10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Siapa yang tidak mengenal buah sirsak? Rasanya yang cukup manis menjadikan buah ini favorit kebanyakan orang. Tetapi bukan itu saja, ternyata buah dengan daging berwarna putih kekuningan dan berbiji banyak ini memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat tersebut didapatkan tidak hanya dari daging buahnya, namun batang, akar serta daunnya juga memiliki khasiat.

Buah sirsak dalam bahasa Inggris disebut dengan Soursop. Sejarah mengatakan bahwa buah ini ditemukan dari area tropis yaitu Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Sehingga tidak heran bahwa penggunaan manfaat dari konsumsi buah sirsak sudah menjadi budaya di area tersebut yang kemudian seiring berjalannya waktu konsumsi akan sirsak dan manfaatnya sudah menyebar ke negara lainnya.

Buah sirsak dapat ditemukan dengan mudah di berbagai area tropis. Buah ini dapat dimakan secara langsung, ataupun diolah menjadi jus. Selain rasa manis, buah ini juga memiliki rasa asam yang membuat perpaduan rasa yang sangat digemari oleh banyak orang. Namun rasa asam dan manis tersebut mengandung berbagai nutrisi serta segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi pada Buah Sirsak

1. Serat Alami

Serat

Image Credit: Klikdokter.com

Dalam kandungan 1 porsi buah sirsak ternyata mengandung beberapa nutrisi yang salah satunya merupakan serat. Serat adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh karena manfaatnya yang mampu menekan kadar kolestrol serta dapat mencegah adanya konstipasi. Selain itu mengkonsumsi makanan kaya akan serat dapat membantu menjaga berat badan tubuh agar ideal.

Banyak makanan yang memiliki kandungan serat alami seperti pada sayuran dan buah-buahan. Kadar serat yang dibutuhkan oleh tubuh seseorang dipengaruhi oleh usia serta jenis kelamin. Wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi 21-25 gram serat untuk tubuh per harinya. Sedangkan laki-laki perlu mendapatkan asupan 30-38 gram serat per harinya.

2. Vitamin

Vitamin C

Image Credit: Skinpeutics.com

Nutrisi selanjutnya yang penuh khasiat dan terkandung pada buah sirsak adalah buah ini memiliki banyak sekali jenis vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya yaitu adanya kandungan Vitamin C, Vitamin B dan juga Vitamin A dimana fungsinya mencakup sebagai penangkal berbagai penyakit serta mampu merangsang sel-sel darah putih.

Kadar vitamin dalam buah sirsak terbilang memiliki kadar paling banyak dibandingkan kandungan yang lainnya yaitu sebesar 67,5 persen. Dengan menjadi garda terdepan untuk meningkatkan daya tahan tubuh membuat dengan mengkonsumsi vitamin dapat meminimalisirkan adanya resiko penyakit-penyakit kronis seperti jantung, diabetes hingga tekanan darah tinggi.

3. Antioksidan

Sumber & Manfaat Antioksidan Bagi Kesehatan

Image Credit: Kompas.com

Layaknya vitamin, antioksidan juga merupakan senyawa penting yang dibutuhkan oleh tubuh karena juga dapat membantu meningkatkan imunitas akan tubuh. Selain itu fungsi antioksidan yaitu mampu menangkal radikal bebas seperti asap rokok, polusi dan juga senyawa pestisida serta dapat memperbaiki kerusakan sel-sel yang diakibatkan oleh radikal bebas tersebut.

BACA:  15 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Dengan kombinasi asupan antioksidan yang diikuti dengan vitamin akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan akan lebih tebal melawan berbagai resiko penyakit dengan lebih maksimal. Mengkonsumsi sayur dan buah-buahan merupakan salah satu cara agar mendapatkan asupan antioksidan. Karena makanan tersebut merupakan sumber dari antioksidan yang alami.

4. Kalium / Potassium

Potassium

Image Credit: Health.harvard.edu

Kalium atau potassium merupakan salah satu mineral pada tubuh yang membantu fungsi otot dan sel saraf, terutama pada jantung. Hal ini menjadikan peran kalium sangat penting karena untuk kelangsungan fungsi organ dalam seperti jantung ataupun ginjal dapat bekerja secara normal. Mineral ini dibutuhkan karena tubuh tidak dapat memproduksi kalium dengan sendirinya.

Oleh sebab itu mineral kalium perlu didapatkan dengan asupan yang diperoleh dari konsumsi makanan seperi buah dan sayuran yang kaya akan kalium. Selain itu kalium juga memiliki peran penting pada tubuh karena berfungsi sebagai penghantar sinyal listrik pada syaraf, mengatur kontraksi otot, serta mengatur cairan yang ada pada tubuh.

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Image Credit: Wowkeren.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, antioksidan dan vitamin merupakan salah satu nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kekebalan daya tahan tubuh. Dalam buah sirsak, dua nutrisi tersebut memiliki kadar kandungan yang cukup tinggi. Kadar vitamin dalam buah sirsak mencapai hingga 67,5% hanya pada daging buahnya dan 20% dalam kulit sirsak.

Antioksidan merupakan kandungan yang dapat membantu menetralisir seluruh efek paparan radikal bebas, dan vitamin berfungsi sebagai penjaga struktur yang menghubungkan seluruh jaringan serabut. Inilah yang menyebabkan buah sirsak mampu menekan adanya resiko penyakit kronis dan infeksi, serta mampu menjaga kesehatan tubuh dengan lebih maksimal.

2. Melancarkan Masalah Pencernaan

Menyembuhkan Penyakit Sistem Pencernaan

Image Credit: Alodokter.com

Salah satu alasan mengapa buah sirsak baik untuk masalah pencernaan yaitu karena buah ini mengandung serat alami. Seperti yang diketahui, fungsi serat pada tubuh dapat membantu mengatur dan memperlambat proses pencernaan. Dengan pencernaan yang teratur, tubuh akan memiliki kadar gula darah yang stabil.

Dalam 100 gr daging buah sirsak, memiliki kandungan serat sebanyak 3,3 gr sehingga mampu memenuhi kebutuhan serat tubuh per hari sebanyak 13 persen. Selain berfungsi sebagai pengobatan ketika mengalami rasa sakit ketika buang air, buah sirsak juga dapat menurunkan kolestrol jahat serta membantu melawan resiko penyakit kronis seperti penyakit jantung.

3. Mencegah dan Mengobati Penyakit Kanker

Mencegah Tumor dan Kanker

Image Credit: Chirpstory.com

Penelitian menyatakan bahwa buah sirsak dapat membantu pencegahan penyakit kanker. Hal itu dikarenakan kandungan dalam sirsak mampu membunuh sel-sel kanker dengan cara masuk kedalam metabolisme sel kanker tersebut, yang kemudian perkembangan akan sel kanker tersebut akan terhentikan secara total oleh kandungan yang terdapat pada sirsak.

BACA:  10 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Hal ini didukung oleh hasil test yang mengatakan bahwa sirsak merupakan salah satu bahan alami yang berpotensi sebagai obat anti kanker khususnya serviks dan nasopharing. Diberitahukan juga bahwa kandungan sirsak memiliki bahan aktif yang 1000 kali lipat lebih kuat dan efektif dibandingkan kemoterapi. Kandungan tersebut dapat ditemukan pada daun sirsak.

4. Meringankan Peradangan

Mencegah Peradangan

Image Credit: Tribunnews.com

Manfaat selanjutnya yang didapatkan dari buah sirsak yaitu ekstrak buah sirsak mampu memberikan efek antiradang. Peradangan dapat menimbulkan penyakit seperti peradangan sendi, penyakit darah tinggi serta penyakit asam urat. Beberapa kandungan yang dipercaya dapat mengobati peradangan dan asam urat yaitu caclourin, asam gentisic dan asam linoleac.

Manfaat ini dipercaya dapat didapatkan pada bagian daun sirsak. Caranya dengan merebus daun sirsak, kemudian meminum hasil rebusan daun sirsak tersebut. Dengan konsumsi secara rutin di setiap pagi akan memberikan efek kesehatan yang nyata dan mampu menjaga tubuh akan kemungkinan terserang berbagai penyakit.

5. Membantu Menghilangkan Stres

Stress

Image Credit: Hardrockfm.com

Khasiat buah sirsak sebagai pencegah stres sudah dipercaya sejak berabad-abad yang lalu. Hal tersebut masih berhubungan dengan ekstrak buah sirsak yang memiliki efek antiradang terhadap tubuh. Dalam manfaat ini, efek antiradang sangat bagus bagi tubuh karena akan memberikan rasa tenang ketika seseorang mulai merasakan ketegangan dan kecemasan secara berlebihan.

Hal itu juga sangat membantu sebab ketika seseorang sudah merasakan stres, hormon stres dapat mengacaukan serta merusak sistem kekebalan daya tahan yang terdapat pada tubuh. Antiradang tersebut dapat membantu membebaskan seseorang dari rasa stres dan cemas. Selain itu efek antiradang juga dapat membantu untuk mengatasi kesulitan tidur atau insomnia.

6. Melancarkan Saluran Pernapasan

Asma

Image Credit: Cnnindonesia.com

Nyatanya buah ini juga merupakan salah satu alternatif utama yang dianjurkan untuk berjuang melawan penyakit seperti flu, batuk, dan gangguan pernapasan yang lain. Ini disebabkan buah sirsak memiliki sifat yang disebut ekspektoran. Ekspektoran dapat membantu untuk menghilangkan lendir dan dahak dimana banyaknya virus yang dapat hidup.

Sirsak juga dapat mengurangi infeksi bakteri karena terdapat kandungan dalam sirsak yang bernama asam askorbat yang mampu menangkal radikal bebas, serta mampu mempercepat kesembuhan gangguan pernapasan seperti batuk, flu hingga penyakit sinus. Selain daging buahnya, rebusan buah sirsak juga memiliki khasiat yang sama dalam meredakan tenggorokan.

7. Menjaga Tekanan Darah dan Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Image Credit: Wowkeren.com

Tekanan darah dalam tubuh dapat dikendalikan dengan senyawa Potasium atau Kalium yang terdapat dalam buah sirsak. Seperti yang diketahui, gangguan dalam tekanan darah akan menimbulkan penyakit pada jantung. Itulah mengapa peran kalium sangat penting karena dapat menyeimbangkan efek negatif terhadap kandungan garam yang dikonsumsi oleh tubuh.

BACA:  15 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah dan Rambut yang Perlu Anda Ketahui

Sirsak juga dipercaya dapat membantu menyembuhkan kondisi penyakit yang diderita oleh jantung. Hal itu disebabkan karena kandungan dalam sirsak tersebut dapat otot-otot pada jantung. Kalium juga membantu menjaga sistem saraf serta membantu melancarkan sirkulasi darah yang dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh.

8. Menyembuhkan Infeksi dan Nyeri

Nyeri Otot

Image Credit: Hellosehat.com

Hasil penelitian dalam laboratorium membuktikan bahwa ekstrak dalam buah sirsak mampu membunuh virus, bakteri dan parasit yang hinggap dan hidup dalam tubuh. Kandungan nutrisi dalam sirsak yang membantu menguatkan daya tahan kekebalan tubuh membuat penyembuhan akan infeksi dapat dilakukan serta mampu memberikan kepulihan tubuh secara maksimal.

Nyeri pada tubuh seperti nyeri sendi juga merupakan salah satu gangguan yang dapat disembuhkan oleh buah sirsak.  Uniknya, tidak harus mengkonsumsi buah sirsak jika ingin mendapatkan manfaat ini. Namun hanya perlu menggosokan kulit sirsak pada bagian tubuh yang dirasa nyeri. Sesaat kemudian rasa nyeri yang dimiliki akan berkurang dan membaik.

9. Memperkuat Tulang

Memperkuat Tulang

Image Credit: Merdeka.com

Osteoporosis dan keropos tulang merupakan kondisi medis yang akan didapatkan seiring berjalannya dengan waktu dan usia, sehingga pada usia senja kondisi ini tentu dapat terjadi. Namun buah sirsak memiliki kandungan fosfor dan mineral kalsium yang mampu memperkuat tulang dan mencegah terjadinya kondisi keropos tulang dalam jangka panjang.

Mengkonsumsi buah sirsak merupakan cara terbaik karena akan membantu pencegahan penyakit pada tulang dan juga dapat melindungi tulang dari adanya penipisan estrogen. Selain itu buah sirsak juga sangat dianjurkan bagi wanita untuk menjaga kebugaran fisiknya dalam jangka waktu yang panjang serta dapat membantu mengatasi masalah menopause pada wanita.

10. Baik untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Kesehatan Kulit Wajah

Image Credit: Mokomoko.id

Selain untuk membantu meredakan nyeri, kulit dari buah sirsak ternyata mampu mengatasi permasalahan yang dimiliki pada kulit. Menggunakan cara yang sama yaitu dengan menggosokan kulit sirsak pada permukaan kulit yang bermasalah akan membantu dan juga mempercepat proses penyembuhan dari masalah kulit yang diderita tersebut.

Vitamin C yang terkandung dalam sirsak juga dapat menyelesaikan masalah perawatan dan kecantikan tubuh seperti membersihkan ketombe, mencegah rambut rontok, dan mengatasi kutu rambut. Kandungan ini juga dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan di antaranya yaitu keriput pada wajah dan juga garis halus serta pigmentasi pada kulit.

Selain manfaat yang sudah dijelaskan diatas, mengkonsumsi buah sirsak juga cukup baik karena buah ini dapat memberikan asupan kalori yang cukup tanpa merubah tingkat kadar gula pada tubuh. Selain daging buahnya, akar dan kulit sirsak juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah disentri dan juga cacingan. Sehingga khasiat dari buah sirsak ini sangat maksimal dan dapat dipergunakan seluruhnya.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba