10 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

10 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Menurunkan berat badan tentu merupakan hal yang sulit dilakukan. Terlebih lagi bagi banyak orang yang susah lepas dari godaan makanan-makanan yang mengundang selera. Jenis makanan seperti nasi goreng, mi instan, kare, sate dan makanan lainnya tentu dapat membuat Anda tidak bisa menolak untuk memakannya.

Tidak sedikit orang yang gemar makan banyak dan malas untuk berolahraga namun ingin tetap memiliki berat badan yang ideal. Kebanyakan orang beranggapan bahwa melakukan olahraga adalah hal yang sulit dilakukan terutama bagi yang memiliki kesibukan padat. Harapan berat badan yang turun dengan tanpa melakukan olahraga adalah impian bagi banyak orang diluar sana.

Namun jangan khawatir, Anda dapat tetap mewujudkan harapan itu dengan beberapa cara yang dapat Anda terapkan mulai dari sekarang. Beberapa cara seperti tidur yang cukup, makan dengan piring kecil, banyak mengonsumsi serat, meminum banyak air putih dan lain-lain. Untuk selengkapnya Anda dapat menyimak cara cepat menurunkan berat badan tanpa olahraga berikut ini.

1. Sering Minum Air Putih

Sering Minum Air Putih

Image Credit: Hellosehat.com

Sering minum air putih selain menghindarkan dari dehidrasi atau kekurangan cairan, ternyata juga bisa digunakan sebagai cara untuk menurunkan berat badan Anda. Jika Anda meminum sekitar 0,5 liter air setengah jam sebelum makan, Anda dapat mengurangi rasa lapar.

Hal ini dapat terjadi karena apabila tubuh kita mengalami dehidrasi, otak akan menangkap pesan tersebut dan akan memberi sinyal akan rasa lapar. Sehingga sebagai cara untuk mengurangi berat badan, Anda dapat mencoba untuk selalu membuat tubuh Anda terhidrasi dengan cukup.

Seorang partisipan penelitian membuktikan bahwa meminum air putih sebanyak 0,5 liter sebelum makan, berat badannya dapat turun dalam 12 minggu sekitar 44 persen. Cara ini dikatakan lebih berhasil dibandingkan dengan partisipan yang tidak menerapkan cara ini. Dan pastikan Anda meminum air putih, bukan teh, kopi, atau minuman lainnya.

2. Memakai Piring Kecil Saat Makan

Memakai Piring Kecil Saat Makan

Image Credit: Brilio.net

Cara ini juga merupakan hal yang dapat Anda lakukan sebagai trik untuk mengurangi berat badan. Menggunakan piring kecil, akan membuat makanan Anda terlihat memenuhi piring daripada ketika Anda menggunakan piring yang besar. Ketika makanan Anda memenuhi piring, maka Anda akan dapat mengira bahwa porsi makanan yang Anda ambil sudah cukup banyak.

Jika Anda menerapkan cara ini, maka Anda akan tanpa sadar telah mengurangi porsi makanan Anda. Anda juga dapat menerapkan trik ini ketika Anda sedang ingin mengonsumsi makanan yang kurang sehat atau tidak sehat. Menjadikan asupan makanan tidak sehat itu juga menjadi sedikit.

Cara ini dapat Anda gunakan sebaliknya ketika sedang memakan makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran, buah-buahan, atau lainnya. Anda dapat menggunakan piring besar. Penuhilah ruang di piring besar itu dengan makanan-makanan yang menyehatkan. Hal ini tentunya juga akan menjadikan Anda mengonsumsi makanan sehat yang lebih banyak.

BACA:  15 Tips Diet Sehat Alami yang Aman & Hasilnya Cepat

3. Mengonsumsi Makanan Yang Mengandung Serat

Mengonsumsi Makanan Yang Mengandung Serat

Image Credit: Halodoc.com

Makanan serat terbukti dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Bahan makanan seperti oatmeal, gandum, buah-buahan, kacang-kacangan dan sayur-sayuran contohnya. Jenis bahan makanan ini akan membuat Anda kenyang lebih cepat dan tahan lebih lama di dalam perut sehingga membuat Anda tidak cepat lapar.

Hal ini dikarenakan dalam bahan-bahan tersebut terkandung serat kental yang dapat membentuk gel ketika terkena kontak dengan air. Gel  inilah yang membuat waktu untuk menyerap nutrisi lebih lama. Sekaligus juga dapat memperlambat kinerja pencernaan. Membuat tidak cepat lapar karena lambung yang juga tidak cepat kosong.

Anda juga dapat menemukan jenis serat kental ini pada suplemen seperti suplemen glucomannan. Mengonsumsi serat kental tentunya akan sangat membantu Anda dalam proses menurunkan berat badan. Karena Anda akan tidak mudah lapar dari sebelumnya ketika Anda mengonsumsi jenis makanan yang tidak berserat.

4. Mengunyah Makanan Pelan-Pelan

Mengunyah Makanan Pelan-Pelan

Image Credit: Klikdokter.com

Mengunyah makanan dengan pelan-pelan dan menikmati akan dapat membuat kinerja otak Anda sadar ketika Anda sedang benar-benar makan. Jika Anda makan dengan tergesa-gesa, maka otak tidak dapat memproses dengan baik saat Anda makan.

Apabila otak tidak benar-benar sadar bahwa Anda sedang makan, maka otak juga akan memproses lebih lama untuk mengirimkan sinyal bahwa Anda sudah kenyang. Berbeda jika otak sadar ketika Anda sedang benar-benar makan, otak akan lebih cepat mengirimkan sinyal bahwa Anda sudah kenyang. Sehingga porsi makan Anda akan lebih terkontrol dari biasanya.

Selain itu makan dengan mengunyah pelan-pelan akan membuat makanan tercerna dengan baik oleh enzim-enzim di dalam mulut. Apabila kinerja enzim maksimal, maka kalori yang masuk kedalam tubuh dapat menjadi lebih sedikit. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian bahwa orang yang makan dengan tergesa-gesa cenderung mengalami peningkatan berat badan.

5. Mengonsumsi Banyak Protein

Mengonsumsi Banyak Protein

Image Credit: Ceritasehat.com

Protein memiliki fungsi salah satunya adalah untuk meningkatkan perasaan kenyang. Perasaan kenyang inilah yang membuat Anda akan memakan lebih sedikit kalori. Hal ini dikarenakan hormon Ghrelin yang bertugas untuk menstimulasi rasa kenyang dapat dirangsang apabila Anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein.

Anda dapat mengonsumsi jenis makanan yang mengandung protein seperti dada ayam, telur, kacang almond dan yoghurt. Sebagai menu sarapan, Anda dapat memilih telur sebagai pilihan  karena tentunya mudah diolah dan juga terjangkau. Telur yang dikonsumsi saat sarapan dapat membantu Anda untuk mengurangi asupan kalori saat makan siang.

BACA:  Inilah 13 Menu Makanan Diet Sehat & Lezat untuk Menyukseskan Program Anda

Mengonsumsi protein dapat menahan nafsu makan berlebihan. Merupakan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan tanpa rasa yang menyiksa karena masih terdapat banyak jenis masakan mengandung protein yang tentunya sangat lezat. Anda dapat mengonsumsinya, namun Anda juga tetap harus memperhatikan jumlah yang masuk dalam tubuh.

6. Menjaga Pola Tidur & Hindarkan Diri Anda Dari Stres

Menjaga Pola Tidur & Hindarkan Diri Anda Dari Stres

Image Credit: Liputan6.com

Mengurangi berat badan dapat Anda lakukan dengan cara yang sederhana, salah satunya adalah menjaga pola tidur dan menghindarkan diri Anda dari stres. Usahakan tubuh Anda memiliki waktu istirahat yang cukup. Karena hal tersebut sekaligus juga akan membuat Anda memiliki kesehatan yang lebih baik.

Saat Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup, hormon yang merangsang rasa lapar yaitu hormon leptin akan menjadi terganggu kinerjanya. Jika hormon ini terganggu, maka efek yang dapat terjadi pada tubuh Anda adalah Anda akan lebih sering merasakan lapar. Tentunya apabila hal ini terjadi, akan membuat Anda lebih banyak makan.

Selain itu, hormon kortisol yang dapat muncul ketika Anda sedang stres akan mengganggu kinerja hormon-hormon tubuh yang lain. Apabila hal ini terjadi tentunya juga akan menurunkan kualitas kesehatan Anda dan berpengaruh pula pada pola makan menjadi tidak teratur dan mungkin saja menimbulkan masalah lain.

7. Hindari Menyimpan Makanan Tidak Sehat di Tempat yang Mudah Terlihat

Hindari Menyimpan Makanan Tidak Sehat di Tempat yang Mudah Terlihat

Image Credit: Suara.com

Bagi Anda yang seringkali menyediakan camilan-camilan di sekitar ruang tamu atau kamar Anda, sebaiknya  tempatkanlah camilan-camilan tersebut ke dalam lemari dapur atau tempat-tempat yang tidak mudah terlihat dan terjangkau. Hal ini akan membuat Anda menekan asupan makanan tidak sehat dan tentunya menekan kalori yang masuk kedalam tubuh Anda.

Tanpa Anda sadari, camilan yang seringkali Anda konsumsi saat bersantai itu meskipun terasa tidak mengenyangkan, namun juga sebenarnya menyimpan kalori yang cukup besar. Camilan akan membuat Anda ketagihan dan ingin memakannya berkali-kali di waktu luang Anda. Hal ini tentunya akan menyebabkan Anda memiliki peningkatan berat badan.

Camilan tentunya akan sangat menggiurkan, namun bagi Anda yang ingin bersungguh-sungguh menurunkan berat badan sebaiknya kurangilah memakan camilan. Gantilah camilan Anda dengan buah-buahan, yang tentunya juga tak kalah lezat dan menyehatkan.

8. Mencoba Makan Dengan Porsi yang Lebih Sedikit

Mencoba Makan Dengan Porsi yang Lebih Sedikit

Image Credit: Liputan6.com

Makan dengan porsi yang sedikit sudah tidak diragukan lagi akan membuat Anda lebih dapat mengontrol kalori yang masuk sehingga berat badan Anda juga tidak akan berlebihan. Memang pada awalnya akan terasa sulit, namun jika Anda berusaha untuk menerapkannya Anda akan terbiasa.

Apabila makan dengan porsi kecil sudah biasa Anda terapkan, jika Anda merasa sangat lapar Anda akan mengonsumsi makanan yang juga tidak terlalu banyak dari porsi makan biasanya. Menjadikan Anda tetap kenyang walaupun dengan porsi  makan yang sedikit. Jika semakin terbiasa, Anda tidak akan merasa bahwa makan dengan porsi kecil sulit dilakukan.

BACA:  10 Olahraga Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

Hal ini akan lebih baik dibandingkan ketika Anda makan dengan porsi besar, dikarenakan jika Anda makan dengan porsi besar selain kalori yang masuk lebih banyak, Anda juga akan cenderung lebih memperbanyak porsi ketika Anda benar-benar kelaparan. Jika hal ini tidak terkontrol, maka akan membuat tubuh Anda beresiko terkena obesitas.

9. Aktif Bergerak

Aktif Bergerak

Image Credit: Okezone.com

Aktif bergerak merupakan cara yang sangat penting untuk dilakukan. Anda tidak harus berolahraga, Anda juga dapat aktif bergerak dengan mengerjakan kegiatan sehari-hari. Kegiatan sehari-hari sepeti mencuci, memasak, bersih-bersih rumah, ataupun sekedar berjalan akan membantu Anda tehindar dari peningkatan berat badan yang berlebihan.

Dengan aktif bergerak, Anda dapat membakar kalori. Semakin Anda beraktifitas dengan banyak hal, kalori juga akan terbakar lebih banyak. Bagi Anda yang masih memakan makanan yang mengandung kalori tinggi, Anda dapat menyeimbangkannya dengan aktif bergerak agar kalori terbakar sehingga tidak menjadikan peningkatan berat badan.

Selain itu, aktif bergerak tentunya juga membantu Anda terhindar dari stres. Yang dimana seperti point sebelumnya, jika Anda stress maka sistem kinerja hormon juga akan terganggu. Anda dapat melakukan banyak aktifitas agar tingkat stres menurun, sehingga membuat kinerja homon Anda lebih stabil dan pola makan juga akan terjaga.

10. Hindari Bermain Gadget atau Menonton Televisi Saat Makan

Hindari Bermain Gadget atau Menonton Televisi Saat Makan

Image Credit: Okezone.com

Saat Anda makan, sebaiknya hindarkan diri Anda dari bermain gadget atau menonton tv. Hal ini menjadikan Anda tidak fokus pada makanan Anda. Sehingga dapat menjadikan Anda seringkali tidak sadar berapa banyak makanan yang Anda makan. Jika Anda fokus pada makanan Anda, tentunya Anda juga dapat mengontrol asupan makanan yang Anda makan.

Selain itu, Anda juga dapat mencerna makanan Anda dengan lebih baik dibandingkan dengan makan diiringi dengan melakukan aktifitas lain. Jika Anda mencerna makanan dengan baik, otak Anda akan lebih tersadar sehingga apabila makanan dirasa cukup, otak akan lebih cepat mengirimkan sinyal bahwa Anda sudah kenyang.

Hal ini tentunya akan sangat membantu bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Karena apabila kita merasa kenyang lebih cepat, maka asupan makanan juga akan lebih terkontrol atau lebih sedikit dibandingkan ketika Anda merasa tidak cepat kenyang. Jika Anda tidak cepat merasa kenyang maka Anda akan makan terus-menerus secara berlebihan.

Itulah 10 cara sederhana yang dapat Anda lakukan ketika Anda ingin menurunkan berat badan dengan mudah namun juga tidak ingin melakukan olahraga yang berat-berat. Ini dapat menjadi solusi yang patut Anda terapkan agar berat badan Anda pada kondisi ideal dan sehat. Jangan ragu-ragu untuk memulai kebiasaan tersebut dari sekarang.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba