10 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

10 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Buah Bit merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang masih memiliki hubungan keluarga dengan sayuran berakar seperti sayuran lobak. Meskipun begitu, rasa dari buah dengan warna ungu kemerahan ini memiliki rasa yang manis, dan faktanya buah ini menjadi salah satu buah yang dikonsumsi karena manfaatnya yang sangat baik bagi kesehatan.

Menurut sejarah, buah bit sudah menjadi konsumsi umum oleh masyarakat Afrika pada ribuan tahun yang lalu. Kemudian manfaat dari buah ini mulai didapatkan pada kisaran abad 19 dimana salah satu manfaatnya yaitu buah bit mampu menjadi salah satu alternatif pengobatan alami. Ini juga yang menyebabkan pada waktu tersebut benua-benua lain mulai mengkonsumsi buah yang kaya manfaat ini.

Beberapa cara mengkonsumsi buah ini agar dapat merasakan manfaatnya yaitu buah bit dapat dijadikan jus, dipanggang, dikukus, direbus, hingga dimakan langsung. Dikarenakan buah ini termasuk dalam kategori sayur berakar, menjadikan tidak hanya daging buahnya saja yang bisa memberikan manfaat baik, akar serta daunnya juga dapat diolah dan dikonsumsi yang tentunya juga baik bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Pada Buah Bit

1. Protein

Image Credit: Ceritasehat.com

Protein memiliki fungsi paling vital karena merupakan pondasi utama tubuh manusia. Salah satu manfaatnya protein dapat menghasilkan enzim yang berguna untuk memfasilitasi metabolisme tubuh. Sebagai asupan yang penting untuk tubuh, kadar protein perlu selalu dijaga karena akan mempengaruhi keseimbangan cairan tubuh dan cairan dalam sel.

Meskipun kadar protein yang terdapat pada buah ini tidak terlalu tinggi, tetap saja manfaat akan protein tentu bisa didapatkan salah satunya mampu menjaga sistem imun tubuh jika dikonsumsi terus menerus secara rutin. Protein juga merupakan kandungan aktif yang berperan untuk memelihara jaringan dalam tubuh.

2. Karbohidrat

Karbohidrat

Image Credit: Sfidn.com

Karbohidrat memiliki fungsi yang kurang lebih sama pada tubuh, yaitu menjadi sumber energi dengan menyediakan energi yang tersimpan. Karbohidrat juga memiliki manfaat untuk menjadi bahan bakar otot yang didapatkan dari kadar glukosa yang dihasilkan oleh karbohidrat. Konsumsi karbohidrat juga perlu diperhatikan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal bagi tubuh.

Dalam buah bit, karbohidrat merupakan salah satu nutrisi dengan kadar yang cukup tinggi. Hal ini membuat buah bit sangat baik untuk dikonsumsi. Selain karena dapat memberikan kinerja penuh akan aktivitas tubuh, karbohidrat juga mampu menunjang perkembangan dan pertumbuhan pada tubuh manusia.

3. Kalsium

Kalsium

Image Credit: Detik.com

Menyehatkan jantung, menjaga kesehatan pada tulang serta mencegah osteoporosis merupakan beberapa manfaat penting yang diperoleh dari kalsium. Karena itulah kalsium juga menjadi nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, dan tentu saja membantu untuk menjaga kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Kandungan nutrisi kalsium ini dapat ditemukan dalam buah bit.

BACA:  5 Manfaat Utama Kopi Hijau Untuk Kesehatan (Green Coffee)

Kadar kalsium normal yang dibutuhkan oleh orang dewasa yaitu sekitar  1.000-1.300 mg per harinya agar mencapai angka kecukupan gizi yang baik. Inilah yang menyebabkan mengkonsumsi makanan dengan kadar kalsium tinggi sangat diperlukan salah satunya dengan mengkonsumsi buah bit.

4. Magnesium

Magnesium

Image Credit: Reviewthis.com

Magnesium memiliki peran yang juga sangat penting meskipun kandungan ini jarang disebutkan. 60% kandungan magnesium tersimpan pada tulang dan sisanya tersebar dalam cairan tubuh, jaringan lunak, darah serta otot. Sehingga magnesium memiliki fungsi yaitu memelihara tulang, mengatur tekanan darah, menekan gula darah,dan menjaga kesehatan jantung.

Kadar magnesium yang diperlukan oleh tubuh bergantung pada usia serta jenis kelamin. Wajarnya, wanita dewasa membutuhkan 310-320 mg magnesium yang perlu terpenuhi setiap harinya. Namun untuk pria, kadar magnesium yang dibutuhkan berkisar sekitar 400-420 mg magnesium setiap hari.

5. Vitamin C

Vitamin C

Image Credit: Skinpeutics.com

Salah satu manfaat utama dari Vitamin C yaitu merawat kesehatan kulit serta menjaga daya tahan tubuh. Kandungan ini mampu memulihkan kondisi badan terlebih setelah melakukan aktivitas berat dan melelahkan. Vitamin C juga mampu menangkal molekul berbahaya seperti asap rokok yang merupakan bahan kimia beracun dan molekul radikal bebas lainnya.

Vitamin C terkenal sangat mudah diperoleh, dan salah satunya terkandung dalam buah bit. Dosis vitamin C yang dianjurkan berkisar antara 75 hingga 90 mg, dimana dengan asupan 500mg Vitamin C setiap harinya cukup terbilang aman. Terlebih guna menjaga kesehatan dan juga untuk menjaga fungsi organ tubuh dapat bekerja secara maksimal.

Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

1. Mencegah Hipertensi

Hipertensi

Image Credit: Suara.com

Dengan penjelasan beberapa nutrisi yang terkandung dan sudah dijelaskan sebelumnya, buah bit sangat dipercaya dapat membantu menekan darah tinggi pada tubuh. Selain kandungan magnesium, buah bit juga kaya akan kandungan nitrat yang berfungsi sebagai pencegah hipertensi yang tentunya dianjurkan untuk kesehatan manusia.

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa kandungan nitrat oksida yang dimiliki dalam buah bit memang dapat menurunkan tekanan darah meskipun tidak dalam skala besar. Hal ini tentu akan memberikan efek yang optimal pada tubuh jika konsumsi akan buah bit dilakukan secara rutin dan berkala.

2. Memiliki Banyak Antioksidan

Manfaat Antioksidan Untuk Kesehatan

Image Credit: Hellosehat.com

Sederhananya, antioksidan merupakan sebuah senyawa yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Sifat molekul ini salah satunya mampu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.  Selain itu antioksidan dapat mencegah munculnya stres oksidatif yang dapat merusak sel-sel baik yang ada dalam tubuh.

Dalam buah bit nyatanya terkandung banyak sekali antioksidan yang mampu melindungi tubuh akan penyakit-penyakit seperti penyakit kronis dan jantung. Hal itu disebabkan karena tingginya kandungan fitonutrien pada buah bit yang mampu menjaga kesehatan tubuh dari segala jenis penyakit. Selain itu kandungan ini juga mampu mencerahkan warna kulit agar terlihat sehat.

BACA:  Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan & Kandungan Nutrisinya

3. Dianjurkan untuk Penderita Diabetes

Mencegah Penyakit Diabetes

Image Credit: Diabetes.co.uk

Manfaat selanjutnya akan buah bit dapat dirasakan oleh penderita diabetes yang menjadikan buah ini sebagai salah satu makanan sehat yang dikonsumsi. Hal itu disebabkan karena antioksidan yang dimiliki buah bit akan memberikan efek pemulihan saraf yang rusak oleh penderita diabetes.

Manfaat ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang mengatakan bahwa perbaikan gula darah yang terjadi karena buah bit ini lebih terlihat signifikan pada para penderita obesitas, dibanding orang-orang yang memiliki berat badan ideal. Dengan begitu mengkonsumsi buah bit menjadi alternatif utama bagi penderita yang memiliki masalah dalam kadar gula serta obesitas.

4. Menjaga Berat Badan

Berat Badan Naik Secara Drastis

Image Credit: Hellosehat.com

Buah bit menjadi salah satu makanan pilihan yang dianjurkan untuk dikonsumsi jika sedang menjalankan program diet. Karena buah bit memiliki kandungan yang dapat melancarkan detoksifikasi tubuh termasuk lemak yang dimiliki dalam tubuh.

Kandungan ini didapatkan dari nutrisi magnesium pada buah bit. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kadar magnesium juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh dengan mendukung saraf dan otot agar mampu bekerja dengan maksimal. Dengan begitu memiliki tubuh ideal akan lebih mudah untuk didapatkan jika mengkonsumsi buah ini.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Menyembuhkan Penyakit Sistem Pencernaan

Image Credit: Alodokter.com

Buah bit juga memiliki kandungan serat yang dapat membantu melancarkan pergerakan makanan melalui usus cerna. Serat dan antioksidan dalam buah ini memaksimalkan tubuh dalam mengeluarkan zat-zat beracun dari dalam tubuh. Kandungan serat ini juga mampu membantu kelancaran buang air besar sehingga pencernaan menjadi sehat, nyaman dan teratur.

Salah satu cara konsumsi yang dianjurkan untuk mendapatkan manfaat ini yaitu mengolah buah bit menjadi jus. Dengan menambahkan campuran lemon atau air jeruk, serta dikonsumsi secara rutin setiap pagi mampu memberikan efek yang maksimal untuk kesehatan serta kelancaran pada bagian pencernaan.

6. Mencegah Penyakit Kanker

Mencegah Tumor dan Kanker

Image Credit: Chirpstory.com

Penelitian memberikan hasil pengujian di laboratorium bahwa buah bit memiliki kandungan yang dapat menghambat karsinogen dalam tubuh. Kandungan ini juga menghasilkan dan meningkatkan produksi enzim yang mampu menghentikan pembentukan sel kanker. Sehingga antioksidan dalam buah bit mampu menjaga kesehatan tubuh dari berbagai bentuk penyakit.

Antioksidan dan betasianin merupakan kandungan yang memungkinkan menghasilkan manfaat tersebut. Kandungan ini tentu sangat membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh menjadi optimal. Dengan begitu mengkonsumsi buah ini secara teratur tentu sangat dianjurkan karena juga mampu meningkatkan daya imun pada tubuh.

7. Detoks Alami untuk Hati dan Ginjal

Membantu Detoksifikasi

Image Credit: Blog.tribunjualbeli.com

Pada dasarnya tubuh memang memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun atau detoks dengan sendirinya. Hal ini memang terjadi secara alami untuk mencegah adanya keracunan yang terjadi dalam tubuh. Hati dan ginjal merupakan salah satu dari beberapa bagian organ yang mampu melakukan detoks pada tubuh.

BACA:  15 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Hati mampu membuang zat berbahaya seperti racun dari darah, dan ginjal memiliki fungsi menyaring darah dan membuang detoks melalui air seni. Dengan mengkonsumsi buah bit secara rutin dapat membantu pendorongan pembersihan racun oleh organ-organ tubuh tersebut secara lebih maksimal.

8. Meningkatkan Stamina

Meningkatkan Stamina

Image Credit: Kaltimtoday.co

Karbohidrat yang tinggi merupakan salah satu kelebihan akan nutrisi yang dimiliki oleh buah bit. Sehingga dengan mengkonsumsi buah ini dapat memberikan manfaat untuk menjaga stamina tubuh serta menunjang energi yang dimiliki dalam tubuh. Buah bit terbukti dapat meningkatkan energi dan stamina dalam tubuh menjadi 2,8% lebih banyak.

Hal tersebut juga didukung dengan kandungan Vitamin C dan Vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, juga dapat membantu menjaga stamina tubuh. Mengkonsumsi buah ini dengan diikuti pola hidup yang sehat dapat menciptakan stamina tubuh serta energi pada tubuh menjadi stabil dan optimal.

9. Mencegah Anemia

Image Credit: Liputan6.com

Buah bit memiliki warna kemerahan yang dominan. Dengan warna tersebut membuat banyak orang mengaitkannya akan hubungannya dengan darah. Nyatanya, buah bit memang mampu mencegah penyakit anemia atau kekurangan darah dengan memberikan oksigen yang berguna bagi sel darah merah.

Namun yang memberikan manfaat ini tentu bukan disebabkan oleh warnanya, melainkan kandungan zat besinya yang mempunyai kadar cukup tinggi dalam buah bit. Kandungan zat besi ini juga memiliki manfaat lain karena mampu mengaktifkan kembali sel-sel darah merah dalam tubuh serta meregenerasikannya sehingga tubuh tidak akan mengalami kekurangan sel darah merah.

10. Mengatasi Masalah Rambut

Image Credit: Wowkeren.com

Selain memberikan manfaat pada tubuh, buah bit juga dapat mengatasi masalah kecantikan dan kesehatan kulit rambut salah satunya yaitu menjadi pewarna rambut alami. Dengan mencampurkan pewarna rambut hitam dan jus akar dari buah bit, dapat menghasilkan hasil warna hitam dengan gradasi burgundy. Tidak hanya indah, namun juga sehat dan juga alami.

Selain itu buah bit juga bisa digunakan untuk mengatasi ketombe pada rambut. Caranya dengan merebus buah bit yang dicampurkan sedikit air. Setelah itu oleskan hasil rebusan tersebut ke bagian kulit kepala dengan sedikit dipijat lembut. Lalu diamkan selama semalam hingga keesokan harinya untuk dikeramas dan dibilas. Rambut akan menjadi indah tanpa masalah.

Itulah beberapa manfaat yang membuktikan bahwa buah bit kaya akan khasiat, ditambah keseluruhan bagian dari buah bit memang dapat diolah serta dikonsumsi. Penjelasan akan manfaat dan nutrisi dari buah bit tersebut juga sudah teruji dalam berbagai penelitian di seluruh dunia, sehingga menjadikan penggunaan serta konsumsi dari buah ini terbukti bukan hanya aman namun juga tentu menyehatkan.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba