15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan

15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan

Siapa yang masih asing saat mendengar buah ciplukan? Buah yang memiliki nama latin Physalis Angulata L ini banyak tumbuh liar di sawah, kebun, hutan atau semak belukar. Bentuknya yang bulat kecil disertai pembungkus tipis pada kulitnya sering dinilai tak memiliki manfaat apapun oleh kebanyakan orang.

Ciplukan memiliki rasa manis sedikit asam, dengan didominasi warna hijau untuk yang masih mentah dan kuning untuk yang sudah matang. Biasanya buah kecil ini sering digunakan sebagai mainan untuk anak-anak. Ciplukan sendiri sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Semua kandungan yang terdapat buah ciplukan sudah lolos pengujian para peneliti dan terbukti mampu menghilangkan berbagai jenis penyakit. Dengan begitu buah ciplukan dapat dijadikan sebagai metode pengobatan herbal dan alami.

Kandungan Nutrisi pada Buah Ciplukan

1. Vitamin

Vitamin C

Image Credit: Skinpeutics.com

Ciplukan memiliki banyak kandungan vitamin. Seperti vitamin C, vitamin D, vitamin A, sampai vitamin K. semua nutrisi vitamin itu pastinya sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Vitamin C dan D pada buah ini memiliki manfaat untuk mencegah penyakit peradangan dan panas dalam. Tak hanya itu, vitamin ini juga sangat baik dipakai untuk perawatan kecantikan.

Lalu ada vitamin A yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata. Dan yang terakhir yaitu vitamin K yang dapat menyehatkan tulang, menyehatkan kulit juga, mengontrol laju tekanan darah pada tubuh manusia.

2. Antioksidan

Sumber & Manfaat Antioksidan Bagi Kesehatan

Image Credit: Kompas.com

Ciplukan merupakan salah satu buah yang mengandung antioksidan dengan kadar yang tinggi. Antioksidan ini memiliki peran aktif dalam menjaga tubuh dari penyakit malaria, asma, dermatitis, dan kanker. Buah ciplukan juga memiliki senyawa etanol yang banyak pula kandungan antioksidannya. Antioksidan pada senyawa etanol inilah yang akan memperbaiki sel-sel yang mengalami kerusakan sebab radikal bebas.

3. Kalori

Konsumsi Kalori Berlebihan

Image Credit: Bukanaku.com

Tak hanya memiliki kandungan nutrisi vitamin saja, namun dalam buah ciplukan juga ditemukan kalori sebanyak 74%. Itu artinya kalori yang ada pada ciplukan tergolong tinggi. Nutrisi ini juga sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga stamina. Sebab, kekurangan stamina juga akan menghambat segala aktifitas yang akan dilakukan.

4. Protein

Image Credit: Ceritasehat.com

Kandungan nutrisi selanjutnya yang ada pada ciplukan adalah protein. Ada sekitar 2,7 gram protein yang ada pada ciplukan. Protein pada ciplukan berfungsi untuk memperbaiki jaringan-jaringan pada tubuh manusia. Selain itu protein ini juga akan membantu proses pembentukan hormon. Terutama hormon pada bagian organ vital

5. Serat

Serat

Image Credit: Klikdokter.com

Buah ciplukan juga memiliki kandungan serat yang lumayan tinggi. Seperti yang telah dilansir dari beberapa studi bahwa serat pada ciplukan dapat menurunkan berat badan seseorang secara signifikan.

Meskipun banyak mengandung serat, namun ciplukan tak banyak memiliki kalori. Sehingga hal itu sangat baik jika dikonsumsi meskipun tengah melakukan program diet. Ada sekitar 15% serat yang ada pada buah ciplukan. Jadi, jika mengkonsumsi ciplukan setiap hari akan memenuhi kebutuhan serat pada tubuh seseorang.

BACA:  15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Memperkuat Tulang

Image Credit: Merdeka.com

Manfaat buah ciplukan ialah menjaga kesehatan tulang. Beberapa kandungan seperti vitamin K memiliki peran yang sangat penting seperti metabolisme.

Tak hanya menyehatkan tulang saja, namun vitamin K pada buah ciplukan dapat membuat kepadatan tulang meningkat secara signifikan. Hal itu justru akan memperkecil resiko terkena osteoporosis pada usia muda dan resiko patah pada tulang.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal

Image Credit: Alodokter.com

Ciplukan dipercaya mampu menjadi obat deuretik yang akan menghilangkan racun pada ginjal. Zat yang terdapat pada buah ini akan mengeluarkan racun tersebut melalui air seni. Artinya setiap racun yang dikelola oleh zat pada ciplukan akan terurai pada saat seseorang buang air kecil.

Selain itu, buah ini juga dapat menghilangkan kelebihan lemak dan garam pada tubuh manusia. Hal ini akan membuat ginjal menjadi lebih sehat dan bekerja secara maksimal.

3. Menjaga Kesehatan Pada Mata

Kesehatan Mata

Image Credit: Elenaangel.com

Kandungan vitamin dan karotenoid pada ciplukan memiliki kadar yang sangat tinggi. Hal itu akan berpengaruh pada kesehatan mata ketika dikonsumsi secara rutin.

Senyawa karotenoid pada ciplukan dapat mencegah mata terserang penyakit katarak. Tak hanya itu karotenoid juga berperan penting untuk memperjelas indera penglihatan, meskipun usia sudah semakin lanjut.

4. Meningkatkan Sistem Imunitas

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Image Credit: Wowkeren.com

Manfaat selanjutnya adalah ciplukan dapat meningkatkan sisitem imunitas pada tubuh manusia. Tak heran jika manfaat itu bisa dirasakan, mengingat buah ini kaya akan vitamin C dan D. Vitamin ini nantinya akan bekerja dalam proses perangsangan sel darah putih dan memproduksi zat antioksidan.

Nah antioksidan inilah yang akan menjaga kekebalan tubuh. Sementara itu vitamin C sendiri juga dapat membentuk komponen kolagen yang akan membantu dalam memperbaiki sel dan pembuluh darah.

5. Menyembuhkan Efek Peradangan

Mencegah Peradangan

Image Credit: Tribunnews.com

Buah ciplukan ternyata mengandung senyawa withanoldies yang sudah melewati uji penelitian mampu untuk menyembuhkan efek yang ditimbulkan oleh peradangan. Withanoldies juga dapat mencegah kanker ganas yang berpotensi menyerang usus.

Namun, manfaat ini belum sepenuhnya dibuktikan oleh semua orang. Hanya beberapa saja yang telah merasakan efeknya. Meski begitu pengobatan herbal ini dapat membantu orang untuk mengurangi peradangan.

6. Mencegah Penyakit Kanker

Mencegah Tumor dan Kanker

Image Credit: Chirpstory.com

Seringkali penyakit ini marak ditemukan pada beberapa orang. Penyembuhannya pun tergolong masih sulit dilakukan. Maka dari itu sebisa mungkin untuk menggunakan pula obat herbal untuk membantu mematikan sel-sel kanker tersebut.

BACA:  10 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Seperti yang telah tertulis tadi bahwa antioksidan pada buah ciplukan dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Begitu pula dengan penyakit kanker. Cukup dengan merebus ciplukan dan meminumnya secara rutin akan membuat sel-sel kanker mati secara perlahan.

7. Menyembuhkan Penyakit Batu Ginjal

Membantu Detoksifikasi

Image Credit: Blog.tribunjualbeli.com

Dilansir dari beberapa reset penelitian menyebutkan bahwa buah ciplukan banyak mengandung senyawa antibakteri. Senyawa ini memiliki peran penting untuk membantu proses penyembuhan penyakit batu ginjal.

Antibakteri yang terkandung pada buah ciplukan akan melarutkan endapan-endapan kalsium pada ginjal. Namun untuk mengobatinya perlu beberapa tahap dan proses yang harus dilalui terlebih dahulu.

Ada beberapa campuran yang diperlukan untuk meracik jamu herbal itu. Ciplukan yang sudah kering sekitar 10 gram, daun kumis kucing 15 gram, dan beberapa racikan lain. semua campuran obat herbal itu kemudian direbus dan diminum airnya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Menyembuhkan Nyeri

Nyeri Otot

Image Credit: Hellosehat.com

Nyeri pada sendi banyak dikeluhkan oleh sebagian orang. Apalagi jika sudah berumur lanjut, pastinya gejala nyeri sendi serta rematik dapat dirasakan. Untuk itu perlu dilakukan pengobatan dan pencegahan.

Menurut beberapa pakar kandungan antiinflamasi pada buah ciplukan dapat meringankan rasa nyeri pada sendi. Hal itu sudah terbukti adanya. Buah ciplukan perlu ditumbuk terlebih dahulu sampai halus. Setelah itu dikompreskan pada sendi yang terasa nyeri. Buah ini akan bertambah khasiatnya jika dicampur dengan beberapa tanaman herbal lainnya.

9. Mengontrol Kolesterol

Mencegah Kolesterol Tinggi

Image Credit: Merdeka.com

Kadar kolesterol pada setiap orang perlu dikontrol dengan baik agar tidak menumbuhkan resiko terserang penyakit lainnya. Tak semua cara pengobatan yang mahal harus ditempuh untuk menyembuhkan penyakit kolesterol.

Mengkonsumsi buah ciplukan setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol yang mengendap pada tubuh. Pada buah ini terdapat kandungan linoleat dan asam oleat yang akan mengontrol jumlah kolesterol. Kedua zat ini juga dapat membantu keseimbangan kolesterol agar jantung tetap normal dan sehat.

10. Dapat Menambah Darah

Meningkatkan Peredaran Darah

Image Credit: Hellosehat.com

Ciplukan juga dipercaya mampu untuk menjadi obat penambah darah bagi manusia. Kandungan nutrisi dan senyawa yang terkandung pada buah ini dapat memicu penambahan darah.

Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal tentu harus mengkonsumsinya dengan teratur. Caranya mudah hanya perlu merebusnya lalu minum air rebusan buah ini sudah dapat merasakan manfaatnya.

11. Mengobati Epilepsi

Epilepsi

Image Credit: Tirto.id

Epilepsi adalah sejenis penyakit yang disebabkan karena adanya faktor gangguan sel saraf pada otak. Biasanya penderita akan mengalami kejang- kejang secara mendadak. Penyakit ini bisa dikenali sejak kecil, sehingga proses pengobatannya terbilang segera terlaksana.

BACA:  10 Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Untuk mengobati ini sebenarnya tak mengharuskan selalu menggunakan obat-obatan dari medis. Ada sebuah cara tradisional menggunakan buah ciplukan untuk mengatasinya. Cukup mengkonsumsi buah ciplukan sebanyak 8-9 butir setiap harinya, bisa menetralisirkan gejala dari epilepsi.

12. Mengobati Flu

Flu

Image Credit: Alodokter.com

Tingginya kandungan antioksidan pada buah ciplukan dapat mengobati penyakit flu. Flu ini biasa menyerang ketika musim pancaroba. Sebab suhu yang berubah-ubah membuat badan sulit untuk bisa mengontrol dan beradaptasi dengannya.

Dengan meminum jamu herbal dari ciplukan secara teratur mampu untuk menyembuhkan flu dengan cepat. Caranya dengan memotong-motong ciplukan menjadi ukuran kecil lalu menjemurnya hingga kering. Setelah itu rebus ciplukan kering itu dan minumlah airnya. Cara ini sudah terbukti ampuh untuk meredakan penyakit flu yang tengah melanda.

13. Mengobati Penyakit Kencing Manis

Kencing Manis

Image Credit: Alodokter.com

Pada ciplukan ada sebuah senyawa yang bernama karoten dan polifenol. Senyawa inilah yang nantinya akan bekerja untuk mengontrol kadar gula darah pada tubuh manusia. Namun di buah ini juga memiliki zat serat larut yang berperan sebagai penurun gula darah.

Untuk melakukan metode pengobatan dengan ciplukan hanya perlu merebus beberapa buahnya lalu meminum air rebusannya. Lakukan cara ini dengan teratur yaitu minimal satu gelas per harinya.

14. Menjaga Organ Tubuh dari Radikal Bebas

Menangkal Radikal Bebas dalam Tubuh

Image Credit: Supersmart.com

Menurut beberapa penelitian menyatakan bahwa manfaat yang paling besar dari buah ciplukan adalah dari zat antioksidan alaminya. Hal inilah yang menjadikan ciplukan dapat menjadi sumber dari sejumlah nutrisi untuk menyembuhkan segala bentuk penyakit.

Adanya pula senyawa karoten pada ciplukan dipercaya menjadi zat yang akan membantu antioksidan untuk menjaga organ tubuh dari radikal bebas. Penyakit yang dapat ditimbulkan dari radikal bebas sendiri bisa dikatakan sangat berbahaya. Diantaranya adalah kanker, serangan jantung, dan stroke.

Maka dari itu, radikal bebas ini harus segera dicegah agar tidak menyebabkan penyakit berbahaya. Dengan memakan buah ciplukan secara langsung dapat memperkecil resiko terpapar radikal bebas.

15. Mengatasi Bisul dan Borok

Mengobati Bisul

Image Credit: Idntimes.com

Bisul menjadi salah satu penyakit yang menyebalkan juga menyakitkan, apalagi jika bisul tumbuh pada pantat. Hal itu akan menghambat aktifitas sebab adanya bisul tersebut. Borok juga demikian, selain tampilannya yang menjijikkan rasa sakit juga akn timbul jika ada borok pada tubuh.

Untuk menyembuhkan borok dan bisul tak perlu menggunakan obat kimiawi yang memiliki dampak nantinya. Namun, ada sebuah cara tradisional dengan menggunakan ciplukan sebagai bahan herbal alaminya.

Cara untuk mengobati bisul adalah dengan menumbuk ciplukan dengan tanaman obat lainnya, kemudian ditempelkan pada bisul. Sementara untuk borok sendiri juga memiliki cara yang hampir sama, hanya saja perlu diberikan tambahan sedikit kapur sirih. Metode itu sudah banyak dilakukan oleh orang-orang dan terbukti ampuh.

Itulah beberapa informasi kandungan nutrisi dan manfaat buah ciplukan bagi kesehatan tubuh. Untuk itu jangan hanya memandang sebelah mata tentang buah mungil ini. Sebab, telah banyak penelitian yang membuktikan khasiat dari buah ciplukan yang perlu untuk dicoba.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
15 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh Anda
15 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh Anda
15 Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan yang Sudah Terbukti
15 Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan yang Sudah Terbukti
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba