10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi

10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi

ASI menjadi salah satu nutrisi yang sangat baik dan dianjurkan untuk bayi. Maka dari itu, ibu menyusui perlu memperhatikan konsumsi makanannya. Jangan sampai, makanan yang masuk ke dalam tubuh mempengaruhi kandungan dalam ASI. Karena semua nutrisi yang ada di dalam ASI juga akan memberikan pengaruh yang besar terhadap kesehatan bayi.

Bagi Anda yang sedang menyusui, tentu hal paling menyedihkan adalah ketika ASI yang dimiliki tidak keluar atau hanya sedikit saja yang keluar. Untuk mengatasi hal tersebut, selain berkonsultasi dengan dokter, Anda juga dapat mengonsumsi makanan pelancar ASI. Dengan makanan-makanan tersebut, ASI yang Anda miliki akan lebih bernutrisi bagi bayi dan keluar lebih lancar.

Tidak semua makanan memiliki nutrisi yang bagus untuk ASI. Maka Anda harus mengonsumsi makanan yang memang direkomendasikan untuk ibu menyusui. Tujuannya supaya kandungan dalam makanan tersebut dapat memberikan nutrisi positif bagi bayi Anda. Nah, simak penjelasan berikut untuk mengetahui makanan apa saja yang bisa melancarkan ASI.

1. Daun Katuk

Daun Katuk

Image Credit: Brilio.net

Bagi sebagian besar orang, daun katuk bukanlah tanaman yang asing karena hampir di setiap daerah ada tanaman ini. Biasanya tanaman ini ditanam di samping atau di depan rumah sebagai pagar. Namun, ada juga yang sengaja menanamnya untuk sayuran. Selain enak, nyatanya tanaman ini memiliki fungsi yang bagus.

Daun katuk sudah banyak diketahui orang sebagai sumber makanan yang bisa diolah untuk melancarkan ASI. Sebab berdasarkan penelitian, kandungan galactagoguge dalam sayuran tersebut bisa melancarkan ASI. Daun katuk ini bisa Anda olah sebagai masakan untuk bisa Anda konsumsi. Masaklah daun katuk sesuai selera Anda, bisa dibuat sop atau campuran masakan lain.

Selain itu, ada kandungan steroid dan polifenol dalam daun katuk. Kedua kandungan ini dapat membantu menambah kadar hormon prolaktin. Kandungan tersebut menjadi perangsang prolaktin, salah satu hormon yang dapat meningkatkan jumlah produksi ASI. Adapun kandungan lain yang ada di daun katuk adalah vitamin A, B, dan juga vitamin C, serta zat kalsium dan zat besi.

2. Brokoli

Brokoli

Image Credit: Deherba.com

Makanan kedua yang bisa melancarkan ASI Anda adalah brokoli. Sayuran yang berwarna hijau ini kaya asam folat dan memiliki kandungan fitoestrogen. Apa itu fitoestrogen? Kandungan ini merupakan zat gizi baik yang dapat melancarkan produksi ASI yang Anda miliki selama proses menyusui. Selain itu, kandungan lainnya juga akan mencegah Anda dari kekurangan gizi.

Kemudian asam folat dalam brokoli juga akan mendukung perkembangan tulang belakang dan juga otak si kecil. Berbagai vitamin dan mineral juga ditemukan dalam brokoli, sehingga menjadi pelengkap nutrisi bagi tubuh Anda. Karena bagus untuk kesehatan bayi dan ibu menyusui, maka ada baiknya jika Anda bisa rutin mengonsumsi sayuran ini.

3. Beras Merah

10 Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Image Credit: Blog.regopantes.com

Selanjutnya adalah beras merah. Siapa yang tidak tahu beras merah? Biasanya makanan ini menjadi menu bagi orang-orang yang sedang diet. Namun kandungan galaktogogus dalam beras merah ternyata juga dapat melancarkan ASI pada ibu menyusui. Selain itu, makanan ini juga bagus untuk memulihkan ibu yang habis melahirkan, karena saat-saat tersebut ibu membutuhkan energi lebih.

Banyaknya kandungan senyawa dalam beras merah memang sangat berguna bagi ASI. Tak hanya bagi ibu, beras merah juga bagus untuk si bayi. Beras merah dapat menjaga jumlah kadar gula darah agar stabil dan  meningkatkan nafsu makan. Selain itu, Anda dapat menjadikan beras merah sebagai pendamping ASI ketika bayi sudah bisa makan selain ASI.

4. Ikan Salmon

Ikan Salmon

Image Credit: Liputan6.com

Anda juga dapat melancarkan ASI dengan mengonsumsi makanan jenis ikan-ikanan. Namun tidak semua ikan bermanfaat untuk ASI. Salah satu jenis ikan yang bisa menambah kualitas ASI adalah ikan salmon. Ikan ini memiliki asam lemak esensial, seperti omega 3, lalu omega 6, dan kemudian ada pula omega 9. Asam lemak esensial ini sangat baik untuk menjaga imun tubuh Anda.

Nah, omega 3 pada ikan salmon ini baik dan bagus untuk dikonsumsi ibu menyusui dan bayinya, karena dapat melancarkan ASI. Ikan ini dapat meningkatkan hormon prolaktin dan oksitosin yang dibutuhkan oleh ibu saat menyusui. Lalu protein tinggi pada ikan ini juga menjadi pelancar sekaligus peningkat produksi ASI, dan pastinya sangat bagus untuk kesehatan ibu dan bayinya.

5. Bayam

Bayam

Image Credit: Hellosehat.com

Beberapa sayuran hijau justru tidak cukup bagus dikonsumsi oleh ibu menyusui. Karena adanya kandungan gas dalam sayur tersebut bisa membuat perut kembung. Nah, salah satu sayuran yang bisa melancarkan ASI pada ibu menyusui adalah bayam. Kandungan fitoestrogen pada bayam sangat bagus sebagai pelancar ASI, sehingga banyak dianjurkan ketika ibu sedang menyusui.

Bayam juga mengandung zat besi, dan sangat baik untuk ibu menyusui yang baru saja melahirkan. Sebab zat besi memiliki fungsi sebagai pelancar produksi sel darah merah. Lalu antioksidan pada bayam juga bisa memberikan kesehatan pada fungsi jantung. Dengan mengonsumsi bayam, Anda akan mendapat berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, serat, vitamin, mineral, dan protein.

6. Oatmeal

Image Credit: Winnetnews.com

Oatmeal, jenis biji-bijian yang memiliki banyak zat gizi bagi ibu menyusui ini dapat melancarkan ASI dan memberikan nutrisi baik pada bayi yang disusui. Jika Anda mengonsumsi oatmeal, maka Anda akan mendapatkan banyak sekali nutrisi. Karena dalam satu mangkok oatmeal, ada kandungan magnesium, mangan, seng, tembaga, fosfor, zat besi, dan kandungan lainnya.

Zat besi dalam oatmeal cukup banyak, sehingga bagus untuk ibu yang baru saja melahirkan. Dengan mengonsumsi oatmeal, tubuh Anda akan menjadi lebih tenang dan nyaman. Nah, saat tubuh merasa rileks, maka hormon oksitosin akan terangsang. Hormon inilah yang menjadi kunci produksi ASI. Tunggu apa lagi? Jadikan oatmeal sarapan lezat bagi Anda ya.

7. Pepaya Muda

Pepaya Muda

Image Credit: Tipsrumah.com

Anda tentu sudah tak asing lagi dengan buah pepaya yang berwarna orange. Pepaya buah tersebut memiliki daging besar yang nikmat untuk disantap. Namun, ada pula jenis pepaya lain yang bisa digunakan sebagai pelancar ASI pada ibu menyusui. Namanya adalah pepaya muda, atau biasa dikenal juga dengan pepaya hijau. Apapun sebutannya, pepaya ini bagus untuk dikonsumsi.

Pepaya muda juga memiliki kandungan galactogogue, yang sudah dikenal dapat menjadi pelancar ASI sejak dulu. Selain kandungan tersebut, pepaya juga memiliki kandungan enzim, vitamin A dan vitamin C, serta mineral. Semua kandungan tersebut baik untuk ibu dan juga bayinya jika dikonsumsi rutin. Lalu Anda bisa memasak pepaya muda jika hendak mengonsumsinya.

8. Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging Sapi Tanpa Lemak

Image Credit: Trainingcenter.events

Jika Anda ingin memakan makanan semacam steak, maka Anda dapat mengonsumsi daging sapi yang non-lemak. Sudah seharusnya Anda mempertimbangkan ketika hendak memakan daging. Sebab dengan daging yang non-lemak ini lebih bermanfaat bagi Anda dibandingkan dengan daging hewan lainnya. Maka jangan ragu untuk memasak daging sapi non-lemak ya.

Daging sapi non-lemak juga mengandung banyak zat besi. Seperti diketahui bersama bahwa ibu yang baru melahirkan tentu membutuhkan pemulihan, ditambah dengan adanya bayi yang harus disusuinya. Maka ibu menyusui membutuhkan banyak zat besi untuk menambah energi. Dan jangan lupa untuk memasak daging sapi ini pada tingkat kematangan yang bagus, supaya aman.

9. Buah Jeruk

Jeruk

Image Credit: Dream.co.id

Ketika Anda sedang menyusui buah hati, maka tubuh membutuhkan banyak asupan vitamin, terutama adalah vitamin C. Dan vitamin C memang lebih dibutuhkan saat ibu menyusui dibanding saat hamil. Vitamin ini bisa didapatkan tak hanya dari sayuran, tapi juga pada buah-buahan seperti kiwi, mangga, dan jeruk yang bagus untuk ibu menyusui.

Buah-buahan tersebut memiliki kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan kualitas ASI pada ibu menyusui. Dengan mengonsumsi buah-buahan tersebut, ASI menjadi lebih berkualitas dan bayi pun menjadi lebih sehat. Maka ketika Anda sedang menyusui, banyak-banyaklah mengonsumsi buah-buahan dan sayur.

10. Kacang Arab

Kacang Arab

Image Credit: Liputan6.com

Makanan yang mengandung kacang-kacangan memang bagus untuk kebutuhan nutrisi ibu menyusui. Karena beragam gizi yang dimiliki oleh kacang-kacangan tersebut. Salah satunya adalah kacang arab. Kacang ini sudah lama dikenal sebagai makanan pelancar ASI. Karena kacang arab memiliki protein yang cukup tinggi, rendah lemak, dan memiliki banyak kandungan lainnya.

Selain itu, kacang arab ternyata juga memiliki kandungan galactagogue, seperti yang dikandung oleh beberapa makanan pelancar ASI lainnya. Untuk mengonsumsi kacang ini, Anda dapat menjadikannya sebagai campuran saat makan salad sayur buah atau saat makan pasta. Maka dari itu, yuk jadikan kacang arab sebagai makanan favorit agar ASI tetap keluar lancar selama menyusui.

Nah, itulah 10 makanan yang bisa menjadikan ASI Anda menjadi lebih lancar. Tak semua makanan memiliki kandungan nutrisi yang bagus bagi produksi ASI. Dengan beberapa kandungan makanan di atas, hormon dalam tubuh yang digunakan untuk memproduksi ASI menjadi lebih aktif, sehingga ASI pun akan lebih lancar keluar saat ibu sedang menyusui.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan & Kandungan Nutrisinya
15 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
Pisang
10 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba