10 Cara Cepat Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

10 Cara Cepat Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri yaitu memiliki gigi yang putih dan bersih. Untuk memiliki gigi putih bersih, tentunya Anda harus merawat gigi dengan teratur. Tidak hanya dengan menggosok gigi 3 kali sehari, namun dengan perawatan lainnya. Banyak orang yang mengeluh karena gigi mereka yang warnanya sudah tidak lagi putih.

Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk selalu merawat dan menjaga kebersihan gigi Anda agar gigi menjadi sehat dan tampak putih berseri. Banyak yang rela mengeluarkan biaya untuk pergi ke dokter gigi. Mereka melakukan pemutihan gigi dengan instan. Namun tak sedikit dari kita mampu melakukan hal tersebut.

Banyak juga yang mencari cara yang bahkan tidak membutuhkan biaya sama sekali. Bagi Anda yang ingin memutihkan gigi, bisa dilakukan secara alami. Memang benar, memutihkan gigi secara alami membutuhkan waktu yang agak lama namun tidak perlu mengeluarkan biaya yang biasanya Anda lakukan di dokter gigi. Berikut cara-cara mendapatkan gigi putih anda secara alami.

1. Mengkonsumsi Apel

Apel

Image Credit: Kumparan.com

Apel merupakan buah yang mengandung vitamin dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya itu buah apel juga berfungsi untuk mengatasi kesehatan yang ada dalam gigi. Selain kandungan serat yang sangat bagus untuk menguatkan gigi, apel juga memiliki asam yang membantu memutihkan gigi dan penghilang bakteri di mulut.

Dengan serat yang tinggi, buah apel sangat cocok dijadikan sebagai camilan Anda menggantikan teh dan kopi yang sering dikonsumsi. Dengan kandungan asam pada apel, dapat membantu menghilangkan sisa makanan bahkan bakteri yang tertinggal di dalam mulut Anda. Tiap hari anda mengkonsumsi apel, maka hasil yang di dapat juga akan semakin cepat.

Mengunyah buah apel sama halnya seperti menggosok gigi dengan sikat gigi. Sehingga dapat membantu menghilangkan plak-plak yang ada dalam gigi. Plak gigi tersebut timbul karena adanya pembusukan sisa-sisa makanan yang menyebabkan timbulnya bakteri dan merubah warna gigi Anda menjadi kuning. Konsumsi apel tiap hari akan mempercepat pemutihan gigi.

2. Menggosok Dengan Kulit Pisang

Menggosok Dengan Kulit Pisang

Image Credit: Okezone.com

Buah pisang yang sering kita konsumsi memiliki banyak kegunaan selain untuk dimakan tentunya. Selain daging pisang yang dapat dikonsumsi, kulit pisang yang masih jarang orang tahu, bahwa bisa dimanfaatkan kegunaannya untuk menjaga kesehatan dan warna gigi tetap putih.

Dengan kandungan kalium dan magnesium yang tinggi pada kulit pisang, sangat berguna untuk menghilangkan noda dan plak yang ada pada gigi. Caranya, gigi digosok menggunakan kulit pisang bagian dalam. Kemudian bersihkan gigi anda yang telah digosok oleh kulit pisang dengan sikat gigi.

Lakukan menggosok gigi dengan kulit pisang ini sesering mungkin untuk mendapatkan hasil yang cepat dan memuaskan. Cara ini sangat efektif dilakukan karena pisang sendiri cukup gampang untuk didapat dan harganya pun sangat murah.

BACA:  10 Makanan Peninggi Badan yang Kaya Nutrisi

3. Menggosok Gigi Dengan Air Lemon

Menggosok Gigi Dengan Air Lemon

Image Credit: Klikdokter.com

Buah lemon merupakan buah yang sangat cocok untuk membersihkan daerah mulut Anda. Buah lemon mengandung asam yang dapat mengikis plak yang menempel pada gigi. Dengan cara memeras air lemon kemudian mencelupkan sikat gigi pada air lemon dan menggosoknya pada gigi. Kemudian kumur dengan air bersih.

Anda juga dapat menggunakan kulit lemon. Untuk penggunaan kulit lemon sama halnya dengan kulit pisang. Dengan cara menggosok gigi yang memiliki noda atau plak dengan kulit lemon. Yang perlu diingat, setelah menggunakan air lemon untuk menggosok gigi, harus di bilas dengan air, untuk menghindari enamel gigi terkikis karena asam dari lemon.

Anda juga bisa memeras air lemon tersebut dan ditambah dengan sedikit garam atau baking soda. Karena garam maupun baking soda juga sangat bagus dalam membantu anda memutihkan gigi. Setelah itu pakai sikat gigi dan beri campuran garam dan air lemon tersebut, lalu gosok gigi anda dengan itu. Bilas dengan air bersih.

4. Menggosok Dengan Strawberry

Menggosok Dengan Strawberry

Image Credit: Topmedia.co.id

Buah strawberry memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Kandungan vitamin C, kalium, folat, serta magnesium yang sangat besar. Kandungan mineral tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama gigi. Sangat cocok untuk digunakan sebagai camilan menggantikan kopi, teh, maupun permen karena rasanya yang sangat enak.

Terutama untuk pemeliharaan gigi Anda. Kandungan yang terdapat pada buah strawberry tersebut mampu menghilangkan bakteri yang ada dalam area mulut Anda. Terutama bakteri yang menghasilkan plak gigi. Sehingga buah tersebut bisa digunakan untuk mencerahkan gigi.

Anda dapat mengkonsumsi langsung strawberry seperti biasa. Setelah itu gosok gigi anda menggunakan pasta gigi dan kumur dengan air bersih. Anda bila lakukan tiap hari. Perlu diingat juga, buah strawberry mengandung asam layaknya lemon. Sehingga lakukan pembilasan dengan air bersih agak enamel pada gigi anda tidak rusak.

5. Berkumur Dengan Air Daun Sirih

Daun Sirih

Image Credit: Goodchoice.id

Manfaat daun sirih sangat banyak untuk kesehatan mulut dan gigi. Kandungan anti bakteri yang terdapat pada daun sirih mampu mematikan semua bakteri-bakteri yang menimbulkan nafas tak sedap dan perusak gigi Anda. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk berkumur dengan air daun sirih untuk mendapatkan warna putih bersih pada gigi.

Daun sirih juga mengandung pH yang kecil sehingga berfungsi untuk menjaga enamel agar tetap sehat dan tidak rusak. Untuk penggunaan daun sirih juga sangat mudah untuk dilakukan.

BACA:  Berapa Banyak Air Putih Yang Harus Dikonsumsi Setiap Hari?

Dengan cara merebus air dengan daun sirih. Kemudian berkumurlah dengan air rebusan daun sirih tersebut. Akan lebih baik bila ditambah dengan sedikit garam. Karena garam juga berfungsi penghilang plak gigi. Setelah itu gosok gigi anda dengan menggunakan pasta gigi. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin untuk mendapatkan gigi yang putih.

6. Menggosok Dengan Baking Soda

Baking Soda

Image Credit: Today.com

Tidak hanya untuk membuat kue, baking soda atau soda kue juga berfungsi untuk membersihkan gigi dari plak-plak yang menempel pada gigi. Karena banyak pasta gigi yang menggunakan baking soda sebagai bahan dasar pembuatannya. Karena baking soda sangat efektif untuk mengikis noda.

Oleh sebab itu, semakin banyak baking soda dalam sebuah pasta gigi, semakin bagus pasta gigi tersebut digunakan untuk memutihkan gigi Anda. Baking soda memiliki sifat yang abrasif untuk digunakan pada plak-plak gigi yang timbul akibat sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di dalam gigi.

Anda juga dapat menggunakan baking soda tersebut secara langsung untuk menambah tingkat kebersihan pada gigi. Siapkan satu sendok teh baking soda, kemudian oleskan pada sikat gigi Anda. Gosok gigi Anda dengan sikat gigi tersebut. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

7. Berkumur Dengan Air Garam

Berkumur Dengan Air Garam

Image Credit: Halodoc.com

Garam merupakan bahan dapur yang sering digunakan. Selain untuk memasak, garam juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan gigi Anda. Garam berperan sekali untuk mengurangi rasa sakit gigi yang sangat menyiksa Anda. Karena sifat antiseptik yang bisa menghilangkan kuman-kuman yang bisa merusak gigi Anda.

Kandungan mineral fosfor dan flour pada garam sangat penting untuk melindungi enamel gigi dari kerusakan. Selain itu garam juga berfungsi untuk membunuh bakteri yang menghasilkan plak yang ada dalam mulut.

Dengan melarutkan garam pada air bersih, dan gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur. Berkumurlah dengan air garam kurang lebih selama 30 detik. Lakukan kegiatan tersebut 2 kali sehari. Kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

8. Berkumur Dengan Air Daun Salam

Daun Salam

Image Credit: Grid.id

Daun salam sangat banyak manfaatnya. Tidak hanya untuk menambah cita rasa pada masakan, daun salam juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi kuning. Sama halnya dengan daun sirih, daun salam memiliki zat anti bakteri. Banyak bakteri tersebut mempunyai sifat merusak pada gigi bahkan membentuk plak-plak yang membuat gigi tampak buruk.

Kandungan daunsalam seperti minyak atsiri dan tanin yang melimpah sangat cocok untuk mencegah timbulnya bakteri pada mulut. Minyak atsiri sebagai antiseptik dan dikombinasikan dengan tanin yang berfungsi sebagai pembunuh kuman dan bakteri penyebab plak-plak pada gigi.

BACA:  10 Cara Membersihkan Usus Besar Secara Alami

Dengan cara merebus air dengan daun salam, kemudian digunakan untuk berkumur adalah cara paling mudah untuk dilakukan. Sangat dianjurkan berkumur air rebusan daun salam sesudah Anda menggosok gigi. Karena rebusan daun salam yang mengandung antiseptik yang berfungsi sebagai sterilisasi mulut Anda.

9. Mengkonsumsi Susu

Minum Susu Tanpa Proses Pasteurisasi

Image Credit: Mymilk.com

Mengkonsumsi susu atau produk olahan yang terbuat dari susu sangatlah penting bagi kesehatan. Oleh sebab itu, kita sangat dianjurkan 4 sehat 5 sempurna, yakni salah satunya adalah susu. Banyak dari orang-orang yang masih belum menerapkan susu sebagai minuman yang harus dikonsumsi tiap hari.

Susu mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga mengkonsumsi susu merupakan suatu keharusan. Semua organ dalam tubuh sangat memerlukan banyak nutrisi yang dikandung oleh susu.

Asam folat yang terkandung dalam susu sangat penting untuk kesehatan gigi Anda. Karena asam folat dapat menjaga enamel atau dinding terluar gigi tetap sehat. Tidak hanya itu, banyak mineral-mineral lain yang sangat cocok untuk memutihkan gigi Anda.

Oleh sebab itu, mengkonsumsi segelas susu merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Banyak kandungan yang terdapat pada susu yang sangat bagus untuk kesehatan tulang bahkan gigi sekalipun. Kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi, dapat berfungsi sebagai penguat gigi Anda. Dan juga, kandungan protein di dalam susu untuk menjaga enamel gigi.

10. Berkumur Dengan Perasan Jahe

Perasan Jahe

Image Credit: Kanalaceh.com

Jahe mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya sebagai penghangat tubuh, jahe juga berfungsi sebagai obat sakit gigi. Kandungan antibiotik pada jahe berfungsi untuk membunuh bakteri-bakteri yang ada di dalam mulut. Bakteri-bakteri tersebut selain menyebabkan sakit gigi juga dapat menimbulkan plak-plak yang merubah warna gigi Anda.

Anda dapat menyiapkan satu siung jahe, kemudian kupas bersih. Gosokkan jahe tersebut di area gigi yang berwarna kuning. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal. Namun untuk bagian dalam mulut sangat susah untuk dilakukan. Oleh karena itu, harus dengan perlakuan lain dengan menggunakan jahe tersebut. Yakni menggunakan larutan air jahe.

Dengan cara memarut 1 siung jahe kemudian diperas. Campurkan air perasan jahe tersebut dalam segelas air bersih dan diaduk rata. Gunakan air jahe tersebut untuk berkumur. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin 1 hari sekali untuk mendapatkan gigi putih yang sangat sehat. Selain itu, rasa nyeri pada gusi juga akan hilang setelah berkumur dengan air jahe.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan warna kuning pada gigi anda secara alami. Dan juga selalu jaga kesehatan dan kebersihan gigi anda dengan cara rutin menggosok gigi. Lakukan cara-cara tersebut secara rutin. Karena melakukan cara-cara di atas tidaklah instan. Demikian informasi mengenai cara menghilangkan warna kuning pada gigi secara alami.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba