15 Manfaat Sari Kurma Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

15 Manfaat Sari Kurma Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini. Ya, buah yang berasal dari timur tengah ini menjadi sajian yang selalu ada pada bulan puasa. Akan sangat sulit mendapatkan buah impor satu ini bila belum pada bulan Ramadhan. Namun, jangan khawatir, anda bisa tetap menikmati manfaat buah ini dengan mengonsumsi sarinya.

Sari buah kurma adalah minuman herbal yang mengandung ekstrak 100% buah kurma dan tanpa ditambahkan dengan pemanis apapun. Dengan mengonsumsi sari kurma anda akan dapat merasakan manfaat yang sama seperti sedang mengonsumsi buah kurma.

Sari kurma sangat kaya akan vitamin seperti vitamin A dan C, serat, zat besi, kalsium serta banyak lagi yang tentunya juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut akan dibahas mengenai manfaat sari kurma yang bisa anda rasakan saat mengonsumsinya secara teratur.

Kandungan Nutrisi Dalam Sari Kurma

1. Antioksidan

Sumber & Manfaat Antioksidan Bagi Kesehatan

Image Credit: Kompas.com

Buah kurma memiliki kandungan Vitamin C sangat tinggi sehingga mampu menghasilkan zat antioksidan. Zat antioksidan ini baik untuk tubuh untuk menghambat pertumbuhan elektron-elektron pada tubuh yang tidak berpasangan.

Elektron dalam tubuh manusia yang tidak memiliki pasangan dapat meningkatkan potensi timbulnya berbagai macam penyakit khususnya radikal bebas. Disinilah peran antioksidan bermain. Antioksidan akan mengingat semua molekul yang tidak berpasangan dan akan membuangnya melalui feses dan keringkan agar tidak mengendap didalam tubuh.

2. Zat Tembaga

Zat Tembaga

Image Credit: Doktersehat.com

Setelah antioksidan yang tinggi, sari kurma juga mengandung zat tembaga yang tak kalah tingginya. Zat tembaga ini memiliki manfaat yang sangat penting dalam sel darah merah serta pada saraf-saraf manusia.

Zat tembaga sendiri bermanfaat untuk mencegah pengeroposan pada tulang dan mampu menjaganya tetap kuat. Zat tembaga akan bekerja untuk mengurasi kepadatan mineral pada tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis.

Selain itu zat tembaga yang terkandung dalam sari kurma ini mampu menjaga kesehatan jantung dengan mengontrol dan menstabilkan irama denyut nadi sehingga jantung bisa menjadi lebih sehat dan tentunya pula mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

3. Vitamin A

Efek Kekurangan atau Kelebihan Vitamin A Bagi Tubuh

Image Credit: Honestdocs.id

Selain kandungan diatas, sari buah kurma juga dilengkapi dengan kandungan Vitamin A. Vitamin A sangat berperan dalam melindungi kesehatan mata. mata merupakan salah satu organ penting yang juga perlu untuk dirawat dan diperhatikan.

Sari buah kurma ini menyediakan anda kandungan vitamin A yang akan membantu anda dalam memelihara kesehatan mata anda terutama mencegahnya dari segala macam penyakit yang akan menyerang penglihatan anda.

4. Serat

Serat

Image Credit: Klikdokter.com

Sari kurma juga diperkaya dengan kandungan serat alami yang sangat baik untuk kesehatan tubuh anda. Serat mineral dalam sari kurma akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan. Menghindarkan anda dari resiko penumpukan toxin yang akan berdampak buruk pada kesehatan anda seperti sembelit.

BACA:  Inilah Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan & Kecantikan

Tak hanya untuk pencernaan, kandungan serat dalam sari kurma juga baik untuk menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Yang biasanya akan memicu berbagai macam penyakit diantaranya penyakit kardiovaskular.

Selain mengontrol jumlah kolestor, serat ini juga sangat baik untuk menyerap kadar gula berlebihan dalam tubuh dan sebisa mungkin untuk menetralkannya. Sehingga anda dapat mengantisipasi penyakit diabetes.

Manfaat Sari Kurma Bagi Kesehatan

1. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Image Credit: Wowkeren.com

Tahukah anda, bahwa kematian terbesar disebabkan oleh berbagai gangguan pada jantung seperti serangan jantung. Saat ini serangan jantung tidak hanya menyerang orang lanjut usia, namun orang-orang berusia muda pun dapat secara mendadak terkena serangan jantung ini.

Untuk itu sangat perlu bagi Anda untuk menjaga kesehatan jantung salah satunya dengan menggunakan sari kurma. Kandungan vitamin dan biotin yang terdapat dalam sari kurma mampu menjaga denyut nadi tetap stabil, sehingga membuat aliran darah menjadi lancar dan terbebas dari segala resiko penyakit yang mungkin muncul.

2. Meningkatkan Trombosit dan Hemoglobin

Meningkatkan Trombosit

Image Credit: Liputan6.com

Sari kurma memiliki kandungan zat besi yang sangat baik untuk manusia terutama pada darah. Sebuah penelitian di Politeknik Kesehatan Surakarta Jurusan kebidanan, memberikan sari kurma terhadap pasien demam berdarah untuk meningkatkan trombositnya.

Dan hasil yang diperoleh yaitu pasien tersebut mengalami peningkatan trombosit sebanyak 8,09 persen per hari. Hal ini membuktikan bahwa sari kurma dapat merangsang peningkatan kadar trombosit dalam tubuh.

Penelitian ini membuktikan bahwa sari kurma sangat cocok untuk pertolongan pertama pada pasien dengan trombosit yang rendah akibat demam berdarah. Kandungan zat besi yang dimilikinya dapat menjadikan sumber energi bagi penderitanya.

3. Mencegah Terjadinya Infeksi

Menyembuhkan Luka Bakar

Image Credit: Hellosehat.com

Sari kurma memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sehingga ini sangat bermanfaat bagi tubuh untuk melawan segala jenis infeksi yang mungkin menyerang tubuh anda. Zat antioksidan pada daging buah kurma ini disebut dengan tatin.

Selain sebagai anti infeksi, manfaat lain dari sari kurma adalah anti emorgik dan juga anti inflamasi. Untuk anda yang sedang mengalami Infeksi, maka sari kurma ini sangat bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi dan mengurangi nyeri akibat peradangan.

4. Melancarkan Buang Air Besar

Buang Air Besar

Image Credit: Alodokter.com

Kandungan serat yang tinggi bada sari kurma dapat membantu melancarkan buang air besar. Serat akan membantu pencernaan dengan memberi lebih banyak air untuk proses pencernaan sehingga dapat melancarkan buang air besar.

Kandungan serat yang tinggi ini juga berperan dalam membantu kinerja metabolisme tubuh. Serat akan mempercepat dan mempermudah kerja metabolisme tubuh, sehingga anda akan terbebas dari gangguan seperti sembelit atau kontipasi.

BACA:  Manfaat Paprika Bagi Kesehatan & Kandungan Nutrisinya

Untuk itu sangat penting mengonsumsi sari kurma secara teratur, agar usus dapat bekerja dengan baik dalam membuat sisa-sisa kotoran tubuh melalui feses.

5. Meningkatkan Kemampuan Otak

Menyehatkan Otak

Image Credit: Ayobandung.com

Manfaat lain yang tak kalah pentingnya adalah manfaat sari kurma yang bagus untuk meningkatkan kesehatan dan juga fungsi otak. salah satu kandungannya yaitu fenolat total seperti asam ferulat dan asam caffeic sangat baik untuk mencegah terjadinya plak pada otak yang dapat menurunkan fungsinya.

Selain itu, sari kurma juga sangat bagus untuk diberikan kepada penderita Alzheimer sebagai bantuan untuk pengobatan. Sari kurma perlu dikonsumsi secara rutin dan teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

6. Mencegah Rabun Senja

Rabun Senja

Image Credit: Parenting.orami.co.id

Kandungan lain yang dimiliki oleh sari kurma adalah vitamin A. Tingkat kandungan vitamin A pada sari kurma dapat dikatakan cukup tinggi.

Seperti yang diketahui bahwa vitamin A memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan mata termasuk salah satunya mencegah kebutaan. Termasuk kandungan yang terdapat dalam sari kurma akan mencegah dan mengobati gangguan mata seperti rabun senja.

7. Mengatasi Lemah Syahwat

Lemah Syahwat

Image Credit: Alodokter.com

Kurma dapat dimanfaatkan untuk diambil sari dan minyaknya. Perpaduan inilah yang akan sangat bermanfaat untuk kinerja fungsi seksual pada pria. Hal ini dikarenakan sari kurma mengandung estradiol dan flavonoid yang sangat efektif untuk membantu meningkatkan motilitas serta produksi sperma.

Sangat penting bagi anda untuk memperhatikan kesehatan fungsi sexual sehingga dapat meningkatkan keharmonisan rumah tangga ada. Sekarang tak perlu lagi khawatir dengan gangguan tersebut, karena anda dapat mengatasinya dengan rutin mengonsumsi sari secara rutin.

8. Mengatasi Keracunan Karena Alkohol

Mengurangi Rokok dan Alkohol

Image Credit: Hellosehat.com

Sebagian orang yang suka meminum alkohol sering mengalami keracunan yang disebabkan karena tubuh menjadi lebih sensitive sehingga menjadi sangat rentan terhadap racun dan efek buruk yang ditimbulkan oleh alkohol.

Untuk mengatasi hal tersebut, sari kurma dapat menjadi pilihan yang tepat bila terjadi keracunan akibat minuman beralkohol. Penanganan yang dapat anda lakukan adalah mencampurkan sari kurma dengan lada. 2 bahan tersebut sangat ampuh untuk mentralisir racun yang masuk kedalam tubuh.

9. Meningkatkan Kadar Sel Darah Merah

Meningkatkan Peredaran Darah

Image Credit: Hellosehat.com

Kandungan pada sari kurma diperlengkap dengan tambahan kandungan zat tembaga. Zat tembaga sangat bagus untuk memproduksi sel darah merah yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kekurangan sel darah merah sangatlah berbahaya. Hal ini dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit anemia. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak mampu bekerja secara maksimal sehingga sel darah merah dalam tubuh menjadi rusak.

BACA:  15 Manfaat Buah Semangka Jika Rutin Dikonsumsi

Hal ini dapat anda antisipasi dengan mengonsumsi sari kurma secara teratur dan rutin untuk membantu mengembalikan kerja tubuh dalam memproduksi sel darah merah.

10. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Memperkuat Tulang

Image Credit: Merdeka.com

Manfaat lain dari sari buah kurma yang tak kalah mengejutkan adalah kemampuannya untuk meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi. Buah kurma ini memiliki kandungan zat kalsium yang sangat tinggi.

Zat kalsium ini sangat baik untuk mendukung pertumbuhan gigi dan tulang. Serta sangat efektif untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sehingga tulang dan gigi anda akan menjadi sehat dan kuat. Kandungan kalsium ini juga dapat membantu tubuh melakukan kontraksi otot serta menunjang fungsi saraf.

11. Efektif Meningkatkan Oksigen Dalam Darah

Oksigen Dalam Darah

Image Credit: Made-blog.com

Oksigen merupakan kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan oleh manusia. tak hanya untuk bernapas, oksigen juga diperlukan oleh darah agar tubuh dapat melakukan fungsinya dengan baik. Tubuh yang kekurangan oksigen akan sangat berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian.

Salah satu kandungan yang terdapat dalam kurma sangat efektif untuk meningkat oksigen dalam darah. Mengingat pentingnya oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh, maka mengonsumsi sari kurma secara rutin adalah pilihan yang tepat.

12. Obat Alami untuk Diare

Diare

Image Credit: Kompas.com

Kandungan serat yang dimiliki oleh sari kurma mampu meredakan diare bahkan diare kronis dengan efektif dan sangat cepat. Sehingga anda tidak perlu khawatir bila mengalami gangguan diare.

Tak hanya efektif untuk mengurangi diare, sari kurma juga mampu mengembalikan nutrisi dan cairan yang hilang pasca diare. Disarankan untuk mengonsumsi sehari 2 kali untuk hasil yang maksimal.

13. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Mencegah Tumor dan Kanker

Image Credit: Chirpstory.com

Sungguh mengejutkan bukan, buah yang berasal dari timur tengah ini memiliki manfaat untuk mencegah kanker, salah satu penyakit paling mematikan ini.

Cara kerjanya pun cukup unik yaitu diperoleh dari kandungan vitamin A yang memiliki antiosidan yang tinggi. Kandungan ini akan membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker didalam tubuh. Tetap lakukan pengobatan kanker anda sambil mengonsumsi sari kurma secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

14. Mencegah Diabetes

Mencegah Penyakit Diabetes

Image Credit: Diabetes.co.uk

Serat yang terdapat dalam sari kurma tidak hanya berperan untuk kesehatan pencernaan. Tapi juga efektif untuk menjaga kadar gula darah agar tidak terlalu tinggi.

Hal ini disebabkan karena kurma memiliki indeks glikemik yang rendah. Sehingga sangat cocok menjadikan sari kurma sebagai pemanis yang menggantikan gula.

15. Menjaga Kesehatan Anus

Kesehatan Anus

Image Credit: Idntimes.com

Anus menjadi bagian penting yang juga tidak boleh dilewatkan dalam menjaga kesehatannya. Sebab bila dibiarkan akan mendatangkan penyakit seperti kanker.

Nah. Sari buah kurma sendiri sangat efektif untuk melindungi selaput lendir di usus yakni dengan mengikat bahan kimia yang akan menyebabkan kanker.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi sari kurma. Kandungan yang sangat banyak menjadikan manfaatnya besar pula. Mulai dari kesehatan jantung, otak, mata pencernaan, seksualitas hingga pencegahan untuk kanker. Minumlah sari kurma secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba