10 Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

10 Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Pohon bidara seperti tak asing lagi di telinga masyarakat. Tanaman yang tumbuh di daerah yang kering ini mempunyai karakteristik pohonnya yang kecil dan memiliki buah. Sering juga disebut dara, widara, bedara, dan masih banyak nama yang lainnya. Tanaman hijau ini memiliki ranting dengan cabang yang simpang siur.

Tanaman bidara memiliki buah yang unggul dan segar, biasanya untuk dibuat minuman atau dimakan secara langsung. Tak hanya buahnya, ternyata daun dari tanaman ini sangat bermanfaat. Umumnya, sebagian orang membuat daun ini sebagai sayuran pelengkap makanan, dijadikan jamu, memandikan mayat, serta pakan ternak.

Daun bidara yang kaya akan manfaat ini dikenal sebagai bahan untuk mengobati penyakit tertentu. Belum lagi, daun ini juga terbilang mudah didapatkan masyarakat, serta Anda dapat dengan gampang mengolahnya sendiri di rumah. Maka dari itu, hingga kini penggunaan daun bidara masih menjadi pilihan obat alami masyarakat.

Kandungan Nutrisi Daun Bidara

Terkenal sebagai obat herbal, daun bidara memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Khasiat dari daun bidara untuk kesehatan tubuh sudah terbukti di seluruh kalangan masyarakat. Berikut kandungan nutrisi pada daun bidara yang baik untuk kesehatan:

1. Flavonoid

Flavonoid

Image Credit: Slideplayer.info

Pada daun bidara banyak sekali terkandung senyawa flavonoid. Dimana kadarnya mencapai 1,5312% serta mempunyai antioksidan yang amat kuat. Senyawa pada daun bidara ini dapat mencegah radikal bebas. Apabila radikal bebas ini dibiarkan akan berakibat menumpuknya kerusakan pada sel-sel yang sehat dan DNA.

Hal tersebut akan sangat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Antioksidan pada daun bidara bekerja sebagai penetralisir radikal bebas yang memiliki sifat perusak, sehingga dapat mencegah berbagai penyakit. Tak lupa, senyawa ini juga memiliki fungsi dapat menjaga berat badan Anda agar tetap stabil.

2. Karbohidrat

Karbohidrat

Image Credit: Sfidn.com

Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Pada 100 gram daun bidara terdapat karbohidrat sebesar 17 gram. Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi ini akan membantu tubuh untuk mendapatkan energi yang baik. Selain itu kandungan ini dapat pula menjaga kesehatan organ-organ tubuh Anda.

Karbohidrat pada daun bidara akan melindungi jantung Anda agar tetap sehat. Sistem pencernaan Anda juga akan terjaga apabila mengonsumsi daun bidara. Selain itu, kandungan ini dipercaya mampu mencegah tubuh dari serangan penyakit tertentu. Serta masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari kandungan ini.

3. Kandungan Nutrisi Lainnya

Kandungan Nutrisi Lainnya

Image Credit: Grid.id

Selain kandungan karbohidrat sebanyak 17 gram, pada 100 gram daun bidara memiliki kandungan energi sebesar 5,92 kal dan lemak sebanyak 0,07 gram. Juga terdapat protein sebesar 0,8 gram. Sisanya adalah air yaitu sebesar 81,6 gram.

Selain itu, terdapat kandungan berupa serat pangan, gula, fosfor, kalsium serta zat besi. Terdapat pula vitamin B1, B2, serta B3. Kandungan-kandungan ini merupakan nutrisi pendukung untuk mencegah berbagai macam penyakit masuk ke dalam tubuh Anda.

Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan

Tanaman bidara mempunyai nama latin Ziziphus Mauritiana dan memiliki manfaat yang sangat banyak. Bahkan sering kali orang mengkaitkannya dengan hal-hal yang mistis. Namun demikian, daun ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat dari daun bidara yang perlu Anda ketahui:

1. Mengatasi Depresi dan Stres

Stress

Image Credit: Hardrockfm.com

Stres dan depresi akan sangat menghambat kehidupan Anda. Hal ini akan berdampak buruk pada perasaan, konsentrasi, stamina, pola tidur, serta selera makan. Biasanya penyebab stres adalah rutinitas yang padat dan berbagai masalah yang timbul.

Apabila Anda mengalami stres, banyak masalah kesehatan yang muncul, yaitu seperti asam lambung, sakit kepala yang berlebih, dan siklus menstruasi yang buruk. Bahkan apabila Anda termasuk ke dalam risiko obesitas maka akan mudah terserang diabetes. Tetapi, tenang saja, daun bidara dikenal efektif mengatasi stres dan depresi.

Apabila Anda sedang mengalami hal tersebut, baiknya Anda mengonsumsi daun ini. Efek dingin dan nyaman yang ada pada daun ini akan meringankan depresi Anda. Seduhlah daun bidara dan gunakan layaknya meminum teh serta tambahkan madu jika perlu. Tanaman ini akan membantu stres Anda lebih berkurang serta membuat Anda lebih nyaman.

2. Mencegah Tumor dan Kanker

Mencegah Tumor dan Kanker

Image Credit: Chirpstory.com

Sel kanker dan tumor sangatlah berbahaya bagi tubuh. Penyakit ini memiliki tingkat kematian yang tinggi. Namun, daun bidara sangat dapat membantu mencegah sel-sel kanker dan tumor tersebut untuk berkembang di tubuh Anda.

Apabila Anda merasa memiliki gejala yang merujuk penyakit tersebut, rutinlah untuk menyeduh daun bidara sebagai obat herbal. Tanaman ini memiliki senyawa kimia yang efektif sebagai obat pencegah kanker.

Daun bidara akan membantu tubuh Anda dalam menghentikan sel-sel kanker yang sedang tumbuh. Tanaman ini juga membantu Anda lebih kebal terhadap penyakit tersebut dengan meningkatkan imun tubuh. Konsumsilah daun bidara ini secara rutin agar terhindar dari tumor dan kanker.

3. Membuat Luka Cepat Sembuh

Membuat Luka Cepat Sembuh

Image Credit: Ayurvediccure.com

Kandungan antibakteri dan antiinflamasi pada tanaman ini akan membantu penyembuhan luka Anda. Biasanya luka yang berupa lecet atau sayatan akan cepat sembuh apabila mengonsumsi daun bidara, bahkan pada luka bakar sekalipun. Terdapat pula senyawa glikosida yang mampu memudarkan bekas luka dengan cepat.

Cara pakainya adalah keringkan daun bidara dan buatlah menjadi bentuk bubuk. Setelah itu, campur bubuk daun bidara dengan air lalu oleskan pada luka. Daun bidara membantu penyembuhan luka dengan cara meregenerasi kulit Anda. Sehingga, pada taraf luka yang parahpun, daun ini akan cepat menyembuhkan luka Anda.

4. Mencegah Penyakit Diabetes

Mencegah Penyakit Diabetes

Image Credit: Diabetes.co.uk

Diabetes seakan menjadi salah satu penyakit yang ditakuti seluruh kalangan masyarakat. Timbulnya penyakit ini dikarenakan ketidakmampuan ginjal untuk memproduksi insulin dengan normal. Tingkat kematian penyakit ini terbilang tinggi sehingga sangat perlu untuk mencegahnya timbul. Ternyata, tanaman bidara dipercaya dapat menjadi penangkal penyakit ini dengan baik.

Konsumsilah daun bidara sebagai teh yang dapat mengontrol kadar gula darah Anda. Senyawa pada daun bidara dapat mencegah kerusakan sistem pengontrol kadar gula di darah Anda. Selain itu, daun bidara akan membantu ginjal untuk menghasilkan insulin dengan baik sehingga mencegah penyakit diabetes timbul.

5. Meningkatkan Nafsu Makan

Meningkatkan Nafsu Makan

Image Credit: Alodokter.com

Napsu makan yang buruk akan berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda. Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, Anda diwajibkan untuk menjaga pola makan dengan baik. Dalam jangka panjang, hal ini akan mengganggu sistem pencernaan Anda.

Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan rajin mengonsumsi daun bidara. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara diseduh seperti teh. Selain itu, Anda juga bisa membuatnya menjadi bubuk lalu masukkan ke dalam kapsul obat. Kemudian minumlah seperti meminum obat biasanya.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Image Credit: Wowkeren.com

Apabila Anda sering jatuh sakit, daun bidara adalah solusinya. Penggunaan daun bidara untuk meningkatkan imunitas tubuh sudah sejak lama dilakukan banyak kalangan. Antioksidan yang tinggi pada tanaman ini berguna untuk mendukung imun Anda serta menjaga Anda dari serangan penyakit.

Cobalah untuk rutin meminum tanaman ini. Anda bisa menyeduh daun bidara dengan menambahkan madu atau lemon untuk hasil yang lebih maksimal. Minumlah secara rutin untuk menjaga agar Anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

7. Menyembuhkan Penyakit Sistem Pencernaan

Menyembuhkan Penyakit Sistem Pencernaan

Image Credit: Alodokter.com

Maag menjadi penyakit yang bisa menyerang semua orang. Tak hanya maag, penyakit lain di sistem pencernaan seperti yang berkaitan dengan usus, akan dengan mudah menyerang diakibatkan oleh buruknya pola makan Anda.

Selain menjaga daya tahan tubuh, ternyata daun bidara juga berkhasiat mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit pada sistem pencernaan manusia. Daun bidara dapat menetralkan asam lambung sehingga baik bagi penderita penyakit maag.

Selain itu, daun bidara mampu mengeluarkan racun-racun yang terdapat pada tubuh, terutama pada pencernaan. Sehingga, sistem pencernaan Anda akan tetap bersih. Tak hanya itu, tanaman ini turut mencegah adanya infeksi pada saluran-saluran pencernaan. Maka dari itu, minumlah segera tanaman ini jika menemui gejala serius pada pencernaan Anda.

8. Membuat Bibir dan Mulut Tetap Sehat

Membuat Bibir dan Mulut Tetap Sehat

Image Credit: Id.priceprice.com

Bibir kering, pecah-pecah, serta bau mulut tentunya sangat mengganggu penampilan dan percaya diri Anda. Tak hanya itu, kondisi tersebut juga menandakan tubuh Anda kurang terhidrasi dengan baik. Kadang bahkan bibir yang kering dan pecah ini menimbulkan perih tersendiri. Apabila kondisi ini dibiarkan dapat berakibat buruk pada kesehatan bibir dan mulut Anda.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk meminum air rebusan daun bidara secara rutin. Selain menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah, tanaman ini akan menyegarkan nafas Anda. Tentu saja, Anda akan lebih percaya diri apabila tidak memiliki bau mulut yang tidak segar.

Anda bisa mengonsumsi daun bidara dengan cara merebus daun tersebut. Bisa juga dengan mencampurkannya pada makanan Anda. Menambahkan lemon atau jeruk nipis juga dapat membantu kondisi tersebut cepat pulih. Pastikan untuk rutin meminumnya agar mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

9. Memperlancar Haid

Memperlancar Haid

Image Credit: Halodoc.com

Kondisi dimana Anda mengalami menstruasi yang tidak lancar dapat menandakan bahwa terdapat masalah pada kesehatan Anda. Faktor yang menyebabkan kondisi ini bisa datang dari beberapa alasan. Biasanya penyebabnya ialah pengaruh hormon, stres, pola makan buruk, dan mengidap penyakit tertentu.

Selain berolahraga, menjaga pola makan, dan beristirahat secara teratur, Anda dapat mengonsumsi obat herbal alami yang bisa membantu melancarkan menstruasi, yaitu daun bidara. Beberapa kandungan nutrisi pada daun bidara dapat menjaga Anda dari stres serta memperbaiki pola makan Anda.

Daun bidara diklaim mampu membuat hormon pada wanita lebih seimbang sehingga dapat memperlancar siklus menstruasi. Minumlah ekstrak tanaman ini secara rutin untuk hasil yang memuaskan. Caranya, potong daun bidara kemudian rebus di air mendidih hingga matang, lalu minumlah air rebusan daun bidara tersebut.

10. Mengatasi Insomnia atau Gangguan Tidur

Mengatasi Insomnia atau Gangguan Tidur

Image Credit: Duniakaryawan.com

Seiring bertambahnya usia, Anda akan lebih sering mengalami insomnia. Gangguan tidur ini juga disebabkan oleh gaya hidup yang salah. Kondisi ini harus Anda obati untuk mencegah meningkatnya masalah kesehatan yang serius. Untuk mengatasinya, Anda harus membuat tidur Anda lebih berkualitas.

Efek insomnia akan semakin parah dalam jangka waktu yang panjang. Kondisi ini akan membuat kesehatan Anda sangat terganggu. Selain meningkatkan kualitas tidur, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi bahan alami, seperti daun bidara agar dapat membantu mengatasi insomnia.

Teh daun bidara dapat dijadikan solusi untuk mengatasi hal ini. Rasa nyaman dan dingin dari teh daun ini akan membuat Anda lebih rileks dan nyaman. Anda akan merasakan efek yang menenangkan setelah mengonsumsi teh ini. Dengan begitu, kualitas tidur Anda akan meningkat dan gangguan tidur Anda teratasi.

Itulah 10 manfaat daun bidara bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Sebagian besar penyakit akan dengan mudah menghampiri dan melekat pada tubuh Anda apabila tidak menjaga dan mencegahnya. Mengonsumsi daun bidara secara rutin akan mampu menangkal berbagai penyakit fisik maupun psikis Anda.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan & Kandungan Nutrisinya
15 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
Pisang
10 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba