15 Manfaat & Khasiat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

15 Manfaat & Khasiat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

Daun sirsak, daun yang dihasilkan dari tumbuhan buah sirsak ini dikenal kaya akan manfaat terutama dalam bidang kesehatan. Beberapa peneliti sudah membuktikan bahwa kandungan daun ini mampu mencegah dan mengatasi beragam penyakit. Salah satu di antaranya ialah penyakit paling mematikan, kanker.

Daun sirsak dikenal pula dengan sebutan lain seperti graviola maupun soursop. Tanaman ini memang sudah banyak di manfaatkan masyarakat. Selain dapat memanfaatkan melalui buahnya yang memiliki rasa masam-masam manis, Anda juga dapat memanfaatkan daunnya sebagai obat herbal ampuh membasmi beragam penyakit.

Tumbuhan sirsak mudah ditemui di beberapa lokasi. Beberapa petani juga banyak yang memilih untuk membudidayakannya. Tinggi tanaman tidak terlalu tinggi, paling mencapai 3-4 meter. Buahnya berwarna hijau, agak kekuningan disertai duri-duri lunak padanya bila sudah matang. Sedangkan daun juga memiliki warna hijau cerah agak memanjang.

Kandungan Nutrisi Pada Daun Sirsak

1. Isoquinolin

Isoquinolin Daun Sirsak

Image Credit: Hellosehat.com

Kandungan zat pada daun sirsak sangat lengkap. Anda dapat mendapatkan nutrisi seperti Isoquinolin. Nutrisi ini pula mengandung unsur pelengkap mulai dari Anonine, Anonaine, dan Atherospermine.

Kandungan yang lengkap demikian sangat bermanfaat agar kondisi tubuh tetap prima. Tidak heran jika beragam jenis penyakit pun bisa disembuhkan seperti kanker.

2. Lipid

Lipid Daun Sirsak

Image Credit: Tribunnews.com

Daun sirsak dikenal memiliki banyak manfaat dalam kesehatan manusia. Hal itu pula ditunjang adanya nutrisi Lipid pada daunnya. Anda dapat membuat ekstrak pada bagian daun agar mendapatkan kandungan zat tersebut dengan maksimal.

Kandungan nutrisi yang terdapat di daun sirsak antara lain Asam Stearat, Asam Lignoceric, Asam Gentistic dan CLA. Semua zat demikian sangat bermanfaat dalam kesehatan tubuh manusia.

3. Lactones

Lactones Daun Sirsak

Image Credit: Winnetnews.com

Satu lagi nutrisi yang tak tertinggal dalam gravinola ialah lactonis. Jenis kandungan zat ini memiliki peranan penting mengatasi beragam penyakit. Apalagi kandungan yang ada di Lactones terbilang cukup bervariasi.

Pada daun sirsak, Anda dapat mendapatkan nutrisi Lactones yang terdiri atas Annomutacina, Annopentocinas A, B, dan C, Annomuricina A, B, C dan E, Annohexocina, Gigantetronemina serta masih banyak lagi.

4. Acetoginin

Daun Sirsak

Image Credit: Alodokter.com

Nutrisi acetoginin merupakan kandungan zat yang diperlukan bagi tubuh. Mengingat nutrisi jenis ini bersifat anti-feedent yakni mampu membunuh sel-sel kanker. Anda dapat mendapatkan nutrisi ini bila memanfaatkan olahan daun sirsak.

Sifat anti-feedent pada Acetoginin tak lain disebabkan oleh beberapa unsur penting dalam nutrisi tersebut. Mulai dari asimin, bulatakin dan squamosin. Jadi jangan ragu lagi untuk meminum olahan daun sirsak demi menjaga kesehatan.

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

1. Menangkal Asam Urat

Menangkal Asam Urat

Image Credit: Anayemeni.net

Asam urat merupakan penyakit meresahkan yang sering ditemui. Penderita akan merasakan nyeri berlebih, badan pegal-pegal, linu pada bagian sendi maupun tulang bahkan menimbulkan pembengkakan. Rasa demikian tentu begitu menyakitkan bila di biarkan begitu saja. Jadi Anda dapat memanfaatkan daun sirsak sebagai penangkal.

BACA:  10 Cara Membersihkan Usus Besar Secara Alami

Cara penggunaan cukup mudah. Petik daun sirsak yang sudah tua tapi tetap masih berwarna hijau muda. Kemudian rebus dalam takaran dua gelas. Tunggu sampai mendidih dan hanya menyisakan satu gelas saja. Konsumsi secara rutin satu hari dua kali dalam beberapa Minggu.

2. Obat Kanker

Mencegah Tumor dan Kanker

Image Credit: Chirpstory.com

Kanker merupakan momok menakutkan bagi manusia. Penyakit ini tak pandang bulu bagi siapa pun. Tapi siapa sangka bahwa ramuan daun sirsak mampu mengobati kanker. Adanya kandungan nutrisi seperti Acetoginin yang dikenal mampu membunuh sel kanker.

Dalam pemanfaatannya Anda dapat meminum olahan ekstrak daun sirsak dengan rutin. Setidaknya satu hari dua kali selama beberapa Minggu. Beberapa peneliti bahkan percaya bahwa ramuan daun ini jauh lebih efektif dari kemoterapi yang dikenal bisa membunuh sel kanker.

3. Mengurangi Komedo

Mengurangi Komedo

Image Credit: Parenting.orami.co.id

Kebanyakan dari Anda akan kurang percaya diri bila banyak komedo menempel pada hidung. Apalagi jika bekasnya begitu terlihat tentu sangatlah tidak nyaman. Namun Anda tidak perlu panik dengan hal demikian. Sebab daun sirsak dapat menjadi alternatif mengurangi komedo bandel.

Membuat ekstrak daun sirsak bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo. Cara pembuatan cukup mudah, Anda hanya perlu menumbuk beberapa helai daun sirsak kemudian tambahkan air Mawar dua sendok. Bila sudah halus dapat langsung oleskan ke hidung.

4. Mencegah Kolesterol Tinggi

Mencegah Kolesterol Tinggi

Image Credit: Merdeka.com

Kehidupan di jaman modern ini serba kompleks. Anda yang kurang terkontrol dapat mengonsumsi segala jenis makanan termasuk junk food. Terlalu banyak makanan cepat saji menimbulkan efek tidak sehat seperti kolesterol tinggi.

Lebih jauh, kolesterol berlebih tidak baik untuk tubuh. Sebab bisa mengundang beragam penyakit seperti jantung. Mengingat adanya senyawa dan kandungan nutrisi lengkap pada daun sirsak. Anda dapat meminum ekstrak daun sirsak secara rutin agar mencegah mengalami kolesterol tinggi.

5. Mengobati Bisul

Mengobati Bisul

Image Credit: Idntimes.com

Penyakit kulit berupa bisul cukup meresahkan bagi penderita. Rasa perih jelas mengganggu aktivitas sehari-hari. Beragam obat sudah ada tapi Anda juga dapat mengoleskan dengan daun sirsak.

Cara pemakaian sangat simpel. Ambil daun sirsak yang masih muda sebanyak 5 atau 6 lembar. Lalu tumbuk sampai halus kemudian oleskan pada bagian kulit yang terkena bisul.

6. Meningkatkan Peredaran Darah

Meningkatkan Peredaran Darah

Image Credit: Hellosehat.com

Daun sirsak memiliki kandungan zat lengkap. Salah satunya ialah zat besi. Zat besi memiliki peranan penting dalam memperlancar peredaran darah manusia.

Anda dapat meminum olahan ramuan ekstrak daun sirsak. Bisa dengan cara merebus maupun memblender beberapa helai daun yang sudah di cuci bersih. Minumlah sebanyak dua kali dalam satu hari.

BACA:  11 Manfaat Konsumsi Minyak Ikan Untuk Kesehatan

7. Menurunkan Berat Badan

Berat Badan Naik Secara Drastis

Image Credit: Hellosehat.com

Memiliki berat badan ideal merupakan impian kebanyakan dari Anda. Beragam pola diet pun dipilih demi mencapai tujuan. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan olahan daun sirsak untuk mendapatkan tubuh ideal.

Pemanfaatan terbilang mudah yakni meminum racikan teh daun sirsak. Anda dapat membuat sendiri dengan mengolah ekstrak pada daun. Rasa daun sirsak terbilang pahit sehingga ada baiknya menambahkan sedikit gula maupun madu.

8. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Timbulnya Keriput dan Penuaan Dini

Image Credit: Essentia-natural.com

Seiring dengan penambahan usia, fungsi sel-sel pada tubuh tentu menurun. Apalagi bila pola hidup yang dijalankan kurang sehat. Nah Anda dapat menangkal menurunnya fungsi sel tubuh dengan memanfaatkan daun sirsak.

Kandungan antioksidan pada daun sirsak memiliki manfaat vital dalam menjaga tubuh dari beragam virus ataupun racun dalam tubuh. Anda dapat membuat olahan teh sirsak kemudian mengonsumsinya secara teratur. Usahakan meminum dua kali sehari pada pagi hari dan malam menjelang tidur agar manfaat yang dirasakan lebih maksimal.

9. Obat Asam Urat

Image Credit: Halodoc.com

Kandungan nutrisi dalam daun sirsak memang lengkap seperti telah si jelaskan di atas. Jenis nutrisi seperti acetogenin, asam gentistic dan asam lenoleat tidak hanya efektif membunuh sel kanker tetapi juga ampuh mengatasi penyakit asam urat.

Asam urat yang terus dibiarkan tentu tidak nyaman untuk dirasakan. Maka dari itu buatlah ekstrak daun sirsak untuk menangkalnya. Rebus kurang lebih 10 lembar daun sirsak dengan takaran air tiga gelas. Tunggu sampai mendidih dan hanya menyisakan satu gelas saja. Rutin meminum ramuan demikian agar manfaat jauh lebih efektif.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Image Credit: Wowkeren.com

Jantung merupakan organ vital pada tubuh manusia. Salah satu cara menjaga jantung ialah memastikan tekanan darah selalu terkontrol. Agar demikian Anda dapat memanfaatkan olahan ekstrak daun sirsak. Kandungan zat tinggi khususnya kalium pada daun tersebut sangat efektif untuk menjaga kadar tekanan darah.

Dosis yang tepat agar manfaat lebih efektif ialah meminum dua kali sehari. Pada masa tengah malam seperti jam 2 malam bahkan disebut sangat pas mengingat fungsi kerja tubuh dalam kondisi baik di waktu demikian. Dengan begitu tekanan darah Anda terjaga dan mencegah penyakit jantung maupun stroke yang dikenal mematikan.

11. Obat Diabetes

Mencegah Penyakit Diabetes

Image Credit: Diabetes.co.uk

Diabetes merupakan salah satu penyakit mematikan. Padahal penderita diabetes atau kelebihan gula ini kian hari terus bertambah. Beberapa obat medis sudah tersedia selain itu juga harus dibarengi dengan pola hidup sehat. Menghindari makanan-makanan manis yang berlebihan pun merupakan hal yang wajib agar penyakit ini tak pernah hinggap.

BACA:  10 Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Selain obat medis, Anda juga dapat memanfaatkan obat herbal berupa ekstrak daun sirsak demi menjaga kadar gula dalam darah. Bila tidak terbiasa dengan rasa pahit mengingat rasa daunnya yang pahit disarankan menambahkan madu maupun gula.

12. Obat Sakit Punggung

Image Credit: Hellosehat.com

Nyeri pada punggung sering menjadi fenomena yang mengganggu. Penyakit itu bisa diakibatkan dari aktivitas berlebihan, salah gerak saat olahraga ataupun faktor usia. Beragam obat medis sudah tersedia untuk mengatasi rasa sakit punggung tersebut. Namun, hal itu tidak disarankan mengingat efek samping yang pemakaian berbahaya.

Dari pada menanggung risiko terlalu besar terhadap efek samping. Tak salah jika Anda ingin memanfaatkan obat herbal. Racikan daun sirsak dapat menjadi olahan yang tepat demi mengatasi rasa sakit punggung. Pengobatan atau pemakaian dapat dengan cara menaburkan daun sirsak yang sudah di tumbuk maupun meminum teh sirsak hijau.

13. Menyembuhkan Kista Ovarium

Menyembuhkan Kista Ovarium

Image Credit: Probiyotix.com

Kista ovarium merupakan penyakit yang hanya dapat menyerang wanita. Penyakit ini tumbuh pada bagian ovarium atau lindung telur. Meski kista tergolong kanker jinak tapi jika dibiarkan tentu bisa memperparah keadaan. Perlu pengobatan rutin yang salah satunya dengan obat herbal ramuan daun sirsak.

Prosedur penggunaan tak jauh berbeda dengan sebelumnya. Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun sirsak yang kemudian ambil esktraknya. Lalu minumlah secara teratur untuk dapat merasakan manfaat positif terhadapnya.

14. Mengobati Eksim

Mengobati Eksim

Image Credit: Parenting.orami.co.id

Daun sirsak dikenal mampu menjadi penangkal beragam penyakit kulit. Selain dapat mengobati bisul, daun ini juga mampu mengatasi penyakit eksim. Eksim merupakan suatu kondisi yang mana kulit selalu terlihat basah maupun kering. Secara tampilan penyakit ini juga mengganggu untuk dipandang.

Namun, Anda tak perlu panik. Sebab memanfaatkan ramuan daun sirsak dapat mengatasi eksim tersebut. Pemanfaatannya pun simpel hanya perlu menempelkan daun sirsak yang sudah ditumbuk halus ke dalam kulit yang terkena. Lakukan secara rutin agar manfaat bisa semakin maksimal.

15. Mengobati Penyakit Hati

Mengobati Penyakit Hati

Image Credit: Kompas.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, daun sirsak dapat dimanfaatkan sebagai teh. Cara pemakaian pun cukup mudah, Anda hanya perlu menambahkan daun sirsak langsung ke dalam teh. Tambahkan pula gula ataupun madu agar rasa pahit dalam daun tidak begitu terasa.

Ramuan teh daun sirsak dipercaya ampuh mengobati penyakit hati seperti liver. Hal itu dikarenakan daun tersebut dapat merangsang pertumbuhan hormon insulin yang sangat berguna dalam mengatur glukosa dalam tubuh. Konsumsilah secara teratur satu hari dua kali agar manfaat yang terasa bisa jauh lebih efektif.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat daun sirsak bagi kesehatan tubuh. Manfaat demikian terasa wajar mengingat ada banyaknya nutrisi dan kandungan zat beragam yang ada pada daun sirsak. Jadi Anda tak perlu lagi ragu untuk mengolahnya menjadi obat herbal. Apalagi cara pengolahannya terkesan mudah. Bagaimanapun perlu di ingat bahwa gunakanlah sesuai dosis yang wajar, jangan berlebihan.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Anggur Merah yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Anggur Merah yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba