10 Cara Membersihkan Usus Besar Secara Alami

10 Cara Membersihkan Usus Besar Secara Alami

Sebelum Anda memulai menerapkan tips membersihkan usus di bawah ini, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter untuk memperoleh arahan yang tepat, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat atau menderita kondisi kesehatan tertentu.

Usus besar adalah salah satau bagian dari sistem pencernaan yang bertugas untuk menyerap air, vitamin dan semua nutrisi dari makanan yang kita makan sehari-hari, mengolah makanan yang tidak dicerna oleh usus kecil dan mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh.

Ketika usus besar tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka usus bisa saja berkerja sebaliknya, menyerap racun yang ada dalam tubuh. Dengan demikian akhirnya menyebabkan sejumlah masalah seperti sakit kepala, kembung, sembelit, gas, berat badan, kelemahan, kelelahan, hingga penyakit kronis.

Masalah yang menyebabkan gangguan pada usus besar terutama berasal dari makanan yang tidak tercerna, yang kebanyakan sarat dengan zat aditif, pengawet dan bahan kimia lainnya. Pada akhirnya yang mengarah kepada penumpukan lendir didalam usus besar, kemudian menghasilkan racun yang bisa meracuni tubuh.

Namun Anda dapat dengan mudah menyingkirkan racun ini dan mengembalikan kerja usus dengan bakteri usus yang sehat. Hal ini nantinya akan membantu meningkatkan energi, dan meningkatkan penyerapan vitamin dan nutrisi. Ada banyak cara untuk membersihkan usus yang tersedia, tapi bagi kebanyakan orang, pilihan terbaiknya adalah cara pengobatan secara alami.

Berikut ini cara membersihkan usus secara alami dan aman yang bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah.

1. Minum Cukup Air

Air adalah hal pertama yang terbaik untuk mendapatkan usus yang sehat dengan minum banyak air. Penting untuk menjaga asupan air setidaknya 8 gelas air dalam sehari. Konsumsi air putih secara teratur air ini akan memberikan cairan dan pelumas yang diperlukan tubuh untuk melepaskan racun dan kotoran dari usus dan tubuh secara alami.

Minum air cukup juga akan merangsang gerakan peristaltik alami usus, yang membantu makanan supaya bisa bergerak melalui sistem pencernaan. Air juga sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Anda juga bisa mencoba minum jus buah dan sayuran untuk mendapatkan asupan cairan.

2. Konsumsi Apel Segar

Jus yang terbuat dari buah apel segar adalah salah satu cara pengobatan alami terbaik untuk membersihkan usus besar. Minum jus apel secara teratur bisa merangsang gerakan usus, menghancurkan racun dan meningkatkan kesehatan liver serta sistem pencernaan.

Awali hari Anda dengan minum satu gelas jus apel, dan setelah 30 menit, minum satu gelas air. Ulangi cara ini secara rutin beberapa kali sehari dan terus selama tiga hari. Ketika menerapkan cara ini disarankan untuk menghindari makanan-makanan yang padat.

3. Konsumsi Buah Alpukat

Buah alpukat memiliki manfaat yang tidak kalah dengan buah apel. Buah yang kaya asam folat ini dapat membantu membersihkan usus yang kotor. Vitamin E, serat dan juga lemak baik yang dimiliki alpukat juga membantu membersihkan kotoran dan menjaga kesehatan usus.

4. Konsumsi Stroberi

Buah Stroberi kaya akan Vitamin C yang dapat membersihkan usus, sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk mengeluarkan racin dalam tubuh, buah ini dapat dikonsumsi langsung atau dibuat jus untuk memudahkan Anda.

5. Minum Air lemon

Air lemon memiliki kandungan zat yang bersifat antioksi dan termasuk vitamin C yang tinggi, baik untuk sistem pencernaan. Oleh sebab itu, air lemon bisa digunakan untuk membersihkan usus.

Campur air lemon dengan sedikit garam laut dan sedikit madu serta segelas air hangat suam-suam kuku. Minum larutan lemon ini pada waktu perut kosong di pagi hari. Proses ini akan membantu Anda untuk memperoleh lebih banyak energi, BAB yang lebih baik, hingga memiliki kondisi kulit yang sehat.

Anda juga bisa menambahkan 2 sdm air lemon segar ke segelas jus apel Anda. Minum tiga atau empat kali dalam sehari. Ikuti salah satu dari cara pengobatan ini selama beberapa hari.

6. Konsumsi Jus Sayuran Segar

Dalam rangka membersihkan usus Anda, penting untuk menghindari makanan olahan dan makanan yang dimasak satu atau dua hari sebelumnya. Minum jus sayur segar beberapa kali sehari dan menahan makanan padat untuk sementara waktu. Sayuran hijau terutama mengandung klorofil yang bersifat membantu mengeluarkan racun. Sayuran segar juga kaya akan vitamin, mineral, asam amino, dan enzim yang akan menjaga tubuh Anda sehat dan berenergi.

Disarankan tidak mengonsumsi jus dari sayuran awetan/olahan karena biasanya sudah tidak mengandung enzim yang bisa membantu tubuh untuk memecah dan mengeluarkan produk limbah. Anda bisa membuat jus sayur segar sendiri dari wortel, bit, bayam, tomat kangkung menggunakan juicer atau blender.

7. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Mengonsumsi makanan yang kaya serat akan membantu membersihkan usus besar dari semua jenis racun makanan yang berpotensi membahayakan kesehatan. Serat membantu menjaga melunakkan tinja dan meningkatkan pergerakan usus, yang akhirnya membuat tubuh bisa mengeluarkan semua produk limbah dengan tuntas. Pada saat yang sama, makanan kaya serat juga akan membantu menyingkirkan permasalahan usus apapun.

Anda bisa menambahkan banyak serat alami ke dalam diet Anda dengan memakan buah-buahan segar seperti buah pir dan buah apel, serta sayur-sayuran segar seperti kacang polong, kacang panjang, bayam, sesawi dan brokoli. Sereal seperti oatmeal, kacang-kacangan, dan biji-bijian juga mengandung sejumlah serat.

8. Konsumsu Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt secara teratur juga merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan usus besar. Yoghurt adalah makanan mengandung probiotik, terutama bakteri baik yang hidup dan aktif yang akan masuk kedalam usus dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Yoghurt juga memiliki kandungan kalsium yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel-sel yang melapisi usus besar. Yoghurt juga bisa mengatasi berbagai masalah usus seperti gangguan pencernaan, perut kembung, BAB tidak teratur dan masih banyak lagi.

Anda bisa konsumsi yogurt dengan cara menambahkan irisan beberapa buah segar seperti apel, jeruk limau dan buah pisang.

9. Biji Rami

Biji rami merupakan sumber asam lemak omega-3, anti-oksidan dan serat pangan alami, sehingga dapat membantu membersihkan usus Anda. Biji rami atau Flaxseed akan menyerap air, dan akan membantu menghilangkan racun dan lendir. Selain itu, biji rami juga akan membantu mencegah kanker, penyakit jantung dan diabetes.

Anda bisa menambahkan biji rami untuk sereal, yoghurt, serta makanan sehat lainnya.

10. Minum Teh atau Kopi

Kandungan kafein didalam Kopi sangat membantu dalam kelancaran BAB. Reaksi kafein ini sudah sering dirasakan saat Anda mulas setelah mengonsumsi kopi. Meski membantu, meminum kopi juga harus dibatasi, setidaknya maksimal 2 gelas per hari. Selain kopi, jenis teh hijau atau hitam dapat membantu kinerja usus lebih baik. Dianjurkan meminum teh satu cangkir per hari.

Demikian cara membersihkan usus besar secara alami dan aman. Satu tahapan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Perlu diingat, sebelum memulai konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga
10 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga
Inilah 13 Menu Makanan Diet Sehat & Lezat untuk Menyukseskan Program Anda
Inilah 13 Menu Makanan Diet Sehat & Lezat untuk Menyukseskan Program Anda
15 Tips Diet Sehat Alami yang Aman & Hasilnya Cepat
15 Tips Diet Sehat Alami yang Aman & Hasilnya Cepat
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
15 Cara Merawat Rambut Kering & Rontok yang Mudah Dipraktikkan di Rumah
15 Cara Merawat Rambut Kering & Rontok yang Mudah Dipraktikkan di Rumah
15 Makanan Sehat Bernutrisi untuk Ibu Hamil Demi Perkembangan Janin
15 Makanan Sehat Bernutrisi untuk Ibu Hamil Demi Perkembangan Janin
10 Cara Agar Cepat Hamil yang Paling Mudah Dilakukan
10 Cara Agar Cepat Hamil yang Paling Mudah Dilakukan
Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Benar untuk Ibu Muda
Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Benar untuk Ibu Muda
10 Tanda-Tanda Awal Kehamilan yang Mudah Dikenali
10 Tanda-Tanda Awal Kehamilan yang Mudah Dikenali