10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Mangga merupakan buah musiman yang hanya tumbuh di daerah beriklim tropis. Buah yang berasal dari Asia bagian Selatan ini terkenal dengan rasanya yang lezat. Buah ini merupakan favorit seluruh kalangan masyarakat karena sangat aman untuk dikonsumsi. Tak hanya dikonsumsi, mangga juga dijadikan bahan campuran pada produk kesehatan dan kecantikan.

Apabila sedang pada musimnya, banyak sekali yang berlomba untuk mengonsumsi buah ini karena memiliki rasa yang unik dan lezat. Aromanya yang khas membuat semua orang semakin tertarik untuk mengonsumsinya. Selain dibuat jus, buah mangga sering kali dijadikan makanan yang unik. Tentunya Anda akan semakin ingin mengonsumsinya, bukan?

Selain rasa dan aromanya, buah mangga ternyata cukup terkenal mampu menyembuhkan dan mencegah berbagai penyakit. Buah ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh Anda. Mangga juga merupakan salah satu buah yang memiliki tingkat antioksidan yang tinggi. Mengonsumsi buah mangga akan membantu Anda menangkal berbagai macam penyakit berbahaya.

Kandungan Nutrisi Buah Mangga

1. Vitamin C

Vitamin C

Image Credit: Skinpeutics.com

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang menjadi kebutuhan harian tubuh. Vitamin C yang dikonsumsi setiap hari akan mencegah berbagai penyakit memasuki tubuh Anda. Bakteri-bakteri penyebab penyakit pilek dan batuk yang sering dialami beberapa banyak orang dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi vitamin C.

Pada buah mangga terdapat vitamin C yang tinggi dan mampu membantu menjaga imun Anda. Konsumsilah minimal 24 gram buah mangga agar dapat memenuhi seluruh kebutuhan vitamin C harian Anda.

Pada 100 gram buah mangga, kandungan vitamin C-nya mencapai 13% dari keseluruhan kandungan gizi dan dapat memenuhi 44% angka kebutuhan gizi pada tubuh Anda. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah mangga dapat memicu sel darah putih lebih efektif untuk membasmi bakteri dan kuman penyebab penyakit berbahaya.

2. Kalium

12 Makanan Sehat Yang Mengandung Kalium Tinggi

Image Credit: Grid.id

Kalium merupakan salah satu jenis mineral yang berguna bagi tubuh Anda. Kalium akan membantu jantung, otot, serta saraf pada tubuh bekerja dengan baik. Mineral kalium akan mengatur cairan tubuh dan tekanan darah agar seimbang. Buah mangga dengan ukuran 100 gram mengandung mineral kalium sebanyak 168 mg.

Angka ini terbilang tinggi sehingga membuat buah mangga dipercaya kaya akan manfaat bagi kesehatan. Kalium pada buah mangga akan membuat irama denyut pada jantung lebih teratur.

Selain itu, mengonsumsi buah mangga dengan kandungan kalium akan membuat pembuluh darah tidak kaku serta dampak buruk natrium dapat berkurang. Hal tersebut secara tidak langsung akan menghambat risiko tubuh terkena serangan stroke.

3. Beta-Karoten

Beta-Karoten

Image Credit: Tempo.co

Beta-karoten adalah provitamin A yang terdapat pada buah berwarna jingga. Kandungan ini memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Tubuh akan memproduksi vitamin A dengan bantuan beta-karoten. Fungsinya bagi tubuh sangat baik, yaitu untuk menjaga kesehatan kulit, mata, serta tulang Anda.

BACA:  10 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Beta-karoten ini merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat menangkal serangan radikal bebas penyebab penyakit kanker. Beta-karoten bertugas menetralkan radikal bebas sehingga kehadirannya tidak berbahaya bagi tubuh.

Kandungan beta-karoten pada 100 gram buah mangga mencapai 8,23 mg. Angka ini merupakan jumlah antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat menjaga tubuh dari penyakit yang berbahaya

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

1. Mengatasi Anemia

Dapat Mengatasi Anemia

Image Credit: Liputan6.com

Apabila Anda merasa cepat lelah, kulit pucat, susah konsentrasi, dan sakit kepala berlebih, mungkin saja menderita anemia. Tak salah jika Anda segera berkonsultasi pada dokter apabila menemui kondisi tersebut.

Anemia merupakan suatu keadaan dimana sel darah merah pada tubuh sangat sedikit serta hemoglobin pada sel darah merah tidak dalam jumlah yang cukup. Mangga memiliki kandungan zat besi yang berfungsi sebagai pencegah penyakit anemia.

Zat besi akan bekerja meningkatkan sel darah merah pada tubuh. Kandungan ini sangat penting sebab berhubungan dengan fungsi dan struktur sel darah merah. Zat besi pada mangga menjadi salah satu komponen penting dalam pembuatan sel darah merah dan kadar hemoglobin.

2. Menjaga Usus Tetap Sehat

Usus

Image Credit: Tirto.id

Pada mangga dengan ukuran yang sedang mengandung serat prebiotik yang mampu memenuhi kebutuhan serat harian Anda. Serat ini bertugas untuk memberi makanan bakteri baik pada usus Anda. Apabila terdapat masalah pada usus Anda, makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak akan diserap dengan baik.

Sehingga, jika hal ini terus dibiarkan akan berakibat merusak kesehatan usus serta organ-organ yang lainnya. Buah mangga memiliki sebuah enzim yang dapat memecah karbohidrat dengan baik agar dapat diserap tubuh, yaitu enzim emilase.

Enzim emilase sangat baik untuk sistem pencernaan manusia. Namun, pada saat memakan buah mangga yang matang pastikan untuk mengunyahnya dengan baik. Hal ini berguna untuk membantu enzim emilase bekerja lebih baik dan aktif.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan Mata

Image Credit: Elenaangel.com

Buah mangga juga dikenal sangat baik untuk kesehatan mata. Buah mangga memiliki kandungan vitamin A yang bermanfaat menjaga mata. Sifat antioksidannya dapat mencegah mata dari penglihatan yang kabur dan degenerasi makula sebab bertambahnya usia. Maka dari itu, vitamin A pada mangga merupakan kandungan yang penting bagi mata Anda.

Adanya vitamin A pada buah mangga akan membantu Anda dalam menjaga metabolisme sel pada retina. Vitamin A juga dapat menangkal radikal bebas yang masuk agar tidak merusak retina mata. Kandungan yang ada pada buah mangga ini dapat mencegah Anda dari penyakit katarak. Konsumsilah buah mangga untuk kebutuhan vitamin A tubuh Anda.

BACA:  21 Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan & Ibu Hamil

4. Menjaga Sistem Pencernaan

Menyembuhkan Penyakit Sistem Pencernaan

Image Credit: Alodokter.com

Sistem pencernaan pada tubuh merupakan organ yang cukup penting dan perlu untuk selalu dijaga kesehatannya. Ternyata, buah mangga dapat membantu sistem pencernaan Anda tetap terjaga.

Adanya enzim yang mampu memecah karbohidrat serta protein dengan baik pada buah mangga ini sangat membantu dalam melancarkan kerja pencernaan Anda. Terdapat pula serat yang akan mengoptimalkan kinerja sistem pencernaan Anda.

Buah mangga mengandung serat yang akan menurunkan risiko Anda terserang penyakit diabetes tipe 2 dan serangan jantung. Tak hanya yang matang, buah mangga yang masih belum masak memiliki serat pektin yang berfungsi menurunkan kolesterol Anda. Konsumsilah buah mangga untuk membantu kerja sistem pencernaan Anda.

5. Menjaga Kulit Tubuh

Kulit Tubuh

Image Credit: Chinatimes.com

Kulit merupakan bagan terluar dari tubuh yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Anda dapat menjaga kesehatan kulit Anda dengan mengonsumsi buah mangga. Mangga mengandung vitamin E dan C yang berperan menjaga kulit tetap sehat dan cerah. Berbagai masalah kulit dapat Anda atasi dengan mengonsumsi buah mangga dengan cukup.

Buah mangga akan menghindarkan kulit Anda dari jerawat, komedo, dan keriput. Apabila kulit Anda terbakar sinar matahari, buah mangga akan membantu kulit Anda untuk segera pulih.

Jika kulit Anda sensitif, gunakan buah mangga sebagai masker untuk membuat kulit tetap sehat. Selain Anda akan lebih cantik dan bersih, kesehatan kulit juga akan tetap terjaga dengan mengonsumsi buah mangga.

6. Mencegah Penyakit Kanker

Mencegah Tumor dan Kanker

Image Credit: Chirpstory.com

Kanker merupakan penyakit yang terkenal sebagai salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Lebih dari 80% orang yang terkena penyakit kanker sulit untuk disembuhkan. Penyakit ini juga tidak memiliki gejala yang terlihat sejak dini. Perkembangannya pada tubuh yang sangat pesat membuat Anda harus lebih berhati-hati dan menjaga kesehatan tubuh Anda sejak dini.

Untuk menjaga tubuh Anda agar tidak terserang oleh penyakit berbahaya ini, konsumsilah banyak vitamin A, E, dan C. Vitamin-vitamin tersebut ternyata ada pada buah mangga. Sehingga, buah mangga sangat cocok untuk mencegah penyakit kanker menyerang Anda.

Selain itu, buah mangga juga dikenal kaya akan beta-karoten dan polifenol. Beta-karoten akan menjaga Anda dari serangan kanker usus besar dan prostat. Sedangkan, polifenol secara efektif akan mencegah tubuh Anda dari penyakit kanker payudara.

7. Menyembuhkan Asma

Asma

Image Credit: Cnnindonesia.com

Siapa sangka bahwa penyakit asma mampu disembuhkan dengan mengonsumsi buah mangga secara cukup. Kandungan beta-karoten serta zat aktif lainnya efektif mampu menyembuhkan asma. Beta-karoten pada mangga mampu menjaga saluran pernafasan Anda dari peradangan. Kandungan ini dikenal mampu mencegah kerusakan sel yang diakibatkan oleh inflamasi.

BACA:  15 Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan yang Sudah Terbukti

Seseorang yang terkena serangan asma, saluran pernafasannya akan mengalami peradangan atau biasa disebut inflamasi. Buah mangga bisa mempercepat redanya inflamasi serta mengurangi dampak buruk dari penyakit asma. Selain olahraga, mengonsumsi buah mangga juga dapat mencegah gejala asma untuk timbul. Konsumsilah buah mangga agar sistem pernafasan dapat bekerja dengan baik.

8. Mengatasi dan Mencegah Obesitas

Obesitas

Image Credit: Hellosehat.com

Kegemukan atau biasa disebut dengan obesitas merupakan kondisi dimana seseorang memiliki kadar lemak yang sangat berlebihan di tubuhnya. Kondisi ini jika dibiarkan maka tubuh akan menjadi sarang penyakit dan hal ini sangat berbahaya. Seseorang yang obesitas akan sangat rentan terserang penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Buah mangga memiliki manfaat untuk mencegah obesitas. Serat yang tinggi pada buah ini akan melancarkan sistem pencernaan Anda. Serat ini juga bagus untuk menurunkan kalori tubuh.

Bahan bioaktif pada mangga berguna menghilangkan beberapa masalah pencernaan, seperti susah buang air besar. Apabila fungsi sistem pencernaan sudah baik, maka dapat mencegah bahkan mengatasi kondisi obesitas seseorang.

9. Meredakan Asam Lambung

Asam Lambung

Image Credit: Kompas.com

Buah yang memiliki rasa manis dan segar ini ternyata juga mampu mengatasi masalah asam lambung. Buah mangga ini memiliki enzim terpene, ester, dan aldehida yang berperan meningkatkan napsu makan serta melancarkan pencernaan. Enzim tersebut yang nantinya dapat meredakan asam lambung Anda.

Bagi penderita asam lambung, mengonsumsi buah mangga baik untuk melindungi serta menjaga lapisan perut. Buah mangga yang matang memiliki antiinflamasi dan antioksidan yang baik bagi penderita asam lambung.

Tetapi yang perlu diperhatikan, pilihlah mangga dengan tingkat keasaman yang rendah, seperti mangga matang. Jangan memakan mangga muda, sebab mangga yang belum matang justru akan membuat asam lambung menjadi lebih parah.

10. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mencegah Kolesterol Tinggi

Image Credit: Merdeka.com

Kadar kolesterol yang tinggi serta menumpuk pada pembuluh darah seseorang akan mengganggu kinerja aliran darah. Kondisi ini bahkan akan lebih parah nantinya karena penderita tidak sadar bahwa memiliki kolesterol yang tinggi.

Apabila kondisi ini dibiarkan lambat laun akan meningkatkan risiko tubuh terkena penyakit stroke dan jantung. Sehingga, sudah semestinya Anda mencegah tingginya kadar kolesterol pada tubuh Anda.

Pada buah mangga terdapat serat yang tinggi serta vitamin C yang berfungsi sebagai pengontrol kadar kolesterol. Kedua kandungan tersebut dapat menurunkan dan menghilangkan kolesterol jahat pada tubuh Anda. Tak hanya itu, ada pula kandungan kalium yang akan membuat cairan tubuh menjadi seimbang, sehingga detak jantung serta tekanan darah lebih terkontrol.

Nah, itulah penjelasan yang lengkap terkait manfaat buah mangga. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa tak hanya terkenal dengan rasanya yang lezat dan segar, buah mangga ternyata memiliki banyak sekali kegunaan serta manfaat bagi kesehatan. Buah mangga ini juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh asal dikonsumsi secara benar.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba