15 Manfaat Buah Semangka Jika Rutin Dikonsumsi

15 Manfaat Buah Semangka Jika Rutin Dikonsumsi

Buah semangka, jenis buah satu ini tentu sudah tak asing bagi Anda. Sebab begitu mudah ditemui di pasaran maupun toko buah. Daging buah semangka ada yang berwarna merah maupun kuning. Rasa buah ini begitu manis dan menyegarkan sehingga sering dikonsumsi untuk cuci mulut.

Buah semangka sering disajikan untuk cuci mulut setelah makan. Mengingat buah ini selain memiliki rasa manis juga mengandung banyak air. Kandungan air bahkan mencapai 92 % sehingga sangat pas di makan saat cuaca panas.

Tanaman semangka tumbuh secara merambat. Mudah tumbuh khususnya di daerah-daerah yang sejuk. Mengonsumsi semangka tidak hanya menyegarkan melainkan pula memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal itu didukung dari banyaknya kandungan nutrisi lengkap pada semangka.

Kandungan Nutrisi Pada Buah Semangka

1. Potassium

Potassium

Image Credit: Health.harvard.edu

Selain lezat saat dikonsumsi, semangka juga kaya akan nutrisi. Salah satu di antaranya ialah mengandung potassium. Kandungan zat demikian sangat bermanfaat untuk kekuatan tulang dan sendi Anda sehingga performa akan tetap prima. Beragam aktivitas sehari-hari pun tak akan terhambat.

Potassium juga dapat menghindari dari resiko penyakit yang lebih parah contohnya serangan jantung. Sebab kadar kolesterol dan peredaran darah dapat lebih terjaga dengan konsumsi semangka. Jika kolesterol dan peredaran darah lancar maka kesehatan jantung pun akan tetap terjaga.

2. Vitamin A

Efek Kekurangan atau Kelebihan Vitamin A Bagi Tubuh

Image Credit: Honestdocs.id

Buah semangka tidak hanya mengandung Vitamin C seperti pada buah pada umumnya. Vitamin C yang amat baik bagi sistem imun di tambah dengan adanya Vitamin A tentu menjadi manfaat double untuk kesehatan.

Vitamin A sangat baik untuk kesehatan kulit dan mata. Konon mengonsumsi satu potongan semangka mampu menghasilkan 46 kalori sehingga sudah mampu mencukupi 17% asupan vitamin A pada tubuh.

3. Antioksidan

Sumber & Manfaat Antioksidan Bagi Kesehatan

Image Credit: Kompas.com

Buah semangka yang segar juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan meliputi Vitamin A, Beta Karoten, Zeaxanthine dan Lutein terdapat pada buah yang satu ini.

Manfaat yang diperoleh begitu bagus untuk kesehatan. Anda dapat menjaga kondisi tubuh dan mata dengan baik. Beragam resiko gangguan mata seperti glaukoma dan rabun senja dapat ditanggulangi oleh buah yang segar tersebut.

4. Likopen

Likopen

Image Credit: Klikdokter.com

Likopen merupakan zat penting yang dibutuhkan manusia. Fungsi nutrisi ini begitu vital dalam mencegah dan menangani penyakit. Sebab zat likopen mampu menangkal penyebaran radikal bebas dalam tubuh.

Lebih jauh, likopen juga penting dalam menjaga kondisi tulang, meningkatkan fungsi jantung serta menjaga dari resiko kerusakan pada paru-paru maupun kanker prostat. Mengingat beragam manfaat di atas tentu penting untuk konsumsi buah semangka.

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

1. Melawan Lemak Menumpuk

Lemak

Image Credit: Merdeka.com

Lemak dalam tubuh sering kali tak terkontrol. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi mengandung banyak lemak seperti junk food. Bila di biarkan tentu berbahaya dan berat badan pun akan meningkat. Mengonsumsi semangka dapat menjadi solusi mengatasi lemak menumpuk dalam tubuh.

BACA:  Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan & Kandungan Nutrisinya

Buah semangka mengandung asam amino citrulin. Zat demikian kaya manfaat dalam mengatasi lemak berlebih pada tubuh. Tak ayal ada beberapa dari Anda mengonsumsi buah semangka dalam rangka menjalankan program diet untuk mengatasi lemak berlebihan.

2. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi

Image Credit: Halodoc.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kandungan air semangka mencapai 92%. Kadar air tersebut bukanlah jumlah yang sedikit. Tak ayal ketika mengonsumsinya Anda akan merasakan kesegaran buah ini.

Dengan kandungan air yang demikian maka buah semangka mampu mencegah dehidrasi. Anda dapat memanfaatkan kehadiran buah ini bila tak sempat meminum banyak air. Apalagi kandungan mineral lain juga ada sehingga semakin menyehatkan.

3. Menjaga Kesehatan Ginjal

Membantu Detoksifikasi

Image Credit: Blog.tribunjualbeli.com

Organ ginjal memiliki peran penting untuk manusia. Apabila terhambat tentu menjadi masalah serius bagi kesehatan. Beragam makanan dan buah-buahan sehat dapat menjadi solusi agar ginjal tetap sehat. Salah satunya ialah buah yang sudah populer di masyarakat yakni buah semangka.

Kandungan potasium pada semangka memiliki manfaat penting yang salah satunya mampu menjaga kesehatan ginjal. Asam urat dapat dicegah sehingga kemungkinan ginjal rusak tidak besar. Kandungan air yang tinggi pada semangka juga membuat sistem pencernaan lancar sehingga ginjal tetap sehat.

4. Mencegah Kanker

Mencegah Tumor dan Kanker

Image Credit: Chirpstory.com

Kanker merupakan penyakit mematikan yang ada di dunia ini. Penyebab kanker paling umum antara lain disebabkan radikal bebas yang tak terkontrol dalam tubuh. Ada banyak cara agar radikal bebas dapat di tangani. Salah satunya ialah Anda mengonsumsi buah atau jus semangka secara rutin.

Nutrisi dalam semangka memiliki peran dalam mencegah kanker. Hal itu didapatkan dari nutrisi likopen dan vitamin c. Kedua zat tersebut berperan penting dalam mencegah kanker karena mampu melindungi dari radikal bebas yang mengancam kesehatan.

5. Menyuburkan Kandungan

Image Credit: Informasiana.com

Buah semangka berperan penting baik untuk laki-laki maupun wanita. Manfaat semangka untuk kaum hawa pun begitu penting sebab mampu menyuburkan kandungan. Kondisi demikian begitu menguntungkan mengingat dapat mencegah cacat pada bayi baik itu cacat saraf ataupun fisik.

Buah semangka mampu menyuburkan kandungan mengingat adanya asam folat tinggi terhadapnya. Para ibu hamil dapat memanfaatkannya dengan mengonsumsinya secara teratur agar manfaat yang diperoleh lebih maksimal. Bila perlu mengolahnya menjadi jus segar agar lebih mudah di olah di dalam tubuh. Jangan lupa pisahkan dahulu biji semangkanya.

BACA:  10 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Image Credit: Wowkeren.com

Kandungan nutrisi likopen tidak hanya berperan aktif mencegah kanker. Kandungan penting tersebut juga menjadi cara ampuh mengurangi kolesterol, menurunkan hipertensi serta menjaga kesehatan jantung.

Kolesterol dan tekanan darah tinggi itu sendiri merupakan penyebab serangan jantung. Oleh sebab itu dengan mengonsumsi semangka maka kemungkinan terjaganya fungsi kerja jantung semakin meningkat. Kondisi tubuh pun akan tetap prima dalam melakukan beragam aktivitas Anda.

7. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kesehatan Kulit Wajah

Image Credit: Mokomoko.id

Buah semangka tidak hanya bagus untuk kesehatan, untuk Anda yang ingin perawatan kulit pun sangat tepat. Jadi tidak perlu melakukan perawatan kecantikan yang berlebihan untuk kecantikan maksimal.

Mengonsumsi buah semangka amat baik untuk kulit mengingat kandungan vitamin C dan A terdapat dalam buah segar tersebut. Kedua vitamin demikian begitu efektif merawat kulit tetap sehat dan halus. Protein serta kolagen mampu dihasilkan sehingga kulit akan terlihat bersih.

8. Mengatasi Nyeri Otot

Nyeri Otot

Image Credit: Hellosehat.com

Nyeri otot mungkin bukanlah penyakit yang berbahaya. Namun jika dibiarkan tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Beragam obat medis sudah tersedia untuk mengatasi penyakit tersebut. Walaupun mengonsumsi semangka pun dapat menjadi alternatif.

Selain nikmat dan menyegarkan,semangka mampu mengatasi nyeri otot. Senyawa asam amino citruline menjadi penyebabnya. Mengingat fungsi zat tersebut amat baik dalam meredakan nyeri pada otot. Ada baiknya Anda mengonsumsi buah semangka secara rutin agar manfaat yang diterima lebih maksimal.

9. Mencegah Impoten

Impoten

Image Credit: Alodokter.com

Buah semangka tidak hanya bermanfaat dalam meningkatkan kesuburan wanita. Bagi pria pun bermanfaat demikian. Anda dapat mengonsumsi buah semangka secara rutin baik langsung ataupun dengan di jus untuk obat kuat pria. Asam folat yang tinggi pada buah tersebut membuat Anda dapat mencegah mengalami impoten.

Impoten merupakan suatu kondisi yang mana penis tidak mampu ereksi meski sudah dirangsang. Mengingat manfaat yang demikian penting tak ayal segeralah memakan buah semangka secara rutin agar kesuburan tetap terjaga.

10. Mengatasi Sembelit

Mengalami Sembelit atau Konstipasi

Image Credit: Liputan6.com

Sembelit merupakan suatu kondisi meresahkan pada manusia. Penderita akan mengalami kesusahan dalam buang air besar. Jika di biarkan tentu menimbulkan efek tak nyaman dan tidak menyehatkan bagi tubuh. Dibutuhkan makanan khusus untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh.

Salah satu cara yang paling mudah ialah dengan mengonsumsi buah semangka. Buah semangka mengandung banyak air dan juga serat. Dengan begitu permasalahan sulit buang air besar akan mudah di atasi. Selain itu, serat juga merupakan zat yang kaya manfaat untuk menjaga kondisi tubuh dari berat badan berlebihan.

11. Menurunkan Peradangan

Mencegah Peradangan

Image Credit: Tribunnews.com

Mengonsumsi buah semangka paling enak saat cuaca panas. Rasa segar yang dihasilkan mampu menghilangkan dahaga dalam tubuh. Selain itu, semangka juga sangat efektif untuk menurunkan peradangan yang terjadi.

BACA:  15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Hal demikian tak mengherankan mengingat kandungan nutrisi lengkap yang ada dalam semangka. Beberapa zat penting seperti likopen dan vitamin c sangat efektif untuk menurunkan peradangan yang sedang melanda. Jadi Anda dapat mengonsumsinya secara teratur agar efektif.

12. Mencegah Asma

Asma

Image Credit: Cnnindonesia.com

Asma merupakan suatu kondisi yang mana penderita akan kesulitan dalam bernafas. Penyebab penyakit ini bervariasi, salah satunya yakni kadar vitamin C yang kurang pada tubuh. Vitamin c begitu bermanfaat dalam membentuk antioksidan dan anti inflamasi.

Lebih jauh, mendapatkan tambahan vitamin c akan menjadi satu cara jitu untuk mencegah asma. Anda dapat mengonsumsi beragam buah segar seperti halnya semangka. Semangka kaya akan vitamin C dan juga nutrisi lain yang bermanfaat bagi tubuh. Jadi selain rasanya yang enak, manfaatnya juga akan begitu terasa.

13. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Perhatikan Saat Menyisir Rambut

Image Credit: Biutest.com

Bagi Anda yang sering mengalami beragam permasalahan rambut seperti rontok tentu di rasa menyebalkan. Belum lagi efek lain seperti rambut kusam sehingga memunculkan ketombe. Menggunakan sampo yang pas tentu menjadi solusi tepat. Apalagi jika Anda rutin mengonsumsi buah kaya akan Vitamin C dan A seperti semangka.

Mengonsumsi semangka membuat kesehatan rambut Anda terjaga. Kandungan zat vitamin A dan C mampu menguatkan rambut di kepala. Dengan demikian permasalahan rambut rontok akan segera berakhir. Sel-sel kulit rambut yang rusak bahkan akan diperbaiki sehingga kemungkinan rontok akan berkurang.

14. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kesehatan Mata

Image Credit: Elenaangel.com

Manfaat buah semangka terkait dengan kesehatan mata sudah sedikit di bahas di atas. Namun lebih lengkapnya, buah semangka memang sangat efektif menjaga indera penglihatan. Zat likopen efektif dalam melindungi mata dari kerusakan yang bisa terjadi termasuk disebabkan oleh faktor usia.

Maka dari itu, mengonsumsi buah semangka dapat menjadi solusi efektif untuk menjaga kesehatan mata. Likopen akan bertindak sebagai antioksidan dan anti inflamasi yang mana mampu mengatasi permasalahan mata terkait usia. Anda dapat mengonsumsinya secara rutin agar manfaat bisa di rasakan dengan efektif.

15. Mencegah Diabetes

Mencegah Penyakit Diabetes

Image Credit: Diabetes.co.uk

Diabetes merupakan kondisi yang mana penderita tidak boleh di izinkan memakan makanan yang mengandung manis berlebih. Beberapa solusi pengganti gula sudah ditemukan. Anda pun dapat memanfaatkan buah semangka sebagai alternatif. Rasa semangka yang manis dan segar akan terasa pas dibanding harus mengonsumsi makanan manis lain apalagi bila pemanis buatan.

Buah semangka juga mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh. Anda dapat memanfaatkan hal demikian untuk pula agar terhindar dari penyakit berbahaya lain. Pemanfaatan secara teratur dapat menimbulkan efek positif bagi kesehatan.

Itulah 15 manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat demikian bukan tanpa alasan melainkan kandungan nutrisi yang begitu lengkap pada buah manis tersebut. Jadi Anda dapat menikmati kesegaran dan kemanisan buah sembari mendapatkan nutrisi terhadapnya. Lagi pula buah semangka praktis untuk di konsumsi baik itu langsung maupun di buat menjadi jus segar.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba