15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda

15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini? sayur pare terkenal dengan rasanya yang pahit. Tapi, tak jarang banyak orang yang menyukai buah ini untuk dijadikan berbagai masakan seperti oseng pare, pelengkap untuk siomay dan lain sebagainya.

Tapi tahukah Anda, dibalik rasanya yang pahit, tak banyak pula orang yang mengetahui bahwa buah ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda. Pare mengandung berbagai vitamin seperti A,C,E,B1,B2,B3 dan B9, kalsium, zat besi dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang terlanjur tidak menyukai buah ini, mungkin Anda perlu mulai mengonsumsinya mulai saat ini. Mengingat kandungan nutrisi dan vitamin yang dimiliki pare mampu menjaga kesehatan tubuh seperti mengendalikan gula darah, kolestor dan banyak lagi. Sangat disayangkan bila Anda tidak menyukai buah yang kaya akan manfaat ini.

Kandungan Nutrisi pada Buah Pare

1. Antioksidan

Sumber & Manfaat Antioksidan Bagi Kesehatan

Image Credit: Kompas.com

Pare dengan nama latin Momordica Charantia ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi yang dihasilkan dari vitamin C. Kandungan antioksidan ini sangat penting untuk melawan radikal bebas yang akan merusak kesehatan tubuh.

Sebagai antioksidan, mengonsumsi buah pare dapat membantu Anda dalam melawan  segala infeksi maupun peradangan yang mungkin saja dapat terjadi.

2. Serat

Serat

Image Credit: Klikdokter.com

Buah yang pahit ini memiliki tingkat kalori yang sangat rendah. Tapi justru memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat yang tinggi ini dapat membantu pencernaan melakukan tugasnya dengan baik.

Kandungan serat akan memperlancar usus besar dalam mengolah kotoran-kotoran yang akan dibuang melalui feses. Serat inilah yang akan memberikan senyawa air untuk mempermudah proses pembuangan. Manfaat inilah yang dapat menghindarkan kita dari resiko sembelit.

3. Mengandung sifat-sifat “anti”

Anti Inflamasi

Image Credit: Dictio.id

Buah yang tidak banyak disukai orang ini memiliki sifat “anti” yang cukup banyak dan sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia.

Anti yang pertama adalah anti-inflamasi. Anti inflamasi merupakan sifat yang dapat membantu mengurangi peradangan akibat infeksi yang terjadi. Selanjutnya yaitu anti-jamur yang umumnya akan mencegah jamur menyerang bagian tubuh rambut dan kuku.

Manfaat Buah Pare untuk Kesehatan yang Tidak Banyak Diketahui

1. Mampu Meredakan Asma

Asma

Image Credit: Cnnindonesia.com

Tak banyak yang tahu bahwa Pare yang terkenal pahit ini ternyata sangat bermanfaat bagi Anda yang menderita asma. Pare terbukti sangat baik untuk kesehatan pernapasan manusia.

Pare memiliki kandungan antihistamin, antiinflamasi dan antivirus yang sangat baik untuk sistem pernapasan manusia. Kandungan ini akan mencegah segala jenis gangguan yang berpotensi mengganggu pernapasan Anda salah satunya adalah gangguan asma dan bronchitis.

Pare sangat bagus untuk dikonsumsi pun juga baik untuk diambil air rebusannya untuk diminum dan dijadikan sebagai obat. Telah banyak orang yang mengonsumsi air rebusan pare untuk mengobati gangguan pernapasan. Bila Anda memiliki gangguan pernapasan yang sama, sangat disarankan untuk meminum air rebusan pare ini.

BACA:  6 Manfaat Konsumsi Asparagus Bagi Kesehatan

2. Sebagai Anti Oksidan

Manfaat Antioksidan Untuk Kesehatan

Image Credit: Hellosehat.com

Meskipun rasanya pahit, namun pare memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan Vitamin C pada pare dapat memenuhi 54% kebutuhan pada tubuh manusia. dengan kata lain, mengonsumsi pare telah memenuhi sebagian dari apa yang dibutuhkan oleh tubuh.

Vitamin C yang tinggi ini kemudian menciptakan senyawa antioksidan. Antioksidan ini sangat baik manfaatnya sebagai penangkal radikal bebas. Sehingga zat-zat yang tidak baik yang masuk dalam tubuh akan terserap dengan cepat sebelum akhirnya membuat itu mengendap didalam tubuh. Sehingga tubuh pun juga akan jauh terhindar dari demam dan infeksi.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Memperkuat Tulang

Image Credit: Merdeka.com

Semakin memasuki masa tua, tulang manusia akan semakin lama kehilangan fungsinya karena dimakan oleh usia. Berbagai penyakit seperti radang sendi bahkan osteoporosis pun sangat berpotensi untuk menyerang beberapa orang yang telah beranjak 40 tahun ke atas.

Sangat penting bagi Anda menjaga kesehatan tulang sejak dini. Pare menjadi salah satu alternative yang bisa digunakan untuk merawat kesehatan tulang dan meningkatkan kekuatan tulang. Sehingga dapat menghindarkan Anda dari segala resiko penyakit tulang di kemudian hari.

4. Mengobati Diabetes

Mencegah Penyakit Diabetes

Image Credit: Diabetes.co.uk

Saat ini, diabetes merupakan salah satu penyakit mematikan yang banyak terjadi. Penyakit ini ditandai dengan peningkatan kadar gula darah dan berkurangnya insulin didalam tubuh.

Namun, tidak perlu terjadi. Pare yang terkenal pahit ini mampu berfungsi menjadi insulin dan dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh Anda. Kandungan Charantin pada pare dapat berfungsi untuk meningkatkan penyerapan glukosa dan sintesin glikogen dalam tubuh.

Sehingga dengan berkurangnya kadar gula darah dalam tubuh Anda, diabetes pun akan mampu membaik sedikit demi sedikit yang didukung dengan mengonsumsi pare ini secara rutin.

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Image Credit: Wowkeren.com

Sangat disayangkan bila Anda tidak suka mengonsumsi pare yang pahit ini. pasalnya, kandungan yang dimiliki pare sangatlah baik untuk tubuh dalam melawan segala penyakit yang akan menyerang tubuh.

Kandungan antioksidan yang dihasilkan dari Vitamin C yang terdapat dalam pare ini, mampu membantu kinerja imunitas tubuh dalam menjaga kekebalan tubuh. Dengan membaiknya sistem imunitas tubuh manusia, maka kemampuan tubuh dalam melawan segala penyakit pun akan membaik.

Hal ini sangat baik untuk mencegah Anda dari segala Infeksi maupun peradangan yang akan mengganggu kesehatan Anda.

6. Baik untuk Kesehatan Mata

Kesehatan Mata

Image Credit: Elenaangel.com

Salah satu bagian penting lainnya dari tubuh yang perlu dijaga adalah mata. salah satunya kandungan pare yang sangat baik untuk mata adalah vitamin A yang dimilikinya. Vitamin A ini dapat membantu kesehatan mata Anda dan menjaga kinerjanya tetap baik.

BACA:  13 Manfaat Rutin Minum Jus Tomat untuk Kesehatan

Namun selain vitamin A, pare juga mengandung flavonoid seperti alfa dan beta karoten, lutein dan juga zeaxanthin yang sangat baik dalam membantu meningkatkan penglihatan Anda terlebih di malam hari, mencegah kerabunan serta dapat juga membantu memperlambat degenerasi macula yang sangat bahaya bagi mata.

7. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Menyembuhkan Penyakit Sistem Pencernaan

Image Credit: Alodokter.com

Tahukah Anda bahwa pare merupakan buah yang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Kandungan serat yang sangat tinggi ini akan berdampak baik bagi saluran pencernaan Anda. Serat yang tinggi akan berubah menjadi senyawa air yang dapat meningkatkan kinerja usus besar dalam tubuh.

Serat juga akan mampu mengikat senyawa yang berbahaya yang berpotensi untuk mengendap dalam tubuh. Sehingga kotoran ini dapat dikeluarkan oleh tubuh melalui feses tanpa harus mengendap terlebih dahulu.

Hal ini membuat pare mampu mencegah dan mengatasi permasalahan pencernaan seperti sembelit. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk memulai mengonsumsi buah ini secara rutin untuk merasakan manfaatnya.

8. Baik untuk Diet

Diet

Image Credit: Justdial.com

Pare merupakan salah satu sayur dengan kandungan kalori yang rendah. Sehingga ini buah ini sangat cocok sekali untuk dijadikan menu makanan yang dapat dikonsumsi dengan aman oleh seseorang yang sedang berdiet.

Selain kadar kalori yang rendah, kandungan serat yang tinggi juga dapat melancarkan pembuangan limbah-limbah dalam tubuh, sehingga makanan yang dimakan tidak akan berubah menjadi lemak.

Hal ini pula yang menyebabkan pare memiliki kandungan charantin yang bisa meningkatkan penyerapan glukosa dengan mengurangi penyimpanan sel-sel lemak. Dengan demikian pare sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi pada program diet.

9. Mampu Mengobati HIV dan Serpes

HIV

Image Credit: Cnnindonesia.com

Saat ini kedua penyakit tersebut tergolong dalam penyakit menular yang sangat menakutkan. Penyakit yang menyerang sistem imun tubuh ini merupakan salah satu penyakit yang dapat meningkatkan kematian.

Tahukan Anda sebuah penelitian menunjukkan bahwa pare dapat menjadi salah satu obat yang dapat mengobati 2 penyakit ini. kandungan fitokimia pada pare mampu menghentikan pertumbuhan virus human immunodeficiency. Sebuah kandungan yang dapat dengan efektif untuk membunuh virus tersebut dan berangsur memulihkan penyakit tersebut.

10. Mengendalikan Gula Darah

Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Image Credit: Tribunnews.com

Manfaat  lain yang tak kalah pentingnya adalah manfaat pare untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh manusia. Pare juga memiliki sifat yang dapat bekerja sebagai insulin. Insulin diperlukan oleh tubuh untuk membantu glukosa menjadi sel energi. Kemampuan itulah yang membuat pare dapat menurutkan kadar gula darah.

BACA:  15 Manfaat Sari Kurma Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Selain itu, pare juga dapat mengontrol penumpukan glukosa dalam tubuh. Pare akan membantu mengubah glukosa menjadi sel makanan. Yang kemudian dapat mencegah terjadinya penumpukan glukosa dalam darah dan mengalirkannya ke otot, hati bahkan jaringan lemak.

11. Membersihkan Batu Ginjal

Membantu Detoksifikasi

Image Credit: Blog.tribunjualbeli.com

Salah satu penyakit yang cukup menyakitkan adalah batu ginjal. Batu ginjal dapat terjadi dikarenakan ada sejumlah infeksi dan peradangan yang menyerang organ dalam ginjal yang disebabkan karena terjadi penumpukan asam yang berlebihan.

Sehingga pare diyakini mampu mengurangi tingginya asam tersebut tersebut dan meluluhkan batu ginjal tersebut. Untuk itu sangat disarankan untuk mengonsumsi pare secara rutin untuk mencegah penumpukan batu ginjal yang mungkin berpotensi berbahaya bagi tubuh.

12. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mencegah Kolesterol Tinggi

Image Credit: Merdeka.com

Kadar kolestrol yang tinggi dapat menimbulkan bahaya yang cukup signifikan bagi tubuh. Tingginya kadar kolesterol dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang dapat berakibat fatal seperti stroke dan resiko terkena serangan jantung.

Sebagai antisipasi resiko peningkatan kolesterol, Anda dapat mengonsumsi pare dengan cara di jus ataupun diambil sarinya. Dan konsumsi pare ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

13. Baik untuk Kesehatan Kulit

Kesehatan Kulit Wajah

Image Credit: Mokomoko.id

Tahukan Anda, bahwa pare juga memiliki kandungan yang dapat menyehatkan dan merawat kulit Anda. Kandungan vitamin C yang dimiliki oleh pare ternyata juga mampu membantu produktivitas kolagen dalam tubuh menjadi lebih baik.

Kolagen merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh kulit sebagai pencegahan untuk penuaan kulit sehingga dapat menjaga kelembapan kulit serta keremajaan kulit. selain itu antioksidan yang terdapat dalam pare juga mampu menangkal toksin-toksin yang akan masuk ke tubuh dan dapat membuat kulit menjadi jauh lebih cantik dan sehat.

14. Menjaga Kesehatan Rambut

Membuat Rambut Lebih Lembut

Image Credit: Allthingshair.com

Tak hanya untuk kulit dan organ dalam, ternyata pare juga memiliki beberapa khasiat yang juga bagus untuk kesehatan rambut.  Kandungan nutrisi dan vitamin seperti Vitamin A,B,C dan E mampu mengurangi permasalahan rambut rontok, kulit kering dan ketombe. Dan pare dapat membuat rambut Anda menjadi lebih kuat.

Tak hanya untuk mengatasi gangguan pada rambut, pare juga berfungsi untuk melawan rambut menjadi tetal lembut dan cantik. Hal ini disebabkan karena pare memiliki kandungan anti-jamur yang akan bekerja untuk mencegah pertumbuhan jamur dalam tubuh yang umumnya sering menyerang bagian rambut dan kuku.

15. Mengobati Kanker

Mencegah Tumor dan Kanker

Image Credit: Chirpstory.com

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sampai saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkannya. Tapi tahukah Anda bahwa buah yang pahit ini mampu mencegah pertumbuhan kanker.

Pare memiliki kandungan zat lesichin yang cukup tinggi. Kandungan ini dapat sangat efektif untuk melawan pertumbuhan sel kanker. Pare perlu diminum secara rutin untuk hasil pencegahan yang maksimal.

Nah, itulah manfaat dari buah pare, buah yang terkenal dengan rasa pahitnya ini ternyata menyimpan sejuta manfaat mulai dari kesehatan kulit, mata, jantung hingga pencegahan kanker. Konsumsilah buah in secara rutin untuk mendapatkan pencegahan dan penanganan yang baik.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba