10 Cara Menghilangkan Komedo Hitam & Putih yang Membandel

10 Cara Menghilangkan Komedo Hitam & Putih yang Membandel

Memiliki kulit yang mulus merupakan idaman setiap kaum hawa. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah idaman semua orang. Salah satu masalah wajah yang kerap tumbuh dan membuat pusing adalah komedo. Komedo sendiri merupakan tanda awal akan munculnya jerawat. Folikel yang tersumbat berisi serpihan yang bewarna kulit yang berisikan keratin dan juga sebum. Masalah wajah satu ini bisa dialami oleh siapa saja.

Awalnya komedo terbentuk lantaran folikel tersumbat, dimana di dalam folikel ada sebum. Sebum yang terlalu berlebihan akan keluar melalui pori-pori kulit dan telah bercampur dengan keringat, kotoran dan juga zat lain. Inilah yang menyumbat pori dan tetap terbuka yang kemudian membentuk komedo hitam. Sementara pori-pori tersumbat yang tertutup menjadi komedo putih. Keduanya tentunya memiliki karakter yang berbeda.

Komedo hitam menjadi komedo yang lebih mudah dibersihkan dibandingkan dengan komedo putih. Dikarenakan komedo putih berukutan lebih kecil, dan bentuknya lebih padat. Komedo putih sulit untuk dikeluarkan apabila dibiarkan dan menjadi peradangan bisa berkembang menjadi jerawat. Untuk itu anda membutuhkan metode khusus untuk menghilangkan komedo hitam maupun putih yang membandel dengan bahan alami.

1. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Image Credit: Sehatq.com

Lidah buaya sendiri merupakan tanaman yang memiliki segudang manfaat. Bahkan banyak sekali yang menjadikan sebagai tambahan bahan untuk kosmetik. Saat ini untuk memudahkan juga sudah tersedia aloe vera yang dalam bentuk jelly. Lidah buaya atau yang lebih dikenal dengan aloevera kaya akan vitamin E dan juga asam folat. Selain digunakan untuk rambut juga bisa dimanfaatkan untuk kulit terutama untuk menghilangkan komedo.

Cara penggunaannya juga terbilang mudah, pertama-tama adalah dengan mengambil daun lidah buaya secukupnya. Setelah itu pisahkan bagian gel bening dengan bagian luarnya. Silahkan oleskan pada wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan terlebih dahulu. Tunggu sekitar 10 menit dan setelahnya bilas dengan bersih menggunakan air yang suhunya suam suam kuku. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk bisa mendapatkan hasil maksimal.

Memang penggunaan masker lidah buaya ini tidak bisa langsung berefek saat itu juga. Namun manfaat dibalik pemakaiannya tidak hanya untuk menghilangkan komedo namun juga bisa melembutkan kulit dan juga mampu mengurangi minyak wajah yang berlebih. Bahan alami ini tentunya tidak ada efek samping sehingga aman digunakan secara rutin dan berkala untuk bisa mendapatkan hasil yang telah anda idamkan selama ini.

2. Putih Telur dan Madu

Madu

Image Credit: Hellosehat.com

Cara selanjutnya untuk bisa menghilangkan komedo putih dan hitam yang membandel adalah dengan masker dari putih telur dan juga madu. Madu memang banyak dikenal sebagai bahan untuk campuran produk kecantikan dengan manfaat yang melimpah. Sementara untuk putih telur, dipercaya bisa mengecilkan pori dan juga mengencangkan kulit. Tak hanya itu putih telur juga bermanfaat untuk mencegah datangnya jerawat dan juga komedo.

Jika dua bahan yang mudah didapatkan ini disatukan maka akan bermanfaat untuk kulit secara lebih baik lagi. Dimana masker yang dibuat dari madu dan putih telur bisa melindungi kulit dari produksi minyak berlebih dan juga komedo. Untuk cara pembuatan masker wajah ini juga terbilang mudah, yaitu dengan mencampurkan putih satu telur dengan satu sendok teh madu. Diaduk hingga kedua bahan ini merata dan jadi satu adonan.

Setelah itu langsung saja oleskan pada wajah yang telah dibersihkan. Tunggu hingga masker kering, yang kemudian dibersihkan dengan menggunakan air hangat. Dengan sering melakukan perawatan ini, anda akan bisa mendapatkan hasil secara maksimal. Komedo yang membandel bisa perlahan hilang. Sebaiknya dilakukan dengan rutin yakni sekitar 1 hingga 2 kali dalam seminggu jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

BACA:  9 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

3. Menggunakan Campuran Madu, Lemon dan Brown Sugar

Madu, Lemon dan Brown Sugar

Image Credit: Theshonet.com

Gula tetes tebu atau yang juga dikenal dengan brown sugar merupakan salah satu produk aman untuk digunakan pada semua jenis kulit. Kandungan asam hidroksi alfa yang ada di dalam gula tetes tebu ini bisa membantu untuk membersihkan kotoran dan juga racun pada pori-pori kulit. Tak hanya itu, brown sugar juga bisa membantu untuk angkat sel kulit mati dan juga mengatasinya adanya minyak berlebih pada kulit wajah.

Sementara untuk madu, bahan ini tentunya bukanlah bahan yang awan apalagi jika dikaitkan dengan kecantikan. Madu memiliki kandungan anti bakteri dan juga antiseptik yang bisa membantu untuk membunuh kuman dan bakteri. Adanya bahan yang membuat lengket ini bisa untuk membuat masker menempel dan juga menarik komedo yang membandel. Bukan hanya itu, madu juga bisa menjaga kelembaban pada kulit.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dengan menggunakan masker ini adalah dengan melakukan facial steaming. Sehingga pori-pori kulit bisa terbuka dan komedo yang terperangkap bisa keluar. Memang komedo bisa muncul lantaran pori-pori yang membesar sehingga keringat serta kotoran bisa lebih mudah masuk ke dalam pori-pori kulit dan menjadi komedo. Semakin besar maka akan semakin mudah kotoran masuk.

Cara pembuatan masker ini sangat mudah, hanya perlu mencampirklan 1sdm brown sugar kemudian ditambahkan dengan madu dan perasan lemon. Setelah semua bahan tercampur, silahkan untuk mengaplikasikannya pada wajah anda dengan gerakan yang melingkar. Setelah itu pijat lembut selama lima menit sebelum kemudian di bilas hingga bersih. Untuk membuat kulit tidak kering, setelah itu oleskan pelembab pada wajah anda.

4. Masker dari Kunyit dan Minyak Kelapa

Masker dari Kunyit dan Minyak Kelapa

Image Credit: Liputan6.com

Nutrisi yang baik pada minyak kelapa dipercaya untuk membantu mengatasi adanya jerawat dan komedo. Dilansir dari berbagai sumber, minyak kelapa mengandung nustrisi yang berupa antijamur, vitamin dan juga nutrisi yang lainnya yang sangat bagus untuk komedo dan jerawat. Inilah yang akhirnya membuat minyak kelapa masuk dalam jajaran bahan yang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan salah satunya untuk menghilangkan komedo.

Sementara untuk kunyit merupakan bahan yang juga mengandung senyawa antibakteri serta andiradang yang sangat dibutuhkan untuk membersihkan komedo. Yang membuat kunyit sedikit kurang diminati adalah efek samping setelah penggunaan. Kulit akan tampak bewarna kuning yang membuat anda harus cermat dalam menggunakan bahan satu ini. Paling tidak digunakan ketika anda memang tidak memiliki acara di luar rumah.

Cara membuat masker ini terbilang mudah yakni dengan cara mencampurkan bubuk kunyit satu sendok makan. Kemudian dicampurkan dengan 1 sdm minyak kelapa. Kedua bahan ini dicampur hingga rata dan teksturnya seperti pasta. Setelah itu bisa dioleskan pada bagian yang memiliki komedo. Tunggu hingga beberapa saat hingga sekitar 10 hingga 15 menit. Setelah itu bilas dengan bersih dan lakukan secara rutin untuk mendapat hasilnya.

5. Menggunakan Minyak Tea Tree

Minyak Tea Tree

Image Credit: Hellosehat.com

Minyak Tea tree juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah komedo yang membandel. Memiliki kandungan senyawa antiradang dan juga antimikroba sehingga bisa mengatasi masalah komedo. Minyak Tea Tree bekerja dengan cara membunuh kotoran serta yang menyebabkan komedo menumpuk. Untuk menghilangkan komedo dengan minyak ini hanya tinggal memakai di area yang memiliki banyak komedo.

BACA:  5 Cara Membuat Masker Kentang untuk Perawatan Wajah

Area yang banyak memiliki komedo biasanya bagian hidung dan juga dagu. Selain menggunakan langsung pada bagian tertentu, penggunaan kosmetik yang mengandung minyak ini juga bisa dilakukan. Seperti misalnya pemakaian sabun pembersih, krim hingga masker dengan kandungan minyak tea tree. Saat ini bisa dengan mudah menemukan berbagai skincare yang mengandung minyak esensial yang miliki segudang masalah ini.

6. Menggunakan Baby Oil

Baby Oil

Image Credit: Babireva.com

Produk yang biasanya digunakan untuk bayi ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo yang membandel. Produk ini bahkan dibilang ampuh serta manjur untuk mengatasi komedo. Hal ini dikarenakan dalam baby oil terdapat kandungan minyak mineral yang totalnya 98%. Adanya minyak mineral ini bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah yang ada pada kulit. Hanya saja harus menyesuaikan dengan jenis kulit.

Karena jika ternyata setelah pemakaian anda menemukan tanda-tanda adanya iritasi maka, segera hentikan pemakaian. Penggunaaan baby oil ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, yakni dengan menyampurkan beberapa bahan dan juga pemakaian dengan baby oil saja. Penggunaan baby oil saja bisa dilakukan dengan cara mengoleskan baby oil langsung ke wajah. Oleskan kira-kira hingga 30 sampai dengan 60 detik pada muka yang telah dibersihkan.

Setelah itu usap minyak dengan kapas hingga bersih dan bilas menggunakan air hangat. Pencampuran bahan tertentu bisa dicampurkan dengan minyak zaitun, putih telur, yogurt dan lidah buaya. Pencampuran kedua bahan akan digunakan untuk masker wajah untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Seperti misalnya lidah buaya dan baby oil yang bisa mengatasi komedo maupun jerawat hingga berbagai masalah kulit lainnya.

7. Air Hangat

Air Hangat

Image Credit: Indozone.id

Siapa bilang air hangat  tidak  bisa membantu masalah kulit anda? Buktinya air hangat saja bisa digunakan untuk mengatasi komedo yang membandel. Caranya juga terbilang mudah, hanya dengan menyediakan alat untuk mengkompres wajah. Lebih baik menggunakan kain yang bahannya lembut seperti handuk. Sediakan juga air hangat yang nantinya akan digunakan untuk kompres wajah. Air hangat bermanfaat membuka pori-pori.

Mengingat komedo menyumbat pori-pori maka cara ini bisa dilakukan. Dengan air hangat yang sudah dikompres sekitar 10 menitan akan membuat komedo lebih mudah untuk dihilangkan. Setelah itu gunakan plester komedo pada area yang berkomedo saat wajah masih lembab karena kompres air hangat sebelumnya. Setelah didiamkan selama 10 hingga 15 menit, maka plester komedo bisa untuk dilepaskan.

Selain mengompres dengan handuk atau kain lembut, air hangat juga bisa digunakan untuk uap panas. Caranya dengan meletakkan air panas mendidih pada mangkok yang besar, bisa ditambahkan esensial. Sediakan handuk untuk menutup wajah hingga mangkuk sehingga uap panas tidak keluar. Wajah anda posisikan tepat di atas wadah air panas tersebu. Uapi serta pijat perlahan untuk bisa mengeluarkan komedo yang terjebak.

8. Menggunakan Kayu Manis

Kayu Manis

Image Credit: Hellosehat.com

Kayu manis tidak hanya bisa digunakan untuk menambah rasa pada makanan ataupun minuman. Rempah satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan berkat kandungan antiseptik yang ada di dalamnya. Kandungan ini tentu akan membantu untuk mencegah adanya peradangan maupun infeksi oleh bakteri. Selain itu juga ampuh untuk menghilangkan berbagai kotoran yang tertinggal pada kulit serta tidak membuatnya kembali.

BACA:  Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Cepat & Mudah Dilakukan

Untuk menggunakan bahan satu ini juga terbilang mudah, biasanya banyak yang memadukannya dengan madu. Caranya dengan mencampurkan bubuk kayu manis dengan 1 sdm madu. Kemudian di campurkan hingga menjadi pasta yang bisa diaplikasikan pada wajah yang sudah bersih. Setelah itu tunggu sekitar 20 menit hingga masker sedikit mengering. Langkah selanjutnya bisa langsung dibilas dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

Jangan lupa untuk mengeringkannya hingga wajah anda kering. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya melakukannya setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Apabila komedo sudah mulai berkurang, maka intensitas pemakaian masker ini bisa dikurangi. Selain madu, anda juga bisa menggantinya dengan minyak zaitun jika kulit anda kering. Tidak hanya menghilangkan komedo, kayu manis juga bisa menghilangkan tanda penuaan dini.

9. Menggunakan Tomat

Tomat

Image Credit: Reviewed.com

Rasa tidak percaya diri yang muncul karena adanya komedo sekarang bisa diatasi. Salah satunya dengan mengaplikasikan cara termudah yakni menggunakan tomat. Tomat merupakan buah yang paling baik jika dikonsumsi untuk membuat kulit sehat. Tak hanya memiliki banyak vitamin, namun juga mineral serta adanya zat lycopen. Zat ini merupakan zat antioksidan yang bisa menghancurkan adanya radikal bebas yang mencemari kulit.

Cara menggunakan tomat untuk menghilangkan komedo yang membandel juga sangat mudah. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah potonglah tomat dengan berbagai ukuran untuk bisa menutupi seluruh komedo di wajah anda. Kemudian silahkan tempelkan pada wajah yang sebelumnya telah dibersikan. Setelah itu tunggu hingga beberapa saat yakni sekitar 15 menit agar kandungannya bisa terserap kulit.

Jika sudah, silahkan bersihkan area yang diberikan tomat menggunakan air hangat. Untuk bisa menghilangkan komedo menggunakan tomat, maka sebaiknya dilakukan secara rutin. Bahan alami memang tidak memberikan efek yang berbahaya pada kulit. Namun untuk bisa mendapatkan hasil yang diinginkan membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan perlu anda ingat, jika tomat yang digunakan harus dalam keadaan bersih dan higienis.

10. Menggunakan Cuka Apel

Cuka Apel

Image Credit: Wooomania.com

Satu lagi bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan komedo adalah cuka apel. Cuka apel ini memiliki sifat antiseptik dan juga antibakteri yang bisa mencegah berbagai bakteri yang terperangkat pada pori-pori kulit. Sehingga cuka apel bisa digunakan untuk membersihkan kulit wajah. Asam asetat yang berada di dalam cuka apel juga membantu untuk memecah adanya penumpukan kotoran di kulit anda dalam bentuk komedo.

Selain itu, cuka apel juga bisa digunakan untuk menyeimbangkan pH di kulit dan juga bisa untuk mengurangi minyak berlebih. Cuka Apel seringkali bertindak sebagai toner yang juga bisa menghilangkan komedo. Efek yang ditimbulkan oleh bahan ini adalah detoxifer secara alami sehingga bisa membantu kulit bebas dari debu maupun radikal bebas yang menyebabkan adanya komedo. Namun anda harus memperhatikan langkah langkahnya dengan baik.

Menggunakan cuka apel untuk komedo bisa langsung digunakan tanpa campuran tertentu. Beberapa orang memilih mengencerkan dengan air agar tidak terlalu asam. Kemudian mencelupkan kapas dan dioleskan pada bagian kulit yang berkomedo. Setelah itu tunggu sekitar 10 hingga 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Lakukan dengan berulang maka komedo bisa segera di atasi.

Berbagai cara untuk membersihkan komedo hitam atapun putih yang membandel bisa dilakukan. Terutama dengan menggunakan bahan bahan yang ada di sekitar kita. Melakukan secara rutin merupakan langkah yang paling tepat jika ingin melihat hasilnya. Beberapa orang memang berhasil, namun ada juga yang iritasi sehingga jika tidak cocok dengan kulit anda bisa untuk segera menghentikan pemakaian.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba