10 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh Anda

10 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Buah merupakan sumber nutrisi bagi tubuh. Buah memiliki peranan yang penting dalam menjaga tubuh agar tetap sehat. Tak terkecuali buah pepaya, selain rasanya yang manis dan enak, buah ini kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Pepaya merupakan buah yang tumbuh dan berkembang di iklim tropis. Pepaya memiliki warna oranye dan memiliki rasa yang cenderung manis serta lembut. Selain sangat mudah ditemukan di Indonesia, buah ini juga terbilang salah satu jenis buah yang harganya terjangkau. Sehingga banyak orang yang sangat menyukai buah ini.

Buah ini cocok menjadi campuran sehat untuk berbagai makanan, pencuci mulut, rujak buah, dan masih banyak yang lainnya. Selain hal tersebut, pepaya ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tak heran jika buah yang sangat baik bagi sistem pencernaan pada tubuh ini sangat digemari seluruh kalangan masyarakat.

Kandungan Nutrisi pada Buah Pepaya

1. Enzim Papain

Pepaya

Image Credit: Halodoc.com

Pada buah pepaya bahkan pada daun dan batangnya terdapat sebuah enzim yang khas dan hanya dimiliki buah ini, yaitu enzim papain. Disebut papain sebab merujuk pada buahnya, yaitu pepaya. Enzim ini ada pada getah buah pepaya dan berbentuk cairan putih yang kental seperti susu.

Enzim papain memiliki berbagai manfaat bagi manusia karena enzim ini mempunyai kekuatan memecah molekul protein dengan baik. Enzim ini dapat digunakan di berbagai sektor, baik pada konsumsi rumah tangga atau bahkan industri dalam skala besar.

Papain dalam industri kesehatan digunakan sebagai salah satu bahan pada proses farmasi. Biasanya digunakan untuk obat gangguan sistem pencernaan, seperti gastritis, obat cacing, serta dispesia. Maka dari itu, mengonsumsi pepaya sangat bermanfaat bagi kesehatan.

2. Karbohidrat dan Serat

Karbohidrat

Image Credit: Sfidn.com

Sebuah pepaya yang memiliki ukuran sedang mempunyai karbohidrat sebesar 29,8 gram. Buah yang terkenal manis ini memiliki kandungan gula alami. Gula alami yang ada pada pepaya merupakan sumber yang utama, yaitu 17,9 gram. Pepaya juga memiliki serat pangan hingga 5,5 gram.

Serat pada buah pepaya sangat dikenal bermanfaat untuk mencegah adanya sembelit dan memperlancar buang air besar. Kadar serat pada buah ini mencapai 1,8 gram untuk 100 gram buah pepaya.

Konsumsi serat yang rendah akan menyebabkan susah buang air besar, kembung, dan mual. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah pepaya untuk mencukupi kebutuhan serat harian Anda.

3. Vitamin

Efek Kekurangan atau Kelebihan Vitamin A Bagi Tubuh

Image Credit: Honestdocs.id

Buah pepaya merupakan buah yang kaya akan vitamin A. Vitamin A pada buah pepaya matang adalah sekitar 18.250 SI. Terdapat pula provitamin A pada buah ini, yaitu betakaroten sebesar 276 mikrogram pada 100 gram buah pepaya. Betakaroten ini dinilai sangat ampuh dalam menangkal radikal bebas.

BACA:  10 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Sekitar 188 mg Vitamin C ada pada buah ini. Apabila Anda mengonsumsi pepaya sebesar 140 gram, maka Anda akan memenuhi 150% Angka Kecukupan Gizi (AKG) per hari dan serat sebesar 10% AKG. Vitamin-vitamin yang lain juga terkandung dalam buah ini. Terdapat 5 -10 % vitamin yang lain, yaitu riboflavin, niacin, thiamin, serta vitamin K.

4. Kalori, Lemak, dan Mineral

Konsumsi Kalori Berlebihan

Image Credit: Bukanaku.com

Terdapat sekitar 119 kal atau sebesar 6 % DV kalori pada buah pepaya yang ukurannya sedang. Pada kalori tersebut terdapat 109 kal kandungan karbohidrat dan protein yang membentuk 6,2 kal. Tak hanya itu, buah ini mengandung lemak sebanyak 0,3 gram, yaitu terbagi menjadi lemak jenuh dan lemak tak jenuh.

Selain itu, buah pepaya sangat tinggi kandungan mineralnya, yaitu potasium sebesar 781 gram. Potasium merupakan nutrisi yang cukup penting bagi tubuh. Kandungan potasium yang tinggi akan mampu mengurangi 20% risiko terkena penyakit yang berbahaya. Buah pepaya juga memiliki zat besi berupa kalsium sebesar 73 mg serta magnesium sebesar 30 mg.

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

1. Membuat Jantung Tetap Sehat

Menjaga Kesehatan Jantung

Image Credit: Wowkeren.com

Jantung merupakan salah satu organ yang vital bagi manusia. Jantung memiliki peran yang penting dalam memompa darah pada tubuh manusia. Untuk menunjang kelangsungan hidup sudah sepantasnya untuk menjaga kesehatan jantung. Agar terhindar dari berbagai penyakit yang akan merusak jantung, Anda harus menjalani pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Selain berolahraga, Anda harus menjaga pola makan dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang tinggi kandungan nutrisinya. Salah satu buah yang cocok untuk menjaga kesehatan jantung Anda ialah buah pepaya. Buah ini kaya akan betakaroten, antioksidan, vitamin, dan karotenoid yang baik bagi jantung.

Buah pepaya akan menurunkan kadar kolesterol pada darah Anda agar dapat mencegah terjadinya plak di pembuluh darah. Selain itu, pada buah pepaya terdapat asam folat yang mampu mencegah zat berbahaya merusak pembuluh darah Anda. Hal ini akan mengurangi risiko Anda terkena serangan jantung.

2. Menjaga Sistem Pencernaan

Menyembuhkan Penyakit Sistem Pencernaan

Image Credit: Alodokter.com

Dalam buah pepaya terdapat sebuah enzim yang khas, yaitu ezim papain. Enzim ini sangat menjaga sistem pencernaan Anda agar tetap sehat. Enzim ini berperan membuat tubuh lebih mudah mencerna protein. Oleh sebab itu, pepaya sering kali digunakan sebagai obat sembelit, susah BAB, dan banyak masalah pencernaan yang lain.

Enzim papain pada buah ini bekerja sebagai pelumat untuk makanan Anda, sehingga nutrisi akan dengan mudah terserap oleh tubuh. Serat pada pepaya akan membantu usus Anda dalam mencerna makanan.

BACA:  15 Manfaat Buah Alpukat untuk Wajah & Rambut yang Perlu Anda Ketahui

Bahkan, apabila Anda mengonsumsi buah ini selama lebih dari 1 bulan akan membuat kembung dan sembelit Anda berkurang. Apabila Anda menemui masalah pada pencernaan, rutinlah mengonsumsi buah ini agar sistem pencernaan Anda terjaga.

3. Melancarkan Menstruasi

Menstruasi

Image Credit: Halodoc.com

Menstruasi yang tidak normal sangat perlu Anda perhatikan. Jus buah pepaya terkenal mampu melancarkan haid pada perempuan. Apabila Anda mengalami haid yang tidak teratur, konsumsilah buah pepaya yang masih mentah atau berwarna hijau. Buah pepaya mentah efektif dapat membuat siklus menstruasi Anda menjadi normal kembali.

Buah pepaya yang masih berwarna hijau diyakini mampu membantu serat otot rahim Anda untuk kontraksi. Hal ini dikarenakan buah pepaya menghasilkan panas pada bagian tubuh sehingga dapat memicu hormon Anda. Hormon estrogen yang dipicu oleh pepaya akan merangsang siklus menstruasi Anda. Aliran darah akan lancar dan siklus menstruasi Anda kembali normal.

4. Mencegah Adanya Peradangan

Mencegah Peradangan

Image Credit: Tribunnews.com

Gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat akan menyebabkan peradangan kronis. Kondisi ini akan memicu penyakit untuk menyerang tubuh. Pada buah pepaya, terdapat sebuah enzim chymopapain dan papain yang dapat membuat peradangan tubuh berkurang. Pepaya juga memiliki kandungan karotenoid sehingga dapat pula mengurangi adanya peradangan.

Peradangan tubuh yang sudah kronis dapat berbahaya bagi kesehatan usus, berdampak buruk pada sendi-sendi, dan risiko penyakit jantung. Parahnya, peradangan dapat meningkatkan peluang penyakit kanker memasuki tubuh Anda. Sehingga, kondisi ini sangat perlu untuk dicegah. Konsumsilah buah pepaya secara teratur agar terhindar dari peradangan yang berbahaya.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Image Credit: Wowkeren.com

Jika Anda mudah sakit, itu berarti kekebalan tubuh Anda sangat minim. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda diwajibkan untuk menjalankan gaya hidup yang sehat. Apabila sistem imun lemah, maka akan banyak kuman yang mudah masuk sehingga tubuh mudah terinfeksi bakteri, virus, parasit, bahkan jamur.

Nantinya, apabila kondisi ini semakin parah dapat menyebabkan rusaknya organ tubuh yang vital. Betakaroten atau provitamin A pada buah pepaya dipercaya mampu meningkatkan produksi antibodi pada tubuh. Antibodi tersebut akan membantu tubuh terkait sistem imun. Buah pepaya dikenal memiliki antioksidan, mineral, dan vitamin yang memiliki peran menjaga imun tubuh agar tetap kuat.

6. Mencegah Penyakit Kanker

Mencegah Tumor dan Kanker

Image Credit: Chirpstory.com

Penyakit kanker telah menjadi momok bagi seluruh kalangan masyarakat. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia. Penyakit kanker seringkali tidak memiliki gejala awal sehingga penderitanya baru terdeteksi setelah sudah sangat parah. Maka dari itu, sangat penting untuk mencegah penyakit ini masuk pada tubuh.

Mengonsumsi buah pepaya dengan rutin dapat mencegah risiko penyakit kanker. Sebab buah ini memiliki kandungan nutrisi dengan antioksidan yang tinggi. Antioksidan likopen pada buah pepaya mampu mengurangi risiko dan memulihkan penyakit kanker. Buah ini juga mampu menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.

BACA:  Inilah Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan & Kecantikan

7. Mencegah Rusaknya Kulit

Mengurangi Timbulnya Pigmentasi Pada Wajah

Image Credit: Magazine.job-like.com

Melasma merupakan suatu kondisi di mana terdapat bercak cokelat pada wajah. Keadaan ini lazim pada orang yang sedang mengalami perubahan hormon, terlalu sering terpapar sinar matahari, serta pengaruh kosmetik. Apabila Anda mengalami hal ini, gunakanlah pepaya sebagai perawatan kulit yang terkena melasma dan pigmentasi.

Agar kulit tidak semakin rusak, gunakan buah pepaya untuk dijadikan masker dan juga sebagai minuman rutin. Kandungan betakaroten, enzim, dan vitamin pada buah pepaya dipercaya mampu membuat melasma memudar. Sehingga penderita dapat mengembalikan kepercayaan dirinya.

8. Cadangan Energi bagi Tubuh

Sebagai Sumber Energi

Image Credit: Moondoggiesmusic.com

Rutinitas dan aktivitas yang padat sangat melelahkan Anda tentunya. Apabila Anda tidak memiliki energi yang cukup untuk menjalaninya, tubuh akan mudah lesu dan lemah bahkan Anda bisa terserang penyakit. Ternyata, buah pepaya mampu berperan sebagai cadangan energi bagi tubuh Anda.

Buah pepaya akan membuat Anda tidak mudah lelah. Selain itu, mengonsumsi buah ini secara teratur akan membuat tidur Anda lebih berkualitas. Bagi Anda yang sering mengalami insomnia, buah pepaya adalah solusi yang tepat. Cadangan energi Anda akan diperbarui saat tidur, dengan begitu rutinitas padat esok hari akan terlewati dengan baik.

9. Menyehatkan Tulang dan Sendi

Memperkuat Tulang

Image Credit: Merdeka.com

Seiring bertambahnya usia, tulang dan sendi sangat rentan untuk keropos dan terserang nyeri. Sehingga, sudah selayaknya sejak dini untuk merawat dan mencegah penyakit tulang dan persendian. Cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat tulang dan sendi sehat adalah dengan rutin mengonsumsi buah pepaya.

Pepaya mengandung vitamin K yang terbilang tinggi. Vitamin K berfungsi untuk menyerap mineral dan kalsium pada tubuh. Dengan begitu, mengonsumsi buah pepaya dapat menjaga tulang tetap kuat dan padat.

10. Menjaga Mata Tetap Sehat

Kesehatan Mata

Image Credit: Elenaangel.com

Mata merupakan bagian dari tubuh yang cukup vital, sehingga sudah sebaiknya untuk menjaganya agar tetap sehat. Seperti yang kita tahu, vitamin A merupakan bagian terpenting untuk menjaga mata.

Untuk itu, mengonsumsi buah pepaya yang kaya vitamin A ternyata mampu untuk menyehatkan mata Anda. Pepaya memiliki provitamin A betakaroten yang nantinya akan dikonversikan ke vitamin A sehingga sangat baik untuk mata.

Selain itu, terdapat zeaxanthin dan carotenoid lutein yang mampu melindungi retina mata dari kerusakan. Kandungan-kandungan tersebut mampu menjaga mata dari glukoma dan katarak. Buah pepaya akan menjaga metabolisme sel retina serta terhindar dari kondisi mata yang kering.

Itulah tadi penjelasan 10 manfaat dan kandungan buah pepaya bagi kesehatan tubuh Anda. Berbagai kandungan yang ada pada buah pepaya dipercaya mampu mencegah bahkan mengobati berbagai penyakit. Buah pepaya yang kaya manfaat dapat melindungi pencernaan, kesehatan organ vital, hingga kecantikan Anda.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba