10 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

10 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Tidak hanya namanya saja yang terdengar unik, buah naga juga memiliki bentuk dan tampilan yang cukup istimewa. Di dalamnya terdapat kandungan berbagai nutrisi yang sangat kaya akan manfaat, tentunya bagi kesehatan tubuh. Hanya dengan mengonsumsi satu buah saja, akan ada banyak manfaat yang bisa diperoleh.

Ciri khas yang nampak pada buahnya adalah memiliki sisik. Cara pertumbuhannya adalah dengan merambat karena akar yang dimiliki sangat kuat. Rata-rata tinggi pohonnya sekitar 30 meter dengan bentuk bunga yang sangat cantik. Namun perlu berhati-hati saat mendekati pohonnya karena terdapat duri walaupun tipis.

Buah dengan nama ilmiah Hylocereus undatus memiliki rasa yang cukup unik. Tidak hanya manis, buah ini bahkan memiliki rasa yang sedikit asam dengan ekstrak biji yang begitu lembut. Banyak orang yang menyukai buah satu ini sehingga tidak heran apabila banyak yang membudidayakannya. Cara membudidayakannya juga cukup mudah dan hasilnya bisa memperoleh banyak keuntungan.

Kandungan Nutrisi Pada Buah Naga

1. Vitamin A, B, C dan E

Vitamin E

Image Credit: Alodokter.com

Sama seperti buah lainnya, buah naga juga kaya akan kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan nutrisi yang pertama adalah Vitamin A, B, C dan E. Masing-masing dari vitamin tersebut memiliki perannya tersendiri.

Vitamin A memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan mata, meningkatkan sistem imun tubuh, dan membantu menjaga tubuh dari adanya penyakit menular. Hal ini juga sangat membantu apabila sedang dalam kondisi cuaca yang buruk.

Lalu, adanya vitamin B mampu melancarkan proses metabolisme tubuh, melancarkan pencernaan, dan mengisi energi agar dapat beraktivitas dengan lancar. Sedangkan untuk vitamin C dan E memiliki khasiat untuk meningkatkan proses kerja jantung, menjaga keremajaan kulit, dan mencegah timbulnya penuaan dini.

2. Magnesium

Magnesium

Image Credit: Reviewthis.com

Kandungan nutrisi selanjutnya adalah magnesium. Secara umum magnesium adalah vitamin yang lebih dikenal untuk membantu proses peningkatan kepadatan tulang. Meski hal tersebut memang benar, faktanya masih ada banyak khasiat yang dapat diperoleh dari kandungan buah satu ini. Terlebih, tidak semua buah mengandung magnesium dalam jumlah banyak.

Beberapa manfaat lain tersebut adalah mengatur suhu tubuh, menangkal migrain, memproduksi energi yang kemudian dapat digunakan untuk beraktivitas setiap hari. Selain itu vitamin ini juga mampu melakukan detoksifikasi atau mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh dan menurunkan resiko penyakit jantung koroner.

3. Kalsium

Kalsium

Image Credit: Detik.com

Kandungan mineral lainnya yang tak kalah penting dari dalam buah naga adalah kalsium. Tak hanya berperan penting pada pertumbuhan otot saja kalsium memiliki peran penting lainnya. Beberapa peran penting tersebut adalah meningkatkan impuls saraf, menjaga kesehatan jantung, dan membantu pembentukan gigi.

Nah, di dalam kandungan buah naga sendiri terdapat kalsium yang sangat melimpah. Bahkan hanya dengan memakannya 1 buah saja, tubuh bisa mendapatkan kandungan kalsium dan juga mineral yang cukup maksimal. Hal ini terbukti lewat tekstur buah naga yang terbilang cukup berair dan sangat segar ketika dimakan.

BACA:  15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan

4. Antioksidan

Sumber & Manfaat Antioksidan Bagi Kesehatan

Image Credit: Kompas.com

Radikal bebas merupakan salah satu komponen yang selalu berusaha dikeluarkan oleh tubuh karena mampu mengancam kesehatan. Keberadaan radikal bebas bisa datang dari mana saja entah itu dari makanan ataupun udara yang dihirup. Untuk mengatasinya tubuh membutuhkan antioksidan yang ada di dalam buah naga.

Jangan mengonsumsinya setidaknya 1 buah dalam satu hari artinya Setiap orang mampu menangkal penyakit yang kemungkinan bisa menjangkit tubuh. Selain itu antioksidan juga berfungsi untuk meningkatkan sistem imun, memberikan banyak energi, dan yang tak kalah penting adalah mengembalikan sel-sel yang rusak dan memperbaikinya.

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Image Credit: Liputan6.com

Lewat kandungan nutrisinya yang begitu kaya, menjadikan buah naga memiliki banyak manfaat. Baik dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi jus, buah ini akan tetap memiliki rasa yang nikmat. Anda bisa mengonsumsi setidaknya semiggu beberapa kali agar manfaatnya terasa di tubuh. Nah, langsung saja, berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh lewat buah naga.

1. Menurunkan Berat Badan Secara Sehat

Berat Badan Naik Secara Drastis

Image Credit: Hellosehat.com

Saat ini banyak orang yang terobsesi untuk memiliki tubuh yang ideal. Sayangnya, langkah yang ditempuh terkadang justru membahayakan diri sendiri. Berbagai diet ketat ditempuh, bahkan hingga mengorbankan diri sendiri untuk tidak makan, padahal diet seperti itu merupakan cara yang salah. Alhasil tubuh justru sering merasakan lemas tak terhingga.

Kandungan serat yang ada di dalamnya membantu perut menjadi lekas kenyang. Serat sendiri merupakan salah satu kandungan yang mampu memberikan asupan zat besi dalam tubuh. Membuat perut lebih cepat kenyang dengan sedikit kalori. Untuk itu, menjadikan buah naga sebagai camilan diet adalah salah satu langkah yang tepat dilakukan.

2. Membantu Detoksifikasi

Membantu Detoksifikasi

Image Credit: Blog.tribunjualbeli.com

Akibat seringnya mengonsumsi makanan yang kurang sehat dan pola hidup yang tidak teratur menjadikan tubuh menyimpan banyak zat tak dibutuhkan. Berbagai zat yang tidak memiliki peran tersebut, hanya akan menghambat proses kerja metabolisme tubuh dan mengakibatkannya cepat lelah. Di sinilah proses detoksifiksi diperlukan.

Proses detoksifikasi merupakan langkah yang biasa ditempuh tubuh untuk menghilangkan zat-zat tidak berguna di dalamnya atau biasa disebut sebagai racun. Lewat kandungan nutrisi antioksidan yang ada di dalam kandungan buah naga akan membantu melancarkan proses detoksifikasi. Untuk itu, konsumsi buah naga setiap harinya sangat bagus untuk proses ini.

BACA:  15 Manfaat Buah Semangka Jika Rutin Dikonsumsi

3. Mencegah Resiko Kanker

Mencegah Tumor dan Kanker

Image Credit: Chirpstory.com

Sebagai buah yang kaya akan kandungan nutrisi, buah naga juga mampu menangkal resiko kanker yang mungkin akan muncul. Hal ini berkat kandungan Lycopene dan juga mineral yang apabila dikonsumsi secara rutin bisa menghilangkan resiko kanker prostat. Caranya adalah dengan mengonsumsi satu buah setiap harinya.

Selain itu, adanya biji yang berwarna hitam yang terlihat pada bagian dagingnya membuat buah satu ini mengandung banyak omega 3 dan 6. Manfaat dari kandungan tersebut adalah untuk mengatasi keluhan terkait kardiovaskuler yang dapat menumbuhkan resiko kanker ataupun memunculkan penyakit jantung yang mematikan.

4. Menjaga Keremajaan Kulit

Menjaga Keremajaan Kulit

Image Credit: Bizfishingame.biz

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit sehat dan selalu tampak awet muda? Sepertinya, hampir semua orang menyukai kulit yang tampak sehat dan mulus. Hanya dengan menggunakan produk kecantikan wajah saja sebenarnya tidak cukup, perlu diimbangi dengan cara alami, seperti mengonsumsi buah naga secara rutin.

Di dalam buah naga, terdapat kandungan nutrisi berupa vitamin D yang sudah terkenal sangat bagus untuk kulit. Masalah-masalah semacam jerawat, pori-pori membesar, hingga penuan dini bisa diatasi dengan baik oleh buah satu ini. Asalkan sebelum memakannya, pastikan buah sudah dicuci secara menyeluruh hingga benar-benar bersih.

5. Mengatasi Penyakit Batuk

Mengatasi Penyakit Batuk

Image Credit: Halodoc.com

Salah satu penyakit yang sering muncul dan keberadaannya mengganggu adalah batuk. Penyakit ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti cuaca dan makanan yang dikonsumsi. Biasanya, obat yang dibeli tidak benar-benar mampu mengatasi batuk secara keseluruhan sehingga membutuhkan alternatif lainnya, seperti misalnya memakan buah naga.

Mungkin belum banyak yang mengetahui tetapi kandungan omega 3 dan 6 juga mampu membersihkan bakteri yang mengganggu tenggorokan. Batuk sendiri pada dasarnya disebabkan oleh bakteri atau kuman yang menggerogoti tenggorokan. Oleh karena itu, dengan seluruh kandungan yang terdapat pada buah ini akan membantu meredakannya.

6. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Image Credit: Tribunnews.com

Konsumsi gula setiap harinya memang wajib dilakukan, tetapi apabila terlalu berlebihan justru akan membahayakan. Menghindari makanan yang terlalu manis adalah salah satu kuncinya, tetapi terkadang banyak orang yang tidak bisa melakukannya. Lalu, apa cara sederhana yang bisa dilakukan? Salah satu cara sederhananya adalah dengan mengonsumsi buah naga.

Di dalam kandungan buah naga sudah terdapat pemanis alami, serat, dan mineral yang banyak sehingga mampu menggantikan zat gula dalam tubuh. Hal ini juga lebih sehat dibandingkan mengonsumsi pemanis buatan. Cukup konsumsi setidaknya 2-3 buah naga setiap minggunya, maka kadar gula darah di dalam tubuh bisa terkontrol dengan cukup baik.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Image Credit: Wowkeren.com

Aktivitas setiap hari yang cukup padat, menjadikan tubuh menjadi mudah lelah. Cara termudah mengembalikan pasokan energi di dalam tubuh adalah dengan memilah makanan yang bergizi untuk dikonsumsi. Buah naga bisa menjadi salah satu alternatif yang tepat karena di dalamnya terdapat banyak kandungan vitamin untuk meningkatkan daya tahan.

BACA:  Inilah Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan & Kecantikan

Kandungan yang paling berperan dalam hal ini adalah vitamin C dan zat besi. Vitamin C mampu mencegah tubuh terserang penyakit yang rawan terjadi seperti flu dan batuk, sedangkan zat besi mampu membentuk energi yang bisa meningkatkan imun tubuh. Hanya dengan mengonsumsi satu butir buah naga, maka seluruh manfaat tersebut bisa dinikmati.

8. Melancarkan Proses Biokimia

Melancarkan Proses Biokimia

Image Credit: Dictio.id

Proses biokimia adalah proses perubahan nutrisi menjadi bentuk energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh makanan yang di dalamnya terkandung magnesium. Buah naga adalah salah satu pilihan buah yang memiliki banyak sekali kandungan magnesium. Kandungan tersebut cukup jarang dimiliki oleh buah lainnya.

Bayangkan saja, dalam satu buah naga terdapat kandungan magnesium sekitar 100 gr dan jumlah tersebut sudah mencukupi untuk proses biokimia. Sebenarnya, proses biokimia ini juga bisa dilakukan oleh makanan yang memiliki kandungan zat besi tinggi, tetapi dengan adanya magnesium akan lebih bagus.

9. Menangkal Radikal Bebas dalam Tubuh

Menangkal Radikal Bebas dalam Tubuh

Image Credit: Supersmart.com

Beta karoten merupakan senyawa yang biasanya memberikan warna pada buah, seperti kuning atau oranye. Nutrisi hampir mirip seperti antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, kandungannya juga kaya akan fungsi lainnya seperti merawat kesehatan mata, menjaga keremajaan kulit, dan menjadikan tubuh lebih sehat.

Selain menghasilkan beberapa warna yang menjadikan buah tampak lebih menarik, beta karoten yang terkandung di dalam buah ini membuatnya terasa asam yang unik. Warnanya cukup lengket di tangan sehingga jika tidak ingin repot sebaiknya konsumsi dalam bentuk jus. Namun, buah ini juga cukup segar jika dijadikan sup buah ataupun minuman lainnya.

10. Menjaga Pencernaan dan Melancarkannya

Menyembuhkan Penyakit Sistem Pencernaan

Image Credit: Alodokter.com

Buah naga juga memiliki kandungan fosfor yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Pada dasarnya fosfor merupakan jenis kandungan nutrisi yang jarang ditemukan di dalam buah, maka buah naga termasuk salah satu yang istimewa sehingga sangat sayang apabila dilewatkan begitu saja.

Fungsi dari kandungan nutrisi tersebut adalah menjaga pencernaan tubuh dan membuatnya selalu lancar sepanjang hari. Masalah pencernaan menjadi salah satu hal yang banyak dikeluhkan oleh orang terlebih keberadaannya juga sangat mengganggu. Kandungan fosfor mampu membuang zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dan mengelolanya kembali.

Itulah beberapa kandungan nutrisi beserta manfaat yang terdapat di dalam buah naga bagi kesehatan. Diantara beberapa kandungan nutrisi tersebut, beberapa tidak bisa ditemukan pada buah lainnya. Untuk itu, dengan mengonsumsi buah naga rutin setiap hari akan membantu tubuh terhindar dari serangan penyakit dan membuatnya selalu sehat. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba