10 Manfaat Anggur Merah yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Anggur Merah yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Buah anggur merah merupakan buah yang sering dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Buah anggur merupakan buah yang sangat disenangi oleh kebanyakan orang sebagai camilan yang menyehatkan dikarenakan rasa yang segar dan sangat manis. Buah anggur merah selain bisa dimakan langsung, banyak juga yang mengolah buah ini menjadi sebuah selai, jus, dan beraneka olahan anggur lainnya.

Selain memiliki rasa yang enak, buah anggur merah mempunya banyak sekali manfaat yang menyehatkan untuk tubuh. Kandungan antioksidan dan nutrien yang ada di dalam anggur merah sangat banyak. Kandungan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh karena memiliki fungsi sebagai imunitas dari penyakit.

Banyak kandungan nutrisi yang terdapat di dalam sebuah anggur merah tersebut. Beberapa di antaranya zat gula, vitamin, air, dan zat gizi lainnya yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Selain itu banyak juga yang mengkonsumsi buah anggur merah khususnya sebagian besar yakni sebagai perawatan kecantikan.

Kandungan Nutrisi yang Terkandung Dalam Buah Anggur Merah

1. Air

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Asupan Cairan

Image Credit: Popsci.com

Air merupakan unsur yang sangat penting bagi tubuh. Selain sebagai penghilang dehidrasi, air juga berfungsi sebagai penyalur oksigen ke bagian tubuh yang membutuhkan dan lain sebagainya. Kandundungan air yang terdapat pada buah anggur sangatlah banyak. Air yang terkandung dalam buah anggur merah sebesar 70% dari bagian buah anggur tersebut.

2. Senyawa Antioksidan dan Senyawa Resveratrol

Manfaat Antioksidan Untuk Kesehatan

Image Credit: Hellosehat.com

Senyawa antioksidan merupakan senyawa yang dapat mencegah beberapa penyakit kronis yang sangat berbahaya bagi tubuh. Selain itu, senyawa antioksidan juga berfungsi untuk memperbaiki sel-sel-tubuh yang rusak akibat terkena radikal bebas.

Senyawa resveratrol merupakan senyawa yang bermanfaat untuk mencegah tumbuhkanya sel-sel kanker cepat membesar. Tidak itu saja, senyawa resveratrol juga sangat bermanfaat untuk menghindari penyakit mata yang sering terjadi di usia lanjut.

Kedua senyawa tersebut terkandung dalam buah anggur merah. Sehingga mengkonsumsi buah anggur merah sangatlah penting untuk mencegah terjadinya penyakit kanker dan penyakit kronis lainnya.

3. Vitamin

Vitamin C

Image Credit: Skinpeutics.com

Kandungan vitamin yang terdapat pada buah anggur merah sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Terutama vitamin C pada buah anggur merah sangat berperan dalam pembentukan imunias tubuh seseorang sehingga mencegah dari berbagai macam penyakit. Selain vitamin C, terdapat vitamin K berfungsi untuk mencegah penyakit diabetes dan kanker.

4. Mineral

Mineral

Image Credit: Kumparan.com

Mineral yang terkandung dalam buah anggur merah sangatlah melimpah. Kandungan mineral yang berada dalam sebuah anggur merah yakni 10%. Mineral yang terkandung dalam anggur merah yakni, zat besi, kalsium, dan sebagainya. Mineral-mineral tersebut sangat diperlukan oleh tubuh untuk membantu menambah kekuatan dan daya kerja organ-organ dalam tubuh.

Manfaat Buah Anggur Merah Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Image Credit: Wowkeren.com

Ditunjukkan dalam sebuah penelitan, kandungan senyawa resveratrol dalam sebuah anggur merah sangat berguna untuk memperlebar dinding pembuluh darah sehingga menjadi besar. Peningkatan sistem kerja pembuluh darah tersebut dapat membantu memperlancar aliran darah dalam tubuh seseorang.

BACA:  15 Manfaat Buah Alpukat untuk Wajah & Rambut yang Perlu Anda Ketahui

Dengan dinding pembuluh yang cukup besar, akan membuat tekanan darah yang tinggi menjadi turun, serta menstabilkan tekanan darah Anda. Aliran darah yang lancar akan berdampak pula pada penyaluran oksigen ke seluruh tubuh menjadi lebih efisien. Yang mana akan membuat jantung lebih sehat.

Terdapat juga senyawa polifenol yang dapat mencegah penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular. Selain itu senyawa flavonoid juga dapat membantu dalam mengedarkan darah dari jantung ke seluruh tubuh menjadi lancar. Sehingga kedua senyawa tersebut sangat bermanfaat untuk mengurangi terjadinya penyakit jantung.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan Mata

Image Credit: Elenaangel.com

Selain untuk kesehatan jantung, buah anggur merah juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata Anda. Dengan kandungan Vitamin A yang terdapat dalam buah anggur merah, membuat kesehatan mata tetap terjaga. Terdapat pula senyawa zeaxanthin dan senyawa lutein yang berfungsi menambah daya tahan dan peremajaan sel-sel mata.

Selain vitamin A, terdapat senyawa karotenoid. Senyawa tersebut dapat membantu dalam penyaringan radiasi cahaya akibat penggunaan gadget yang terlalu sering, serta memperbaiki sel-sel yang terdapat pada mata menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, senyawa karotenoid juga berfungsi menghindari katarak pada orang yang berusia lanjut.

Buah anggur merah juga berfungsi melindungi dari gangguan penyakit yang menyerang retina mata Anda. Oleh sebab itu, buah anggur merah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan mata.

3. Mengurangi Penuaan Dini

Mencegah Timbulnya Keriput dan Penuaan Dini

Image Credit: Essentia-natural.com

Kebanyakan dari orang, bagian anggur merah yang sering di konsumsi yakni dagingnya. Namun, bijinya juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah penuaan dini datang lebih cepat. Dengan cara mengekstrak biji anggur merah, makan sari yang terkandung dalam biji tersebut dapat dimanfaatkan. Tapi, daging maupun isi dari anggur mempunyai fungsi yang sama.

Buah anggur merah berfungsi untuk mengurangi percepatan penuaan dini. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah anggur merah miliki khasiat tersebut. Kandungan vitamin yang dapat meregenerasi sel-sel yang rusak. Serta kandungan senyawa flavonoid mampu menjaga sel-sel tersebut agar tidak cepat rusak akibat radikal bebas.

Buah anggur merah juga mempunyai kandungan senyawa antioksidan yang dapat membantu untuk menjaga dan memperbaiki sel-sel kulit sehingga kulit tidak cepat menjadi keriput. Senyawa anti oksidan juga dapat berfungsi sebagai penghilang stres di otak, sehingga dapat menekan hormon-hormon yang dapat mempercepat penuaan.

4. Mencegah Penyakit yang Menyerang Otak

Menyehatkan Otak

Image Credit: Ayobandung.com

Buah anggur merah juga sangat bermanfaat untuk kesehatan otak Anda. Dengan bantuan dari senyawa resveratrol yang terkandung dalam buah anggur merah, dapat membantu memperlancar peredaran darah hingga ke otak. Agar otak mendapatkan oksigen yang cukup untuk melakukan sistem kerjanya.

BACA:  Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan & Kandungan Nutrisinya

Selain membantu peredaran darah menuju otak, senyawa resveratrol juga berfungsi untuk meningkatkan daya ingat seseorang. Selain itu senyawa antioksidan yang terdapat pada anggur juga berperan aktif dalam mengurangi hormon-hormon yang mengakibatkan Anda stres. Antioksidan juga dapat membantu mengangkat gangguan yang terjadi pada saraf otak.

Kesegaran dalam buah anggur merah yang dikarenakan banyaknya kandungan air, juga dapat membantu otak agar lebih jernih dalam berfikir. Vitamin yang terdapat di dalam anggur tersebut juga dapat membantu meningkatkan kemampuan dan kapasitas otak dalam berfikir.

5. Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Mencegah Tumor dan Kanker

Image Credit: Chirpstory.com

Buah anggur merah juga sangat berguna untuk melawan penyakit kanker. Banyak kandungan nutrisi yang sangat penting dalam mencegah dan melawan sel-sel kanker yang ada dalam tubuh. Senyawa antioksidan dalam anggur merah sangat baik dalam pemanfaatan tersebut.

Banyak dokter menyarankan untuk mengkonsumsi anggur merah ketika para pasiennya mengalami atau menderita penyakit kanker. Khususnya kanker rahim, kanker mulut, kanker prostat, dan sebagainya. Selain itu, kulit pada buah anggur merah juga memiliki kandungan fenol yang bermanfaat untuk membunuh sel kanker yang ada di dalam tubuh.

Senyawa resveratrol pada buah anggur juga dapat menjaga kulit dari sinar ultraviolet matahari yang menyebabkan kanker kulit. Sehingga buah anggur bila dikonsumsi secara rutin sangat bagus untuk mencegah penyakit kanker yang sangat mematikan tersebut.

6. Menjadi Tekanan Darah Tetap Stabil

Menurunkan Tekanan Darah

Image Credit: Dream.co.id

Hipertensi atau lebih dikenal dengan tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang banyak diderita oleh orang. Salah satu manfaat dari buah anggur merah yakni sebagai obat dari tekanan darah tinggi. Buah anggur merah dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang diderita oleh seseorang. Bahkan buah anggur dapat menstabilkan tekanan darah.

Flavonoid yang terkandung dalam buah anggur merah membantu dalam memperlancar peredaran darah ke seluruh bagian tubuh. Serta kandungan polifenol yang ada di dalam buah anggur juga sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah Anda.

Senyawa antioksidan yang ada di dalam anggur juga dapat membantu dalam menghilangkan stres yang merupakan salah satu penyebab orang mengalami tekanan darah tinggi. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi untuk menghindari bahkan untuk mengurangi tekanan darah tinggi yang Anda derita.

7. Menjaga dan Mempercantik Kulit

Kesehatan Kulit Wajah

Image Credit: Mokomoko.id

Kebanyakan seorang wanita mengkonsumi buah anggur merah. Karena banyak anjuran bila ingin memiliki kulit yang cantik dan sehat, mengkonsumsi anggur merupakan pilihan yang tepat. Kandungan air yang terdapat pada buah anggur merah dapat menjaga kelembaban dan mencerahkan kulit Anda.

BACA:  Inilah Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan & Kecantikan

Selain air, kandungan lainnya yang berfungsi untuk menjaga kesehatan dan mempercantik kulit yakni fitonutrien dan senyawa antioksidan yang dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit yang telah rusak akibat dari radikal bebas. Vitamin E yang terkandung di buah anggur juga sangat membantu dalam mengangkat sel-sel kulit mati.

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah anggur juga dapat membantu memproduksi kolagen yang dapat menjadikan kulit lebih kenyal. Serta mengurangi keriput yang ada pada lapisan kulit luar Anda.

8. Penurun Berat Badan

Berat Badan

Image Credit: Anlene.com

Berat badan ideal adalah berat badan yang banyak diinginkan oleh mayoritas orang. Bagi orang yang ingin melakukan diet, mengkonsumsi anggur merah merupakan pilihan yang tepat. Nutrisi yang terkandung di dalam buah anggur sangat cocok untuk Anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan.

Vitamin K yang terdapat dalam anggur merah sangat berperan dalam membantu pendorong pertumbuhan sel sehat. Kandungan serat yang sangat banyak yang terkandung dalam buah anggur merah akan membuat Anda mampu menahan nafsu makan yang berlebih.

Kandungan flavonoid yang ada dalam buah anggur merah dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Serta kandungan kalori yang cukup untuk anda dalam program diet tersebut. Anda bisa langsung mengkonsumsi buah anggur tersebut, atau anda bisa menjadikan anggur tersebut olahan lain agar lebih variatif.

9. Memperkecil Resiko Diabetes

Mencegah Penyakit Diabetes

Image Credit: Diabetes.co.uk

Bagi Anda yang sedang mengalami diabetes, buah anggur merah merupakan buah yang sangat cocok untuk mengurangi kadar gula darah. Buah anggur merah mengandung flavonoid dan antioksidan dalam memproduksi insulin dalam tubuh Anda. Fungsi insulin adalah untuk menjaga gula darah seseorang.

Buah anggur merah dapat membantu dalam penyerapan kadar gula dan banyak mengandung serat yang bagus dalam proses memperkecil resiko diabetes. Selain itu buah anggur juga memiliki kandungan vitamin yang sangat cocok untuk membantu anda dalam proses penyembuhan dan meningkatkan imunitas tubuh Anda.

10. Mengurangi Kolesterol Dalam Tubuh

Mencegah Kolesterol Tinggi

Image Credit: Merdeka.com

Bagi seseorang yang mempunyai kolesterol, tentu saja mengkonsumsi buah-buahan yang berserat merupakan suatu kewajiban. Serat yang terkandung dalam buah yang mampu larut bersama air, dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Anggur merah merupakan salah satu buah yang sangat disarankan untuk orang berkolesterol tinggi.

Buah anggur merah memiliki senyawa antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol dan gula dalam darah. Buah anggur juga memiliki serat yang sangat banyak dapat mengikat kolesterol yang terserap pada dinding usus halus Anda.

Itulah beberapa manfaat dan kandungan yang terdapat pada buah anggur merah. Banyak sekali manfaat bila anda mengkonsumsi buah tersebut. Mengkonsumsi anggur merah secara rutin akan menurunkan tingkat resiko Anda terkena penyakit yang sangat berbahaya. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi anggur setiap hari.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Anggur Merah yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Anggur Merah yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba