15 Manfaat Buah Alpukat untuk Wajah & Rambut yang Perlu Anda Ketahui

15 Manfaat Buah Alpukat untuk Wajah & Rambut yang Perlu Anda Ketahui

Alpukat merupakan buah yang dikenal memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Buah alpukat seringkali juga mudah ditemukan dan memiliki harga yang relatif terjangkau. Itulah mengapa tak heran banyak orang gemar mengonsumsi alpukat sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh.

Khasiat pada buah alpukat dikenal sangat baik bagi tubuh, termasuk untuk wajah dan rambut. Hal inilah yang menjadikan banyak produk kecantikan yang juga terkadang menggunakan bahan alpukat sebagai campurannya.

Manfaat buah alpukat dalam menjaga kesehatan dan kecantikan tidak perlu diragukan lagi. Maka dari itu Anda dapat mengonsumsi buah alpukat sebagai cara untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan kecantikan kulit wajah dan rambut. Untuk selengkapnya Anda dapat menyimak kandungan nutrisi dan 15 manfaat buah alpukat untuk wajah dan rambut sebagai berikut:

Kandungan Nutrisi Penting Pada Buah Alpukat

1. Lemak Nabati

Lemak

Image Credit: Merdeka.com

Lemak merupakan hal yang sangat diperlukan oleh tubuh. Salah satu kegunaannya adalah untuk membantu melarutkan vitamin A, D, E, dan K dalam tubuh. Lemak nabati juga memiliki efek yang baik untuk tubuh dan dapat membantu proses metabolisme.

Sebagian besar kalori yang terkandung pada buah alpukat adalah berupa lemak. Namun jangan khawatir mengonsumsinya bagi Anda yang menjalani diet. Karena lemak yang terkandung pada alpukat tidak menimbulkan penambahan berat badan secara berlebih.

2. Karbohidrat

Karbohidrat

Image Credit: Sfidn.com

Dalam 50 gr buah alpukat terkandung kandungan karbohidrat sebesar 4 gr. Kandungan karbohidrat ini tentunya sangat diperlukan bagi tubuh sebagai asupan penyedia energi untuk beraktivitas.

Mengonsumsi karbohidrat dari buah alpukat dapat menjadi pilihan Anda dalam kebutuhan karbohidrat harian. Karena tentunya dapat memberi efek menyehatkan bagi tubuh.

3. Vitamin C

Vitamin C

Image Credit: Skinpeutics.com

Kandungan vitamin pada buah alpukat beragam, tak hanya vitamin C, melainkan juga terdapat vitamin K, B6, dan kandungan mineral lainnya. Zat-zat ini tentunya sangat diperlukan dan bermanfaat bagi tubuh.

Vitamin C pada buah alpukat juga sangat berguna bagi kecantikan. Karena dapat berfungsi sebagai antioksidan yang melawan efek dari radikal bebas.

Manfaat Buah Alpukat untuk Wajah dan Rambut

1. Melembabkan Kulit

Melembabkan Kulit

Image Credit: Megawecare.co.id

Bagi Anda yang memiliki permasalahan seperti kulit kering, masker buah alpukat dapat menjadi solusi. Buah alpukat mengandung kaya akan mineral yang dapat menutrisi dan memberikan kelembapan pada kulit. Kandungan buah alpukat yang kaya akan vitamin tentunya juga dapat memberikan efek menyehatkan pada kulit Anda.

Cara penggunaan untuk masker pun cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan daging buah alpukat terlebih dahulu. Setelah halus Anda dapat mengoleskannya pada bagian wajah. Untuk hasil yang maksimal Anda juga dapat menambahkan minyak zaitun sebagai campuran pada masker buah alpukat Anda.

BACA:  Inilah Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan & Kecantikan

2. Mengurangi Kerutan

Mengurangi Kerutan

Image Credit: Popmama.com

Kerutan pada wajah merupakan hal yang ingin dihindari setiap orang karena dapat menjadikan wajah terlihat semakin tua. Kerutan biasanya seringkali muncul pada bagian kelopak mata dan smile line. Kedua daerah ini memang diketahui memiliki kulit yang sensitif sehingga diperlukan selalu nutrisi agar tidak mudah muncul keriput.

Dengan menggunakan kandungan vitamin E, fatty acid, dan hydratingfats pada buah alpukat diketahui dapat mengurangi pembentukan kerutan pada wajah. Nutrisi ini sangat diperlukan untuk selalu menjaga kelembapan dan kekencangan pada bagian kulit yang sensitif. Menggunakan masker alpukat secara rutin tentu akan membantu Anda terhindar dari kerutan.

3. Membantu Merawat Kesehatan Kulit Wajah

Kesehatan Kulit Wajah

Image Credit: Mokomoko.id

Kulit wajah adalah bagian yang juga perlu untuk diperhatikan kesehatannya agar kecantikan selalu terpancar. Bagi Anda yang enggan membeli produk-produk kecantikan yang mahal di pasaran, Anda juga dapat menggunakan bahan alami untuk menjaga kesehatan kulit. Menggunakan buah-buahan salah satunya buah alpukat sebagai masker dapat menjadi pilihan aman bagi Anda.

Menggunakan masker buah alpukat selain alami juga dapat memberikan efek yang tak kalah dengan produk-produk kecantikan yang ada di pasaran. Kesehatan kulit wajah Anda apabila menggunakan masker alpukat disertai konsumsi secara rutin tentu dapat meningkat. Maka dari itu jangan ragu memanfaatkan buah alpukat sebagai cara untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

4. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Timbulnya Keriput dan Penuaan Dini

Image Credit: Essentia-natural.com

Perlu diketahui bahwa ternyata pada buah alpukat mengandung kolagen yang tentunya sangat diperlukan bagi kulit. Kolagen sangat diperlukan terutama bagi kalangan yang mulai merasakan tAnda-tAnda penuaan pada kulit. Tak perlu khawatir, karena Anda dapat memilih menggunakan masker alpukat sebagai cara untuk menghindari penuaan dini.

Kandungan kolagen pada alpukat diketahui dapat mencegah munculnya kerutan-kerutan pada wajah. Tak hanya itu, zat-zat bernutrisi pada buah alpukat tentunya juga dapat menutrisi kulit Anda dengan baik. Jika kulit memiliki nutrisi yang cukup, penuaan dini tentunya juga dapat dicegah. Anda dapat menggunakan buah alpukat sebagai masker atau untuk dikonsumsi secara rutin.

5. Membantu Merangsang Pertumbuhan Rambut

Membuat Rambut Lebih Lembut

Image Credit: Allthingshair.com

Nutrisi yang terdapat dalam buah alpukat seperti vitamin E diketahui dapat merangsang pertumbuhan rambut. Bagi Anda yang memiliki permasalahan mengenai rambut yang rapuh dan tipis, Anda dapat menggunakan buah alpukat sebagai cara untuk mengatasinya. Pertumbuhan rambut dapat mengalami peningkatan apabila rutin menggunakan masker buah alpukat.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan buah alpukat terlebih dahulu sebelum mengoleskannya pada rambut. Anda juga dapat mencampurkan bahan lain yang bernutrisi seperti minyak kelapa atau minyak zaitun agar pertumbuhan rambut semakin maksimal. Oleskan dan tunggu beberapa menit hingga masker meresap lalu bilas dan lanjutkan dengan tahap keramas.

BACA:  10 Manfaat Buah Zuriat untuk Kesuburan & Kesehatan Tubuh

6. Membantu Memperkuat Akar Rambut

Memperkuat Batang Rambut

Image Credit: Allthingshair.com

Bagi Anda yang memiliki permasalahan seperti rambut yang rapuh, Anda dapat memilih masker alpukat sebagai cara perawatan alami Anda. Kandungan antioksidan pada daging buah alpukat diketahui sangat berguna dalam menjaga kesehatan rambut.

Efek dari kandungan antioksidan ini juga dapat membuat rambut Anda terlihat berkilau dan sehat. Gunakan masker buah alpukat secara teratur dan rasakan khasiatnya yang luar biasa.

7. Melembabkan Rambut Kering

Image Credit: Wowkeren.com

Rambut kering seringkali terjadi terutama pada jenis rambut keriting. Diperlukan perawatan khusus bagi Anda yang memiliki rambut kering agar kesehatan rambut dapat terjaga. Perawatan yang dapat Anda pilih untuk mengatasi rambut kering adalah menggunakan masker alpukat.

Berbagai macam vitamin pada buah alpukat dapat memberikan kelembapan pada kulit kepala yang kering. Gunakan masker rambut alpukat seminggu sekali agar kelembapan rambut dapat terjaga dengan baik.

8. Menghaluskan Kulit Wajah

Menghaluskan Kulit

Image Credit: Facetofeet.com

Jika kulit wajah Anda seringkali terasa kasar dan mengalami pengelupasan, Anda dapat memanfaatkan khasiat dari buah alpukat untuk mengatasinya. Buah alpukat memiliki berbagai macam nutrisi sehingga dapat memperhalus tekstur kulit wajah Anda.

Cara yang dapat Anda gunakan adalah memanfaatkannya sebagai masker atau juga scrub. Keduanya sama-sama dapat memberikan efek menutrisi kulit sehingga menjadikannya terasa halus dan lembut.

9. Mengatasi Jenis Kulit Berminyak

Mengatasi Kulit Berminyak

Image Credit: Kitakini.news

Khasiat dari buah alpukat tidak hanya bermanfaat bagi Anda yang memiliki tipe kulit kering. Nyatanya, buah alpukat ternyata juga dapat mengatasi permasalahan kulit yang berminyak. Kandungan zat pada buah alpukat diketahui dapat mengontrol produksi minyak yang berlebih.

Cara yang dapat Anda aplikasikan untuk masker pun cukup mudah. Campurkan buah alpukat yang sudah dihaluskan dengan perasan air lemon dan putih telur. Kocok bahan hingga merata lalu aplikasikan pada wajah. Tunggu beberapa menit kemudian bilas menggunakan air bersih. Gunakan secara teratur untuk hasil yang maksimal.

10. Mencerahkan Wajah

Image Credit: Garnier.co.id

Manfaat buah alpukat selain dapat melembabkan kulit wajah ternyata juga dapat membuat wajah menjadi cerah dan terbebas dari kusam. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah alpukat diketahui dapat berperan dalam mencerahkan kulit wajah yang kusam.

Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat mencampurkan buah alpukat dengan perasan jeruk lemon. Perasan jeruk lemon diketahui juga sangat ampuh dalam mengatasi permasalahan seperti kulit wajah yang kusam. Namun bagi Anda yang memiliki kulit sensitif sebaiknya hindari penggunaan jeruk lemon yang berlebih karena dapat menimbulkan iritasi.

11. Mengatasi Jerawat

Muncul Jerawat

Image Credit: Klikdokter.com

Bagi Anda yang memiliki permasalahan kulit berupa jerawat yang membandel, alpukat dapat menjadi solusi alami untuk mengatasinya. Kandungan dalam alpukat diketahui dapat membersihkan kotoran yang ada pada wajah. Jika wajah bebas dari kotoran, maka permasalahan berupa jerawat juga dapat terhindarkan. Anda dapat mengonsumsi atau menggunakan alpukat sebagai masker.

BACA:  Manfaat Paprika Bagi Kesehatan & Kandungan Nutrisinya

Mengombinasikan daging alpukat dengan kuning telur diketahui juga dapat membersihkan kulit secara lebih efektif. Haluskan daging alpukat terlebih dahulu lalu campurkan dengan kuning telur. Kocok hingga merata lalu aplikasikan pada wajah menggunakan kuas atau spatula yang bersih. Tunggu beberapa saat lalu bilas dengan air hangat.

12. Membuat Kulit Berkilau

Image Credit: Bizfishingame.biz

Kulit wajah yang ternutrisi dengan baik akan terlihat berkilau. Jika Anda ingin memiliki kulit yang terlihat berkilau Anda dapat menggunakan alpukat sebagai masker wajah. Kandungan nutrisi pada alpukat apabila digunakan sebagai masker maka dapat memberikan efek yang maksimal karena nutrisi terserap langsung oleh kulit.

Tak hanya berkilau, Anda juga dapat merasakan kelembapan pada kulit Anda. Sensasi kulit yang kenyal, dan tidak kusam dapat Anda dapatkan sekaligus saat menggunakan masker alpukat. Cukup gunakan secara rutin. Akan lebih baik apabila Anda menambahkan bahan ampuh lain seperti madu, susu, atau perasan jeruk agar efeknya menjadi maksimal.

13. Mengatasi Ketombe

Image Credit: Timesindonesia.co.id

Masker rambut yang berbahan dasar biji alpukat diketahui dapat menghindarkan permasalahan rambut berketombe. Perlu dipahami bahwa yang berguna dalam mengatasi permasalahan rambut berketombe adalah biji alpukat, bukan dagingnya. Hal ini dikarenakan kandungan biji alpukatlah yang ampuh dalam melawan ketombe.

Cara penggunaannya cukup mudah, haluskan biji alpukat terlebih dahulu. Setelah itu campurkanlah madu pada biji alpukat yang sudah dihaluskan. Aduk hingga merata, lalu aplikasikan pada bagian rambut sambil dipijat dengan pelan dan lembut. Tunggu beberapa saat sekitar 3 sampai 5 menit kemudian bilas menggunakan air bersih.

14. Memperbaiki Rambut Rusak

15 Cara Merawat Rambut Kering & Rontok yang Mudah Dipraktikkan di Rumah

Image Credit: Tresemme.com

Rambut yang rusak dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Seperti contohnya paparan sinar matahari, alat-alat styling rambut, maupun kerusakan akibat produk rambut yang tidak cocok. Diperlukan kesabaran bagi Anda yang memiliki rambut rusak untuk mengatasinya. Dibandingkan membeli produk rambut yang mahal, Anda dapat memanfaatkan alpukat untuk merawat rambut.

Rambut yang rusak tentu membutuhkan vitamin dan nutrisi yang cukup untuk mengembalikan kondisi rambut yang sehat. Kandungan alpukat yang kaya akan vitamin dan mineral tentunya dapat Anda gunakan untuk memperbaiki struktur rambut yang rusak.

15. Mencegah Rambut Beruban

Mencegah Rambut Beruban

Image Credit: Suara.com

Rambut beruban merupakan hal yang tentunya sangat mengganggu dan dapat menurunkan kepercayaan diri. Untuk mengatasinya, Anda dapat rutin menggunakan masker alpukat sendiri di rumah.

Kandungan antioksidan yang ada pada buah alpukat diketahui sangat berperan dalam meregenerasi sel-sel. Jika Anda mengaplikasikan pada rambut, permasalahan uban pun dapat dicegah.

Itulah 15 manfaat buah alpukat untuk wajah dan rambut yang perlu Anda ketahui. Mengonsumsi dan menggunakan alpukat secara rutin tentu akan memberikan efek menyehatkan bagi kulit dan rambut Anda.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba