15 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami yang Paling Ampuh

15 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami yang Paling Ampuh

Komedo merupakan benjolan kecil yang muncul pada pori-pori kulit wajah. Komedo ini bisa menimbulkan jerawat jika tidak dibersihkan. Namun, selain di kulit wajah, komedo juga bisa muncul di bagian mana saja, seperti bahu, punggung, dada ataupun lengan. Komedo tidak menimbulkan rasa sakit tapi akan menjadi tidak nyaman jika komedo ini bersarang pada kulit.

Salah satu dampak yang ditimbulkan adanya komedo adalah menjadikan kulit wajah menjadi kusam, banyak flek hitam, gelap dan tidak cerah. Khususnya perempuan Indonesia, mereka selalu mendambakan kulit yang bebas komedo. Selain itu, jika wajah bersih tentu saja akan merasa nyaman dengan penampilan mereka.

Ada banyak sekali cara untuk memberantas komedo mulai dari cara yang alami hingga cara yang instan. Cara instan sering diminati para perempuan karena kemudahannya yang hanya tinggal memakai. Namun, meskipun banyak cara instan untuk mengatasi komedo, masih ada cara menghilangkan komedo secara alami yang sangat ampuh. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Masker Tomat

Masker Tomat

Image Credit: Hipwee.com

Untuk menghindari komedo ada cara mudah yang bisa dilakukan, yaitu dengan masker tomat. Tomat memang ampuh digunakan dalam berbagai hal salah satunya untuk masker. Dalam pembuatan masker tomat untuk menghilangkan komedo sangat mudah. Karena tomat juga buah yang mudah didapat dan harganya pun murah.

Pertama siapkan tomat segar yang sudah matang, lalu cuci tomat sampai bersih. Kemudian iris tomat tipis-tipis atau sedang. Gosokkan ke kulit wajah yang berkomedo. Diamkan sampai lima belas menit. Setelah kering cuci wajah Anda dengan air hangat. Keringkan dengan menepuk-nepuk wajah.

2. Kompres Air Hangat

Image Credit: Indozone.id

Air hangat menjadi alternatif alami yang bisa melunturkan lemak. Komedo merupakan salah satu lemak di luar kulit wajah yang bisa dilunturkan. Namun, ada beberapa aturan yang harus dipakai saat digunakan di wajah agar kulit wajah tidak kering. Diusahakan dalam mengompres kulit wajah, air tidak terlalu panas.

Untuk mengompres wajah dengan air hangat, Anda bisa menggunakan kapas. Masukkan kapas ke dalam air hangat, remas hingga sedikit lembab. Lalu kompreskan pada bagian wajah yang berkomedo. Lakukanlah cara ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Masker Madu dan Bengkoang

Image Credit: Fimela.com

Madu dan bengkoang adalah hasil alam yang alami yang memiliki banyak kandungan vitamin E dan antioksidan. Madu mengandung banyak mineral dan enzim yang bisa meregenerasi kulit wajah. Mereka jika dipadukan untuk dijadikan ramuan perawatan akan menghasilkan senyawa yang bisa menghilangkan komedo di wajah Anda.

Ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan di antaranya adalah parut bengkoang kemudian campur dengan dua sendok makan madu murni. Campur hingga rata dan oleskan ke kuli wajah yang berkomedo. Diamkan hingga masker kering, setelah itu bilas dengan air dingin. Cara ini bisa dilakukan untuk membuat masker bengkoang tapi bengkoang dihaluskan dulu.

4. Melakukan Peeling

Peeling

Image Credit: Alodokter.com

Peeling adalah usaha untuk mengangkat sel kulit mati yang ada pada kulit wajah. Dalam melakukan peeling ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan salah satunya adalah bubuk kopi dan gula pasir. Jika akan menggunakan peeling dengan bubuk kopi maka pertama basuhlah wajah Anda, lalu oleskan kopi bubuk yang sebelumnya sudah diberi air.

Gosokkan pasta kopi tadi pada wajah Anda. Lakukan beberapa menit sampai dirasa sudah cukup. Basuh wajah dengan air hangat dan diamkan beberapa menit sampai wajah Anda seperti berminyak. Itu tandanya komedo sedang meleleh keluar dan Anda bisa mencuci muka dengan sabun wajah seperti biasa.

5. Dengan Pasta Gigi

Pasta Gigi

Image Credit: Grid.id

Pasta gigi selain sebagai pembersih gigi juga dapat menghilangkan panas. Alasannya karena pasta gigi memiliki kandungan mint yang hangat di kulit. Bahan tersebut bisa membuat komedo rontok dan keluar semua. Selain itu sebagian komedo akan luntur. Pasta gigi juga bisa digunakan sebagai penghilang jerawat.

Cara memakainya cukup mudah, yaitu Anda tinggal mengoleskan pasta gigi ke kulit wajah Anda yang berkomedo. Kemudian tunggu hingga pasta gigi mengering. Jika sudah mengering basuh wajah dengan air dingin sampai pasta gigi hilang. Jika sudah keringkan wajah dengan handuk bersih. Anda tetap harus berhati-hati ketika mengaplikasi cara ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

6. Baking Soda

Baking Soda

Image Credit: Today.com

Selain dengan menggunakan buah ada beberapa bahan tambahan yang reaksinya terhadap kulit wajah bersifat alami dan tidak merusak kulit. Salah satunya adalah baking soda. Baking soda selain bisa sebagai pengembang roti ia bisa digunakan sebagai masker wajah untuk menghilangkan komedo.

Caranya siapkan satu sendok makan baking soda kemudian tambahkan air sampai menjadi pasta. Jika sudah, maka oleskan pasta baking soda ke kulit wajah Anda dan diamkan hingga 5 menit sampai kering. Jika sudah kering basuh dengan air hangat dan keringkan wajah dengan handuk bersih.

7. Lemon

Lemon

Image Credit: Rd.com

Lemon adalah buah yang masam dan mengandung banyak vitamin C. Vitamin ini bisa membuat kulit wajah Anda lebih cerah dan kencang serta awet muda. Karena kandungannya tersebut, maka tak heran jika lemon banyak manfaatnya di dunia kecantikan. Salah satunya dapat digunakan untuk menghilangkan komedo.

Caranya siapkan jeruk lemon beberapa buah. Lalu potong bulat tipis. Setelah itu, Gosokkan jeruk lemon ke kulit wajah Anda yang berkomedo. Jika sudah mengering maskernya, diamkan 5 sampai 10 menit lalu basuh dengan air dingin. Tepuk-tepuk wajah untuk mengeringkannya.

8. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Image Credit: Sehatq.com

Lidah buaya adalah tanaman yang di dalamnya terdapat gel. Gel ini banyak manfaatnya mulai dari digunakan sebagai obat, sebagai masakan atau bahan makanan sampai sebagai bahan untuk produk kecantikan. Salah satu produk kecantikan yang menggunakan bahan lidah buaya adalah masker.

Masker lidah buaya bisa Anda racik sendiri. Caranya cukup mudah yaitu petik daun lidah buaya dan ambil gelnya. Oleskan gel lidah buaya ke kulit wajah Anda yang berkomedo. Lalu diamkan hingga 5 menit atau hingga gel kering. Jika sudah kering Anda bisa membasuhnya dengan air hangat.

9. Masker Putih Telur

Masker Putih Telur

Image Credit: Semakincantik.com

Telur memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang banyak. Kandungan tersebut bisa membuat kulit wajah dan seluruh badan bisa menjadi putih dan kencang serta sehat. Salah satu bagian telur yang dimanfaatkan untuk kesehatan kulit adalah pada bagian putih telurnya. Karena pada telur putih ada kandungan yang bisa membuat sel kulit meregenerasi.

Untuk mendapatkan masker ini, caranya cukup mudah Anda tinggal mengoleskan putih telur ke kulit wajah Anda. Lalu diamkan hingga benar-benar kering lalu basuh wajah Anda dengan air hangat. Bersihkan wajah hingga putih telur sudah tidak tersisa lagi di wajah. Setelah itu, keringkan dengan handuk bersih.

10. Madu

Madu

Image Credit: Hellosehat.com

Madu merupakan cairan yang dihasilkan lebah yang memiliki rasa manis dan tidak mudah basi. Warna madu ini umumnya berwarna emas kekuningan. Karena dihasilkan dari lebah dan membawa enzim yang bisa meregenerasi kulit wajah, madu bisa digunakan sebagai kebutuhan kecantikan.

Anda bisa menggunakannya sebagai masker. Untuk membuat masker ini caranya cukup mudah. Anda tinggal mengoleskan madu ke seluruh kulit wajah. Diamkan hingga beberapa menit dan basuhlah dengan air hangat. Jika sudah, tepuk-tepuk kulit wajah Anda agar madu meresap ke kulit wajah Anda.

11. Es Batu

Image Credit: Ramesia.com

Es batu adalah air yang dibekukan dan berubah menjadi padat. Selain sebagai bahan minuman, es batu bisa digunakan sebagai masker wajah. Fungsi es batu untuk kulit wajah sendiri adalah untuk mengecilkan pori-pori. Jika pori-pori mengecil maka komedo tidak akan datang lagi dan bersarang di kulit wajah Anda.

Cara menggunakan es batu ini cukup mudah yaitu siapkan es batu lalu bungkus es batu ke dalam kain yang bersih. Kemudian kompres pada kulit wajah yang pori-porinya besar selama kira-kira lima belas menit. Jika sudah maka ulangi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

12. Masker Tanah Liat

Masker Tanah Liat

Image Credit: Faktualnews.co

Tanah liat adalah tanah yang mengandung banyak nutrisi dan mineral. Pada tanah liat teksturnya sangat lunak dan biasa dipakai sebagai alat kerajinan. Tanah liat dengan kandungan nutrisi yang baik untuk kulit wajah kini dimanfaatkan sebagai masker alami yang bisa mengangkat komedo dan kotoran.

Cara membuat maskernya adalah siapkan tanah liat yang sudah dibersihkan kotorannya. Kemudian buatlah sedikit encer seperti ingin menggoreng pisang goreng pada adonan tanah liatnya. Setelah itu oleskan ke kulit wajah sampai rata dan tunggu hingga kering. Jika sudah Anda bisa membasuhnya dengan air dingin dan cuci muka sampai bersih.

13. Susu

Susu

Image Credit: Jd.id

Susu memiliki banyak vitamin dan mineral serta protein dan karbohidrat di dalamnya. Selain sebagai bahan makanan susu juga menjadi bahan utama dalam pembuatan produk kosmetik. Produk tersebut biasanya akan dijual menjadi lebih mahal. Maka tak heran banyak sekali masker di pasar yang mengandung susu.

Untuk mendapatkan masker susu yang bisa digunakan untuk menghilangkan komedo, Anda harus siapkan susu murni. Kemudian, oleskan secara tipis-tipis ke kulit wajah Anda dan tunggu kering. Setelah itu oleskan lagi hingga dirasa sudah cukup setelah itu basuh wajah Anda dengan air hangat. Tepuk-tepuk wajah supaya kandungan susu meresap.

14. Minyak Daun Teh

Minyak Daun Teh

Image Credit: Novanatural.com

Teh adalah salah satu minuman yang enak dinikmati selagi hangat atau panas. Namun selain digunakan sebagai minuman, makanan, pengharum ruangan, ternyata teh bisa dijadikan sebagai minyak yang biasa disebut sebagai minyak daun teh. Minyak daun teh ini sangat banyak manfaatnya karena bisa digunakan juga untuk kesehatan kulit wajah.

Untuk mendapatkan masker minyak daun teh dalam menghilangkan komedo Anda ada beberapa cara di antaranya oleskan minyak daun teh ke kulit wajah. Kemudian ratakan dan pijat lembut pada bagian yang berkomedo. Diamkan selama 5 menit dan basuhlah wajah Anda dengan air hangat dan dilanjut dengan mencuci muka.

15. Garam

Garam

Image Credit: Sehatq.com

Garam adalah zat yang memiliki rasa asin. Garam juga banyak digunakan dalam bidang penelitian dalam masak memasak dan digunakan sebagai ramuan kecantikan kulit. Garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Bisa juga digunakan untuk peeling atau digunakan dengan menggunakan untuk membasuh kulit wajah.

Cara yang bisa Anda lakukan yang pertama adalah seduh garam dengan air panas. Diamkan hingga suam-suam kuku. Jika sudah gunakanlah untuk cuci muka. Setelah itu biarkan hingga wajah serasa seperti menguap. Diamkan sampai kulit benar-benar selesai menguap. Lalu, basuh muka dengan air hangat dan cuci muka dengan sabun hingga bersih.

Nah, itulah 15 cara menghilangkan komedo secara alami yang paling ampuh untuk Anda lakukan d rumah. Cara-cara di atas akan membuat wajah Anda tampak lebih cantik dan bersih serta bebas dari komedo.

Perawatan yang teratur dan dengan diselingi konsumsi makanan sehat dan bergizi, dijamin wajah Anda bebas dari komedo. Selain itu, pola buang air besar yang baik akan mengurangi dampak timbulnya komedo di wajah Anda.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga
10 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga
Inilah 13 Menu Makanan Diet Sehat & Lezat untuk Menyukseskan Program Anda
Inilah 13 Menu Makanan Diet Sehat & Lezat untuk Menyukseskan Program Anda
15 Tips Diet Sehat Alami yang Aman & Hasilnya Cepat
15 Tips Diet Sehat Alami yang Aman & Hasilnya Cepat
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
15 Cara Merawat Rambut Kering & Rontok yang Mudah Dipraktikkan di Rumah
15 Cara Merawat Rambut Kering & Rontok yang Mudah Dipraktikkan di Rumah
10 Tanda-Tanda Awal Kehamilan yang Mudah Dikenali
10 Tanda-Tanda Awal Kehamilan yang Mudah Dikenali
10 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesuburan & Ibu Hamil
10 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesuburan & Ibu Hamil
Inilah Penyebab Kemandulan (Infertilitas) pada Wanita dan Pria
Inilah Penyebab Kemandulan (Infertilitas) pada Wanita dan Pria
9 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Produksi ASI
9 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Produksi ASI