10 Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki yang Perlu Anda Ketahui

10 Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki yang Perlu Anda Ketahui

Kehamilan memang menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagi para calon ibu. Seringkali menebak-nebak jenis kelamin si bayi menjadi hal yang lumrah untuk dilakukan. Selain untuk mempersiapkan pakaian dan peralatan bayi, mengetahui jenis kelamin bayi memiliki banyak manfaat, apalagi jika dilakukan sedini mungkin. Masalah pemberian nama juga bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Untuk mengetahui jenis kelamin pada bayi, paling cepat bisa dilakukan pada bulan ketiga kehamilan. Anda bisa menggunakan USG untuk hasil yang lebih akurat. Selain menggunakan USG, bentuk kehamilan bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang mengandung bayi dengan jenis kelamin tertentu.

Misalnya saja, ada ciri dan tanda khusus apabila Anda sedang mengandung anak laki-laki. Berikut merupakan tanda pada tubuh, ciri dan bentuk kehamilan yang merupakan pertanda bahwa Anda tengah mengandung putra atau anak laki-laki. Walaupun secara medis dianggap tidak ilmiah, banyak terjadi dan sudah sering dibuktikan oleh para ibu.

1. Bentuk Perut

Bentuk Perut

Image Credit: Glitzmedia.co

Banyak ibu yang mengatakan bahwa perut mereka cenderung berbentuk bulat sempurna ketika mengandung anak laki-laki. Selain bulat sempurna, bentuk kandungan juga sedikit ke bawah. Berbeda dengan janin perempuan yang memberikan bentuk agak sedikit lonjong.

Ciri kehamilan ini sering menjadi penentu di masyarakat, bahwa bayi yang sedang dikandung adalah seorang putra. Padahal belum tentu hal ini benar-benar akurat. Sebab, seringkali banyak ibu yang memiliki ciri berbeda ketika mengandung.

Bentuk kehamilan pun akan tergantung pada bentuk tubuh ibu. Sehingga, ciri ini masih diperdebatkan hingga sekarang. Tidak ada salahnya pergi ke instansi kesehatan untuk melakukan cek USG untuk hasil yang lebih akurat.

2. Jarang Mengalami Morning Sickness

Mengalami Morning Sickness

Image Credit: Klikdokter.com

Morning sickness merupakan kondisi tidak nyaman yang dialami oleh ibu di pagi hari, biasanya muncul perasaan mual dan ingin muntah. Ini disebabkan karena jumlah beberapa hormon meningkat, salah satunya adalah hCG. Ketika sedang hamil dan Anda sering mengalami morning sicknes, besar kemungkinan Anda mengandung bayi perempuan.

Hal yang berbeda jika Anda melewati pagi tanpa mengalami morning sickness. Produksi hormon hCG pada tubuh Anda tidak terlalu tinggi. Ini akan membuat Anda menjalani hari tanpa adanya rasa mual berlebih. Jika ciri tersebut terjadi pada Anda, maka bisa disimpulkan Anda mengandung bayi laki-laki.

3. Warna Urin Lebih Pekat

Warna Urin Lebih Pekat

Image Credit: Okezone.com

Tanda lain yang bisa Anda perhatikan ketika sedang mengandung adalah warna urin. Urin merupakan air buangan dari dalam tubuh, dan memiliki warna yang berbeda-beda. Banyak yang mengatakan, terutama para ibu yang sebelumnya mengandung anak laki-laki, bahwa urin yang dihasilkan berwarna lebih pekat daripada ketika hamil anak perempuan.

Namun dalam medis, bukti ini seringkali dibantah secara ilmiah. Pasalnya, warna urin bisa disebabkan karena tingkat konsumsi air yang dikonsumsi oleh ibu. Jika ibu hamil mengkonsumsi air dengan cukup, warna urin tentu tidak akan begitu pekat.

Warna kepekatan urin antar individu pun bisa berbeda, misalnya ada yang berwarna cokelat pekat, kehitaman, hingga hijau gelap. Oleh sebab itu, warna urin tidak bisa menjadi patokan apakah anak yang sedang di kandung memiliki jenis kelamin tertentu.

4. Bercak Hitam

Bercak Hitam

Image Credit: Tribunnews.com

Beberapa ibu yang sebelumnya pernah mengandung anak laki-laki, mengatakan bahwa akan muncul bercak kehitaman di beberapa area tubuh. Ini menandakan bahwa anak yang sedang di kandung berjenis kelamin laki-laki.

Selain bercak hitam, banyak perubahan fisik yang terlihat jika mengandung seorang putra. Banyak ditemui kasus ketika para ibu terlihat secara fisik berbeda, antara sebelum dan sesudah hamil. Misalnya saja, beberapa mengaku bahwa area sekitar payudara, terutama bagian areola berubah warna menjadi kehitaman.

Lainnya mengatakan bahwa mereka terlihat seperti kurang merawat diri, seperti timbulnya jerawat pada wajah, kulit menjadi kusam, dan lainnya, padahal mereka melakukan perawatan tubuh sebagaimana mestinya. Namun, timbulnya bercak hitam ini belum mendapatkan kajian ilmiah lebih lanjut.

5. Detak Jantung pada Bayi

Detak Jantung pada Bayi

Image Credit: Popmama.com

Salah satu ciri lain bahwa Anda mengandung anak laki-laki adalah detak jantung yang dihasilkan si bayi. Detak jantung ini,menurut beberapa penuturan, lebih lambat dibandingkan anak perempuan, yakni sekitar 140 detik per menitnya. Ini kemudian menjadi tanda umum bahwa bayi yang sedang dikandung berjenis kelamin laki-laki.

Padahal banyak penelitian mengatakan sebaliknya. Dokter spesialis kandungan misalnya, menekankan bahwa detak jantung tidak bisa memberikan prediksi jenis kelamin bayi. Detak jantung janin bervariasi tiap harinya, kadang lambat, kadang lebih cepat. Jaminan bahwa bayi laki-laki lebih berat juga kerap dipercayai.

6. Posisi Tidur

Posisi Tidur

Image Credit: Alodokter.com

Posisi tidur juga sering dianggap sebagai penentu jenis kelamin pada janin. Apabila ibu lebih sering berbaring di sebelah kiri, terutama jika dilakukan secara refleks, maka bayi yang sedang dikandung memiliki jenis kelamin laki-laki.

Namun, tentu saja, posisi tidur hanya dianggap sebagai mitos yang berkembang di masyarakat, yakni hanya berupa kemungkinan, karena banyak yang sering memberikan ciri serupa.

Berbeda dengan anak perempuan, ibu akan lebih cenderung tidur dengan posisi miring ke sebelah kanan, dan ini refleks dilakukan tanpa sengaja. Walaupun begitu, belum tentu ciri ini kuat. Sebab dalam medis, tidak ada pengaruh posisi tidur pada jenis kelamin bayi.

7. Ingin Makan Asam dan Asin

Ingin Makan Asam dan Asin

Image Credit: Halodoc.com

Ciri selanjutnya adalah terkait makanan yang sedang dikonsumsi. Para ibu tentu familiar dengan ngidam, yakni keinginan kuat untuk makanan makanan jenis tertentu. Ngidam sering dihubungkan dengan ibu hamil. Sebab, karena hormon yang tidak stabil, keinginan untuk makanan jenis tertentu menjadi lebih besar.

Ketika Anda sedang hamil anak laki-laki, tandanya adalah ngidam makanan asin. Selain makanan asin, makanan lain yang sering dijadikan patokan ketika ngidam adalah makanan asam.

Tanda ini sering dipercaya oleh masyarakat, padahal secara medis, tidak ada kaitan antara makan makanan ngidam dengan rasa khusus, dengan jenis kelamin anak yang sedang dikandung. Biasanya ngidam terjadi karena adanya perubahan gizi selama masa kehamilan, terutama jika kekurangan mineral maupun vitamin tertentu.

8. Muncul Jerawat

Muncul Jerawat

Image Credit: Klikdokter.com

Jika sebelumnya Anda tidak pernah mengalami jerawat, kemudian wajah dan anggota tubuh lain, seperti punggung dan bahu berjerawat, besar kemungkinan Anda tengah mengandung anak laki-laki.

Tentu saja ini hanya mitos semata, sebab pada ibu hamil, munculnya jerawat bisa disebabkan hormon tubuh yang sedang tidak seimbang, terutama hormon androgen, pemicu jerawat pada wajah.

Ketika hormon androgen meningkat, maka zat minyak atau sebum pada permukaan kulit wajah meningkat, atau diproduksi secara berlebih. Apabila tidak dibersihkan dengan baik, maka bakteri menjadi lebih mudah berkembang biak. Belum lagi jika terkena debu dan kotoran, kemungkinan pembentukan jerawat menjadi lebih besar.

9. Pergerakan Janin

Pergerakan Janin

Image Credit: Hellosehat.com

Pergerakan pada janin ternyata bisa menjadi penentu apakah bayi yang sedang dikandung berjenis kelamin laki-laki ataupun perempuan. Jika Anda mengandung bayi laki-laki, pergerakan yang dilakukan lebih teratur dan memilik ritme tertentu yang stabil. Gerakan tersebut akan dirasakan ketika usia kehamilan Anda berada pada bulan ketiga.

Pergerakan pada janin ini akan berlanjut hingga bulan kelima kehamilan. Makin lama usia kandungan, maka makin aktif gerakan janin di dalam perut. Hal yang berbeda ketika Anda mengandung anak perempuan. Aktifitas menendang dan bergeraknya jauh lebih tidak bisa ditebak, bisa menendang tiba-tiba, dan kadang hanya bergerak di waktu tertentu.

Pergerakan janin yang teratur pada anak laki-laki, seringkali juga diikuti dengan nafsu makan yang tinggi oleh ibu. Ibu yang tengah hamil anak laki-laki memiliki kecenderungan untuk makan makanan dengan kalori yang lebih tinggi, sekitar 56 persen lebih tinggi, dibandingkan ibu yang mengandung bayi perempuan.

10. Linea Nigra

Perhatikan Garis Perut

Image Credit: Parenting.orami.co.id

Terakhir yang merupakan tanda bahwa Anda mengandung anak laki-laki adalah garis yang muncul di area sekitar perut ibu, biasanya disebut dengan linea nigra. Linea nigra ini merupakan garis yang muncul hanya saat sedang mengandung.

Linea Nigra sering muncul dengan warna hitam pudar dan akan muncul secara horizontal memanjang di perut, dari atas ke bawah, tegak dan lurus. Jika garis linea nigra Anda tidak tegak lurus, dan malah terputus-putus, maka besar kemungkinan Anda tengah mengandung anak laki-laki.

Berbeda jika garis linea nigra Anda tidak terputus dan terlihat dengan jelas, bayi yang sedang dikandung, kemungkinan besar adalah perempuan. Walaupun begitu, belum ada kajian ilmiah mengenai kasus ini. sehingga lebih sering dianggap sebagai mitos semata. Cara ini hanya digunakan sebagai prediksi semata.

Itulah 10 tanda yang bisa menjadi ciri-ciri Anda tengah mengandung janin dengan jenis kelamin laki-laki. Agar memberikan hasil yang akurat, Anda bisa menjalani USG. Namun, kadang USG pun memberikan hasil yang salah, jenis kelamin merupakan salah satunya. Walaupun begitu, tetap rawat bayi dalam kandungan Anda dengan baik, tidak peduli dengan jenis kelamin yang dimiliki.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan & Kandungan Nutrisinya
15 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
Pisang
10 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba