10 Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami yang Perlu Anda Coba

10 Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami yang Perlu Anda Coba

Produksi sebum dalam kulit secara berlebih, menyebabkan kulit menjadi berminyak dan tidak sedap dipadang. Namun jangan terburu buru untuk membenci sebum, sebab sebum sendiri masih menjadi komponen penting untuk melembabkan kulit. Hanya saja produksi yang telalu berlebihan, juga tidak baik bagi kesehatan kulit wajah.

Oleh karena itu, kamu bisa mencoba serangkaian perawatan bagi kulit wajah berminyak secara alami seperti dalam ulasan berikut.

1. Menggunakan Produk Perawatan Tepat

Menggunakan Produk Perawatan Tepat

Image Credit: Baomoi.com

Banyak masyarakat yang merasa kesulitan untuk menemukan serangkaian produk tepat, untuk mengatasi berbagai masalah kulitnya sendiri. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda, sehingga perawatan yang dibutuhkan tentu saja berbeda dan cukup bervariasi. Memang bagus untuk meminta rekomendasi dari kerabat terdekat, namun bukan berarti kamu menerimanya mentah-mentah dan langsung membeli produk tersebut.

Mulai saat ini, hindari kebiasaan membeli produk hanya karena direkomendasikan teman ataupun terbuai dengan bentuknya yang lucu semata. Bagaimana jika kamu lebih fokus menemukan solusi untuk permasalahan kulitmu, agar mendapatkan manfaat maksimal dari produk yang ditawarkan. Jangan lupa untuk memperhatikan kandungan dalam produk, sekaligus mencari referensi terhadap produk yang sedang diinginkan.

2. Menggunakan Pelembab Khusus Kulit Berminyak

Menggunakan Pelembab Khusus Kulit Berminyak

Image Credit: Femaledaily.com

Meski kulit wajah menghasilkan sebum yang melimpah, bukan berarti kamu tidak lagi memerlukan pelembab seperti jenis kulit lainnya. Sebenarnya apapun tipe kulitmu, masih membutuhkan pelembab agar tingkat kelembapannya terjaga dengan baik. Cobalah memilih pelembab yang memang dibuat khusus bagi tipe kulitmu, untuk mendapatkan manfaat dari produk yang digunakan dan tidak ada kerugian menggunakannya.

Untuk mengurangi minyak berlebih ini, kamu bisa membersihkan wajah secara rutin lalu tidak lupa untuk menggunakan pelembab setelahnya. Dengan bantuan pelembab ini, membantu kulit agar tidak kehilangan kelembapannya setelah minyak terbuang bersama dengan sabun saat mencuci muka. Ketika tingkat kelembapan kulit terjaga, kulit tidak akan berubah menjadi kering akibat kekurangan minyak secara terus menerus.

3. Menggunakan Masker Alami

Menggunakan Masker Alami

Image Credit: Cosmopolitan.co.id

Menggunakan masker dari bahan alami, disebut ampuh untuk mengatasi kulit berminyak dan dapat digunakan oleh berbagai kalangan. Entah itu wanita maupun pria, sangat disarankan untuk menggunakan masker untuk meningkatkan kesehatan kulitnya sendiri. Tak perlu bingung untuk memilih masker terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, karena kini dapat ditemukan berbagai merk masker menggunakan bahan alami.

Apabila ingin meminimalisir dampak buruk dari bahan kimia yang digunakan, tidak ada salahnya memanfaatkan bahan alami untuk dijadikan sebagai masker. Sebenarnya baik masker alami ataupun tidak, semua masker memiliki fungsi yang sama yaitu merawat sekaligus menjaga kesehatan kulit wajah. Hanya saja jenisnya cukup bervariasi, dimana setiap jenisnya mengandung manfaat berbeda tergantung dari bahan yang digunakan.

BACA:  15 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami yang Paling Ampuh

4. Membersihkan Wajah Secara Rutin

Membersihkan Wajah Secara Rutin

Image Credit: Today.com

Usai beraktifitas seharian di luar ruangan maupun di luar ruangan, penting untuk membersihkan wajah menjelang tidur. Hanya saja, sebagian orang masih merasa malas untuk melakukannya dan lebih memilih langsung tidur tanpa membersihkannya. Apabila kebiasaan buruk ini masih saja berlanjut, sebaiknya segera hentikan segera saat ini juga.
Sebab hal inilah yang menjadi faktor utama, kenapa wajah terus menerus memproduksi minyak berlebih.

Ketika jaringan kulit terus memproduksi sebum secara berlebihan, tentu saja kamu tidak bisa tampil dengan maksimal seperti yang dibayangkan. Oleh sebab itu, penting untuk mencuci wajah secara rutin setidaknya 2 sampai  3 kali dalam sehari. Dimana hal ini dilakukan tepat setelah bangun dari tidur dan sebelum tidur di malam hari. Cobalah lakukan kebiasaan baik ini, agar kesehatan kulit tetap terjaga dengan baik.

5. Rajin Menghapus Make Up

Rajin Menghapus Make Up

Image Credit: Melodijolola.com

Bagi sebagian wanita, sehari tanpa make up adalah mimpi buruk yang pernah dibayangkan sebelumnya. Sebab wanita tak menganggap make up untuk mempercantik dirinya semata, namun juga bisa meningkatkan rasa kepercayaan dirinya ketika tampil di hadapan banyak orang. Dengan menggunakan riasan di wajah, setiap orang yang mellihat menjadi terpana akan kecantikan dan kelihaian dalam berias diri.

Ketika sampai di rumah, tentu saja make up yang seharian digunakan harus dihapus agar kulit bisa bernafas lebih lega. Tak hanya sebagai bentuk kebersihan diri semata, karena bahan kimia yang terlalu lama menempel pada wajah juga akan berdampak buruk jika tidak segera dibersihkan. Apabila hal ini tidak dilakukan, efek buruk pun akan dirasakan di esok harinya. Oleh karenanya, jangan lupa memastikan tidak ada sisa make up di wajah agar kesehatan kulit tetap terjaga.

6. Memulai Gaya Hidup Sehat

Memulai Gaya Hidup Sehat

Image Credit: Healthbng.com

Serangkaian perawatan lain yang bisa dilakukan, yaitu memulai membiasakan diri dengan gaya hidup sehat. Pada awalnya perubahan gaya hidup ini mungkin cukup mengejutkan dan sulit dilakukan, namun perlahan akan terbiasa dan menjadikannya sebagai bentuk gaya hidup baru. Lalu apa yang harus dilakukan untuk merawat sang kulit yang berminyak? Cobalah untuk berolahraga secara rutin, dan menambahkan dengan makanan kaya gizi.

Olahraga tak hanya membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat, namun berpengaruh pada kesehatan kulit cantikmu. Kenapa bisa demikian? Lebih sederhananya, kamu bisa membayangkan banyaknya kotoran yang menumpuk di pori-pori. Tentunya kotoran tersebut tidak dapat dikelurkan dengan mudah, sehingga membutuhkan bantuan keringat untuk keluar. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar tubuh mengeluarkan keringat adalah berolahraga.

BACA:  10 Tips Perawatan Kulit Wajah Secara Alami & Mudah Dilakukan

Saat tubuh mengeluarkan keringat, kelenjar minyak akan mendorong kotoran keluar dari pori pori sekaligus membersihkan area pori-pori tersebut. Setelah lelah berolahraga, sesampainya di rumah kamu bisa membersihkan muka menggunakan pembersih muka khusus bagi kulit berminyak. Dengan adanya bantuan sabun, kotoran akan terbawa air yang membuat kulit menjadi lebih segar nan sehat.

Selain itu, segeralah kurangi atau menghentikan kebiasaan merokok ataupun mengkonsumsi minuman berakohol. Sebab hal ini juga menjadi salah satu faktor, kenapa kulit selalu mengeluarkan sebum berlebih yang membuatmu kurang percaya diri. Sedangkan mengkonsumsi buah dan sayuran sendiri, akan membantu kulit mendapatkan nutrisi lengkap sekaligus membantu tubuh untuk melawan berbagai penyakit yang ingin menyerang.

7. Terapi Menggunakan Es Batu

Image Credit: Ramesia.com

Ingin melakukan terapi murah dan tepat untuk merawat wajah berminyak? Kamu bisa melakukannya, dengan memanfaatkan terapi es batu. Ketika memilih terapi ini, kulit menjadi lebih segar sekaligus mengatasi minyak berlebih. Bahkan dengan penerapan secara rutin, es batu mampu mengecilkan pori pori pada wajah yang terlihat membesar bak kulit jeruk. Ketika pori pori kembali pada ukurannya semula, penampilan terlihat lebih maksimal daripada sebelumnya.

Bisa dibuat sendiri di rumah, dimana perawatan satu ini dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Hanya dengan menyediakan es batu dan handuk bersih nan lembut, wajah bersih nan sehat bukan lagi menjadi impian semata. Caranya cukup mudah, yaitu masukkan es batu ke dalam handuk dan ikat bagian ujungnya agar lebih mudah digenggam. Kemudian oleskan perlahan ke permukaan kulit sekitar 30 detik, dan lakukan kembali hingga beberapa kali.

8. Mengonsumsi Berbagai Buah Segar

Image Credit: Kompas.com

Buah-buahan segar yang mengandung berbagai vitamin, bisa menjadi alternatif terbaik untuk merawat kulit berminyak. Tak hanya dikonsumsi secara langsung, namun kamu bisa membuatnya menjadi masker alami yang tentu saja baik bagi kesehatan kulit cantikmu. Agar hasilnya lebih maksimal, cobalah untuk melakukan perawatan ini secara rutin. Meski hasilnya tidak langsung terlihat, namun dampak baik ke depannya bisa dirasakan perlahan.

Sebagai bahan tambahan masker, kamu bisa menambahkan berbagai bahan alami lainnya seperti madu hingga putih telur. Dengan adanya bantuan dari bahan alami lainnya, kulit akan mendapatkan perawatan lebih kompleks daripada sebelumnya. Dimana setiap bahan tambahan tersebut, tentu saja menghadirkan manfaat yang berbeda. Sehingga penting untuk mengetahui manfaatnya terlebih dahulu, sebelum mencampurkannya menjadi sebuah masker.

BACA:  9 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Cara satu ini cukup populer dilakukan, terutama bagi mereka yang masih muda dan menyadari pentingnya menjaga kesehatan kulit sejak dini. Hanya mengandalkan bahan alami sebagai pembuatan masker, sehingga pengeluaran dianggap tidak membebani isi dompetmu. Dengan menggunakan bahan alami, tentu saja tidak ada efek samping yang akan dirasakan. Bahan alami ini pun cukup mudah ditemukan, sehingga tak perlu kebingungan ketika stok di rumah habis.

9. Hindari Makanan Berlemak dan Protein Tinggi

Hindari Makanan Berlemak

Image Credit: Honestdocs.id

Mengetahui kondisi kulit yang berminyak nan berjerawat, tampaknya penting untuk membatasi serta memperhatikan kembali makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sebagai langkah meminimalisir masalah kulit menjadi lebih parah, ada baiknya menghindari beberapa makanan yang mengandung lemak dan protein tinggi. Sebagai penggantinya, silahkan mengganti menu makanmu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 tinggi.

Apabila ingin lebih hemat, tidak ada salahnya mengganti menu makanan setiap hari dengan mengkonsumsi aneka olahan sayur dan buah sebagai alternatif terbaik. Agar hasilnya lebih maksimal, pastikan mengimbanginya dengan mengkonsumsi air mineral secukupnya sesuai dengan anjuran yang diberikan. Lakukan secara rutin dan telaten, agar mendapatkan hasil lebih cepat dan mendapatkan kulit cantik seperti semula atau bahkan lebih bagus daripada sebelumnya.

10. Memenuhi Kebutuhan Air Setiap Hari

Image Credit: Hellosehat.com

Langkah paling sederhana yang bisa dilakukan agar wajah terjaga kesehatannya, dengan memperbanyak minum air mineral. Meski mengkonsumsi air mineral baik bagi tubuh, bukan berarti tidak memberikan batasan untuk meminumnya. Namun setidaknya jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air setiap harinya, agar kulit tidak dehidrasi dan mengalami masalah kulit lainnya. Agar lebih mudahnya, silahkan mencari tahu apa saja keuntungan konsumsi air bagi tubuh.

Tubuh manusia bisa dikatakan sangat bergantung pada asupan air, sehingga kita sangat disarankan untuk mengkonsumsi air sesuai dengan kebutuhan. Lalu apa hubungannya dengan kesehatan kulit? Air yang tercukupi, membantu tubuh untuk mengontrol kadar minyak agar tidak diproduksi secara berlebih. Ketika minyak diproduksi secara stabil, penampilan pun menjadi lebih maksimal dan rasa percaya diri pun memuncak.

Itulah 10 cara merawat wajah berminyak secara alami dengan mudah dan patut Anda coba. Melihat wajah seseorang yang tampak bersih nan cerah, memang dapat menyenangkan hati bagi siapapun yang melihatnya. Namun untuk bisa mendapatkan kulit seperti itu tidaklah mudah seperti yang dibayangkan, karena harus melewati serangkaian perawatan yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit. Begitu pula bagi sang pemilik kulit berminyak, hendaknya mengetahui cara tepat untuk merawat kulitnya agar terlihat cerah nan cantik setiap saat.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba