10 Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Tubuh Anda

10 Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Manggis adalah sejenis buah berwarna ungu kehitaman yang memiliki rasa manis dengan sedikit asam. Buah satu ini sudah sangat familiar di kalangan masyarakat. Selain karena enak dibuat jus, manggis sangat kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Ciri khas dari buah manggis memiliki kulit yang tebal dan buah putih didalamnya.

Buah yang bernama latin Garcinia Mangostana ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh semua orang. Tak hanya buahnya saja yang mengandung banyak vitamin dan mineral, namun juga kulitnya yang sudah terbukti khasiatnya sebagai pengobatan herbal. Sistem pengobatan herbal dengan menggunakan kulit manggis dapat menjadi solusi alternatif untuk keseluruhan masyarakat.

Buah manggis dapat tumbuh subur di daerah tropis. Manggis memiliki nilai jual yang tergolong tinggi sehingga menyebabkan para petani beralih menanam manggis daripada tanaman lain. Begitu juga dengan kulitnya, pengelolaan menjadi bahan-bahan herbal membuat kulit manggis banyak dicari untuk dijadikan pengobatan alami.

Kandungan Nutrisi Pada Kulit Buah Manggis

1. Vitamin dan Zat Besi

Vitamin C

Image Credit: Skinpeutics.com

Manggis memiliki banyak kandungan vitamin dan zat besi. Tak hanya satu jenis vitamin saja melainkan ada beberapa yaitu A, C, D, K, E, B1 dll yang semuanya memiliki manfaat sangat besar bagi tubuh manusia.

Ada pula kandungan zat besi di dalamnya. Zat besi sendiri memiliki peran khusus yaitu dapat memperbaiki sistem imunitas pada tubuh.

2. Xanthone

Xanthone

Image Credit: Bangkokcosmetic.com

Kandungan Xanthone yang terdapat pada buah manggis sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan ini juga dapat membantu proses pencegahan penyakit TBC.

Tak hanya itu, ternyata xanthone sudah terbukti pula mengandung antidiabetes, antikanker, antifungi, dan antiperadangan. Sehingga semua kandungan yang terdapat pada xanthone akan menghambat pertumbuhan beberapa penyakit dalam tubuh manusia.

Untuk penyakit TBC sendiri Xanthone berperan membasmi bakteri mycobacterium tuberculosis. Tahapnya sendiri tidak langsung mematikan seluruh bakterinya. Tetapi secara perlahan akan melemahkan sel-sel pada bakteri

3. Antioksidan dan Antimikroba

Sumber & Manfaat Antioksidan Bagi Kesehatan

Image Credit: Kompas.com

Pada kulit manggis terdapat nutrisi senyawa antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kulit agar tidak mudah keriput. Antioksidan ini pula memiliki khasiat yang sangat baik jika digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit kronis.

Sementara antimikroba sendiri memiliki peran yang tak kalah penting dalam memperlancar pencernaan. Jika di dalam sistem pencernaan terdapat bakteri jahat yang berpotensi menimbulkan penyakit, maka senyawa antimikroba lah yang akan mematikan bakteri-bakteri tersebut.

4. Tanin

Tanin

Image Credit: Winerylovers.club

Kandungan nutrisi pada kulit manggis selanjutnya adalah tanin. Fungsi dari tanin sendiri ialah mampu mencegah enzim DNA, hemostatik, topoisomerase, dan juga tumor. Tanin dapat memproduksi kompleks yang sangat kuat dengan bantuan protein.

Produksi kompleks itulah yang nantinya akan menghambat penyerapan protein berlebih pada sistem pencernaan. Tanin yang terkandung dalam kulit manggis juga mengandung anti-nutrisi. Fungsinya ialah membantu tanin untuk mengontrol produksi kompleks.

BACA:  Inilah Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan & Kecantikan

5. Antosianin

Antosianin

Image Credit: Princesshillaryworld.blogspot.com

Antosianin merupakan kandungan nutrisi pada kulit manggis yang berperan dalam pencegahan penyakit kardiovaksuler, diabetes, dan neuronal. Pigmen ini biasanya juga sering ditemukan pada buah-buahan dan sayuran.

Antisianin akan berperan aktif ketika kulit manggis sudah melalui tahap pengolahan khusus. Sebab, dalam pengolahan itu akan dilakukan sebuah metode pengeluaran senyawa-senyawa kandungan nutrisi agar lebih maksimal fungsinya.

6. Astringen

Astringen

Image Credit: Alodokter.com

Astringen yang terkandung dalam kulit manggis berperan sebagai penyembuh luka. Apalagi jika luka itu sariawan. Astringen ini akan bekerja dari dalam untuk membunuh kuman-kuman yang menjadi penyebab sariawan.

Sariawan sendiri juga terjadi karena beberapa faktor. Bisa karena kekurangan vitamin c atau terluka sebab terpukul benda. Maka dari itu nantinya astringen inilah yang akan membantu proses penyembuhan sariawan.

7. Protein dan Karbohidrat

Image Credit: Thejakartapost.com

Dalam kulit buah manggis terdapat kandungan nutrisi protein sebesar 0,71% dan karbohidrat sebanyak 35,61%. Protein sendiri memiliki fungsi untuk memberikan kekuatan lebih pada tubuh manusia.

Sementara kandungan nutrisi karbohidat pada kulit manggis juga tak kalah pentingnya dengan protein. Tubuh selalu membutuhkan karbohidrat agar lebih bertenaga.

Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan Tubuh

1. Menyembuhkan Penyakit TBC

Image Credit: Halodoc.com

Manfaat pertama yang dapat diperoleh ketika mengkonsumsi kulit manggis secara rutin adalah dapat menyembuhkan penyakit TBC. Seperti yang telah dilansir dari beberapa riset terpercaya bahwa kulit manggis memiliki kandungan xanthone.

Xanthone memiliki lebih dari satu kandungan untuk mencegah perkembangan bakteri pada penyakit TBC. Senyawa itu sendiri ternyata mampu membunuh bakteri mycobacterium tuberculosis. Sehingga penyakit TBC dapat membaik seiring berjalannya waktu.

Namun, pemakaian kulit manggis untuk pengobatan harus benar-benar dilakukan sesuai prosedur agar mendapatkan hasil yang maksimal. Tak hanya itu saja obat-obatan yang telah diberikan dokter juga harus diminum secara teratur, untuk mempercepat proses penyembuhan.

2. Menyembuhkan Sariawan

Sariawan

Image Credit: Beautynesia.id

Kandungan astringen pada kulit manggis dapat membantu proses penyembuhan sariawan. Tak perlu membutuhkan waktu yang lama, kandungan ini akan memulihkan luka sariawan dari dalam. Kandungan vitamin C pada kulit manggis juga dapat mencegah sariawan itu balik lagi.

Hanya perlu menumbuk kulit manggis lalu menaburkannya di area sariawan. Maka sariawan akan berangsur sembuh dengan sendirinya. Lakukan hal ini secara berkala dan rutin, agar sariawan cepat menghilang dari area mulut.

3. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Mencegah Tumor dan Kanker

Image Credit: Chirpstory.com

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa kulit manggis dapat membantu pencegahan sel kanker berkembang. Hal itu dikarenakan terdapat senyawa anti kanker yang ada pada kulit manggis.

BACA:  Manfaat Paprika Bagi Kesehatan & Kandungan Nutrisinya

Lebih tepatnya senyawa ini termasuk dalam xanthone. Senyawa antikanker inilah yang nantinya akan berperan aktif untuk memutus perkembangan sel-sel kanker. Dengan meminum ekstrak kulit manggis setiap hari akan membunuh sel-sel kanker yang mulai menyebar ke tubuh. Sehingga dalam beberapa tahap sel kanker akan berangsur layu dan mati.

Pengobatan ini mungkin memerlukan waktu yang cukup lama, mengingat kanker adalah penyakit ganas yang sulit dibasmi. Ekstrak kulit manggis yang terus-terusan dikonsumsi akan membuat akar-akar kanker tidak akan menyebar lebih luas lagi karena sudah dilumpuhkan oleh senyawa antikanker yang ada pada kulit manggis.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mencegah Kolesterol Tinggi

Image Credit: Merdeka.com

Manfaat berikutnya adalah menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Penyakit ini sangat berbahaya jika tidak segera ditangani. Beberapa senyawa alami pada kulit manggis dapat menstabilkan kolesterol dengan perlahan.

Perlu meminum air rebusan kulit manggis secara rutin untuk dapat membuat kolesterol cepat menurun. Hal itu sudah dibuktikan oleh beberapa pakar penelitian yang mengatakan jika ada beberapa kandungan pada kulit manggis yang dapat menetralkan kadar kolesterol jika dikonsumsi sesering mungkin.

Cara lain yang dapat digunakan untuk mengolah kulit manggis adalah menjemurnya terlebih dahulu sampai kering. Setelah itu menumbuk atau memblendernya sampai halus. Lalu menyeduhnya menjadi teh herbal alami. Cara itu dilakukan agar tidak bosan mengkonsumsi air rebusannya saja.

5. Menyembuhkan Penyakit Diabetes

Mencegah Penyakit Diabetes

Image Credit: Diabetes.co.uk

Sekarang ini penyakit diabetes banyak menyerang semua orang. Tak peduli tua atau muda. Semua bisa saja merasakan terserang penyakit ini. Diabetes bisa terjadi sebab gula darah yang ada pada tubuh melebihi kadar normal.

Faktor penyebabnya bisa bermacam-macam, namun yang lebih spesifik karena keturunan dan makanan. Zat antidiabetes yang ada pada kulit manggis ternyata dapat menurunkan gula darah dan membuatnya stabil lagi.

Caranya dengan meghaluskan kulit manggis lalu diminum ataupun menjadikannya sebagai jamu herbal yang dikonsumsi setiap hari. Khasiat ini akan lebih terasa jika dicampurkan dengan beberapa bahan herbal lainnya.

Penggunaan kulit manggis sebagai obat diabetes dapat menghemat biaya dan pengeluaran. Tak hanya itu, efek samping yang akan terjadi pada tubuh pun tidak akan menimbulkan bahaya. Malahan sebaliknya, kulit manggis akan memberikan pengaruh baik untuk kesehatan tubuh.

6. Memperkecil Resiko Serangan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Image Credit: Wowkeren.com

Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab terbesar kematian yang ada di Indonesia. Alasan utamanya karena proses penanganan yang terlambat sehingga menyebabkan penderita merasakan serangan jantung mendadak. Hal itulah yang membuat sulitnya untuk menolong nyawa penderita.

Dengan adanya senyawa dan nutrisi penting yang terdapat pada kulit manggis. Ternyata mampu untuk membuat peredaran darah menjadi lancar dan stabil. Sehingga hal itu akan memperkecil resiko mengalami serangan jantung. Baik yang ringan maupun berat.

BACA:  21 Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan & Ibu Hamil

7. Mengontrol Tekanan Darah

Menurunkan Tekanan Darah

Image Credit: Dream.co.id

Manfaat selanjutnya dari kulit manggis adalah mengontrol tekanan darah agar lebih stabil. Penyakit darah tinggi juga dapat membahayakan penderitanya jika penangannya tidak tepat. Bisa berakibat stroke dan serangan jantung mendadak.

Pengobatan herbal menggunakan kulit manggis sudah terbukti ampuh untuk mencegah terjadinya penyakit darah tinggi. Pengobatan dapat dilakukan dengan meracik ekstrak kulit manggis dengan obat herbal lain, atau dengan cara mengolahnya menjadi sebuah pil.

Kulit manggis harus sebisa mungkin untuk dikonsumsi setiap hari. Jangan terlalu berlebihan dan terlalu sedikit. Alasannya untuk memperlancar proses penyembuhan dan mencegah terjadinya pemecahan pembuluh darah.

8. Memperlancar Siklus Menstruasi

Menstruasi

Image Credit: Halodoc.com

Siklus menstruasi pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang teratur dan ada yang tidak teratur. Siklus menstruasi yang tidak lancar bisa disebabkan karena kelainan atau penyakit. Sehingga jika tidak segera melakukan tindakan penyembuhan, maka bisa berakibat fatal.

Semua itu bisa teratasi jika sering meminum air rebusan kulit manggis. Cara ini juga sudah terbukti ampuh bagi kebanyakan orang. Perpaduan berbagai jenis nutrisi dapat membuat kelancaran pada siklus menstruasi.

Tak hanya itu saja, kulit manggis yang dikonsumsi secara rutin juga akan meningkatkan kesuburan pada sistem reproduksi. Sungguh hal ini sangat cocok menjadi solusi untuk orang yang sedang program kehamilan.

9. Menghambat Penuaan Dini

Mencegah Timbulnya Keriput dan Penuaan Dini

Image Credit: Essentia-natural.com

Nah untuk manfaat yang satu ini lebih identik dengan perempuan. Banyak kaum hawa yang berlomba-lomba untuk merawat wajahnya agar tidak terlihat lebih tua. Apalagi jika masih muda, pastilah penuaan dini sangat dihindari.

Namun, sebenarnya ada cara alami yang dapat mencegah penuaan secara dini. Tak perlu melakukan suntik ataupun penggunaan obat kecantikan yang menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Tapi menggunakan kulit manggis sebagai perawatan yang akan lebih menyehatkan kulit.

Kandungan alami antioksidan yang ada pada kulit manggis akan membantu pencegahan penuaan dini. Menurut beberapa penelitian kadar antioksidan pada kulit manggis terbilang cukup tinggi. Sehingga sangat rekomendasi untuk digunakan sebagai perawatan wajah secara alami.

10. Memperbaiki Sistem Imunitas (Kekebalan Tubuh)

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Image Credit: Wowkeren.com

Kekebalan pada tubuh manusia sangat penting untuk dijaga. Karena dapat mencegah penyakit yang akan masuk. Menggunakan kulit manggis sebagai suplemen alami dapat membantu meningkatkan kualitas imun dan kekebalan tubuh.

Vitamin dan mineral yang terdapat pada kulit manggis mampu menguatkan sistem imunitas. Hal itulah yang akan membuat tubuh selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang berusaha masuk. Terlebih jika penyakit yang menyerang sistem imun atau kekebalan.

Nah, itulah beberapa manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh. Banyaknya kandungan nutrisi pada kulit manggis tak menutup kemungkinan akan khasiat besar yang dapat diperoleh. Dari penjelasan-penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa kulit manggis sudah dibuktikan manfaatnya oleh hampir keseluruhan pakar peneliti.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba