15 Tips Diet Sehat Alami yang Aman & Hasilnya Cepat

15 Tips Diet Sehat Alami yang Aman & Hasilnya Cepat

Diet merupakan salah satu cara yang seringkali dilakukan oleh kebanyakan orang untuk menurunkan berat badan. Hal ini membuat banyak yang mengiklankan diet dengan bujukan berat badan dalam waktu yang singkat. Diet didominasi dilakukan oleh perempuan untuk menjaga kecantikan tubuhnya. Hal ini dikarenakan sebagian perempuan menganggap tubuh yang ramping salah satu target yang harus dicapai.

Untuk sebagian orang kecantikan dikategorikan dengan tubuh yang ideal atau dengan kata lain badan yang ramping dan kurus. Hal ini menyebabkan berbagai cara dan Teknik diet dilakukan tanpa memikirkan dampaknya. Meski demikian masih ada teknik diet sehat dan alami yang tidak memiliki dampak yang merugikan untuk tubuh.

Diet alami yang dilakukan memiliki banyak manfaat selain menjaga tubuh tetap ideal. Sehingga Anda tak perlu khawatir akan dampak merugikan yang terjadi pada tubuh. Teknik diet tersebut juga bisa menjaga kesehatan tetap prima dan membuat tubuh semakin segar untuk digunakan beraktivitas. Sehingga Anda akan memperoleh hasil yang maksimal tanpa merugikan diri sendiri dengan diet ketat yang dilakukan.

Nah kesempatan kali ini, Jas Merah akan mengulas tips diet sehat secara alami dan hasilnya cepat namun tetap aman bagi kesehatan.

1. Olahraga Rutin

Olahraga Rutin

Image Credit: Hellosehat.com

Olahraga memang dikenal cukup ampuh untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan ketika berolahraga Anda akan banyak mengeluarkan banyak keringat. Keringat itulah yang dihasilkan dari pembakaran lemak yang ada dalam tubuh. Selain itu, olahraga tersebut juga baik untuk menjadikan cadangan makanan sebagai energi untuk beraktivitas.

Anda bisa mencoba olahraga sederhana seperti push dan sit up secara rutin. Anda juga bisa berjalan santai atau bersepeda di pagi hari sebelum mengawali aktivitas keseharian. Dengan begitu lemak yang menumpuk dalam tubuh akan hilang sedikit demi sedikit. Selain itu olahraga juga bisa menjaga kesehatan tubuh agar tetap segar untuk digunakan beraktivitas.

2. Perbanyak Konsumsi Sayuran

Perbanyak Konsumsi Sayuran

Image Credit: Blog.regopantes.com

Sayuran memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya yaitu bisa mengatur dan menurunkan badan agar tetap ideal. Selain itu sayuran juga merupakan bahan alami yang tidak memiliki efek yang dapat merugikan tubuh Anda apabila dikonsumsi secara rutin.

Anda bisa mengonsumsi sayuran dengan 2 cara. Cara yang pertama Anda bisa menjadikan sayuran sebagai jus untuk diminum sebelum melakukan aktivitas. Cara yang kedua Anda bisa menjadikan sayuran untuk makanan sehari-hari sebagai pengganti daging atau makanan berlemak lainnya.

3. Hindari Makanan Cepat Saji

Hindari Makanan Cepat Saji

Image Credit: Buzzfeed.com

Makanan cepat saji atau yang lebih dikenal dengan junkfood bisa menyebabkan obesitas. Hal ini dikarenakan makanan tersebut memang memiliki kandungan lemak yang besar. Makanan cepat saji menyebabkan lemak menumpuk sehingga menaikkan berat badan. Selain itu, makanan cepat saji juga dapat menimbulkan berbagai penyakit apabila dikonsumsi secara berlebihan.

BACA:  10 Olahraga Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

Oleh karena itu, untuk Anda yang ingin melakukan program diet sehat secara alami harus menghindari makanan cepat saji. Makanan yang tergolong cepat saji diantara lain pizza, burger, kentang dan masih banyak lagi. Anda bisa berhenti mengonsumsi makanan tersebut dan beralih ke makanan yang lebih sehat. Salah satunya Anda bisa menggunakan bahan alami untuk dikonsumsi keseharian.

4. Hindari Makan Diatas Jam 7 Malam

Hindari Makan Diatas Jam 7 Malam

Image Credit: Klikdokter.com

Tips yang berikutnya adalah menghindari makan malam diatas jam 7 malam. Hal ini dikarenakan makan di waktu larut malam bisa menyebabkan penumpukan kalori pada tubuh. Penumpukan lemak ini diakibatkan tidak ada aktivitas yang dilakukan setelah makan. Sudah ada penelitian yang membuktikan bahwa makan di waktu tersebut bisa menyebabkan naik berat badan.

Untuk menghindari hal tersebut Anda bisa makan malam sebelum jam 7. Cara kedua Anda harus bisa membedakan rasa lapar atau hanya sebatas keinginan untuk makan. Anda juga bisa mengganti makan malam dengan buah atau sayur untuk mengatasi lapar saat larut malam. Tentu cara ini untuk mengatur makan pada jam malam.

5. Aktif Bergerak

Aktif Bergerak

Image Credit: Okezone.com

Anda juga bisa mulai aktif bergerak untuk menurunkan berat badan. Cara ini cukup mudah dan efektif untuk Anda lakukan sebagai diet. Dengan bergerak lemak yang menumpuk pada tubuh akan sedikit demi sedikit berkurang karena telah menjadi energi. Selain itu tubuh Anda juga akan terasa lebih sehat dan segar ketika digunakan beraktivitas keseharian.

Anda bisa mulai dengan rajin membereskan rumah di waktu libur atau sekedar jalan santai di sekitar rumah. Cara ini bisa dilakukan sebelum Anda memulai aktivitas atau sebagai mengisi waktu luang ketika hari libur.

6. Perbanyak Minum Sebelum Makan

Perbanyak Minum Sebelum Makan

Image Credit: Newsreach.in

Meskipun Anda sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan, Anda harus tetap menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Selain itu memperbanyak minum tidak hanya berguna untuk menghilangkan rasa haus namun juga menahan rasa lapar. Hal ini dikarenakan terkadang Anda sulit membedakan rasa haus dan lapar.

Hal itu dikarenakan ketika Anda minum segelas air sebelum makan, perut akan kenyang terlebih dahulu. Sehingga Anda bisa makan dengan porsi yang lebih sedikit dari biasanya. Selain itu banyak mengonsumsi air putih juga bisa mencegah tubuh terkena dehidrasi. Inilah yang menyebabkan tips ini bisa digunakan untuk menurunkan berat badan secara alami.

7. Konsumsi Teh Hijau

Konsumsi Teh Hijau

Image Credit: Dream.co.id

Mengonsumsi teh hijau merupakan salah satu cara tradisional untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh. Teh hijau juga berguna untuk menghindari lemak menumpuk pada tubuh, sehingga cara ini cukup efektif untuk Anda yang ingin melakukan diet.

BACA:  10 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Anda bisa mengonsumsi teh hijau sebelum makan. Hal ini dikarenakan teh hijau yang diminum sebelum makan akan membuat perut terasa kenyang. Tentu dengan dengan perut yang kenyang akan membuat Anda makan dengan porsi yang sedikit. Dengan porsi makan yang lebih sedikit bisa mengurangi berat badan secara bertahap dan tidak menyebabkan efek yang merugikan tubuh.

8. Berpuasa

Berpuasa

Image Credit: Tribunnews.com

Tips berikutnya untuk diet sehat secara alami adalah dengan berpuasa. Hal ini dikarenakan tubuh akan menyimpan cadangan makanan berupa glukosa yang digunakan untuk membakar lemak. Inilah yang membuat berat badan Anda akan berkurang ketika berpuasa.

Anda bisa berpuasa paing tidak seminggu dua kali untuk mendapatkan hasil yang efektif. Selama berpuasa pun Anda juga harus memperhatikan keseimbangan dari makanan yang dikonsumsi ketika sahur. Salah satunya adalah dengan kandungan karbohidrat dan lemak yang harus ada dalam menu makanan ketika sahur.

9. Mengatur Pola Makan

Mengatur Pola Makan

Image Credit: Tribunnews.com

Tentu saja tips yang satu ini sangat penting untuk Anda perhatikan. Anda harus bisa mengatur pola makan dengan baik dan benar. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengurangi porsi makan dari biasanya.

Disamping mengatur pola makan, Anda harus tetap menjaga keseimbangan nutrisi yang ada dalam setiap makanan yang dikonsumsi. Hal ini dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari dehidrasi.

10. Hindari Stress

Hindari Stress

Image Credit: Alodokter.com

Ternyata stress juga dapat menjadi penyebab naiknya berat badan. Hal ini dikarenakan ketika dibawah tekanan, kortisol yang ada dalam tubuh akan menyebabkan Anda makan lebih banyak dari biasanya. Inilah yang menyebabkan kenaikan berat badan.

Anda bisa mengelola emosi dan mood dengan baik untuk menghindari stress. Alihkan pikiran ke kegiatan yang positif untuk membuat suasana hati kembali membaik. Salah satu hal yang paling mudah Anda lakukan adalah dengan jalan-jalan santai di area sekitar rumah.

11. Konsumsi Buah

Konsumsi Buah

Image Credit: Kompas.com

Seperti halnya sayuran, buah juga bisa efektif untuk mengatur dan menurunkan berat badan agar tetap ideal. Hal ini dikarenakan buah bisa membuat perut kenyang tanpa membuat lemak menumpuk pada tubuh. Cadangan makanan yang dihasilkan dari mengonsumsi buah akan menjadi energi yang digunakan untuk beraktivitas keseharian.

Anda bisa rutin mengonsumsi buah sebelum makan atau sebelum memulai aktivitas keseharian. Cara mengonsumsinya bisa dimakan dalam keadaan segar atau dibuat dalam bentuk minuman jus. Selain membantu menurunkan berat badan, buah-buahan juga sangat sehat dan baik untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

BACA:  Inilah 13 Menu Makanan Diet Sehat & Lezat untuk Menyukseskan Program Anda

12. Konsumsi Madu dan Jahe

Konsumsi Madu dan Jahe

Image Credit: Netralnews.com

Madu memang dikenal banyak orang dengan banyak khasiatnya untuk kesehatan. Salah satu khasiatnya adalah bisa menurunkan berat badan. Begitu juga dengan jahe yang memiliki khasiatnya yang sama. Hal ini dikarenakan jahe bisa mengurangi nafsu makan.

Anda bisa mengonsumsi keduanya dengan cara dicampur dan diseduh dalam bentuk minuman. Minuman ini juga sehat dan aman untuk dikonsumsi rutin setiap hari. Hal ini dikarenakan madu dan jahe merupakan bahan alami yang tidak memiliki efek yang merugikan bagi kesehatan.

13. Perbanyak Makanan Kaya Serat

Perbanyak Makanan Kaya Serat

Image Credit: Kompas.com

Untuk menurunkan berat badan Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Hal ini dikarenakan kandungan serat tersebut bisa memperlancar pencernaan dan menghindari penumpukan lemak pada pembuluh darah. Inilah yang membuat berat badan Anda akan berkurang.

Makanan yang mengandung serat selain sayuran, antara lain pisang, pepaya, alpukat dan beberapa jenis buah lainnya. Anda bisa memakannya secara langsung atau dengan cara dibuat jus. Makanan tersebut akan menjadikan cadangan makanan sebagai energi dan menghindari lemak yang menumpuk dalam tubuh. Makanan ini tentu saja sehat dan aman untuk dikonsumsi setiap hari untuk menurunkan berat badan Anda.

14. Penuhi Kebutuhan Protein

Penuhi Kebutuhan Protein

Image Credit: Thejakartapost.com

Makanan yang memiliki kandungan protein juga dapat menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan protein akan membuat tubuh kenyang walaupun Anda mengonsumsi sedikit kalori. Selain itu protein yang dikonsumsi juga baik untuk menjaga massa otot. Tentu saja ketika tubuh sudah merasa kenyang Anda akan mengurangi porsi makan yang akan dikonsumsi.

Makanan yang mengandung protein antara lain ikan dan telur. Anda bisa menjadikan 2 bahan tersebut sebagai menu makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Sudah banyak juga aneka olahan makanan yang menjadikan 2 bahan tersebut sebagai campuran di dalamnya. Selain itu Bahan tersebut juga aman dan sehat untuk dijadikan makanan penurun berat badan.

15. Gunakan Bumbu Rempah-Rempah Sebagai Pengganti Garam

Gunakan Bumbu Rempah-Rempah Sebagai Pengganti Garam

Image Credit: 4muda.com

Ternyata mengonsumsi garam secara berlebihan dapat menaikkan berat badan Anda. Hal ini dikarenakan garam mengandung sodium yang dapat menahan kadar air dalam tubuh. Tentu saja dengan menyimpan kadar air terlalu banyak dalam tubuh dapat menaikkan berat badan. Hal ini yang menyebabkan mengonsumsi garam secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Anda bisa menghindari penggunaan garam jika ingin menurunkan berat badan. Anda juga bisa melakukanya dengan mengurangi mengonsumsi makanan tinggi garam seperti makanan kemasan. Anda juga bisa menggunakan bahan alami seperti rempah-rempah sebagai campuran dalam makanan yang akan dikonsumsi.

Itulah beberapa tips diet sehat alami yang aman dan hasilnya yang terbilang cepat. Teknik diet tersebut juga mudah dan sederhana untuk Anda praktekkan setiap harinya. Selain itu diet alami juga tidak memilik efek jangka pendek maupun jangka panjang. Sehingga Anda tak perlu khawatir akan mengalami kerugian yang diakibatkan dari diet yang dilakukan di aktivitas keseharian.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh Anda
10 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh Anda
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba