15 Cara Merawat Rambut Kering & Rontok yang Mudah Dipraktikkan di Rumah

15 Cara Merawat Rambut Kering & Rontok yang Mudah Dipraktikkan di Rumah

Rambut kering dan juga rontok menjadi momok yang menakutkan bagi kaum hawa. Rambut kering memang akan membuatnya terlihat mengembang dan hal ini diakibatkan adanya kerusakan pada kutukula rambut. Selain itu juga bisa disebabkan karena kulit kepala tidak mampu untuk memproduksi minyak alami yang bisa melebabkan. Rambut yang kering juga bisa menjadi tanda bahwa perawatan yang anda lakukan selama ini salah.

Menjadi semakin menyebalkan jika dibarengi dengan kerontokan yang terjadi pada rambut. Hal ini akan semakin membuat pusing para wanita jika hal ini terjadi. Kerontokan juga bisa disebabkan oleh banyak hal. Rambut yang mengalami kerusakan memang akan membuatnya tidak memiliki kekuatan sehingga mudah patah. Kemudian kebiasaan yang membuat rambut semakin rusak juga bisa menjadi pemicu rambut rontok dan juga kering ini. Berikut 15 cara merawat rambut rontok dan kering yang mudah diterapkan di rumah.

1. Memperhatikan Sampo yang Digunakan

Memperhatikan Sampo yang Digunakan

Image Credit: Hellosehat.com

Memilih sampo yang cocok dan tepat untuk kondisi rambut bukanlah hal yang mudah. Namun sangat penting untuk memperhatikannya mengingat sampo yang paling sering digunakan untuk perawatan rambut. Tergolong sederhana namun akan memberikan dampak jika tidak ada kecocokkan. Untuk memudahkan sebaiknya anda memilih sampo yang memang diformulasikan khusus untuk jenis rambut kering dan juga rontok.

Sebaiknya juga menghindari sampo yang terlalu banyak memiliki kandungan deterjen dan bahan bahan aktif yang terkesan berat. Anda juga sebaiknya tidak menggunakan  sampo yang memiliki bahan alkohol danjuga sulfat karena akan membuat rambut menjadi lebih kering lagi dari sebelumnya. Saat ini mungkin anda sudah bisa menemukan sampo yang memiliki formula untuk rambut yang kering dan juga rontok.

Meskipun demikian sampo yang sudah memiliki kandungan ringan dan sesuai dengan tipe rambut juga tidak boleh dipakai berlebihan. Terlalu banyak memakai saat keramas juga tidak baik untuk dilakukan. Jadi sebaiknya anda menggunakan sewajarnya saat keramas sesuai dengan ketebalan dan juga panjang rambut anda. Bisa jadi kondisi rambut anda saat ini merupakan tanda jika pemakaian sampo yang anda gunakan tidak sesuai.

2. Menggunakan Conditioner

Menggunakan Conditioner

Image Credit: Kamini.id

Selain masalah sampo yang sesuai, menambahkan kondisioner juga sangat membantu rambut anda. Kondisioner akan membantu rambut untuk mendapatkan kelembabannya dari formula yang terkandung di dalamnya. Anda bisa memilih produk yang sama dengan sampo yang digunakan dan juga memiliki kandungan yang sesuai dengan tipe rambut. Konditioner yang tepat juga akan membantu anda untuk mendapatkan nutrisi agar kerontokkan bisa berkurang.

3. Memperhatikan Waktu Keramas dan Caranya

Memperhatikan Waktu Keramas dan Caranya

Image Credit: Yasmina.com

Keindahan mahkota tak semata hanya menutrisinya namun juga menjaga kebersihannya. Ternyata mencuci rambut atau keramas ada tata caranya agar rambut menjadi seehat. Sebaiknya anda mencuci rambut 1 hingga 2 kali dalam satu minggu. Terlalu sering keramas akan membuat rambut makin kering. Sebaiknya juga keramas dengan menggunakan air dingin agar rambut dan juga kulit kepala tidak semakin kering dan memperparah kondisi.

BACA:  10 Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel Dengan Cepat

4. Menghindari Mengeringkan Dengan Hair Dryer

Menghindari Mengeringkan Dengan Hair Dryer

Image Credit: Hellosehat.com

Menggunakan pengering rambut memang akan membuat rambut kering lebih cepat. Namun untuk anda yang rambutnya sudah kering sebaiknya menghindari mengeringkan rambut dengan pengering rambut. Sebab jika dilakukan akan semakin membuat rambut anda semakin kering. Akan lebih baik jika anda menggunakan handuk dengan menggosoknya secara lembut atau bisa juga di gerai hingga rambut kering alami.

5. Perhatikan Saat Menyisir Rambut

Perhatikan Saat Menyisir Rambut

Image Credit: Biutest.com

Saat anda sudah mengetahui jika rambut anda rontok dan juga kering, anda sebaiknya memperhatikan saat anda menyisirnya. Sebaiknya menggunakan sisir yang memiliki gerigi jarang. Hal ini akan membuat rambut anda semakin tidak rontok bahkan patah. Anda juga sebaiknya menghindari menyisir ketika rambut dalam kondisi basah. Karena saat ini rambut akan penuh simpul sehingga membuatnya semakin rontok atau patah.

6. Menngkonsumsi Makanan Sehat

Makanan Sehat

Image Credit: Liputan6.com

Untuk mengembalikan rambut anda yang sudah kering dan juga rontok maka anda perlu melakukan usaha lebih. Sampo dan kondisioner saja tidak cukup anda sebaiknya memberikan nutrisi tambahan pada rambut anda. Nutrisi ini bisa didapatkan dari makanan yang masuk ke dalam tubuh anda. Mengkonsumsi makanan yang baik untuk rambut bisa anda dapatkan dari buah buahan dan juga ikan serta sayur mayur.

Anda bisa mengkonsumsi jambu biji yang bisa membantu untuk menjaga rambut serta mencegah dari kerusakan. Selain itu sayur bayam juga bisa anda konsumsi untuk membuat rambut lebih kuat dan tidak rapuh. Ada juga ikan salmon yang bisa membuat rambut berkilau dan lebih sehat. Jangan lupakan untuk menyeimbangkan dengan konsumsi air putih yang cukup. Karna air putih bisa membuat rambut menjadi tidak bercabang dan memiliki akar yang kuat.

7. Melindungi dari Paparan Polusi dan Sinar Matahari

Melindungi dari Paparan Polusi dan Sinar Matahari

Image Credit: Hellosehat.com

Memang rambut yang mengalami kerusakan bisa datang dari mana saja penyebabnya. Rambut akan kusam, kering dan bahkan rontok hanya dikarenakan sering terpapr polusi dan sinar matahari. Udara yang dingin serta cuaca yang berangin juga bisa menyumbangkan kondisi rambut menjadi lebih kering. Inilah yang membuat anda harus melindungi rambut anda dari paparan sinar matahari maupun polusi yang kian hari meningkat.

BACA:  10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah

Perlindungan ini bisa anda dapatkan dengan menggunakan penutup kepala maupun topi ketika beraktivitas di luar. Topi dan penutup kepala juga bisa melindungi rambut dari paparan polusi dan juga debu. Meskipun topi ini bisa membantu anda, namun juga tidak disarankan untuk digunakan secara terus menerus. Akan lebih baik jika hanya digunakan saat dibutuhkan agar rambut bisa bernafas dan tidak terjadi adanya penumpukan keringat.

8. Menghindari Mewarnai Rambut

Menghindari Mewarnai Rambut

Image Credit: Sehatq.com

Tampil dengan rambut warna warni memang terlihat menggoda dan cantik. Namun sangat tidak disarankan untuk anda yang mengalami kerontokan rambut dan juga rambut yang kering. Sebab zat kimia yang ada pada pewarna akan memperburuk kondisi rambut anda serta bisa semakin membuat rambut semakin rapuh. Untuk itu anda sebaiknya tidak menggunakan pewarna rambut  sebagai upaya untuk menjaga rambut anda.

9. Tidak Membiarkan Rambut Terikat Ketika Tertidur

Tidak Membiarkan Rambut Terikat Ketika Tertidur

Image Credit: Idntimes.com

Mengikat rambut memang akan membuat aktivitas tidak terganggu dengan adanya rambut yang panjang. Namun ternyata terlalu sering menguncir rambut juga bukanlah hal yang baik. Apalagi jika anda membiarkan rambut terikat hingga anda tidur. Rambut tidak memiliki kesempatan untuk bernafas sehingga ada baiknya anda melepas ikatan ketika tidur. Kulit kepala juga akan rileks sehingga esoknya rambut bisa kembali segar lagi.

10. Mengkonsumsi Vitamin B

Vitamin B

Image Credit: Club.iyaa.com

Konsumsi vitamin tambahan untuk membuat rambut kembali menjadi lebih sehat juga bisa dilakukan. Salah satu vitamin yang bisa anda konsumsi adalah vitamin B kompleks yang bisa merawat rambut anda. terutama untuk rambut yang kering dan juga rontok. Kandungan biotin yang ada pada vitamin B kompleks akan membuat rambut semakin kuat. Vitamin B Kompleks ini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi kacang kacangan, telur dan juga pisang.

11. Menggunting Rambut

Menggunting Rambut

Image Credit: Kawaiibeautyjapan.com

Memotong rambut secara berkala juga upaya untuk menjaga agar rambut tetap sehat. Sebab rambut yang terlalu lama tidak dipotong akan memiliki potensi besar untuk menjadi bercabang dan juga kering. Sehingga dengan memotongnya secara rutin akan membuat kesehatan rambut menjadi lebih terjaga. Anda tidak perlu memotongnya terlalu panjang, hanya beberapa cm saja hingga bagian ujungnya hilang.

12. Memanfaatkan Daun Seledri

Daun Seledri

Image Credit: Hellosehat.com

Daun seledri merupakan bahan yang terkenal juga bisa untuk melakukan perawatan pada rambut. Memiliki kandungan yang baik seperti vitamin A, B2, B1, B6 dan juga vitamin C serta kalsium. Kandungan ini bisa membantu untuk menstimulasi pertumbuhan pada rambut sehingga sangat bagus juga dikonsumsi maupun untuk perawatan rambut. Anda bisa menggunakan seledri sebagai bahan untuk membuat masker rambut.

BACA:  Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat

Caranya juga terbilang mudah dan bisa anda lakukan sendiri di rumah. Pertama anda harus menyiapkan daun seledri kemudian menghaluskannya dengan diblender. Jika sudah halus anda bisa menambahkan dengan bahan lain seperti madu, minyak zaitun maupun telur. Namun juga bisa dengan tidak menambahkan bahan lain. Pengaplikasiannya hanya dioleskan secara merata pada rambut dan biarkan hingga 15 menit barulah dibilas dengan keramas seperti biasa.

13. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah Buaya

Image Credit: Sehatq.com

Lidah Buaya ini juga kondang untuk dijadikan sebagai bahan yang bisa membantu menjadikan rambut menjadi sehat. Anda bisa langsung membalurkan lidah buaya pada bagian gelnya di seluruh rambut. Atau anda juga bisa memanfaatkan gel lidah buaya yang saat ini sedang ngetren dan banyak ditemui. Anda tunggu hingga beberapa saat agar bisa menyerap barulah bisa dibilas. Lakukan secara rutin untuk membuat rambut anda makin membaik.

14. Memanfaatkan Santan Kelapa

Santan Kelapa

Image Credit: Suaraaktual.co

Santan Kelapa menjadi salah satu bahan yang juga memiliki banyak manfaat untuk rambut. Saking banyaknya, santan kelapa biasanya dimasukkan sebagai bahan tambahan pada produk produk perawatan rambut. Selain bisa memanfaatkan produk, anda juga bisa langsung memanfaatkan santan yang lebih alami. Santan mengandung vitamin seperti folate dan niacin yang bisa memperlancar peredaran darah.

Bahkan kandungan proteinnya juga bisa menutrisi rambut menjadi lebih lembut. Anda bisa langsung menggunakan santan yang telah menjadi larutan. Kemudian anda tunggu hingga air dan santan mendidih. Gunakan santan yang telah dingin pada seluruh akar rambut dan juga kulit kepala. Jika sudah merata anda bisa menunggunya hingga 20 menit. Namun juga bisa dibiarkan semalam, kemudian dibilas dan keramas seperti biasanya.

15. Menggunakan Buah Alpukat

Image Credit: Liputan6.com

Menggunakan masker alpukat untuk mengembalikan kelembaban dan mengurangi kerontokan juga terbilang efektif. Alpukat memang dipercaya sebagai buah buahan yang memiliki kandungan lemak sehat dan bisa membuat rambut menjadi lebih berkilau, lembut dan juga kuat. Kandungan di dalamnya juga sangat beragam mulai dari Vitamin hingga potasium, fosfor hingga magnesium dan iron.

Dikenal sebagai minyak alami, anda bisa menggunakannya sebagai masker dan juga mengkonsumsinya. Untuk membuat masker rambut anda membutuhkan ½ buah alpukat, 1 sdm madu dan juga 1 sdm minyak zaitun. Langkah pertama haluskan alpukat dan tambahkan bahan lainnya. Jika sudah anda bisa langsung mengaplikasikannya pada rambut hingga merata. Setelah itu tunggu beberapa saat sebelum akhirnya di bilas.

Rambut yang kering dan juga rontok memang membuat pusing. Sehingga anda perlu melakukan perawatan ekstra untuk membuat rambut kembali pada keindahnnya. Memang kering dan rontok ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari kebiasaan hingga pola hidup. Hanya saja bukan tidak mungkin untuk membuatnya kembali jika anda mau berusaha merubah kebiasaan dan melakukan perawatan pada rambut anda.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba