15 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah dan Rambut yang Perlu Anda Ketahui

15 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah dan Rambut yang Perlu Anda Ketahui

Jeruk nipis telah dikenal banyak oleh seluruh kalangan masyarakat. Tanaman ini sering juga disebut dengan buah sitrus, karena memiliki nama latin Citrus aurantifolia. Kehadirannya tak lepas dari berbagai manfaat yang berguna bagi tubuh, baik kecantikan maupun kesehatan. Buah ini salah satu jenis jeruk-jerukan yang terbilang sangat masam.

Meskipun begitu, jeruk nipis tak akan pernah sepi peminat. Banyak cara untuk menikmati buah ini. Jeruk nipis ini digunakan sebagai penyegar pada minuman atau makanan, penyedap serta penghilang bau amis, dan bahan untuk jamu. Selain dinikmati dengan cara dikonsumsi, jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai masker alami untuk wajah.

Namun, sebagian orang tidak tahan dengan tingkat keasaman dan kepahitan dari buah ini, sehingga enggan untuk mengonsumsinya. Padahal banyak nutrisi baik bagi tubuh, salah satunya untuk wajah dan rambut Anda. Berbagai manfaat akan Anda dapatkan setelah mengonsumsi jeruk nipis ini secara teratur.

Kandungan Nutrisi pada Jeruk Nipis

Kandungan Nutrisi pada Jeruk Nipis

Image Credit: Deherba.com

Jeruk nipis sangatlah kaya akan vitamin dan mineral, serta zat-zat yang lain. Sebutir jeruk nipis memiliki kandungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian. Kandungan vitamin yang banyak membuat jeruk nipis biasanya digunakan sebagai simbol untuk produk suplemen kesehatan. Berikut kandungan-kandungan yang terdapat pada jeruk nipis.

1. Vitamin C

Vitamin C

Image Credit: Skinpeutics.com

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis sangatlah tinggi. Konsumsi 100 gram jeruk nipis, sama dengan terpenuhinya 48% kebutuhan harian vitamin C Anda. Hal ini terbukti mampu menurunkan risiko beberapa penyakit, sebab vitamin C merupakan antioksidan yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi tubuh.

Mengonsumsi jeruk nipis sangat dianjurkan. Vitamin C berguna untuk pertumbuhan serta dapat memperbaiki jaringan tubuh yang telah rusak. Setiap hari, tubuh secara terus-menerus perlu asupan vitamin C yang baik.

2. Vitamin A, B, dan Folat

Efek Kekurangan atau Kelebihan Vitamin A Bagi Tubuh

Image Credit: Honestdocs.id

Jeruk nipis juga mengandung vitamin yang lainnya, yaitu A, B, dan folat. Vitamin A berfungsi sebagai sumber vitamin yang dapat menjaga kesehatan mata Anda. Selain itu, vitamin A akan membantu proses pembentukan sel-sel yang baru.

Vitamin B akan membantu tubuh Anda dalam menjaga sistem saraf pusat dan kekebalan tubuh. Sedangkan, folat sangat baik bagi ibu hamil. Kandungan folat akan memenuhi asupan nutrisi untuk pencegahan risiko kecacatan pada janin.

3. Kandungan Lainnya

Kandungan Lain Jeruk Nips

Image Credit: Idntimes.com

Selain vitamin tersebut di atas, ada beberapa kandungan nutrisi lainnya pada 100 mg buah jeruk nipis, yaitu:

  • Air sebanyak 86 mg
  • Energi sebanyak 51 kal
  • Zat besi sebanyak 0.4 mg
  • Lemak sebanyak 0.2 g
  • Protein sebanyak 0.9 g
  • Mineral sebanyak 0.5 g
  • Kalsium sebanayk 33 mg
  • Fosfor sebanyak 23 mg
  • Dan asam askorbat sebanyak 49 mg

Nutrisi tersebut menjaga tubuh agar tetap sehat. Adanya kandungan air, vitamin C, dan energi yang tinggi membuat tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Zat besi, kalsium, protein, serta yang lainnya juga menunjang kesehatan tubuh.

BACA:  5 Manfaat Utama Kopi Hijau Untuk Kesehatan (Green Coffee)

Manfaat Jeruk Nipis untuk Perawatan Wajah dan Rambut

Jeruk Nipis

Image Credit: 8villages.com

Nutrisi pada jeruk nipis membuat buah ini dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan manfaat. Apalagi apabila Anda mengonsumsi jeruk nipis secara berkala, kondisi wajah dan rambut Anda akan menjadi lebih baik. Berikut 15 manfaat jeruk nipis bagi kesehatan wajah dan rambut Anda:

1. Membuat Wajah Terlihat Lebih Cerah

Membuat Wajah Terlihat Lebih Cerah

Image Credit: Garnier.co.id

Buah ini sangat tepat bagi Anda yang ingin mencerahkan wajah. Vitamin C pada buah ini baik bagi masalah tersebut. Apabila Anda ingin membuat wajah Anda lebih bersinar, maka gunakan skincare yang memiliki campuran jeruk nipis.

Vitamin C pada jeruk nipis sangatlah tinggi. Sifat antioksidannya akan membantu kulit menjadi lebih cerah. Antioksidan ini juga berperan mencegah pergantian warna kulit di wajah.

2. Membersihkan Kulit Wajah

Persiapkan wajah

Image Credit: Idntimes.com

Setelah seharian beraktifitas di luar ruangan, wajah Anda akan dipenuhi dengan kotoran dari polusi udara. Penting bagi Anda untuk membersihkan wajah Anda. Gunakan perasan air jeruk nipis untuk membersihkan wajah Anda.

Biasanya kotoran akan tetap menempel meski sudah dibersihkan. Sehingga perlu dilakukan scrub pada wajah supaya lebih bersih. Caranya campurkan jeruk nipis dengan gula lalu oles pada wajah Anda kemudian gosoklah dengan pelan. Anda juga bisa mencampurkan madu supaya hasil lebih memuaskan.

3. Menyembuhkan Masalah Jerawat

Muncul Jerawat

Image Credit: Klikdokter.com

Jerawat tumbuh karena ada bakteri-bakteri akibat kotoran dari polusi udara. buah ini dapat membantu mengatasi masalah jerawat Anda. Kandungan asamnya membantu melawan munculnya jerawat karena bakteri.

Gunakan air perasan buah ini untuk dijadikan masker wajah. Oleskan secara merata air hasil dari perasan buah tersebut pada wajah Anda dan tunggulah hingga mengering. Jangan lupa bilas dengan air bersih dan ulangi 2-3 kali dalam seminggu.

4. Mengecilkan Pori-Pori Kulit Wajah

Mengecilkan Pori-Pori Kulit Wajah

Image Credit: Doktersehat.com

Pori-pori wajah yang besar sangat mengganggu kepercayaan diri Anda tentunya. Apabila Anda ingin mengecilkan pori-pori, maka gunakan jeruk nipis secara teratur untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Sifat astrigent dalam jeruk nipis akan efektif dalam mengecilkan pori-pori Anda. Pori-pori wajah yang kecil akan membuat kulit wajah Anda terlihat lebih kencang. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengoleskan air jeruk nipis pada kulit wajah.

5. Membunuh Bakteri di Wajah

Membunuh Bakteri di Wajah

Image Credit: Detik.com

Minyak, sel-sel kulit yang mati, serta kotoran menyebabkan timbulnya masalah jerawat. Ketiga penyebab itu akan menyumbat pori-pori wajah sehingga bakteri akan berkembang dan menyebabkan jerawat. Gunakan jeruk nipis untuk mencegah timbulnya hal ini.

BACA:  15 Manfaat Sari Kurma Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Antibiotik alami pada jeruk nipis mampu menghambat berkembangnya aktifitas berbagai bakteri. Gunakan perasan jeruk nipis sebagai pencegahan terhadap bakteri penyebab jerawat ini. Gunakan secara rutin agar tidak ada bakteri yang beraktifitas di wajah Anda sehingga menyebabkan masalah jerawat yang meradang.

6. Mengatasi Kulit Berminyak

Mengatasi Kulit Berminyak

Image Credit: Kitakini.news

Seringkali Anda tidak percaya diri karena minyak yang berlebih di wajah Anda. Hal tersebut membuat wajah Anda mudah terserang jerawat. Selain itu, make up tidak akan bertahan lama karena wajah terlalu berminyak.

Gunakan jeruk nipis untuk mengatasi masalah kulit berminyak di wajah. Caranya adalah oleskan jeruk nipis pada wajah dan tunggu selama 15 menit kemudian bilas. Lakukan hal ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

7. Mengurangi Timbulnya Pigmentasi Pada Wajah

Mengurangi Timbulnya Pigmentasi Pada Wajah

Image Credit: Magazine.job-like.com

Wajah sering kali mengalami perubahan warna. Selain karena sinar matahari, kondisi ini juga disebabkan oleh radikal bebas dan usia yang semakin tua. Vitamin C dan antioksidan pada jeruk nipis sangat baik untuk mengatasi perubahan warna kulit.

Jeruk nipis mengatasi masalah ini dengan membantu kulit untuk mempercepat regenerasinya. Proses regenerasi pada kulit yang lebih cepat akan membantu mengatasi pigmentasi pada wajah. Dengan begitu, warna kulit pada wajah Anda akan tetap terjaga.

8. Menjaga Agar Kulit Terhidrasi Dengan Baik

Menjaga Agar Kulit Terhidrasi Dengan Baik

Image Credit: Fimela.com

Jeruk nipis bermanfaat untuk meningkatkan energi. Dengan begitu, kandungan yang terdapat pada jeruk nipis akan sangat bermanfaat bagi tubuh agar tetap bertenaga. Tak terkecuali pada kulit wajah.

Tubuh yang mengalami dehidrasi akan membuat kulit wajah menjadi lebih kusam dan tampak kering. Sehingga, perlu diperhatikan untuk tetap mengonsumsi jeruk nipis agar membantu tubuh terhidrasi. Minumlah air jeruk nipis dengan madu agar meningkatkan kadar air dalam tubuh dan kulit wajah.

9. Membuat Wajah Tampak Lebih Muda

Membuat Wajah Tampak Lebih Muda

Image Credit: Liputan6.com

Usia setiap orang akan selalu bertambah seiring berjalannya waktu. Semakin menua maka kulit akan terlihat keriput, lebih kendur dan tidak menarik. Namun, dengan jeruk nipis Anda dapat menemukan kembali wajah awet mudah yang menjadi idaman Anda.

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C tinggi yang akan sangat bermanfaat pada produksi kolagen pada tubuh Anda. Kolagen ini berfungsi meningkatkan kekenyalan dan elastisitas pada kulit. Rutinlah mengonsumsi jeruk nipis ini agar kulit Anda terlihat awet muda.

10. Menyamarkan Kantung Mata

Menyamarkan Kantung Mata

Image Credit: Merdeka.com

Kantung mata membuat wajah kita terlihat seakan lebih tua. Wajah juga akan terlihat lebih tidak segar. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk menggunakan jeruk nipis sebagai masker. Anda juga bisa memilih masker wajah organik yang terbuat dari jeruk nipis.

BACA:  21 Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan & Ibu Hamil

Jeruk nipis sangat efektif untuk mengatasi mata yang lelah dan menyamarkan kantung mata Anda. Gunakan jeruk nipis sebagai kompres dengan mencelupkan kapas ke dalam air perasan jeruk nipis. Tempelkan kapas tersebut pada kantung mata dan diamkan selama beberapa menit agar lebih meresap.

11. Mencegah dan Mengatasi Kerontokan

Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat

Image Credit: Liputan6.com

Air perasan jeruk nipis sudah terkenal sebagai obat kerontokan dan kebotakan rambut. Fungsikan air ini sebagai hair tonic alami. Vitamin C yang ada pada jeruk nipis akan membantu pertumbuhan rambut Anda secara cepat.

Peras jeruk nipis dan oleskan pada kulit kepala Anda. Jangan lupa untuk melakukan pijatan agar terserap sempurna dan darah tersirkulasi dengan lancar. Campurkan dengan minyak zaitun untuk hasil yang maksimal.

12. Mengatasi Ketombe Parah

Mengatasi Ketombe Parah

Image Credit: Timesindonesia.co.id

Rambut berketombe akan sangat mengganggu kenyamanan dan aktivitas Anda sehari-hari. Maka dari itu, sudah seharusnya Anda merawat dan mengobati hal ini. Caranya adalah dengan menggunakan jeruk nipis sebagai hair tonic.

Tingkat keasaman yang tinggi pada jeruk nipis akan membunuh jamur dan bakteri penyebab ketombe secara efektif. Gunakan tonik jeruk nipis ini setelah keramas. Hal ini akan bermanfaat bagi kulit kepala Anda, yaitu mengurangi rasa gatal.

13. Mencegah Rambut Lepek

Mencegah Rambut Lepek

Image Credit: Wowkeren.com

Rambut lepek disebabkan oleh minyak yang berlebihan pada kulit kepala. Hal ini akan membuat penampilan Anda menjadi kurang menarik. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan jeruk nipis.

Jadikan air perasan buah ini sebagai solusi untuk mengatasi minyak yang berlebih pada kulit kepala. Caranya adalah dengan mengoleskannya pada kulit kepala setelah keramas. Diamkan kira-kira 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

14. Membuat Rambut Lebih Lembut

Membuat Rambut Lebih Lembut

Image Credit: Allthingshair.com

Jeruk nipis ternyata juga bisa membuat rambut lebih lembut dan bersinar. Mengoleskan air perasan jeruk nipis pada kulit kepala setelah keramas akan membuat rambut lebih mudah diatur. Cobalah melakukan hal ini 2-3 kali dalam seminggu sesuai dengan jadwal keramas Anda.

Campur air perasan dengan madu dengan komposisi 1:1. Kemudian oleskan campuran tersebut ke kulit kepala Anda. Tunggu beberapa menit kemudian bilas dengan bersih. Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun pada campuran tersebut.

15. Memperkuat Batang Rambut

Memperkuat Batang Rambut

Image Credit: Allthingshair.com

Kerontokan dapat dicegah dengan menguatkan batang rambut. Batang rambut yang kuat akan membuat rambut tidak mudah patah. Dengan menggunakan jeruk nipis sebagai air bilasan keramas, maka batang rambut Anda akan lebih bernutrisi.

Rambut akan lebih kuat dan berkilau karena kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat membantu menutrisinya dengan baik. Untuk hasil yang lebih memuaskan, Anda dapat menggunakan air bilasan ini setiap kali Anda keramas.

Itulah penjelasan dari kandungan serta manfaat dari jeruk nipis untuk perawatan wajah dan rambut. Kandungan nutrisi yang tinggi pada jeruk nipis dapat memberikan banyak sekali manfaat pada kesehatan dan kecantikan, terutama pada wajah dan rambut. Pastikan untuk mencermatinya dengan baik sehingga Anda dapat menerapkannya dengan benar.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba