15 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

15 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Wortel merupakan bahan makanan yang seringkali banyak ditemui di pasaran. Karena mudah didapatkan serta harganya yang terjangkau, menjadikan wortel sebagai bahan favorit dalam setiap masakan. Olahan makanan yang mengandung wortel tentunya juga dapat menambah nilai nutrisi pada makanan tersebut.

Seperti yang banyak diketahui, wortel merupakan bahan alami yang kaya akan kandungan vitamin terutama vitamin A. Tak heran banyak orang mengonsumsi wortel untuk mempertahankan daya penglihatan mereka. Tak hanya vitamin A, dalam wortel tentunya juga banyak mengandung nutrisi yang sangat baik bagi tubuh.

Untuk mendapatkan khasiat wortel yang maksimal, Anda dapat menjadikannya sebagai konsumsi harian. Mengonsumsi wortel secara teratur tentunya dapat memberi efek menyehatkan bagi tubuh Anda. Anda dapat mengolahnya menjadi jus, dikukus, direbus, atau diolah dengan bahan makanan lainnya. Untuk selengkapnya, Anda dapat menyimak kandungan nutrisi dan 15 manfaat wortel berikut:

Kandungan Nutrisi Pada Wortel

1. Vitamin A

Efek Kekurangan atau Kelebihan Vitamin A Bagi Tubuh

Image Credit: Honestdocs.id

Tak diragukan lagi, kandungan Vitamin A pada wortel sangatlah tinggi. Setiap 100 gr wortel yang dikonsumsi dapat memenuhi kebutuhan vitamin A sebesar 93%. Maka dari itu tak heran banyak yang memanfaatkan wortel sebagai sumber asupan vitamin A harian.

Vitamin A sangat berperan dalam membantu daya penglihatan. Tak hanya itu, kandungan vitamin A juga turut berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

2. Vitamin C

Vitamin C

Image Credit: Skinpeutics.com

Selain vitamin A, dalam wortel juga terkandung vitamin C sebesar 5,9 mg per 100 gr wortel. Seperti yang banyak diketahui, vitamin C sangat berperan dalam menjaga kesehatan tubuh. Kombinasi antara vitamin A dan Vitamin C juga dapat berfungsi menangkal radikal bebas.

Vitamin C pada wortel dapat Anda manfaatkan untuk menjaga imunitas tubuh. Mengonsumsi wortel secara teratur tentunya dapat menyehatkan tubuh.

3. Serat

Serat

Image Credit: Klikdokter.com

Dalam 100 gr wortel terkandung serat sebanyak 2,8 gr. Kandungan serat ini sangat diperlukan bagi tubuh untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Seperti yang diketahui, serat dapat menyehatkan fungsi pencernaan dikarenakan dapat memperlambat proses penyerapan makanan. Penyerapan makanan yang maksimal tentunya dapat membuat tubuh ternutrisi dengan baik.

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

1. Mencegah Rabun

Rabun Senja

Image Credit: Parenting.orami.co.id

Tak perlu diragukan lagi, mengonsumsi wortel secara teratur tentunya dapat meningkatkan fungsi penglihatan. Kandungan Vitamin A yang sangat tinggi dalam wortel dipercaya sebagai zat yang sangat berperan dalam menyehatkan fungsi penglihatan. Tak heran banyak orang yang mengonsumsi wortel sebagai terapi untuk memperbaiki kesehatan mata.

Bagi Anda yang memiliki permasalahan mata yang rabun juga dapat menggunakan wortel sebagai cara penyembuhannya. Anda dapat mengonsumsi wortel dengan berbagai cara, salah satunya adalah jus. Meminum jus wortel secara teratur diketahui dapat memberikan manfaat yang efektif dalam menyehatkan fungsi penglihatan.

BACA:  10 Manfaat Buah Zuriat untuk Kesuburan & Kesehatan Tubuh

2. Mempertajam Memori

Mempertajam Memori

Image Credit: Hellosehat.com

Siapa sangka ternyata kandungan pada wortel dapat berfungsi dalam mempertajam memori. Bila Anda mengalami kesusahan saat mengingat sesuatu, Anda dapat memulai mengonsumsi wortel. Kandungan vitamin B dalam wortel dipercaya dapat meningkatkan kinerja fungsi memori.

Jika Anda menginginkan efek yang maksimal untuk mempertajam daya ingat, konsumsilah wortel secara teratur. Sebagai pilihan, Anda dapat mengonsumsi jus wortel setidaknya 2 kali sehari. Cara ini dapat Anda gunakan untuk mempertajam memori Anda.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Image Credit: Wowkeren.com

Setiap orang tentunya tidak ingin mengalami kondisi tubuh yang menurun. Kondisi tubuh yang menurun ini dapat ditandai dengan munculnya gejala sakit seperti demam dan nafsu makan menurun. Maka dari itu dibutuhkan bahan makanan yang dapat mengembalikan kondisi tubuh sehat seperti semula.

Mengonsumsi wortel secara teratur dapat menjadi pilihan Anda dalam mempertahankan atau meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan Vitamin C yang terdapat dalam wortel. Seperti yang diketahui, vitamin c sangat berperan dalam menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah sakit.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Image Credit: Wowkeren.com

Wortel juga dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Dalam sebuah studi menyatakan bahwa mengonsumsi wortel secara teratur selama 2 bulan dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung atau juga bagi yang ingin terhindar dari penyakit jantung.

Kandungan antioksidan dalam wortel dipercaya sangat berperan dalam mempertahankan kesehatan jantung. Kandungan antioksidan dalam wortel dapat melawan sel-sel yang mengalami kerusakan ataupun menangkal efek dari radikal bebas. Maka dari itu tak ada alasan bagi Anda untuk tidak mengonsumsi wortel karena efeknya yang begitu menyehatkan ini.

5. Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat

Image Credit: Liputan6.com

Dalam menjaga kesehatan tubuh, rambut juga termasuk bagian tubuh yang perlu diperhatikan kesehatannya. Kesehatan rambut tentu perlu dijaga agar terhindar dari permasalahan seperti kondisi rambut yang rontok. Rambut yang rontok ini dapat menandakan kondisi kulit kepala atau tubuh yang kurang baik.

Untuk mempertahankan kesehatannya, Anda dapat mengonsumsi jus wortel secara teratur. Efek menyehatkan dalam jus wortel diketahui juga dapat membuat rambut Anda terbebas dari kerusakan.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Menyembuhkan Penyakit Sistem Pencernaan

Image Credit: Alodokter.com

Kandungan serat dalam wortel sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Seperti yang diketahui sebelumnya, serat dapat melancarkan metabolisme pencernaan. Metabolisme pencernaan yang lancar ini dapat menjadikan penyerapan nutrisi yang semakin maksimal sehingga dapat memberikan efek menyehatkan bagi tubuh.

Bagi Anda yang memiliki permasalahan seperti sembelit juga dapat diatasi dengan mengonsumsi wortel. Jika mengonsumsinya secara teratur, tentu dapat menyehatkan sistem pencernaan sehingga permasalahan pencernaan tidak muncul. Menjaga kesehatan pencernaan tentu perlu untuk diperhatikan agar kondisi tubuh dapat terjaga.

BACA:  5 Manfaat Utama Kopi Hijau Untuk Kesehatan (Green Coffee)

7. Memperkuat Tulang dan Gigi

Memperkuat Tulang

Image Credit: Merdeka.com

Tulang dan gigi adalah hal yang perlu diperhatikan agar dapat menunjang kesehatan tubuh. Untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, Anda dapat mengonsumsi wortel secara teratur. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin K dalam wortel dipercaya dapat memperbaiki kesehatan tulang dan gigi.

Perlu diketahui bahwa vitamin K adalah zat yang sangat berguna dan diperlukan dalam menyehatkan tulang dan gigi. Dengan mengonsumsi wortel secara teratur, Anda dapat mencegah timbulnya resiko penyakit tulang seperti osteoporosis di masa mendatang.

8. Menguatkan Janin

Pergerakan Janin

Image Credit: Hellosehat.com

Manfaat wortel tak hanya dapat bermanfaat bagi kesehatan orang pada umumnya. Karena dengan mengonsumsi wortel, kesehatan janin juga dapat ditingkatkan. Kesehatan ibu hamil dan janin tentunya perlu untuk diperhatikan dengan semaksimal mungkin. Memberikan asupan nutrisi yang cukup tentu dapat menjadikan kesehatan janin semakin meningkat.

Bagi Anda yang sedang menjalani masa kehamilan, dapat memanfaatkan wortel sebagai cara untuk menyehatkan janin Anda. Janin tentunya memerlukan nutrisi yang cukup agar dapat berkembang dengan baik. Kandungan vitamin A yang tinggi pada wortel diketahui dapat memperkuat kondisi janin. Maka dari itu mengonsumsi wortel sangat disarankan bagi ibu hamil.

9. Menyehatkan Kulit

Kesehatan Kulit Wajah

Image Credit: Mokomoko.id

Bagi Anda yang mendambakan kulit yang sehat, wortel dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mewujudkannya. Kesehatan kulit tentunya perlu untuk dijaga karena dapat berpengaruh pada penampilan seseorang. Bagi Anda yang menginginkan cara yang alami dalam menyehatkan kulit, konsumsilah wortel secara teratur.

Kandungan karotenoid pada wortel dipercaya dapat menjadikan kondisi kulit Anda yang lebih bercahaya. Kulit yang bercahaya ini tentunya juga dapat meningkatkan kepercayaan diri pada tampilan Anda. Wortel dapat Anda jadikan sebagai asupan harian alami karotenoid untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

10. Melawan Radikal Bebas

Menangkal Radikal Bebas dalam Tubuh

Image Credit: Supersmart.com

Paparan radikal bebas yang terus-menerus diketahui dapat memberikan efek negatif bagi tubuh. Maka dari itu manusia dianjurkan untuk mengonsumsi bahan-bahan yang mengandung antioksidan didalamnya. Sumber antioksidan dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi berbagai jenis sayur dan buah-buahan.

Wortel juga dapat menjadi solusi yang tepat sebagai pemenuhan kebutuhan asupan antioksidan Anda setiap harinya. Kandungan antioksidan pada wortel cenderung tinggi sehingga dapat memberikan efek positif dan menyehatkan pada tubuh. Cukup konsumsi wortel secara teratur maka radikal bebas dapat ditangkal dengan kandungan antioksidan pada wortel.

11. Meningkatkan Kualitas Sperma

Jaga Kualitas Sperma

Image Credit: Kompas.com

Tak hanya berfungsi dalam memperkuat janin, ternyata wortel juga dapat berperan dalam meningkatkan kualitas sperma pada laki-laki. Kualitas sperma tentunya perlu diperhatikan agar proses pembuahan dapat terjadi. Maka dari itu, menjaga kesehatan reproduksi tentunya penting untuk dilakukan.

BACA:  15 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Dengan mengonsumsi wortel Anda dapat menjadikan kualitas sperma yang meningkat. Hal ini lagi-lagi dikarenakan oleh kandungan vitamin A yang sangat tinggi pada wortel. Vitamin A diketahui juga dapat berfungsi menjaga kesehatan sistem reproduksi. Maka dari itu bagi Anda yang ingin memiliki keturunan, dapat mencoba mengonsumsi jus wortel agar pembuahan dapat terjadi.

12. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Image Credit: Ayurvediccure.com

Bagi Anda yang memiliki luka yang tak kunjung sembuh, Anda dapat mencoba mengonsumsi wortel secara teratur. Hal tersebut dikarenakan terdapat kandungan pada wortel yang sangat berguna dalam proses penyembuhan luka.

Kandungan anti-inflamasi pada wortel memiliki manfaat untuk meredakan peradangan yang terjadi pada tubuh. Tak hanya itu, bagi Anda yang memiliki bekas luka juga dapat mengonsumsi wortel untuk mempercepat proses revitalisasi kulit. Proses revitalisasi kulit ini dapat menyamarkan bekas luka pada bagian tubuh Anda dengan alami.

13. Mencegah Stroke

Stroke

Image Credit: Dream.co.id

Stroke merupakan sebuah kondisi yang tentunya sangat dihindari oleh banyak individu. Seperti yang diketahui, stroke dapat mengakibatkan individu tidak dapat beraktivitas seperti pada biasanya. Hal inilah yang menjadikan ketakutan pada setiap orang. Maka dari itu untuk menghindarinya diperlukan pola hidup yang sehat. Begitu pula dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk selalu terhindar dari stroke adalah mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan dan sayur. Salah satu yang dapat Anda jadikan pilihan adalah wortel. Pada sebuah studi menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi wortel secara teratur cenderung tidak memiliki gejala stroke dibandingkan orang yang sedikit mengonsumsi wortel.

14. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mencegah Kolesterol Tinggi

Image Credit: Merdeka.com

Bagi orang yang sedang menjalani diet untuk menghindari makanan berkoresterol, mengonsumsi jus wortel dapat Anda jadikan pilihan. Hal ini dikarenakan kandungan kalium dan potasium dalam wortel diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Mengonsumsi jus wortel secara teratur dapat memberikan efek yang sangat menyehatkan. Kadar gula darah pun juga dapat dikontrol dengan konsumsi wortel.

15. Menurunkan Resiko Kanker

Mencegah Tumor dan Kanker

Image Credit: Chirpstory.com

Seperti yang banyak diketahui, kanker disebabkan oleh munculnya sel-sel abnormal pada tubuh. Sel-sel ini dapat timbul dikarenakan oleh radikal bebas yang ada pada tubuh. Maka dari itu untuk pencegahannya Anda dapat mengonsumsi bahan makanan yang mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada wortel dapat dimanfaatkan untuk melawan radikal bebas dan menyingkirkan sel-sel yang mengalami kerusakan. Sebuah studi juga telah membuktikan bahwa mengonsumsi wortel secara teratur dapat mengurangi resiko kanker payudara. Zat yang berperan dalam melawan sel kanker tersebut adalah keretenoid yang juga terkandung dalam wortel.

Itulah 15 manfaat wortel bagi kesehatan yang perlu untuk Anda ketahui. Dengan informasi tersebut tentunya Anda dapat menyadari bahwa wortel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Maka dari itu jangan ragu-ragu rutin mengonsumsi wortel untuk menjaga kesehatan Anda.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba