12 Makanan Sehat Yang Mengandung Kalium Tinggi

12 Makanan Sehat Yang Mengandung Kalium Tinggi

Potassium adalah nama senyawa yang dikenal dengan sebutan Kalium. Termasuk mineral yang sangat penting untuk fungsi sel dan jaringan yang terdapat pada organ seluruh tubuh. Mineal ini juga merupakan elektrolit dalam tubuh yang bekerja sebagai penghantar listrik dalam tubuh beserta beberapa mineral lain, yaitu natrium, kalsium, klorida dan magnesium.

Banyak sekali peran kalium dalam tubuh, termasuk membantu pergerakan otot, membantu kerja saraf, membantu detak jantung, metabolisme protein dan karbohidrat. Alasan inilah mengapa Kalium sangat penting bagi fungsi tubuh yang optimal.

Tak hanya itu saja, studi juga menemukan bahwa peningkatan asupan kalium juga menurunkan potensi stroke dan ostoporosis. Kalium juga berperan menurunkan sensitifitas terhadap garam, sehingga dapat mengendalikan tekanan darah tinggi akibat asupan natrium berlebihan – sehingga akhirnya mencegah penyakit stroke.

Sebagai tambahan pengetahuan, berikut jenis makanan sehat yang memiliki kandungan kalium tinggi.

1. Buah Pisang

Anda mungkin sudah tahu bahwa buah pisang terkenal sebagai sumber Kalium yang baik. Pisang kurang lebih mengandung 400 mg kalium. Jenis buah ini juga merupakan makanan yang mampu memasok kebutuhan energi bagi tubuh, bahkan lebih tinggi manfaatnya dari minuman berenergi. Selain kaya akan energi dan kalium, Pisang juga merupakan sumber serat yang baik, asupan vitamin B6 dan vitamin C. Buah segar yang tinggi kalium lainnya termasuk melon, kiwi, jeruk, dan buah stroberi.

Siapa sangka, buah yang tinggi kalium umumnya juga rendah kolesterol dan bagus bagi kesehatan secara keseluruhan.

2. Buah Alpukat

Siapa sih yang tak kenal kelembutan buah alpukat! Selain lezat, alpukat terkenal sebagai buah paling bernutrisi diseluruh dunia. Buah ini juga termasuk kaya Kalium, mengandung sekitar 975 mg dalam satu buah alpukat saja. Tak cuma itu, buah yang legit ini juga menyediakan banyak vitamin dan asam lemak yang menyehatkan jantung, plus secara alami bebas natrium dan kolesterol.

BACA:  10 Manfaat Sayur Pakis Untuk Kesehatan

3. Kurma

Kurma adalah makanan khas yang mudah ditemukan saat ramadhan. Ternyata makanan ini memiliki kandungan kalium yang tinggi. Satu butir buah yang berasal dari Timur Tengah ini mengandung sekitar 167 mg Kalium.

4. Ubi Jalar

Ubi Jalar memiliki banyak jenis, ada yang berwarna merah, ungu, oranye, putih, semuanya bisa menjadi sumber kalium alami yang baik. Sekitar 900 mg kalium bisa ditemukan dari sebuah ubi jalar. Makanan ini juga menyediakan karbohidrat kompleks, vitamin C, vitamin A, vitamin B6 dan zat besi. Namun Anda perlu mengolah dengan cara yang lebih sehat dengan direbus atau panggang, namun hindari mentega atau tambahan gula dan minyak.

5. Sayuran Hijau

Sayuran yang berdaun hijau bisa menjadi sumber kalium terbaik, seperti bayam, bok choy atau brokoli. Sayuran hijau umumnya merupakan sumber gizi tinggi yang kebanyakan terdiri dari vitamin dan mineral namun rendah kalori.

6. Tomat Kering

Tomat segar sebenarnya juga mengandung kalium, namun jumlahnya akan semakin meningkat ketika sudah dimasak menjadi pasta tomat, saus tomat, atau tomat kering, yang bisa mengandung lebih dari 1.800 mg potasium per cangkir. Selain rendah lemak, tomat kering juga tinggi akan serat, protein dan vitamin C, berperan dalam membantu mempromosikan kesehatan pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tomat juga tinggi lycopene, antioksidan yang hanya ditemukan dalam tomat.

7. Kacang Merah

Kacang merah merupakan makanan sumber kalium tinggi, sekaligus juga serat tinggi. Sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat kombinasi serat dan kalium untuk jantung sehat dari makan kacang merah. Kacang lain juga mengandung kalium, termasuk kacang hijau, kacang almond, kacang hitam, dan jenis kacang lainnya.

BACA:  Makanan Yang Boleh dan Tidak Boleh untuk Penderita Asam Urat

8. Air Kelapa

Air kelapa memang diketahui kaya akan manfaat utamanya pereda dehidrasi. Air kelapa ternyata memiliki kandungan kalium tinggi yang dibutuhkan tubuh. Satu gelas air kelapa atau 240 ml diklaim mengandung 60mg Kalium. Selain itu, mineral lainnya seperti kalsium, sodium, dan magnesium juga ada pada air kelapa.

9. Susu dan Olahan Susu

Buah-buahan dan sayuran adalah salah sumber kalium terbaik, namun produk susu juga bisa membantu menambah asupan mineral penting ini dari diet sehat Anda. Secangkir susu bisa menyediakan lebih dari 300 mg kalium, namun pada umumnya semakin tinggi lemak dalam susu, maka semakin rendah kadar kaliumnya. Yogurt juga mengandung kalium, antara 300 hingga 500 mg per cangkir, tergantung jenisnya.

10. Ikan Laut

Kebanyakan dari jenis ikan juga tinggi kalium. Jenis ikan seperti salmon, tuna dan cod merupakan sumber tertinggi kalium. Tak hanya itu, ikan-kan laut ini juga kaya akan asam lemak omega 3 dan vitamin D.

Selain seafood, daging merah seperti daging sapi atau domba, serta ayam juga mengandung tinggi kalium.

11. Buah Kering

Ketika disajikan dalam bentuk kering, tingkat nutrisi menjadi lebih terkonsentrasi pada buah kering. Aprikot kering, buah plum kering, persik kering, kismis atau buah kurma, tinggi kalium. Mudah didapatkan karena selalu tersedia di pasaran.

12. Telur

Telur juga merupakan makanan yang menyediakan lebutuhan kalium tinggi, juga sumber protein terbaik, kolin dan beberapa mineral penting lainnya. Hanya saja, telur menyediakan jumlah kalium yang sama banyaknya dengan natrium, serta tinggi lemak dan kalori.

Inilah 12 makanan sehat yang menjadi sumber kalium tinggi yang mudah didapatkan. Seperti yang sudah dijelaskan, kalium memang sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan, dan untungnya sebagian besar makanan yang kita konsumsi bisa menyuplai banyak kalium bagi tubuh. Makanan tertinggi di potassium adalah dari jenis buah dan sayuran, dan tak hanya itu saja, mereka juga tinggi antioksidan, mineral, serat dan vitamin juga rendah kolesterol.

BACA:  Manfaat Konsumsi Daging Kambing Untuk Kesehatan
Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
15 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh Anda
15 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh Anda
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba