15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Lidah buaya, tanaman satu ini sepertinya sudah banyak dikenal dengan beragam manfaat dan khasiatnya terutama untuk kecantikan. Tidak hanya untuk kecantikan, lidah buaya juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan.

Tanaman dengan nama latin Aloe Vera atau masyarakat lebih sering mengenal dengan nama lidah buaya ini memang salah satu jenis tanaman yang kaya khasiat. Tanaman ini adalah jenis tanaman dengan daun yang memiliki daging tebal. Di bagian daging daunnya ini terdapat lendir. Nah, lendir inilah yang umumnya dimanfaatkan baik untuk obat maupun untuk kosmetik.

Aloe vera atau lidah buaya ini biasanya dibudidayakan atau dijadikan tanaman pot. Tumbuhan ini tidak memiliki batang hingga berbatang pendek. Tingginya hanya 60-100cm dan berkembang biak dengan cara tunas. Daunnya berwarna hijau, dengan gerigi di bagian pinggirnya. Tanaman ini hanya berbunga di musim panas pada 1 tangkai dan bisa mencapai ketinggian 90cm.

Kandungan Nutrisi Pada Lidah Buaya

1. Polisakarida dan Mannose-6-Phosphate

Polisakarida dan Mannose-6-Phosphate

Image Credit: Parenting.orami.co.id

Kandungan nutrisi pertama yang ada di dalam lidah buaya adalah polisakarida dan mannose-6-phosphate. Dua kandungan ini berperan mempromosikan produksi asam hidroksipolin yang biasanya ada pada fibroblas serta asam hialuronat.

Dari dua senyawa yang terdapat dalam lidah buaya tersebut inilah yang memberikan manfaat penyembuhan luka. Karena itu, lidah buaya yang dimanfaatkan sebagai obat ataupun kosmetik umumnya memberi manfaat menyembuhkan luka.

2. Air

Air Lidah Buaya

Image Credit: Centroone.com

Pada bagian daun lidah buaya terdapat daging daun yang berukuran tebal. Di bagian daun inilah terdapat lendir yang biasanya diambil manfaatnya. Jika diperhatikan, bagian lendir ini bertekstur lembek dan berair.

Hal ini karena memang 98,5% bagian dari lidah buaya yang masih mentah adalah air. Dari jumlah air yang terkandung di dalam lidah buaya ini, 1.5% nya juga mengandung senyawa lain, berupa vitamin, mineral, senyawa polisakarida, enzim dan asam organik.

3. Vitamin dan Mineral

Vitamin dan Mineral Lidah Buaya

Image Credit: Erabaru.net

Kandungan nutrisi selanjutnya yang ada di bagian lendir lidah buaya adalah vitamin. Vitamin memiliki peran yang sangat besar bagi tubuh. Beberapa jenis vitamin yang terdapat di dalam lidah buaya adalah Vitamin A, C, E, Vitamin B1 dan B2, asam Folat, Vitamin 6 dan Kolin.

Selain vitamin, di dalam gel lidah buaya juga banyak terdapat kandungan mineral. Mineral-mineral tersebut tentu merupakan jenis mineral yang dibutuhkan tubuh. Beberapa jenis mineral itu antara lain magnesium, kalsium, mangan, natrium, kalium dan lain sebagainya.

4. Enzim dan Asam Lemak

Enzim dan Asam Lemak Lidah Buaya

Image Credit: Tirto.id

Enzim adalah zat yang berperan sebagai katalis bagi tubuh, yaitu zat yang membantu dalam meningkatkan laju reaksi sel dalam tubuh. Ada beberapa enzim yang banyak ditemukan pada lidah buaya. Diantaranya adalah enzim amilase, Oxidase, selulosa dan lain sebagainya.

Tak hanya enzim, lidah buaya juga kaya akan kandungan asam lemak. Beberapa jenis asam lemak yang banyak terkandung pada lidah buaya adalah lupeol, beta-sisosterol dan beberapa asam lemak lain yang dikenal sebagai anti inflamasi.

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Lidah Buaya

Image Credit: Sehatq.com

Setelah mengetahui berbagai kandungan nutrisi yang terkandung di dalam lidah buaya di atas, selanjutnya adalah manfaatnya. Dari banyaknya kandungan nutrisi di dalam lidah buaya, tak heran jika tanaman ini memiliki banyak manfaat. Hingga karena manfaat tersebut membuat lidah buaya kemudian diolah menjadi bahan untuk kosmetik maupun obat-obatan. Berikut beberapa manfaatnya.

1. Menyembuhkan Luka Bakar

Menyembuhkan Luka Bakar

Image Credit: Hellosehat.com

Dari penjelasan tentang kandungan nutrisi yang ada di dalam lidah buaya sebelumnya, diketahui bahwa lidah buaya memiliki kandungan anti inflamasi. Kandungan inilah yang berperan dalam penyembuhan luka bakar. Bagian yang dimanfaatkan adalah bagian getahnya.

Manfaat ini sudah dibuktikan melalui banyak penelitian. Beberapa penelitian bahkan membuktikan jika mengoleskan gel aloe vera ke area kulit yang terbakar dapat mempercepat penyembuhannya. Waktu penyembuhan diperkirakan bisa lebih cepat 9 hari jika dibandingkan dengan penggunaan salep luka bakar.

2. Antioksidan

Manfaat Antioksidan Untuk Kesehatan

Image Credit: Hellosehat.com

Manfaat selanjutnya yang bisa diambil dari lidah buaya ini adalah aktioksidan. Antioksidan ini diperoleh dari kandungan senyawa polifenol yang juga banyak terdapat di dalam lidah buaya.

Antioksidan yang ada dalam lidah buaya akan berperan dalam menghambat pertumbuhan bakteri. Komponen anti bakteri pada lidah buaya juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari faktor lingkungan yang menyebabkan tubuh cepat sakit, seperti polusi, stres dan lain sebagainya.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Menyembuhkan Penyakit Sistem Pencernaan

Image Credit: Alodokter.com

Pemanfaatan lidah buaya tidak hanya dengan dioleskan atau diusapkan saja. Lidah buaya juga bisa diolah untuk dikonsumsi, dibuat menjadi jus misalnya. Mengonsumsi jus lidah buaya secara teratur terbukti dapat membantu memperlancar organ-organ pencernaan.

Dalam hal ini, lidah buaya berperan untuk membersihkan saluran pencernaan dengan cara menghaluskan partikel sisa-sisa pencernaan. Dengan begitu, siklus pembuangan pun akan lebih lancar. Bahkan penelitian juga membuktikan jika pada lidah buaya terdapat kandungan anti-parasit. Kandungan ini berfungsi pula sebagai pencahar yang memperlancar pembuangan.

4. Mengatasi Sembelit

Mengalami Sembelit atau Konstipasi

Image Credit: Liputan6.com

Manfaat berikutnya yang diperoleh dari lidah buaya adalah mengatasi sembelit. Manfaat ini didapatkan dari kandungan barbaloin yang banyak terdapat pada daun lidah buaya muda.

Barbaloin ini ditemukan dalam penelitian sebagai zat yang membantu meringankan proses ekskresi. Selain itu barbaloin ini mampu membantu otot usus berkontraksi. Dengan begitu proses pengeluaran pun lebih lancar.

5. Mencegah Timbulnya Keriput dan Penuaan Dini

Mencegah Timbulnya Keriput dan Penuaan Dini

Image Credit: Essentia-natural.com

Dalam bidang kecantikan, lidah buaya juga tak kalah terkenal dengan kandungan dan manfaatnya. Salah satu manfaat yang diberikan adalah untuk membantu mencegah timbulnya keriput yang juga menyebabkan terjadinya penuaan dini. Penuaan dini biasanya disebabkan karena elastisitas kulit yang menurun.

Kulit yang elastisitasnya menurun biasanya disebabkan karena kekurangan kolagen dan kelembaban. Lidah buaya yang memiliki kandungan air dan kolagen di dalamnya terbukti mampu mengatasi masalah ini.

6. Merawat Kulit Kepala dan Rambut

Merawat Kulit Kepala dan Rambut

Image Credit: Femaledaily.com

Lidah buaya sering dimanfaatkan untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Kandungan vitamin dan mineral pada lidah buaya membantu mengurangi radang akibat ketombe dan menghidrasi kulit kepala.

Selain itu, menggunakan gel lidah buaya sebagai kondisioner juga memberikan manfaat bagi rambut. Gunakan gel lidah buaya sebagai kondisioner untuk mendapatkan rambut yang halus dan kuat.

7. Menghaluskan Kulit

Menghaluskan Kulit

Image Credit: Facetofeet.com

Lidah buaya memiliki manfaat mempercepat pembelahan sel keratinosit. Sel keratinosit inilah yang berperan dalam menghaluskan permukaan kulit.

Sel keratinosit ini berperan mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan begitu sel-sel kulit mati tidak akan menutup permukaan kulit yang membuatnya menjadi kasar. Dengan menghilangnya sel kulit mati, maka kulit pun akan lebih halus.

8. Mengatasi Radang dan Gatal

Mengatasi Radang dan Gatal

Image Credit: Verywellhealth.com

Masih untuk kulit, manfaat selanjutnya yang diberikan oleh lidah buaya adalah untuk mengatasi peradangan serta mengurangi rasa gatal. Manfaat ini dibawa oleh zat-zat antimikroba dan antiradang.

Peradangan akibat jerawat, eksim maupun iritasi akibat terlalu lama terpapar sinar matahari dapat diatasi dengan gel lidah buaya ini. Sedangkan antigatal didapat dari kandungan antimikroba.

9. Melembabkan Kulit

Melembabkan Kulit

Image Credit: Megawecare.co.id

Sudah dijelaskan sebelumnya jika pada lidah buaya terdapat kandungan sebesar 98.5% adalah air. Kandungan air yang besar inilah yang memberikan manfaat melembabkan pada kulit serta mencegah peradangan karena kulit terlalu kering.

Cara penggunaannya, cukup oleskan gel lidah buaya setelah mencuci wajah. Anda pun bisa menggunakan produk lain yang dibuat dari ekstrak lidah buaya ini. Namun tetap hindari penggunaan di area sensitif seperti mata.

10. Menjaga Kesehatan Gigi dan Rongga Mulut

Membuat Bibir dan Mulut Tetap Sehat

Image Credit: Id.priceprice.com

Penyakit gigi kebanyakan disebabkan karena adanya plak gigi atau yang juga dikenal dengan nama biofilm bakteri. Plak gigi ini biasanya terdapat pada sekitar gusi. Kandungan antibakteri di dalamnya akan menghancurkan plak dan kuman ini.

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, membilas mulut dan gigi dengan jus lidah buaya atau lidah buaya yang sudah dihaluskan dapat memberikan efek atau manfaat sama dengan obat kumur berkualitas terbaik. Cara ini terbukti efektif mencegah berbagai penyakit gigi sekaligus menjaga kesehatan gigi serta rongga mulut.

11. Mencegah Diabetes

Mencegah Penyakit Diabetes

Image Credit: Diabetes.co.uk

Diabetes adalah penyakit yang sangat ditakuti. Hal ini karena penyakit ini tak jarang membawa komplikasi penyakit berbahaya lain yang terkadang juga berujung kematian. Diabetes ini sebagian besar disebabkan karena tubuh yang tidak mampu memanfaatkan insulin. Diabetes juga bisa disebabkan karena kenaikan kadar gula dalam darah. Dengan lidah buaya, semua masalah ini bisa diatasi.

Penelitian sudah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen lidah buaya mampu membantu kinerja insulin. Di saat bersamaan juga menekan kandungan atau kadar gula dalam darah agar tetap normal.

12. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Image Credit: Wowkeren.com

Lidah buaya dapat berperan untuk mempercepat penyerapan nutrisi pada tubuh. Jika nutrisi dapat di serap dengan baik, maka sirkulasi darah juga bisa berjalan dengan lebih baik. Ditambah dengan komponen detoksifikasi yang bisa didapatkan dari mengonsumsi jus lidah buaya.

Tak hanya itu, di dalam lidah buaya juga terdapat kandungan antibakteri. Antibakteri inilah yang membantu membunuh bakteri penyebab penyakit sehingga daya tahan tubuh juga semakin kuat.

13. Mengatasi Bintik Hitam dan Flek

9 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Image Credit: Liputan6.com

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan memang tak ada habisnya. Seperti manfaat untuk mengatasi Bintik hitam dan flek yang timbul di bagian kulit wajah. Bintik hitam dan flek ini biasanya muncul karena kulit terlalu banyak terpapar sinar matahari.

Timbulnya bintik hitam dan flek ini tentu sangat mengganggu penampilan. Namun dengan mengoleskan bagian daging lidah buaya ke bagian kulit yang terdapat flek dan bintik hitam secara teratur mala bintik hitam dan flek ini akan bisa pudar.

14. Mencegah Timbulnya Ulkus

Mencegah Timbulnya Ulkus

Image Credit: Klikdokter.com

Ada banyak penyakit yang terjadi pada organ pencernaan. Salah satu yang paling ditakuti adalah penyakit pencernaan yang diakibatkan oleh ulkus atau luka di bagian lambung. Jika dibiarkan, maka luka ini akan menjadi radang dan bisa membahayakan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika lidah buaya mengandung banyak Vitamin C dan antiradang di dalamnya. Kandungan Vitamin C dan antiradang inilah yang membantu dalam mencegah timbunya ulkus di bagian lambung. Konsumsi olahan lidah buaya dalam bentuk jus untuk bisa mendapatkan manfaat ini.

15. Mengatasi Psoriasis

Mengatasi Psoriasis

Image Credit: Hellosehat.com

Psoriasis adalah kelainan atau penyakit yang ditandai dengan munculnya bercak kering, timbulnya rasa gatal dan kondisi sensitif pada kulit. Kondisi ini merupakan kondisi yang menyerang kekebalan yang sifatnya cukup serius.

Dalam banyak penelitian, pada lidah buaya terdapat kandungan etanol yang 81% nya bersifat antipsoriatik. Sedangkan penelitian lain menunjukkan jika pada lidah buaya ini juga menunjukkan sifat antitoksik sekaligus antipsoriatik ketika dioleskan ke kulit. Dengan begitu dapat membantu penyembuhan kondisi kulit akibat psoriasis ini.

Karena tidak mengakibatkan efek samping, lidah buaya ini menjadi pilihan yang aman untuk mengatasi kondisi tersebut. Ditambah keberadaannya yang mudah didapat juga memberikan keuntungan tersendiri.

Itulah penjelasan lengkap tentang manfaat lidah buaya untuk Kesehatan dan kecantikan. Mulai dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya hingga manfaat apa saja yang bisa diperoleh. Dari penjelasan ini dapat diketahui jika lidah buaya memiliki banyak manfaat dan yang pasti aman dikonsumsi maupun digunakan karena tidak menimbulkan efek samping.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan & Kandungan Nutrisinya
15 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
Pisang
10 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba