10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi

10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi

Banyak jenis buah yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, begitu juga dengan buah apel. Buah yang memiliki bentuk bulat dengan rasa yang manis dan kaya akan air ini terkenal dengan sebutan penjaga kesehatan tubuh. Apel memiliki jenis yang berbeda pada setiap penjuru dunia. Biasanya warna kulitnya menyesuaikan jenisnya, ada yang merah, kuning dan hijau.

Nama latin dari buah berdaging renyah dan berbau harum ini adalah Malus Domestica. Pada umumnya apel berdiameter sekitar 7 cm saja. Tapi jangan salah meskipun kecil apel kaya akan kalori yang terkandung dalam kulitnya, serat dan karbohidrat yang terdapat pada buahnya. Jika semua itu dikonsumsi maka akan memberikan efek baik bagi kesehatan.

Sekarang ini apel tidak hanya diolah menjadi jus saja. Namun, ada beberapa olahan produk yang memakai buah apel sebagai bahan utamanya. Bahkan, ada juga obat-obatan yang memakai ekstrak apel sebagai varian rasanya. Hal itu membuktikan bahwa apel sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia.

Kandungan Nutrisi pada Buah Apel

1. Serat

Serat

Image Credit: Klikdokter.com

Kandungan pertama yang akan menjadi pembahasan adalah serat. Buah apel sangat kaya akan serat. Semua itu sudah terbukti oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa serat pada apel sebesar 2,4 gram. Satu apel yang dikonsumsi manusia dapat memenuhi kebutuhan serat pada tubuhnya sekitar 17%.

Serat sendiri dapat menyehatkan jantung dan usus pada manusia. Meskipun kaya akan serat tetapi apel tidak mengandung kolesterol yang bisa membuat berat badan menjadi naik. Malahan sebaliknya, serat pada apel dapat mengontrol kestabilan kolesterol pada tubuh.

2. Vitamin

Vitamin C

Image Credit: Skinpeutics.com

Vitamin yang terdapat pada buah apel tidak hanya satu saja. Melainkan ada beberapa yang dapat menyehatkan tubuh. Diantaranya adalah vitamin C, vitamin A dan vitamin B6. Semua vitamin itu akan membuat tubuh manusia menjadi sehat dan bugar.

Namun vitamin yang ada pada buah apel tidak sebanyak pada buah-buahan lain. Hal itu dikarenakan apel sudah didominasi oleh kandungan antioksidan yang tinggi. Namun, vitamin C yang terdapat pada apel mampu mengendalikan pergerakan pada usus.

Pada pergerakan usus yang tidak terkontrol akan menyebabkan kanker usus. Maka dari itu mengkonsumsi apel yang mengandung berbagai vitamin ini dapat memperkecil resiko terserang penyakit ganas kanker.

3. Kalori

Konsumsi Kalori Berlebihan

Image Credit: Bukanaku.com

Kandungan nutrisi selanjutnya pada apel adalah kalori. Setiap buah apel segar diketahui memiliki kalori sebesar 95 %. Kalori sendiri berperan penting dalam tubuh manusia untuk menunjang aktifitas sehari-hari. Artinya kalori yang terdapat pada buah apel dapat menyalurkan energi baik pada tubuh manusia.

Tingginya kalori pada apel sering dimanfaatkan sebagai pengganti makanan pokok untuk orang yang diet. Hal itu dikarenakan mengkonsumsi apel dalam jumlah lebih dari satu pun tidak akan mempengaruhi berat badan seseorang.

BACA:  10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Malahan orang tersebut akan mendapatkan pengaruh baik. Kalori-kalori itu dapat mengontrol kolesterol jahat pada tubuh manusia.

4. Antioksidan

Manfaat Antioksidan Untuk Kesehatan

Image Credit: Hellosehat.com

Apel juga mengandung banyak sekali antioksidan alaminya. Jumlah antioksidan pada apel sudah terbukti melebihi jumlah vitamin C yang terkandung.

Kandungan antioksidan pada apel nantinya akan memperbaiki kerusakan sel-sel pada tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Apalagi jika sel-sel itu ada di sekitar kulit, maka antioksidan akan berperan aktif untuk membuat kulit tetap tampak awet muda.

Sebenarnya zat antioksidan tidak hanya sekedar berperan itu saja. Melainkan juga dapat menghalau penyakit kronis berbahaya yang berusaha untuk menyerang organ dalam tubuh manusia.

5. Air

Mineral

Image Credit: Kumparan.com

Buah apel yang memiliki rasa manis dan segar ini ternyata sebagian dari kandungannya merupakan air. Ada sebuah riset mengatakan air yang ada pada apel mencapai 86 %. Hal itu membuktikan bahwa apel bisa memenuhi sebagian kecil kebutuhan air yang diperlukan manusia.

Air yang terkandung pada apel juga memiliki rasa yang enak untuk dinikmati. Maka dari itu ada sebagian orang yang menggunakan apel sebagai bahan pengganti makanan karbohidrat. Sebab, komposisi serat dan air yang terkandung di dalamnya dapat menahan lapar lebih lama.

6. Kalsium

Kalsium

Image Credit: Detik.com

Kandungan nutrisi berikutnya adalah kalsium. Ternyata buah apel juga mengandung kalsium yang sedikitnya ada 6 mg, atau dalam kata lain setiap satu buah apel memiliki kandungan kalsium sebanyak 1%.

Kalsium sendiri memiliki peran penting dalam pembentukan tulang. Tulang yang kuat dan sehat dapat diperoleh jika pemenuhan kalsium dalam tubuh tercukupi. Kalsium pada apel ini sangat cocok bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan.

Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan

1. Membuat Berat Badan Ideal

Berat Badan

Image Credit: Anlene.com

Memiliki berat badan yang proporsional merupakan keinginan setiap orang. Tak peduli tua atau muda laki-laki atau perempuan, semua berusaha untuk tidak memiliki berat badan yang berlebih. Apel memiliki peran penting saat digunakan oleh orang yang melakukan diet.

Alasannya apel memiliki kandungan kalori sangat rendah, hanya sekitar 50 kalori tiap 100 gram buah. Seperti yang telah tertulis tadi bahwa apel juga tidak memiliki kandungan kolesterol. Tapi apel memiliki jumlah kandungan serat yang banyak.

Hal itulah yang membuat apel bisa menahan rasa lapar lebih lama daripada buah-buahan lain. serat pada buah apel juga dapat melindungi usus dari penyakit ganas seperti kanker. Serat ini akan mengikat senyawa beracun yang menjadi penyebab dari penyakit kanker usus.

2. Meminimalisir Serangan Jantung dan Stroke

Stroke

Image Credit: Dream.co.id

Penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke patut untuk dicegah dan dihindari. Jika tidak langsung mendapatkan penanganan secara intens, maka penyakit ini bisa menjadi penyebab kematian.

BACA:  15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan

Mengkonsumsi apel secara teratur dipercaya mampu untuk meminimalisir serangan jantung dan stroke. Ada sebuah penelitian yang membuktikan adanya senyawa potasium dalam buah apel. Nah, senyawa inilah yang membantu pengontrolan terhadap detak jantung dan pembuluh darah.

Senyawa potasium juga bisa untuk memerangi pengaruh dari sodium jahat yang dapat menyebabkan hipertensi. Beberapa kombinasi dari nutrisi dan senyawa yang terdapat pada buah apel terbukti ampuh untuk memperkecil resiko terserang penyakit jantung dan stroke.

3. Memperlancar Sistem Pencernaan

Menyembuhkan Penyakit Sistem Pencernaan

Image Credit: Alodokter.com

Apel yang dimakan setiap hari dapat memperlancar dan memperbaiki sistem pencernaan agar tetap lancar. Bakteri baik pada usus besar yang bernama Clostridiales dan Bacteriodes dapat meningkat dengan tajam karena bantuan nutrisi yang terdapat pada buah apel.

Perubahan jumlah inilah yang akan mempengaruhi proses metabolisme pada pencernaan manusia. Tak hanya itu saja, apel dapat membantu penyerapan air pada usus dan membuat sistem pencernaan menjadi normal.

4. Menyembuhkan Asma

Asma

Image Credit: Cnnindonesia.com

Asma merupakan penyakit yang disebabkan karena penyempitan pada saluran pernafasan. Tak perlu selalu mengandalkan pil untuk menyembuhkan penyakit satu ini, karena buah apel memiliki senyawa yang dapat membantu proses penyembuhan.

Hanya perlu untuk mengkonsumsi apel secara teratur sudah dapat menyembuhkan asma secara berkala. Metode penyembuhan ini sudah banyak diterapkan oleh masyarakat sekitar.

Mereka percaya bahwa banyaknya zat senyawa baik yang ada pada apel akan memulihkan penyakit asma. Mengkonsumsi apel tak perlu banyak-banyak per hari. Cukup satu sampai dua buah saja sudah dapat merasakan khasiatnya untuk tubuh.

5. Memperkecil Terserang Penyakit Diabetes

Mencegah Penyakit Diabetes

Image Credit: Diabetes.co.uk

Manfaat selanjutnya dari buah apel bagi kesehatan adalah memperkecil resiko terserang penyakit diabetes. Ada sebuah penelitian yang telah membuktikan adanya kandungan polifenol pada apel. Polifenol memiliki fungsi mengontrol jumlah kadar gula yang ada di dalam darah manusia.

Polifenol juga berperan penting untuk meminimalisir penyerapan glukosa dan meningkatkan proses pembuangan pada glukosa melewati insulin. Hal itu sudah membuktikan jika mengkonsumsi apel secara bertahap dan teratur dapat memperkecil terkena penyakit diabetes pada manusia.

Apel dapat diolah menjadi obat herbal jika ingin merasakan varian berbeda. Caranya dengan memblender apel dengan halus beserta kulitnya dan ampasanya jangan langsung dibuang. Tetapi ampas inilah yang nantinya akan berguna untuk menjadi ramuan herbal.

6. Mencegah Radikal Bebas

Menangkal Radikal Bebas dalam Tubuh

Image Credit: Supersmart.com

Kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada apel dapat mencegah radikal bebas. Seperti yang telah dikatakan oleh beberapa pakar, bahwa radikal bebas dapat mempercepat penuaan, penyakit demensia, katarak, dan kanker.

BACA:  15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Beberapa kandungan senyawa pada apel banyak terdapat pada kulitnya. Jadi jika ingin mengkonsumsinya jangan dikupas kulitnya. Tetapi jangan lupa pula untuk mencuci apel terlebih dahulu. Hal itu dilakukan untuk menghilangkan bakteri dan pestisida yang menempel pada kulit apel.

7. Mencegah Penyakit Kanker

Mencegah Tumor dan Kanker

Image Credit: Chirpstory.com

Kanker bisa menyerang bagian tubuh manapun. Terlebih lagi penyakit ini sangat sulit disembuhkan. Ada beberapa tahap untuk benar-benar bisa mengangkat sel kanker dari dalam tubuh. Diantaranya harus melakukan operasi, kemoterapi, sampai meminum beberapa jenis ramuan herbal.

Mengkonsumsi apel setiap hari dapat mencegah penyakit kanker. Senyawa fitokimia pada buah apel dapat memperkecil resiko kanker payudara, mulut, paru-paru dll. Memang apel sudah menjadi buah yang dipercaya masyarakat dapat mencegah berbagai macam penyakit yang masuk ke tubuh.

8. Menyehatkan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Image Credit: Wowkeren.com

Kesehatan jantung perlu dijaga dengan benar agar fungsinya tetap optimal. Agar jantung tetap sehat mengkonsumsi apel secara teratur dianjurkan untuk setiap orang. Apel bisa saja dibuat jus ataupun dibuat puding dan jajanan lain. Beberapa varian olahan itu dilakukan agar tidak bosan jika terus-terusan memakan buah apel.

Seperti yang telah tertulis diatas tentang kandungan nutrisi serat dan antioksidan pada buah apel. Kandungan itu ternyata memiliki manfaat lebih dari satu. Untuk menyehatkan jantung salah satunya.

Kombinasi serat dan antioksidan mampu mengontrol kolesterol agar tetap normal, sehingga penyakit jantung bisa diminimalisir. Pernyataan ini tak hanya dari mulut ke mulut. Namun beberapa peneliti sudah membuktikan kebenarannya.

9. Menjaga Kesehatan Otak

Menyehatkan Otak

Image Credit: Ayobandung.com

Otak merupakan komponen penting yang ada pada tubuh manusia. Perannya sangat penting yaitu menyimpan daya ingat apapun yang telah dilakukan manusia. Kesehatan otak bisa dijaga dengan memakan minimal satu buah apel setiap hari.

Kandungan penting yang ada dalam apel dilansir bisa membuat otak bisa berpikir dengan jernih dan memperkuat daya ingat. Itu artinya apel dapat membuat otak menjadi lebih cemerlang dan cerdas. Hal ini juga sudah dibuktikan dengan adanya pernyataan dari sebuah penelitian pada tahun 2006 lalu.

10. Memperkuat Tulang

Memperkuat Tulang

Image Credit: Merdeka.com

Kandungan kalisum pada tulang dapat memperbaiki komponen tulang agar lebih kuat. Tetapi kalsium bukanlah menjadi satu-satunya yang diperlukan oleh tulang. Beberapa vitamin dan nutrisi lain juga menjadi penunjang untuk kesehatan tulang.

Begitu pula dengan senyawa anti-inflamasi yang terdapat pada buah apel. Bahkan, beberapa studi ternama juga membuktikan dan mengamati bahwa orang yang sering mengkonsumsi apel memiliki tulang lebih kuat daripada orang yang tidak pernah makan apel sama sekali.

Itulah beberapa manfaat apel untuk kesehatan tubuh jika sering dikonsumsi. Banyaknya penyakit di masa sekarang ini harus memerlukan pencegahan dengan cara yang benar. Salah satunya ialah dengan memakan satu apel setiap hari. Tak perlu khawatir mendapatkan efek buruk pada tubuh, sebab apel merupakan buah alami yang menyehatkan.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba