10 Makanan Sehat Penyubur Kandungan agar Cepat Hamil

10 Makanan Sehat Penyubur Kandungan agar Cepat Hamil

Setiap pasangan suami istri pastinya menginginkan kehadiran buah hati dalam bahtera rumah tangga mereka. Kehadiran anak merupakan penyempurna kebahagiaan suami istri. Namun terkadang beberapa pasangan memiliki masalah seperti istri yang tidak hamil-hamil. Program untuk mempercepat kehamilan bisa ditempuh pasutri.

Ada banyak faktor dan langkah-langkah yang diperlukan agar cepat hamil. Terkadang wanita sulit hamil setelah menikah karena berbagai faktor, mulai dari faktor kesehatan, faktor usia, faktor makanan, dan faktor-faktor lainnya. Para ibu yang ingin cepat hamil dapat melakukan program kehamilan dengan beberapa cara.

Salah satu yang perlu dilakukan adalah menjaga kesehatan dan kesuburan rahim. Rahim yang subur untuk sel telur dapat dijaga dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu.  Beberapa jenis makanan sehat berikut adalah yang direkomendasikan untuk menyuburkan kandungan agar ibu cepat hamil.

1. Ikan Salmon

Ikan Salmon

Image Credit: Liputan6.com

Makanan penyubur kandungan salah satunya adalah ikan salmon. Ikan yang tinggi asam folat dan DHA ini bisa meningkatkan kualitas sel telur pada wanita. Lemak omega3 pada ikan salmon membantu rahim untuk memproduksi sel telur yang lebih sehat. Nutrisi ini juga yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan ketidaksuburan rahim wanita.

Ikan salmon merupakan salah satu sumber protein yang bagus untuk kesuburan wanita selain daging ayam dan daging sapi. Kebutuhan protein perlu dicukupi agar rahim dapat memproduksi sel telur yang lebih banyak dan lebih sehat. Namun perlu diingat untuk lebih baik mengonsumsi protein yang rendah lemak atau tanpa lemak.

Makanan tinggi protein perlu dikonsumsi ibu-ibu yang ingin cepat hamil. Sumber protein selain ikan salmon yang bagus untuk kandungan adalah telur. Telur mengandung asam amino, vitamin, mineral, dan protein yang bagus untuk kandungan.

Mengonsumsi ikan salmon bisa membantu meningkatkan kesuburan rahim wanita. Hal tersebut bisa dimanfaatkan bagi setiap pasangan suami istri yang berencana untuk segera memiliki anak. Selain salmon, ada beberapa jenis ikan lain yang juga bagus untuk rahim karena mengandung omega3 seperti ikan sarden dan ikan lele.

2. Brokoli

Brokoli

Image Credit: Deherba.com

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang bagus untuk menyuburkan kandungan. Brokoli menyediakan berbagai nutrisi penting untuk menyehatkan dan meningkatkan kualitas sel telur. Sayuran ini mengandung kalsium, asam folat, dan zat besi yang bagus untuk kandungan.

Brokoli juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi menstruasi yang tidak lancar. Asam folat dalam brokoli merupakan nutrisi penting yang perlu disiapkan untuk Anda yang merencanakan program kehamilan. Oleh sebab itu, mengonsumsi sayuran hijau seperti brokoli ini dianjurkan untuk ibu-ibu yang ingin cepat hamil.

3. Buah Jeruk

Jeruk

Image Credit: Dream.co.id

Jeruk merupakan salah satu buah tropis yang dikenal dengan rasa masam dan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Jeruk menjadi sumber vitamin C terbaik yang dapat dinikmati oleh Anda yang ingin cepat hamil. Buah jeruk tidak hanya mengandung vitamin C saja, tetapi ada banyak nutrisi lain dari buah ini yang bagus untuk kandungan.

BACA:  13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba

Mengonsumsi jeruk, baik secara langsung atau dengan dibuat jus dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dan vitamin B. Vitamin-vitamin tersebut memiliki peran untuk menyehatkan kandungan. Selain itu, jeruk juga mengandung kalium dan kalsium yang cukup berlimpah. Nutrisi tersebut diperlukan untuk mengatur ovulasi atau masa subur.

Buah jeruk juga dianjurkan untuk dikonsumsi karena mengandung folat. Nutrisi yang satu ini merupakan salah satu yang paling banyak direkomendasikan bagi ibu-ibu yang ingin cepat hamil. Folat dapat membantu menciptakan lingkungan rahim yang sehat untuk sel telur berkembang.

4. Buah Beri

Beri

Image Credit: Hellosehat.com

Walaupun ada banyak faktor yang mempengaruhi cepat tidaknya seorang wanita mengandung, mengupayakan kehamilan dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat adalah langkah yang tepat. Makanan yang mengandung nutrisi penting untuk menjaga kesehatan ibu dan juga membantu menyuburkan kandungan seperti buah beri.

Beri-berian sering dimanfaatkan sebagai penyegar dalam olahan makanan. Buah beri seperti strawberry dan raspberry merupakan beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi pada program kehamilan. Buah beri mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk menjaga kualitas dan menyuburkan kandungan.

Nutrisi dalam buah beri yang cukup penting untuk meningkatkan kesuburan adalah antioksidan dan fitronutrien di dalamnya. Selain itu, buah beri juga mengandung vitamin C yang paling bagus untuk menjaga sistem imun tubuh. Beri mengandung serat alami yang bagus untuk menjaga berat badan agar tetap terkontrol dan ideal untuk kehamilan.

Pilih buah beri yang bagus dan bersihkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Atur konsumsi buah beri harian Anda, jangan terlalu berlebihan terutama bagi Anda yang sensitif terhadap makanan-makanan asam. Buah beri memang memiliki rasa masam yang perlu diwaspadai terutama untuk orang yang memiliki masalah lambung.

5. Buah Alpukat

Alpukat

Image Credit: Liputan6.com

Buah yang memiliki daging buah dengan tekstur lembut ini tidak hanya enak tetapi juga bermanfaat untuk membantu menyuburkan kandungan. Alpukat merupakan salah satu sumber folat yang dibutuhkan tubuh termasuk untuk meningkatkan kualitas sel telur dan kesuburan pada wanita.

Buah alpukat dengan kualitas bagus dapat menjadi salah satu menu harian untuk Anda yang sedang menjalankan program kehamilan. Buah ini bagus untuk program diet untuk menjaga berat badan agar tetap ideal sehingga dapat membantu mempercepat kehamilan. Para ibu yang ingin cepat hamil penting untuk memperhatikan berat badan.

Perlu diketahui bahwa berat badan menjadi salah satu faktor wanita cepat hamil atau tidak. Menjaga berat badan tetap ideal bagus untuk menjaga keseimbangan hormon estrogen. Hormon ini memiliki peranan penting untuk kesuburan rahim dan sel telur pada wanita.

BACA:  10 Cara Agar Cepat Hamil yang Paling Mudah Dilakukan

Selain untuk menyuburkan kandungan, alpukat juga menjadi sumber vitamin K yang bagus untuk menjaga keseimbangan hormon dan mengontrol tekanan darah. Sementara itu, vitamin E dalam alpukat juga bagus untuk melindungi sel dari kerusakan dan menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Buah alpukat dapat menjadi sumber serat alami yang bagus untuk tubuh, terutama pencernaan. Menurut banyak ahli gizi, serat di dalam buah alpukat tergolong tinggi. Mengonsumsi jus alpukat secara rutin dapat memberikan serat yang cukup untuk tubuh.

Mencukupi kebutuhan serat tubuh merupakan hal penting untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya. Kurang serat dapat meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, stroke, serangan jantung, dan lain-lain.

Salah satu manfaat mengonsumsi alpukat adalah untuk mencegah kelebihan homosistesin di dalam tubuh. Kadar homosistesin yang terlalu banyak dapat mengganggu produksi hormon lain dan menyebabkan stres. Mengonsumsi jus alpukat bisa membantu pikiran menjadi lebih tenang.

6. Walnut

Walnut

Image Credit: Theladders.com

Makanan penyubur kandungan yang paling banyak direkomendasikan adalah dari kacang-kacangan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa wanita yang mengonsumsi protein dari kacang-kacangan memiliki risiko kemandulan yang lebih rendah. Kacang-kacangan dapat membantu meningkatkan kesuburan rahim wanita.

Salah satu jenis kacang-kacangan yang bagus dan baik untuk dikonsumsi adalah walnut. Jenis kacang yang satu ini mengandung serat yang lebih banyak dibanding kacang lain. Walnut atau kacang kenari ini juga yang menjadi satu-satunya sumber lemak omega3 nabati. Asam lemak ini diketahui penting untuk menyuburkan kandungan.

Walnut juga mengandung magnesium yang cukup tinggi yang bagus untuk membantu meningkatkan suplai darah ke rahim. Nutrisi dalam walnut bagus untuk membantu produksi progesteron. Selain untuk meningkatkan kesuburan, walnut juga bisa dikonsumsi untuk mengurangi gejala morning sickness pada awal kehamilan.

7. Biji Labu

Biji Labu

Image Credit: Merdeka.com

Biji labu mungkin tidak termasuk dalam makanan yang paling banyak dikonsumsi bagi masyarakat Indonesia. Padahal di dalam buah labu mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk kesuburan wanita. Biji labu merupakan salah satu sumber zat besi tinggi untuk makanan nabati.

Biji labu dapat dikonsumsi untuk membantu menyuburkan kandungan. Biji labu dapat membantu mengatasi masalah pada wanita yang sulit hamil. Biji labu dapat dikonsumsi dengan dibuat selai atau olahan makanan lainnya. Konsumsi makanan berbahan biji labu untuk membantu meningkatkan kesuburan rahim agar cepat hamil.

Konsumsi biji labu dengan rutin untuk membantu meningkatkan kesuburan wanita. Biji labu atau makanan dengan olahan biji labu ini juga membantu memberikan serat yang bagus untuk pencernaan. Biji-bijian menjadi salah satu makanan yang juga disarankan untuk dikonsumsi agar cepat hamil.

BACA:  10 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesuburan & Ibu Hamil

Biji-bijian merupakan salah satu sumber karbohidrat kompleks yang bagus untuk kesuburan rahim. Karbohidrat kompleks dalam biji labu dapat membantu mengontrol berat badan dan juga kadar gula darah. Hal tersebut memiliki pengaruh pada kesuburan wanita agar cepat hamil.

Jika Anda berencana untuk cepat hamil, menjaga berat badan ideal penting dilakukan. Selain itu kadar gula darah juga perlu diperhatikan karena jika kadar gula darah terlalu tinggi dapat menghambat ovulasi atau masa subur pada wanita.

8. Greek Yogurt

Greek Yogurt

Image Credit: Liveeatlearn.com

Greek yogurt merupakan makanan olahan yang berbahan dasar susu rendah lemak. Makanan ini mengandung kalsium yang bahkan lebih banyak dari susu biasa. Yogurt bisa menjadi makanan yang dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan pada wanita. Makanan ini juga bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi greek yogurt dapat memenuhi kebutuhan vitamin D dan probiotik. Nutrisi tersebut memiliki peranan untuk membantu melindungi folikel yang ada di dalam indung telur matang. Selain itu, manfaat greek yogurt lainnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan tulang.

9. Es Krim

Es Krim

Image Credit: Suara.com

Es krim mungkin menjadi salah satu makanan paling enak yang dapat dinikmati untuk membantu menyuburkan kandungan. Es krim merupakan makanan yang diolah dari susu murni yang bagus untuk mempercepat ovulasi. Beberapa peneliti juga menyebutkan bahwa susu rendah yang digunakan untuk es krim dapat mempercepat masa subur.

Namun, jangan lupa untuk tidak mengonsumsi es krim secara berlebihan. Imbangi konsumsi es krim dengan makanan bernutrisi lain dan olahraga yang teratur. Ibu-ibu yang ingin cepat hamil harus bisa menjaga kesehatan tubuh dan juga mengontrol berat badan.

10. Roti Gandum

Roti Gandum

Image Credit: Sukansentral.com

Beberapa penelitian menuturkan bahwa wanita yang mengonsumsi roti gandum secara rutin dapat hamil dengan lebih cepat. Roti gandum merupakan salah satu jenis roti yang paling direkomendasikan untuk meningkatkan kesuburan rahim dan meningkatkan peluang kehamilan.

Gandum juga merupakan salah satu sumber karbohidrat kompleks yang bagus untuk tubuh. Karbohidrat kompleks memiliki peran karena dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Perlu diketahui bahwa kadar gula darah perlu dijaga agar tidak menjadi penghambat masa subur atau ovulasi pada wanita.

Jenis karbohidrat kompleks yang paling mudah ditemukan adalah roti gandum ini. Selain roti gandum, beberapa jenis makanan lain yang juga mengandung karbohidrat kompleks antara lain adalah quiona dan almond. Karbohidrat kompleks sangat bagus karena membutuhkan proses yang lama untuk dicerna sehingga dapat mengontrol berat badan.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk membantu menyuburkan kandungan. Kandungan yang sehat tentu akan memiliki peluang kehamilan yang lebih baik. Ibu-ibu bisa mengonsumsi makanan-makanan bernutrisi agar cepat hamil dan segera mendapatkan momongan yang dinantikan di dalam kehidupan rumah tangga.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba