10 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

10 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Sebagai penduduk yang tinggal di negara tropis pasti Anda sudah tak asing dengan buah nanas. Konon sebutan nanas berasal dari istilah yang digunakan oleh bangsa Tubi, yang berarti buah penuh kebaikan. Karena Indonesia memiliki iklim yang pas untuk pertumbuhannya, maka buah ini pun dapat tumbuh dengan subur dan mudah dijumpai.

Meski memiliki penampilan yang dipenuhi dengan duri, namun buah yang dimiliki oleh nanas ternyata banyak diminati. Tak hanya untuk konsumsi dalam negri, karena memiliki rasa yang unik nanas pun kerap diekspor ke berbagai negara non tropis akibat permintaan yang tergolong tinggi.

Nanas selain dikenal karena rasanya yang unik juga terkenal akan kandungan nutrisi yang dimilikinya. Buah tropis ini memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh. Maka tak heran jika nanas disebut sebagai buah yang kaya akan manfaat. Ketahui kandungan nutrisi dan manfaat yang dimilikinya dalam pembahasan berikut ini.

Kandungan Nutrisi Pada Buah Nanas

1. Karbohidrat

Karbohidrat

Image Credit: Sfidn.com

Satu buah nanas memiliki sekitar 13g kandungan karbohidrat. Kandungan karbohidrat dari buah nanas di dapatkan dari gula dan serat pangan yang ada dalam dagingnya.

Selain memiliki sifat yang mengenyangkan karbohidrat sendiri memiliki peran yang penting sebagai penyedia energi bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi buah ini, maka kebutuhan energi harian Anda dapat tersuplai dengan baik.

2. Vitamin A,B,C

Image Credit: Skinpeutics.com

Dibalik rasanya yang enak dan menyegarkan, buah nanas juga memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap, yang pertama yaitu Vitamin A. Kandungan vitamin A pada nanas adalah sebesar 58 IU.

Buah nanas juga memiliki kandungan vitamin B6 yang amat dibutuhkan oleh tubuh. Dalam satu buah nanas biasanya terdapat 0,1 mg vitamin B6. Kemudian yang terakhir, adalah kandungan vitamin C yang bagus untuk menjaga daya tahan tubuh. Nanas memiliki jumlah vitamin C yang tergolong besar, yaitu sekitar 47,8 mg.

3. Magnesium

Magnesium

Image Credit: Reviewthis.com

Nanas tak hanya memiliki beragam kandungan vitamin, namun juga i mineral yang berguna bagi kesehatan.

Mineral yang dimilikinya misalnya seperti magnesium yang punya peran penting dalam mengontrol darah. Kandungan magnesium yang dimiliki oleh nanas yaitu sebesar 12mg.

4. Kalsium

Kalsium

Image Credit: Detik.com

Meski memiliki harga yang terjangkau namun buah ini punya beragam kandungan nutrisi yang cukup lengkap, misalnya seperti kandungan kalsium yang terdapat di dalamnya.

Seperti yang kita ketahui kalsium juga merupakan nutrisi yang amat dibutuhkan oleh tubuh. Anda dapat menggunakan nanas sebagai penambah kebutuhan kalsium harian Anda, kadar yang dimilikinya yaitu sebesar 13mg.

5. Kalium

12 Makanan Sehat Yang Mengandung Kalium Tinggi

Image Credit: Grid.id

Kandungan lainnya yang dapat ditemukan dalam buah ini yaitu kalium. Kalium sendiri memiliki fungsi sebagai elektrolit yang dapat membantu menyeimbangkan cairan tubuh.

BACA:  10 Manfaat Buah Zuriat untuk Kesuburan & Kesehatan Tubuh

Keberadaan kalium sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh. Apabila tubuh sampai kekurangan zat ini, maka tubuh akan rawan mengalami gangguan syaraf.

6. Air

Air Buah Nanas

Image Credit: Kompas.com

Sensasi segar yang ada dalam buah nanas tak lain adalah karena kandungan air di dalamnya. Meski terlihat keras, namun buah nanas yang sudah matang sempurna memiliki kandungan air hingga 85%.

Tak heran saat buah nanas diiris maka air yang ada dalam daging buah akan langsung merembes keluar. Kandungan air yang banyak ini tentunya sangat bermanfaat untuk menambah kadar cairan dalam tubuh Anda.

Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

1. Mencegah Penyakit Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Image Credit: Wowkeren.com

Penyakit jantung menduduki peringkat kematian tertinggi di dunia, bahkan jumlah penderitanya pun terus meningkat tiap tahunnya. Hal ini dikarenakan gaya hidup modern yang tidak sehat serta kurangnya mengkonsumsi makanan berserat seperti buah-buahan.

Kabar baiknya buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, dengan kata lain buah ini dapat menurunkan resiko terkena penyakit mematikan tersebut. Kemudian kandungan magnesiumnya juga berperan dalam mencegah pengentalan darah dan memperlancar peredarannya. Sehingga kinerja jantung dalam memompa darah tidak akan terlalu berat.

Oleh karena itu selain rajin berolahraga, buah nanas juga bisa menjadi pendamping Anda untuk menjalani hidup sehat. Terlebih lagi buah ini memiliki harga yang murah serta mudah dicari di pasaran.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Menghaluskan Kulit

Image Credit: Facetofeet.com

Mengkonsumsi nanas secara rutin juga dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan kulit. Buah ini mengandung banyak air. Ditambah lagi kandungan elektrolit yang dimilikinya sangat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi yang berujung pada kulit kering. Hasilnya kulit Anda akan tetap terjaga kelembapannya, dan terhindar dari keriput maupun garis halus.

Bukan hanya itu, buah nanas juga punya kandungan mangan yang kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan yang dimilikinya tentu akan sangat berguna dalam merawat kesehatan sel kulit. Kandungan ini pun juga memiliki manfaat untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar ultra violet sehingga kulit akan tetap putih berseri.

Oleh karena itu disarankan bagi Anda yang ingin membuat kulit terlihat awet muda, konsumsilah nanas minimal 3 kali dalam seminggu. Hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan keremajaan kulit.

3. Dapat Digunakan Sebagai Masker Wajah

Dapat Digunakan Sebagai Masker Wajah

Image Credit: Suara.com

Masih berhubungan dengan kecantikan, buah nanas juga dapat membantu proses regenerasi kulit, terutama pada wajah. Hal ini dikarenakan buah tersebut memiliki kandungan vitamin C yang tergolong tinggi. Selain itu buah nanas juga bisa meningkatkan kadar kolagen pada tubuh yang dapat membuat kulit terasa lebih kencang.

Namun, penggunaannya berbeda dalam poin sebelumnya, di sini Anda tidak perlu mengkonsumsi nanas, melainkan menggunakannya sebagai masker. Caranya yaitu dengan menjadikan nanas sebagai jus yang dibuat dengan sedikit air. Kemudian usapkan pada bagian wajah kecuali mata. Anda bisa membersihkan masker ini setelah digunakan selama 10 menit.

BACA:  10 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Setelah digunakan sebagai masker biasanya reaksi buah nanas akan bekerja secara instan, sehingga kulit Anda akan terasa lebih kencang. Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal sebaiknya lakukan secara rutin, dengan pemakaian 1-2 minggu sekali.

4. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Menurunkan Tekanan Darah

Image Credit: Dream.co.id

Selain mencegah pengentalan darah, kandungan yang dimiliki oleh nanas juga berperan dalam pembentukan sel hemogoblin. Sehingga hal ini dapat mencegah penyakit seperti kekurangan sel darah putih, serta menurunkan resiko terkena penyakit anemia.

Tak hanya mampu menurunkan resiko anemia, buah ini pun bagus dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Kadar kalium pada buah nanas yang tinggi, serta natrium yang sedikit dapat membantu Anda dalam menyetabilkan tekanan darah pada tingkat normal.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Menyembuhkan Penyakit Sistem Pencernaan

Image Credit: Alodokter.com

Buah tropis ini memiliki berbagai kandungan unik di dalamnya, salah satunya yaitu bromelain. Kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, terlebih lagi dengan kandungan seratnya yang tinggi maka Anda dapat terhindar dari masalah sembelit dan gangguan pencernaan ringan. Selain itu bromelain juga mampu meringankan gejala peradangan pada kolitis ulseratif.

Manfaat lainnya pada organ pencernaan yaitu dapat digunakan untuk mengobati kembung. Meski sering dianggap remeh namun, perut kembung sendiri memberikan sensasi yang tak nyaman bagi penderitanya.

Dengan memanfaatkan buah nanas, maka kandungan bromelain yang dimilikinya akan membantu Anda dalam memproses makanan dan memecah nutrisinya. Sehingga hal ini dapat membantu Anda dalam mengurangi rasa kembung dan membuat perut menjadi normal.

Meski memiliki peran yang bagus dalam membantu memelihara organ pencernaan namun sebaiknya konsumsi nanas dibatasi. Hal ini dikarenakan nanas memiliki kandungan asam yang tinggi, sehingga dapat memicu timbulnya maag, peningkatan asam lambung, dll.

6. Membantu Menangani Ketombe

Image Credit: Timesindonesia.co.id

Manfaat nanas untuk kulit sepertinya memang tiada habisnya, buah ini pun bahkan mampu digunakan untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Nanas memiliki kemampuan yang cukup baik dalam menangani ketombe.

Cara untuk merasakan manfaat ini pun tergolong mudah, Anda hanya perlu memarut dan mengupas nanas kemudian menyaring air yang dihasilkannya. Namun perlu diperhatikan, nanas yang digunakan di sini adalah nanas yang sudah matang, karena PH yang dimilikinya cocok dengan PH kulit kepala. Selanjutnya tambahkan perasan jeruk nipis dan juga air hangat.

Kini campuran air nanas tersebut dapat digunakan pada kulit kepala Anda. Gosoklah secara merata hingga air yang digunakan habis. Cara ini sebaiknya dilakukan sebelum tidur dan dibersihkan dengan keramas menggunakan shampo pada keesokan harinya.

BACA:  10 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

7. Meringankan Radang Sendi

Meringankan Radang Sendi

Image Credit: Alodokter.com

Mungkin sudah banyak yang tahu dengan manfaat nanas yang satu ini. Memang sudah banyak bukti dalam dunia kesehatan bahwa nanas dapat digunakan untuk meringankan radang sendi. Selain itu buah ini juga punya manfaat untuk meredakan nyeri otot, atau bahkan pembengkakan yang disertai rasa sakit.

Hal tersebut masuk akal mengingat nanas memiliki kandungan enzim proteolitik yang berguna dalam memecah protein kompleks. Sehingga mengkonsumsi nanas secara rutin dapat membantu Anda mengatasi berbagai masalah otot yang terkait dengan artritis.

8. Mencegah Kanker

Mencegah Tumor dan Kanker

Image Credit: Chirpstory.com

Kanker tergolong sebagai penyakit mematikan yang sudah membunuh banyak orang, namun bukan berarti penyakit ini tak dapat dicegah. Di dunia ini terdapat berbagai jenis makanan yang berpotensi untuk mencegah kanker, dan salah satunya adalah buah nanas.

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang dimilikinya mampu melawan pertumbuhan sel kanker pada organ dalam. Selain itu buah ini pun memiliki zat antikarsinogenik yang dapat memelihara sel-sel dalam tubuh serta melindunginya dari kerusakan. Berdasarkan penelitian, buah nanas sendiri efektif digunakan sebagai pencegah kanker usus.

9. Memperkuat Imunitas Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Image Credit: Wowkeren.com

Seperti yang kita ketahui nanas memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, dan hal inilah yang membuatnya sangat berguna bagi kesehatan. Kandungan vitamin C yang dimilikinya dapat membantu Anda dalam memelihara daya tahan tubuh serta berperan sebagai anti radikal bebas.

Bukan hanya vitamin C saja, namun kandungan bromelain yang ada di dalamnya juga turut berperan dalam menyembuhkan penyakit ringan dan mencegahnya untuk datang kembali. Kandungan ini juga efektif untuk mengurangi lendir yang berada pada hidung maupun tenggorokan orang yang mengalami flue.

Jadi jika mengalami gejala seperti hidung tersumbat, maka cobalah untuk memakan beberapa iris nanas sebagai obat alami. Maka dari itu bagi Anda yang ingin menjaga agar kondisi tubuh tetap prima.

10. Memperkuat Tulang

Memperkuat Tulang

Image Credit: Merdeka.com

Nanas memiliki berbagai kandungan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tulang. Seperti yang kita ketahui semakin bertambahnya usia maka kekuatan tulang akan semakin menurun. Dengan kalsium dan mangan yang terdapat pada nanas Anda memperkuat tulang serta jaringan ikat yang berada di sekitarnya. Buah ini tentunya juga sangat bagus untuk mencegah penyakit osteoporosis.

Untuk mendapatkan manfaat ini pun cukup mudah, Anda tinggal memakan nanas seperti biasa, atau memadukannya dengan susu dengan membuat yogurt nanas. Kemudian mengkonsumsinya secara rutin. Namun jangan lupa untuk mengimbangi juga asupan makanan dan minuman lain yang dapat membantu Anda menguatkan tulang.

Itulah beberapa kandungan dan manfaat yang dimiliki oleh buah nanas. Buah ini memiliki beragam kandungan yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi harian Selain itu, zat yang dimilikinya pun sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh hingga kecantikan kulit. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengkonsumsi buah nanas dan rasakan manfaatnya.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba