipungkiri karena tea tree mengandung beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Selain untuk kesehatan dan kecantikan kulit, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Karena tea tree juga dapat berguna untuk menghilangkan ketombe yang membandel.

Minyak tea tree memiliki kandungan antimikroba. Kandungan antimikroba inilah yang dapat menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri yang ada di kulit kepala. Ketombe pada rambut yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri dan jamur tentunya dapat dikurangi dengan penggunaan minyak tea tree.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan beberapa tetes minyak tea tree pada shampoo Anda. Lalu gunakan secara berkala selagi Anda keramas. Jika digunakan secara teratur tentunya ketombe dapat hilang. Perlu diketahui bahwa penggunaan minyak tea tree secara langsung akan justru dapat menimbulkan iritasi pada kulit kepala.

10. Menggunakan Baking Soda

Baking Soda

Image Credit: Today.com

Baking soda diketahui memiliki kandungan yang sangat baik untuk kulit. Terutama sebagai fungsi pengangkatan sel kulit mati. Bagi Anda yang memiliki permasalahan ketombe yang disebabkan oleh sel kulit mati di kepala yang menumpuk, Anda dapat menggunakan baking soda sebagai cara yang ampuh untuk menghindarkan rambut dari munculnya ketombe yang mengganggu.

Perlu Anda ketahui bahwa baking soda juga memiliki sifat anti jamur yang dapat menekan pertumbuhan jamur dan bakteri yang ada pada kulit kepala. Selain itu, baking soda juga dapat mengurangi kemerahan yang ada pada kulit kepala dan melembutkannya. Baking soda akan sangat ampuh dalam eksfoliasi sel kulit mati penyebab munculnya ketombe.

Cara penggunaanya pun cukup mudah. Campurkanlah baking soda pada shampoo Anda. Gunakan saat Anda sedang keramas. Cara ini akan sangat ampuh untuk menangani penyebab munculnya ketombe oleh bakteri, jamur, dan sel kulit mati. Jika melakukan cara ini secara rutin, tentunya akan menjadikan kulit kepala Anda yang senantiasa bersih dan terhindar dari ketombe.

Itulah 10 cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah maupun menghilangkan ketombe yang membandel di kulit kepala. Cara tersebut merupakan cara alami yang dapat Anda lakukan dengan aman tanpa efek samping yang berlebihan. Maka dari itu jangan ragu lagi untuk menggunakan bahan-bahan tersebut sebagai solusi dari permasalahan rambut berketombe.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba