10 Manfaat Buah Plum Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan

10 Manfaat Buah Plum Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan

Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini. Buah yang banyak dilirik oleh beberapa perusahaan kosmetik untuk dijadikan perawatan dan kesehatan kulit. Tak hanya untuk perawatan kecantikan, buah ini juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan jantung, pencernaan, sistem syaraf, aliran darah dan masih banyak lagi.

Kandungan antioksidannya yang sangat tinggi terbukti ampuh untuk mengurangi radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Tak hanya antioksidan, buah pulm ini juga diperkaya oleh kandungan Vitamin A, B1, B2, B3, B6, C, dan Vitamin K, dan kandungan folat. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang yang ingin menurunkan berat badan juga mulai mengonsumsi buah yang satu ini.

Buah yang memiliki lebih dari 2000 varietas dengan warna yang sangat beragam dengan kandungan air yang cukup tinggi ini memiliki beberapa kandungan nutrisi lain yang juga sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. untuk lebih lengkapnya mengenai kandungan nutrisi yang dimiliki oleh buah plum, simak penjelasan berikut ini

Kandungan Nutrisi Menakjubkan Pada Buah Plum

1. Antioksidan

Sumber & Manfaat Antioksidan Bagi Kesehatan

Image Credit: Kompas.com

Sangat mengejutkan, bahwa buah sekecil ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan menyentuh angka yang menakjubkan. Kandungan antioksidan yang telah diikaut dalam ORAC ini memiliki 6529 mol TE/100g yang merupakan angka yang sangat tinggi.

Kandungan antioksidan ini dihasilkan oleh vitamin C yang mampu menangkap radikal bebas yang masuk ke tubuh yang berpotensi untuk merugikan kesehatan manusia. Sehingga, kandungan antioksidan ini akan mencegah tubuh dari segala bentuk infeksi dan peradangan yang mungkin bisa terjadi,

2. Mineral

Mineral Buah Plum

Image Credit: Ngovee.com

Buah pulm sendiri terkenal akan kandungan mineral yang sangat tinggi diantaranya adalah kalium, fluoride dan zat besi. Kalium merupakan kandungan yang penting yang berdampak untuk membantu mengontrol detak jantung serta menjaga aliran darah dalam tubuh tetap stabil. Kandungan ini juga sangat baik untuk mengontrol kadar kolestrol dalam tubuh.

Zat besi yang terkandung dalam buah pulm sangat baik untuk membantu tubuh dalam pembentukan sel darah merah. Sel darah merah sangat penting sebagai pengedar oksigen ke seluruh tubuh dan mengikat karbondioksida.

3. Kaya akan Vitamin A, B, C dan K

Vitamin C

Image Credit: Skinpeutics.com

Hampir semua kandungan vitamin dirangkap menjadi satu bentuk buah yaitu buah plum. Vitamin A yang dimiliki oleh buah plum akan membantu dalam meningkatkan kesehatan mata. Vitamin B yang dimiliki buah plum adalah vitamin B kompleks. Vitamin B pun berperan sebagai bentuk metabolism karbohidrat, protein dan lemak.

Kandungan Vitamin K dalam buah plum juga merupakan kandungan penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang kinerja pembekuan darah. Selain itu vitamin K juga sangat baik untuk membantu kemampuan otak.

BACA:  5 Manfaat Sayur Rebung Untuk Kesehatan

4. Kadar Kalori Rendah

Image Credit: Bukanaku.com

Tak salah bila buah ini digunakan sebagai salah satu buah yang dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani program diet. Pasalnya, buah ini memiliki kadar kalori yang cukup rendah yaitu 46 kalori per 100g dan tentunya sama dari lemak jenuh.

Kalori yang rendah yang terdapat dalam buah plum menjadikan buah yang satu ini cukup dicari-cari oleh sebagian orang, karena rendahnya kalori dalam buah plum juga diikuti dengan rendahnya tingkat gula dalam buah ini. Hal ini tentunya sangat aman untuk dikonsumsi bagi siapa saja termasuk orang-orang yang sedang menjalani program diet,

Manfaat Buah Plum yang Perlu Diketahui

1. Menjaga kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Image Credit: Wowkeren.com

Salah satu manfaat yang sangat penting dari buah import ini adalah kandungan Vitamin K nya yang sangat berperan penting untuk kesehatan jantung. Kandungan Vitamin K ini memainkan peran yang sangat penting dalam proses pembekuan darah yang akan mempengaruhi kinerja jantung.

Fakta ini didukung oleh penelitian dari Department of Food Science and Nutrition dari University of Minnesota, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa kandungan Vitamin K yang dimiliki oleh buah pulm mampu meningkatkan kinerja fluiditas darah didalam arteri. Sehingga hal ini mampu menjaga jantung dari berbagai gangguan serangan jantung, stroke ataupun aterosklerosis.

2. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Image Credit: Wowkeren.com

Buah Plum terkenal dengan kandungan Vitamin C nya yang tinggi, buah plum terbukti sangat ampuh untuk memberi pertahanan pada tubuh terhadap peradangan dan infeksi.

Antioksidan flavanoud poly phenolic seperti zeaxanthin dan cryptozanthin mampu menjadi tameng dalam menghadang radikal bebas yang disebabkan oleh oksigen, sehingga hal ini mengakibatkan tubuh akan melawan terhadap penyakit apapun yang akan datang.

Selain kandungan vitamin C yang tinggi, plum juga mengandung konstituen imunistimulan yang akan merangsang tubuh untuk menghasilkan oksida nitrat yang kemudian akan berfungsi dalam melawat metastasis sel tumor dan untuk mencegah berbagai penyakit.

3. Menyeimbangkan Kolesterol

Mencegah Kolesterol Tinggi

Image Credit: Merdeka.com

Mengonsumsi buah plum secara rutin mampu mengurangi kadar kolestor dalam tubuh yang akan berdampak baik pula pada kesehatan jantung. Vitamin K yang dimiliki oleh buah plum mampu menjaga kendali denyut jantung sehingga dapat memperlancar aliran darah.

Aliran darah yang lancar dan terkendali dapat membantu tubuh dalam memberikan respon positif terhadap kesehatan organ lain mulai dari jantung hingga otak. Untuk itu vitamin K dalam buah pulm dapat membantu kelancaran aliran darah.

Tak hanya itu, kandungan serat yang juga dimiliki oleh Plum ini juga mampu bekerja dalam mengurangi kolestrol jahat (LDL) dan membantu meningkatkan kadar kolestrol baik atau HDL. Fakta ini dibuktikan kebenaranya melalui  penelitian yang dilakukan di Department of Nutrition, Universitas California, Amerika Serikat.

BACA:  Manfaat Paprika Bagi Kesehatan & Kandungan Nutrisinya

Plum juga memiliki kandungan serat yang dapat mengikat kolestrol dalam tubuh, sehingga kolestrol tidak sempat mengendap dalam tubuh, namun dibuang oleh tubuh melalui feses.

4. Mampu Mencegah Kanker

Mencegah Tumor dan Kanker

Image Credit: Chirpstory.com

Zat antosianin dan fitonutrien merupakan kandungan luwar biasa yang dapat menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker didalam tubuh manusia. Menariknya, kedua zat ini merupakan kandungan yang dimiliki oleh buah Plum yang mampu mencegah sel kanker berkembang pada tubuh manusia.

Penelitian telah berhasil dilakukan oleh penderita kanker hati, bahwa kandungan Epicatechin yang ada pada buah plum mampu mencegah pertumbuhan poliferansi mematikan sel kanker. Sehingga dipercaya sangat efektif untuk mencegah potensi tumbuh kanker pada manusia tanpa membunuh sel-sel sehat yang ada didalam tubuh.

5. Membantu Menyehatkan Sistem Saraf

Membantu Menyehatkan Sistem Saraf

Image Credit: Sehatq.com

Kandungan kalium yang ada pada buah plum dapat menjaga fungsi otak agar tetap berjalan baik, meningkatkan kemampuan berpikir dan juga meningkatkan focus seseorang. Selain itu kandungan antioksidan tinggi yang dimiliki plum mampu menetralisir radikal bebas racun yang dapat menyerang otak.

Buah plum ini juga sangat direkomendasikan untuk ibu hamil. Karena kandungan Vitamin B6 pada buah ini dapat menyehatkan janin dan membantu janin dalam mengembangkan sel-sel pada otak.

Tak hanya itu, kandungan Vitamin B6-nya mampu membantu pertumbuhan otak yang mampu merangsang pertumbuhan hormon baru. Vitamin B6 tersebut juga merupakan kandungan yang berperan penting dalam mengirim transmisi sistem saraf yang akan mempengaruhi kerja sistem saraf.

6. Mencegah Osteoporosis

Mencegah Osteoporosis

Image Credit: Tokopedia.com

Kesehatan tulang pun dapat dicegah dengan mengonsumsi buah plum. Buah satu ini dapat menghasilkan tindakan anabolic dan resorptif yang baik untuk tulang. Mineral boron yang dihasilkan oleh plum ini dapat menguatkan tulang dan otot.

Sebuah study mengungkapkan bahwa pulm yang sudah dikeringkan mampu meningkatkan ketajaman otot dan tulang dan hal ini mampu mengobati masa tulang yang dimiliki akibat dari menopause. Tak hanya itu, buah ini juga berperan dalam menjaga kepadatan tulang yang disebabkan oleh radiasi sumsum tulang.

Biasanya pengeroposan kulit sering terjadi pada orang lanjut usia, untuk itu sangat disarankan untuk mengonsumsi buah plum secara rutin untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta menghindarkan dari osteoporosis,

7. Melancarkan Pencernaan

Menyembuhkan Penyakit Sistem Pencernaan

Image Credit: Alodokter.com

Bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan, maka sangat perlu mengonsumsi buah pulm. Seperti yang diketahui, bahwa pulm memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat memperlancar dan menjaga pencernaan tetap baik.

Kandungan serat yang dimiliki oleh buah plum akan kelebihan air yang ada di usus sehingga akan akan membantu usus dalam mengeluarkan kotoran tubuh melalui feses. Sehingga proses pencernaan akan menjadi lancar karena tidak ada toxic atau racun yang mengendap didalam usus.

BACA:  Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan & Kandungan Nutrisinya

Tak jarang banyak orang mengonsumsi buah ini untuk Diet karena buah ini sangat baik dalam melancarkan sistem pencernaan. Beberapa kasus seperti sembelit dapat teratasi dengan baik saat mengonsumsi buah ini secara rutin.

8. Mengurangi Toksin Dalam Tubuh

Mengurangi Toksin Dalam Tubuh

Image Credit: Gaia.com

Tahukah anda, bahwa toksin dalam tubuh manusia sangat perlu untuk dibuang. Karena pengendapan toksin dalam tubuh dapat sangat berbahaya dan dapat memicu timbulnya beberapa penyakit.

Tak banyak diketahui bahwa buah berwarna merah ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk mengikat racun-racun yang ada dalam tubuh. Buah ini memiliki kandungan antioksidan dengan jenis Fenol yang sangat ampuh dalam menetralkan radikal bebas yang ada dalam tubuh dan menghambat pengendapan toksin.

Kandungan fenol ini terbukti sangat baik sekali untuk mengantisipasi kerusakan oksigen dalam tubuh manusia. Perlu diingat bahwa sel tubuh maupun sel otak tak lepas dari lemak. Sehingga sangat perlu dilakukan pencegahan radikal bebas pada lemak dengan mengonsumsi buah dengan ukuran yang kecil ini.

9. Mengurangi Anemia

Image Credit: Liputan6.com

Anemia terjadi dikarenakan tubuh sangat kekurangan sekali sel darah merah. Sehingga, dibutuhkan asupan zat besi untuk mengganti menghasilkan kembali sel darah merah. Ternyata, buah plum memiliki kandungan zat besi sebesar 250g dan 0,81 miligram zat besi

Anemia merupakan penyakit yang disebabkan oleh beberapa faktor antara lain nutrisi yang tidak seimbang yang masuk kedalam tubuh. Hal lain yang bisa juga disebabkan oleh faktor lain seperti aktivitas yang berlebihan atau kurangnya beristirahat.  Sehingga penderitanya aman merasakan lemas, letih, lesu, lelah bahkan lunglai yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kandungan buah plum akan mampu mencukupkan kebutuhan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh dengan menghasilkan hemoglobin yang sangat baik. Sehingga hal ini akan membantu seseorang untuk mencegah terjadinya anemia.

10. Baik Untuk Kesehatan Kulit

Melembabkan Kulit

Image Credit: Megawecare.co.id

Saat ini, banyak perusahaan mulai memanfaatkan ekstrak buah plum untuk menjaga kulit menjadi tetap kenyal, sehat, halus dan awet muda. Tak heran ini dikarenakan vitamin C dan Antioksidan yang dimiliki oleh buah plum mampu menjaga kelembapan dan kesehatan kulit.

Rutin mengonsumsi buah plum juga mampu mengurangi keriput akibat penuaan dini, dan bintik-bintik hitam, telah banyak sekali produk yang memanfaatkan ekstrak buah ini seperti sabun cuci muka, masker dan sebagai campuran produk-produk yang lain.

Nah, itulah beberapa manfaat dari buah yang berwarna merah ini. Sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi buah plum ini secara rutin mengingat buah ini sangat kaya akan kandungan Vitamin mulai dari A,B,C,K, antioksidan, serat tinggi dan kalsium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh mulai dari kulit, jantung hingga ke otak. Mulailah mencegah berbagai penyakit dengan mengonsumsi buah ini.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba