15 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan & Kandungan Nutrisinya

Buah pir merupakan jenis buah yang dikenal memiliki banyak kandungan air didalamnya. Kandungan air yang banyak tersebut menjadikan buah ini dinilai sangat menyegarkan. Oleh karena itu, buah pir menjadi buah yang juga banyak digemari oleh berbagai kalangan. Buah pir sering dijadikan penyegar mulut karena memang ketika dikonsumsi buah ini terasa sangat menyegarkan.

Tak hanya itu, buah pir ini ternyata juga mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Sama halnya dengan buah-buahan yang memiliki khasiatnya masing-masing, buah pir juga memiliki beberapa kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Terdapat kandungan berbagai macam vitamin dan mineral yang tentu sangat berguna bagi tubuh.

Di dalam buah pir terkandung berbagai macam vitamin seperti vitamin K, vitamin C, dan vitamin B, kalium, magnesium, tembaga dan lain-lainnya. Maka dari itu mengonsumsi buah pir secara berkala dapat memberikan asupan vitamin Anda secara alami. Untuk selengkapnya Anda dapat menyimak mengenai nutrisi dan 15 manfaat buah pir bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui sebagai berikut:

Nutrisi Penting yang Terkandung Dalam Buah Pir

1. Vitamin C

Vitamin C

Image Credit: Skinpeutics.com

Perlu diketahui bahwa dalam 100 gr buah pir terdapat kandungan vitamin C sebesar 4,2 mg. Maka dari itu Anda dapat menggunakan buah pir sebagai pilihan dalam memenuhi kebutuhan vitamin C Anda sehari-hari.

Vitamin C alami pada buah pir diketahui juga dapat memberikan efek penangkal radikal bebas. Fungsi vitamin C sebagai peningkat sistem imun juga dapat Anda temukan dalam buah pir.

2. Antioksidan

Sumber & Manfaat Antioksidan Bagi Kesehatan

Image Credit: Kompas.com

Buah pir memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh untuk melawan radikal bebas. Berbagai macam antioksidan seperti lutein, beta-karoten, dan zea-xanthin dapat berfungsi sebagai antioksidan alami bagi tubuh. Mengonsumsi buah pir secara berkala tentunya juga dapat memberi manfaat efek detoks pada tubuh.

Antioksidan sangat berperan dalam melawan sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan. Dengan mengonsumsi buah pir, asupan kandungan antioksidan dapat terpenuhi.

3. Vitamin A

Efek Kekurangan atau Kelebihan Vitamin A Bagi Tubuh

Image Credit: Honestdocs.id

Selain vitamin C, vitamin A juga terkandung dalam buah pir. Vitamin C dan A dapat berkerjasama dalam melawan serangan radikal bebas yang membahayakan tubuh.

Tak hanya itu, vitamin A juga dapat berfungsi untuk mempertahankan kualitas penglihatan. Dengan mengonsumsi buah pir, asupan harian vitamin Anda dapat terpenuhi dengan cukup.

Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

1. Menurunkan Risiko Kardiovaskular

Menurunkan Risiko Kardiovaskular

Image Credit: Today.mims.com

Kardiovaskular adalah penyakit yang menyerang jantung dan pembuluh darah pada tubuh. Buah pir dapat Anda gunakan sebagai cara untuk mengurangi resiko munculnya penyakit ini. Atau bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung, mengonsumsi buah pir dapat mengurangi resiko sakit yang diakibatkan oleh jantung dan pembuluh darah.

BACA:  15 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Pada jenis pir berwarna merah diketahui terkandung zat anthocyanin. Zat anthocyanin inilah yang dapat memperbaiki kesehatan jantung dan pembuluh darah pada tubuh Anda. Sebuah studi telah membuktikan bahwa mengonsumsi buah pir 2 kali sehari dapat mengalami peningkatan pada metabolisme dan kesehatan jantung.

2. Menurunkan Resiko Diabetes

Mencegah Penyakit Diabetes

Image Credit: Diabetes.co.uk

Manfaat lain dari buah pir yang sangat berguna bagi tubuh adalah menurunkan resiko terkena diabetes. Zat anthocyanin selain bermanfaat bagi kesehatan jantung, ternyata juga dapat menurunkan resiko penyakit diabetes tipe 2 sekitar 23%. Anda dapat mengonsumsi buah pir sebagai pilihan terapi untuk mengurangi penyakit diabetes yang diderita.

Kandungan flavanoid dalam buah pir juga diketahui turut serta dalam menurunkan resiko penyakit diabetes. Kandungan ini seringkali didapat pada pir yang berwarna merah. Selain itu kandungan serat yang ada dalam pir juga dapat memperlambat pencernaan sehingga tubuh dapat menyerap zat makanan dengan lebih baik. Penyerapan yang lebih baik ini dapat meregulasi kadar gula darah juga.

3. Menurunkan Resiko Kanker

Mencegah Tumor dan Kanker

Image Credit: Chirpstory.com

Buah pir mengandung zat-zat yang juga dikenal dapat menurunkan resiko terkena kanker. Zat-zat anti kanker seperti cinnamic acid dan anthocyanin diketahui dapat terbukti melawan sel-sel penyebab kanker. Manfaat yang begitu luar biasa ini dapat Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah pir secara teratur, selain itu akan lebih efektif apabila mengonsumsinya bersama sayur dan buah lain.

Diketahui buah pir dapat melawan resiko kanker paru-paru, kanker saluran kemih, dan perut. Maka dari itu tak ada salahnya menghindarkan resiko kanker pada tubuh dengan mengonsumsi buah pir. Bagi Anda yang mengonsumsinya secara teratur, kondisi kesehatan tubuh tentunya dapat terjaga dengan baik.

4. Mencegah Peradangan

Image Credit: Tribunnews.com

Mencegah peradangan yang terjadi pada tubuh dapat diatasi dengan mengonsumsi buah pir. Kandungan vitamin pada buah pir seperti vitamin K dan vitamin C sangat berguna dalam mencegah terjadinya inflamasi yang terjadi pada tubuh. Kondisi kesehatan pun tentunya akan menjadi lebih baik apabila tidak terjadi inflamasi.

Selain kandungan vitamin K dan vitamin C, antioksidan flavanoid dan serat diketahui dapat meregulasi sistem imun yang ada di dalam tubuh. Regulasi sistem imun ini apabila berjalan dengan lancar akan membantu tubuh dalam mencegah terjadinya inflamasi juga. Sehingga resiko terkena penyakit seperti obesitas, kanker, dan diabetes juga dapat menurun.

5. Menyehatkan Pencernaan

Menyembuhkan Penyakit Sistem Pencernaan

Image Credit: Alodokter.com

Manfaat buah pir juga dapat dirasakan dalam menjaga kesehatan pencernaan. Seperti yang banyak diketahui, buah pir mengandung banyak serat yang tentunya dapat melancarkan sistem pencernaan pada tubuh. Kandungan probiotik yang ada pada buah pir juga dapat mencegah konstipasi pada usus. Anda dapat mengonsumsi buah pir sebagai cara untuk memperlancar pencernaan Anda.

BACA:  15 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah dan Rambut yang Perlu Anda Ketahui

Diketahui dalam satu buah pir berukuran sedang, terdapat kandungan serat sekitar 6 gram. Kandungan ini akan mencukupi kebutuhan serat harian Anda sebanyak 22%. Oleh karena itu jangan ragu lagi mengonsumsi buah pir untuk memperlancar pencernaan. Perlu Anda ketahui bahwa kulit buah pir juga terdapat kandungan serat sehingga Anda dapat memakannya dengan kulit.

6. Menangkal Radikal Bebas

Menangkal Radikal Bebas dalam Tubuh

Image Credit: Supersmart.com

Buah pir kaya akan zat-zat yang diperlukan untuk menangkal radikal bebas. Berbagai vitamin K, vitamin C, dan tembaga diketahui berguna dalam melawan sel-sel yang dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh. Mengonsumsinya secara teratur tentu akan membuat tubuh semakin sehat karena kandungan antioksidan dalam tubuh dapat bekerja dengan baik.

Anda juga dapat memanfaatkan kandungan pada buah pir untuk detoksifikasi pada tubuh. Anda dapat memakannya langsung atau juga dapat dibuat jus.

7. Mencegah Efek Penuaan Dini

Mencegah Timbulnya Keriput dan Penuaan Dini

Image Credit: Essentia-natural.com

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, namun buah pir diketahui juga dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan vitamin C yang dapat berperan sebagai antioksidan tersebut dapat diketahui juga dapat menangkal efek penuaan dini pada kulit. Mengonsumsi buah pir secara teratur dapat menjadikan kesehatan kulit Anda membaik.

Agar dapat memanfaatkan fungsi buah pir dalam mencegah efek penuaan dini secara efektif, Anda perlu untuk mengonsumsinya secara teratur. Mengkombinasikan dengan buah-buahan lain juga lebih baik.

8. Mengatasi Tekanan Darah

Menurunkan Tekanan Darah

Image Credit: Dream.co.id

Seperti yang diketahui, buah pir mengandung antioksidan seperti anti-karsinogen dan glutathione yang dapat memperbaiki tekanan darah. Tak hanya tekanan darah yang dapat membaik, mengonsumsi buah pir secara teratur juga dapat mengatasi masalah arthritis dan kantong empedu.

Anda cukup memakan buah pir setidaknya dua kali sehari. Karena pada sebuah studi telah dibuktikan bahwa konsumsi dua buah pir dalam sehari dapat memberikan manfaat berupa regulasi tekanan darah yang menjadi lebih baik.

9. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Image Credit: Wowkeren.com

Bagi Anda yang sedang mengalami sakit dan imunitas tubuh yang berkurang, Anda dapat mengonsumsi buah pir. Buah pir mengandung vitamin C yang dikenal sangat berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh yang sedang melemah. Diketahui buah pir berukuran sedang dapat memberi asupan vitamin C pada tubuh sebanyak 12%.

Maka dari itu, untuk memenuhi asupan kebutuhan vitamin C harian, Anda dapat memanfaatkan kandungan pada buah pir. Vitamin C yang diperoleh juga alami sehingga akan memberikan efek yang menyehatkan bagi tubuh.

10. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Memperkuat Tulang

Image Credit: Merdeka.com

Siapa sangka, buah pir yang terkenal berair ini memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi buah pir, penyerapan kalsium dapat berjalan dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan kandungan boron yang merupakan jenis mineral yang terdapat dalam buah pir. Jenis mineral ini diketahui memang sangat efektif dalam membantu penyerapan kalsium.

BACA:  10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Efek magnesium dan vitamin D diketahui juga dapat terserap dengan baik pada tulang apabila terdapat zat boron dalam tubuh. Hal ini tentunya dapat membantu menyehatkan tulang dan mengatasi permasalahan seperti osteoporosis.

11. Meningkatkan Daya Penglihatan

Meningkatkan Daya Penglihatan

Image Credit: Masasih.id

Daya penglihatan dapat meningkat apabila Anda mengonsumsi buah pir secara teratur. Kandungan antioksidan dalam buah pir sangat berperan dalam menjaga kesehatan mata serta dalam melawan se-sel yang mengalami kerusakan. Dengan mengonsumsi buah pir secara teratur, kemungkinan kerusakan mata yang disebabkan oleh faktor usia dapat dicegah.

Kerusakan sel pada mata akibat radikal bebas dapat dicegah dengan mengonsumsi buah pir secara teratur. Vitamin A yang terkandung juga tentunya dapat menjaga daya penglihatan agar tetap baik.

12. Menyehatkan Otak

Menyehatkan Otak

Image Credit: Ayobandung.com

Buah pir tidak disangka-sangka ternyata juga sangat berguna dalam menjaga kesehatan fungsi otak. Zat yang berperan dalam menyehatkan otak adalah mineral yang terkandung dalam buah pir. Jenis mineral tembaga memang telah diketahui dapat meningkatkan fungsi sistem saraf.

Apabila fungsi sistem saraf dapat bekerja dengan baik, maka kinerja pada otak juga dapat semakin meningkat. Anda akan mendapatkan efek yang lebih efektif apabila mengonsumsi buah pir secara teratur.

13. Mempercepat Proses Penyembuhan

Image Credit: Ayurvediccure.com

Asam askorbat dan vitamin C yang terkandung dalam buah pir sangat berperan dalam mempercepat proses penyembuhan. Zat-zat ini dapat menyintesis jaringan baru sehingga dapat memberikan efek cepat dalam penyembuhan.

Diketahui bahwa kandungan asam askorbat yang tinggi pada buah pir diketahui dapat memperbaiki jaringan pembuluh darah yang sedang mengalami kerusakan. Maka dari itu tak heran apabila buah pir juga dapat menjaga kesehatan jantung.

14. Membantu Menjaga Berat Badan

Berat Badan Naik Secara Drastis

Image Credit: Hellosehat.com

Kandungan buah pir yang kaya akan serat selain dapat bermanfaat melancarkan pencernaan, ternyata juga dapat menjaga berat badan. Hal ini dikarenakan pada saat usus mencerna kandungan serat, maka akan bekerja lebih lambat. Kerja usus yang melambat dapat menjadikan nutrisi dapat terserap sempurna.

Kerja usus yang lambat ini akan menjadikan manusia merasa cepat kenyang dan tidak mudah lapar. Sehingga apabila hal ini sering terjadi maka berat badan akan mudah terkontrol.

15. Meningkatkan Energi

Sebagai Sumber Energi

Image Credit: Moondoggiesmusic.com

Buah pir mengandung kadar glukosa alami sebanyak 17 gr pada buah pir ukuran sedang. Kandungan glukosa ini sangat bermanfaat bagi sel-sel untuk menyediakan energi.

Buah pir dapat mengembalikan energi Anda dengan cepat karena kandungan glukosa yang tinggi. Kandungan glukosa alami ini tentunya dapat menyehatkan tubuh.

Itulah dia 15 manfaat buah pir bagi kesehatan yang perlu untuk Anda ketahui. Dengan mengonsumsi buah pir secara teratur tentunya akan menimbulkan efek menyehatkan bagi tubuh.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba