15 Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan yang Sudah Terbukti

15 Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan yang Sudah Terbukti

Buah melon merupakan salah satu jenis buah yang masuk dalam jenis labu-labuan atau yang biasa disebut cucurbitaceae. Buah satu ini menjadi buah yang cukup favorit bagi sebagian orang. Banyak dikonsumsi untuk salad, es buah, jus, rujak dan masih banyak lagi.

Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, buah melon memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dan bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin A,B,C dan K, Kalsium, antioksidan dan lain sebagainya.

Sangat disarankan untuk mengonsumsi buah melon secara rutin. Sebab dapat bermanfaat untuk pencegahan diabetes, meningkatkan imunitas tubuh, menjaga kesehatan kulit bahkan rambut. Untuk lebih jelasnya berikut akan diulas mengenai kandungan nutrisi serta manfaat dari buah melon.

Kandungan Nutrisi yang Dimiliki Buah Melon

1. Antioksidan

Sumber & Manfaat Antioksidan Bagi Kesehatan

Image Credit: Kompas.com

Kandungan antioksidan dalam Buah Melon dihasilkan dari tingginya kadar vitamin C pada buah melon. Antioksidan yang dihasilkan mampu mengikat penyakit yang akan menyerang tubuh manusia. kandungan ini juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia sehingga menghindarkannya dari resiko infeksi dan peradangan.

2. Vitamin B6

Vitamin B6

Image Credit: Howtocure.com

Vitamin B6 pada buah melon berfungsi untuk meningkatkan produksi enzim yang berguna untuk metabolism tubuh serta mampu mengubah kandungan homosistein menjadi senyawa asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Kalium

12 Makanan Sehat Yang Mengandung Kalium Tinggi

Image Credit: Grid.id

Salah satu kandungan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. kalium berfungsi untuk mengatur detak jantung agar lebih teratur. Serta dapat membantu melancarkan aliran darah pada tubuh. Buah melon memiliki kandungan kalium sebanyak 100 gram. Jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalium Anda.

Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

1. Menigkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Image Credit: Wowkeren.com

Buah dengan rasa manis yang banyak digemari oleh banyak orang ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Salah satunya yaitu kandungan Vitamin C yang tinggi yang dimiliki oleh buah ini.

Kandungan Vitamin C yang sangat tinggi ini mampu menghasilkan zat yang bersifat antioksidan. Antioksidan ini bekerja untuk meningkatkan daya tubuh manusia. Sehingga akan membantu tubuh dalam memerangi segala penyakit yang akan membahayakan.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Menyembuhkan Penyakit Sistem Pencernaan

Image Credit: Alodokter.com

Pernahkah Anda merasakan rasa segar setelah memakan buah melon? Ya rasa segar tercipta karena melon merupakan buah dengan kandungan air yang cukup besar. Sebagian besar buah-buahan yang memiliki kandungan air yang besar memiliki kandungan serat didalamnya.

Melon memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi akan membantu kinerja usus besar dalam membuang kotoran-kotoran yang berbahaya bagi tubuh melalui feses.

Sangat disarankan untuk mengonsumsi buah ini secara rutin untuk menyehatkan pencernaan Anda. Karena pencernaan yang tidak lancar akan mengakibatkan banyak toksin yang mengendap di tubuh dan dapat membahayakan tubuh.

BACA:  10 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

3. Sebagai Cairan untuk Membantu Hidrasi

Dehidrasi

Image Credit: Halodoc.com

Bagi Anda yang sering berolah raga atau memiliki aktivitas yang menguras energi, buah yang satu ini sangat cocok untuk menggantikan cairan Anda yang terkuras akibat aktivitas tersebut.

Buah ini memiliki 90% kandungan air dan 10% nya merupakan kandungan elektrolit, seperti kandungan potassium, sodium, kalsium dan magnesium. Kandungan tersebut sangat baik untuk dikonsumsi setelah beraktivitas untuk menggantikan cairan elektrolit Anda yang telah hilang.

Sangat cocok pula untuk dikonsumsi setelah berolahraga, karena selain digunakan sebagai energi, buah ini juga dapat membuat Anda tetap terhidrasi untuk waktu yang lama. Serta mampu memberikan kesegaran setelah berolahraga.

4. Menstabilkan Tekanan Darah

Menurunkan Tekanan Darah

Image Credit: Dream.co.id

Buah melon memiliki kandungan kalium yang dapat bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah dan menjaga agar aliran darah dalam tubuh tetap lancar. Kondisi tubuh akan memburuk apabila kekurangan kalium. Seperti aliran darah tidak lancar dan membuat detak jantung tidak teratur.

Tahukah Anda, tekanan darah yang tidak stabil seperti terlalu tinggi ataupun terlalu rendah sangatlah berbahaya bagi tubuh. Berbagai penyakit dapat menyerang ketika tekanan darah terlalu tinggi seperti serangan jantung ataupun stroke. Sedangkan tekanan darah terlalu rendah dapat memicu penyakit anemia.

5. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Ibu Hamil

Image Credit: Listerine.co.id

Masa kehamilan merupakan masa dimana seorang ibu membutuhkan asupan nutrisi yang harus lebih banyak dari biasanya. Selama kehamilan biasanya ibu hamil menjadi lemah dan mudah mengalami kelelahan. Hal ini perlu menjadi perhatian untuk menjaga asupan nutrisi. Karena kondisi tubuh yang lemah cenderung akan menurunkan imunitas sang ibu.

Kondisi menurunnya imunitas ini merupakan suatu hal yang beresiko untuk ibu hamil dan mudah terkena penyakit. namun, hal ini dapat diantisipasi dengan mengonsumsi buah melon.

Buah melon memiliki kandungan vitamin C yang cukuo tinggi, sehingga ibu hamil yang mengonsumsi buah ini dapat terjaga dari segala resiko penyakit, karena vitamin C mampu meningkatkan sistem imunitas khususnya bagi ibu hamil. Dengan begitu ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya.

6. Menyehatkan Mata

Kesehatan Mata

Image Credit: Elenaangel.com

Buah yang biasa digunakan dalam isian es buah ini ternyata memiliki manfaat yang tak kalah baiknya untuk kesehatan mata. Buah melon memiliki 2 kandungan antioksidan yang terdiri atas lutein dan zeaxanthin. Kandungan tersebut sangat baik untuk mencegah beberapa gangguan mata yang berbahaya.

Seperti gangguan mata rabun. Gangguan mata rabun kini tidak hanya menyerang orang lanjut usia, namun gangguan mata rabun usia dini juga kerap terjadi pada orang muda. Untuk itu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah melon secara rutin untuk merawat kesehatan mata.

BACA:  15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda

7. Menjaga Kesehatan Janin Selama di Kandungan

Pergerakan Janin

Image Credit: Hellosehat.com

Ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi buah melon secara rutin. Selain baik untuk sang ibu, ternyata buah yang satu ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan janin sebelum lahir.

Buah melon memiliki kandungan Vitamin B yang cukup tinggi yang berbentuk sintesis yang sering disebut dengan asam folat. Asam folat ini merupakan kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan ibu hamil di masa awal kehamilan.

Asam folat sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya cacat bawaan hamil yang dapat menyerang si janin. Beberapa cacat yang mungkin terjadi yakni seperti kelainan tabung saraf, kelainan tulang belakang hingga kelainan otak. Yang semua kelainan tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi buah melon.

8. Membuat Kulit Lebih Sehat

Kesehatan Kulit Wajah

Image Credit: Mokomoko.id

Tak hanya untuk beberapa organ penting di tubuh, ternyata buah yang satu ini juga sangat baik untuk kulit. Bagi Anda yang sangat suka merawat kulit, ada baiknya untuk merawat kulit dari dalam juga dengan mengonsumsi buah satu ini.

Buah melon memiliki kandungan vitamin C yang dapat mendorong produksi kolagen dalam kulit. kolagen merupakan nutrisi yang sangat penting dan bermanfaat untuk kesehatan kulit Anda. Kolagen berguna untuk meremajakan kulit, melembutkan kulit dan juga mencerahkan kulit serta kolagen sangat berperan untuk regenerasi kulit .

Dengan mengonsumsi buah melon secara rutin, ini juga berarti bahwa Anda telah memenuhi sekitar 53 % kebutuhan vitamin C per hari Anda.

9. Cocok untuk yang Sedang Diet

Diet

Image Credit: Justdial.com

Menjaga asupan nutrisi merupakan hal yang sangat penting ketika Anda sedang menjalani program diet. Salah satu buah yang direkomendasikan baik untuk dikonsumsi pada saat diet adalah buah melon.

Melon memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Yang mana kandungan ini baik untuk melancarkan pencernaan Anda agar tidak terjadi penumpukan lemak dan juga sembelit serta menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

Selain itu, melon memiliki kadar kalori yang cukup rendah. Dengan begitu buah yang satu ini dapat Anda pertimbangkan untuk membantu program diet Anda.

10. Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal

Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Image Credit: Tribunnews.com

Tahukah Anda bahwa tingkat kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh dapat memicu timbulnya penyakit diabetes. Salah satu penyakit yang menjadi momok bagi sebagian orang karena tingkat kematiannya yang cukup tinggi.

Nah, buah melon merupakan salah satu buah dengan kandungan nutrisi yang mampu mencegah Anda dari penyakit diabetes dengan mengontrol gula darah agar tetap normal. Dan melon terbukti mampu menghindarkan Anda dari peluang terkena diabetes sebanyak 12%.

BACA:  5 Manfaat Sayur Rebung Untuk Kesehatan

Meskipun, kandungan karbohidrat dalam buah melon mampu menaikkan gula darah, namun kandungan serat dalam buah melon mampu menjaga kadar gula darah Anda tetap di angka normal.

11. Menyehatkan Tulang

Memperkuat Tulang

Image Credit: Merdeka.com

Buah melon mengandung vitamin K yang cukup baik dengan tambahan nutrisi lain yaitu folat dan magnesium. Semua kandungan ini terbukti sangat baik untuk menyehatkan tulang dan menjaganya tetap kuat.

Vitamin K pada melon mampu meningkatkan osteoklasin yaitu protein dalam tulang. Penyakit berbahaya dapat menyerang tubuh Anda bila kandungan osteoklasih berkurang, yaitu penyakit tulang osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Penyakit ini biasanya menyerang orang lansia. Dan sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi melon secara rutin untuk melakukan pencegahan gangguan tulang sejak dini.

12. Mengurangi Stress

Stress

Image Credit: Hardrockfm.com

Apakah Anda kerap kali mengalami stress? Entah karena pekerjaan, lingkungan, keluarga bahkan hal-hal lainnya yang dapat menyebabkan Anda stress. Stress berkepanjangan memiliki dampak yang sangat buruk bagi diri Anda.

Buah melon merupakan salah satu penawar dari stress yang Anda alami. Mengonsumsi melon dapat mengurasi stress yang terjadi karena melon memiliki kandungan nutrisi yang kaya akan potassium.

Potassium terbukti dapat menormalkan irama detak jantung, yang dapat membantu meningkatkan suplai oksigen ke otak Anda sehingga mampu merilekskan diri Anda. Kandungan superoksida dismutase juga mampyu menurutkan tekanan darah Anda dan menenangkan saraf.

13. Mengobati Insomnia

Mengatasi Insomnia atau Gangguan Tidur

Image Credit: Duniakaryawan.com

Sering mengalami gangguan tidur insomnia? Sangat direkomendasikan bagi Anda untuk mulai rutin mengonsumsi buah yang yang satu ini. buah melon memiliki kandungan nutrisi yang mampu menghasilkan senyawa uniquecompound yang sangat baik untuk menenangkan syaraf dan mengurangi kecemasan.

Sehingga insomnia dapat segera diatasi karena saraf pada tubuh telah menjadi lebih rileks dan tenang. Katakan tidak pada insomnia dengan mengonsumsi buah melon ini.

14. Meringankan Nyeri Haid

Memperlancar Haid

Image Credit: Halodoc.com

Bagi sebagian wanita tentu sangat menderita ketika haid datang dan mengalami nyeri atau keram perut. Namun, hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi buah melon,

Buah melon akan membantu mengatasi nyeri pada saat haid dengan mengurangi pembekuan darah pada dinding Rahim dan melancarkan alirannya. Vitamin C yang dimiliki buah melon mampu mengatur aliran menstruasi serta membantu untuk menginduksi menstruasi, sehingga Anda dapat mengurangi nyeri yang terasa.

15. Mengatasi Rambut Rontok

Rambut Rontok

Image Credit: Merdeka.com

Manfaat buah melon yang tak kalah pentingnya yaitu manfaat untuk mengatasi kerontokan. Bagi sebagian orang, kerontokan merupakan masalah yang cukup menyebalkan karena rambut akan berjatuhan dimana-mana. Tapi tenang, karena gangguan pada rambut ini dapat diatasi dengan buah melon.

Melon memiliki kandungan Vitamin B yang dapat menghasilkan senyawa Inositol. Kandungan yang dapat bermanfaat untuk memerangi rambut rontok dengan merangsang pertumbuhan rambut.

Itulah 15 manfaat buah melon bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Buah dengan kandungan yang kaya akan nutrisi ini sangat berguna untuk kesehatan Anda. Mulailah untuk mengonsumsi buah melon secara rutin untuk terhindar dari berbagai penyakit.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
15 Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan yang Sudah Terbukti
15 Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan yang Sudah Terbukti
10 Manfaat Anggur Merah yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Anggur Merah yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba