9 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

9 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Bintik-bintik atau flek hitam umumnya muncul pada daerah tertentu ditubuh seperti wajah, punggung, leher, dada, bahu dan tangan. Ada beberapa penyebab utamanya, yaitu termasuk paparan sinar matahari, penuaan, dan faktor genetika. Faktor-faktor lainnya seperti stres, kehamilan, kekurangan nutrisi, dan lemahnya fungsi hati juga dapat menyumbang masalah kecantikan ini. Flek hitam memang biasanya tidak berbahaya, tetapi banyak orang yang beranggapan bahwa ini membuat penampilan tidak menarik.

Nah, untuk meringankan masalah flek hitam diwajah ini Anda dapat mencoba cara-cara alami yang murah di rumah. Cara ini jauh lebih aman untuk kulit daripada jika Anda menggunakan produk kimia, alih-alih menghilangkan flek, efek sampingnya malah justru dapat merusak kulit. Dengan catatan asal sabar dan telaten, menggunakan cara alami juga pasti kelihatan hasilnya.

Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di Kulit Wajah

1. Air Lemon

Air Lemon memiliki sifat pemutihan yang dapat membantu menghilangkan flek-flek hitam ini. Tak hanya itu, lemon juga dapat membantu menjaga kulit tetap lembut, bersih dan indah.

Caranya cukup mudah, Anda hanya tinggal mengoleskan air lemon segar langsung pada daerah kulit yang terkena flek. Biarkan diam selama 30 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Gunakan cara ini dua kali dalam sehari dengan rentang penggunaan sekitar dua bulan untuk melihat hasil yang diharapkan. Namun jika Anda memiliki kulit yang sensitif, encerkan air lemon dengan air atau tambahkan madu.

Pilihan cara lain yang berbasis lemon adalah dengan cara mencampur air lemon dengan gula secukupnya untuk membuat adonan kental dan digunakan sebagai scrub di wajah yang ada flek hitamnya. Bilas setelah 5 sampai 10 menit pemakaian. Lakukan cara ini beberapa kali dalam seminggu. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak zaitun.

2. Buttermilk

Buttermilk mengandung asam laktat yang dapat membantu pengelupasan kulit untuk menghilangkan noda dan flek coklat tanpa membuat kulit menjadi kering.

Cukup oleskan buttermilk pada daerah yang terkena menggunakan kapas. Biarkan selama beberapa menit sebelum mencucinya dengan air. Jika Anda memiliki kulit yang berminyak atau jerawat, Anda juga dapat menambahkan beberapa air lemon.

Cara lainnya adalah mencampur 4 sdt buttermilk dengan 2 sdt jus tomat, campurkan, kemudian oleskan pada kulit yang terkena. Ulangi salah satu dari cara diatas sebanyak 1 atau 2 kali dalam sehari sampai terlihat hasilnya.

3. Minyak Castor

Minyak kastor memiliki sifat pengobatan yang kuat dan dapat digunakan secara efektif untuk menghilangkan flek hitam atau cokelat terkait usia. Anda juga dapat menggunakan minyak kelapa, minyak zaitun atau minyak almond untuk tujuan ini.

Gunakan bola kapas untuk menerapkan minyak castor pada daerah kulit, sambil ditekan-tekan lembut pada daerah yang memiliki flek selama beberapa menit. Biarkan selama beberapa jam dan kemudian mencucinya dengan air dingin. Lakukan cara ini sekali di pagi hari dan sekali pada malam hari. Tak hanya akan menghilangkan flek, cara ini juga membantu membuat warna kulit menjadi cerah.

4. Cuka Apel

Cuka apel adalah bahan alami yang efektif untuk mengatasi sejumlah masalah kulit termasuk flek hitam. Hal ini akan membantu mengeringkan dan memudarkan flek dengan lebih cepat.

Encerkan beberapa cuka apel dengan air 1 banding 1. Anda juga dapat menambahkannya dengan beberapa sdt madu. Oleskan campuran ini pada kulit yang ber-flek dan mencucinya setelah beberapa menit penggunaan. Lakukan cara ini sekali sehari dalam beberapa hari atau sampai Anda melihat hasilnya.

Kalau tak tahan dengan baunya, adan bisa mencampurkan 1 1/2 cuka apel dengan beberapa sendok makan air jeruk. Gunakan pada kulit yang terkena dan biarkan sampai benar-benar mengering lalu membilasnya. Ulangi cara ini sekali atau dua kali dalam sehari selama empat sampai lima minggu.

5. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya memiliki sifat pengobatan dan mampu membantu meregenerasi kulit. Dengan demikian, tanaman ini sangat baik untuk menghilangkan flek hitam di wajah terutama yang akibat paparan sinar matahari.

Gosokkan gel lidah buaya segar pada daerah yang ber-flek hitam. Biarkan sekitar 30 menit sebelum mencucinya dengan air dingin. Ulangi cara ini dua kali sehari dan dalam rentang waktu satu bulan atau sampai Anda melihat adanya pemulihan.

6. Bubuk Kayu Cendana

Kayu Cendana mengandung agen anti penuaan dan antiseptik yang dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dan menghilangkan flek hitam di kulit.

Anda dapat membuat masker wajah buatan sendiri dengan cara sdm bubuk cendana, 2 sdt air mawar, 1 sdt gliserin dan 1 sdt jus lemon. Gunakan sebagai masker dan biarkan pada daerah kulit yang terkena flek hingga mengering dengan sendirinya. Gunakan air dingin untuk membilasnya. Ulangi cara ini beberapa kali dalam seminggu sampai Anda melihat flek hitam Anda menghilang.

Pilihan cara yang lain adalah dengan menambahkan 1 sdm jus jeruk, 1 sdt lemon dan isi dari 2 kapsul vitamin E dan 2 sdm bubuk kayu cendana. Campurkan dengan baik dan kemudian gunakan pada wajah sebagai masker. Diamkan selama sekitar 1/2 jam sebelum mencucinya dengan air. Lakukan cara ini ini beberapa kali dalam seminggu sampai Anda melihat hasilnya.

Anda juga bisa memijat daerah yang ber-flek dengan beberapa tetes minyak cendana yang dicampur dengan 1 sdm minyak zaitun atau minyak almond setiap hari sebelum tidur, lalu biarkan semalaman.

7. Buah Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim tertentu seperti papain dan asam alfa hidroksi yang dapat membantu pengelupasan kulit dan mengurangi flek hitam terkait usia, noda pada kulit, jerawat dan beberapa masalah kulit lainnya. Hal ini juga mampu memberikan kulit menjadi terlihat lebih bersih dan cerah.

Ambil pepaya mengkal, parut secukupnya dan gunakan untuk menggosok daerah kulit yang ada flek hitamnya. Diamkan selama sekitar 20 menit sebelum mencucinya dengan air suam-suam kuku. Ulangi cara ini dua kali dalam sehari sampai masalah kulit ini memudar.

Note: Beberapa orang bisa alergi dengan getah pepaya. Jadi disarankan untuk melakukan percobaan dulu selama 24 jam sebelum menggunakannya secara rutin.

8. Yoghurt

Cara dasarnya sangat mudah, cukup gunakan yoghurt murni langsung ke daerah kulit yang ada fleknya. Biarkan mengering sendiri selama sekitar 20 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Untuk memperoleh hasil yang lebih cepat, gunakan sebelum tidur dan biarkan semalaman.

Anda juga bisa membuat menjadi paket kulit dengan mengkombinasikan 1 sdm yogurt murni, 2 sdm oatmeal dan 1 sdt air lemon. Oleskan pada kulit dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Setelah itu gunakan pelembab secukupnya. Lakukan beberapa kali dalam seminggu.

9. Bawang Merah

Cara alami lainnya yang sangat mudah dan murah adalah dengan menggunakan bawang. Bumbu umum ini memiliki sifat asam dan zat yang bersifat memutihkan, yang akan membantu memudar kan flek hitam di kulit. Selain bawang merah, Anda juga dapat mencoba bawang putih.

Cukup mengiris bawang dan menggosokkan irisan diatas daerah kulit yang ber-flek hitam, sebanyak dua atau tiga kali dalam sehari.

Pilihan lainnya adalah dengan mencampurkan 1 sdm bawang dengan 2sdm madu dan terapkan pada daerah kulit yang terkena. Diamkan selama sekitar 15 menit sebelum mencucinya secara menyeluruh sampai bau bawang yang kuat sirna. Lakukan sekali atau dua kali dalam sehari.

Dengan asumsi Anda memiliki kesabaran ketika menggunakan cara alami ini, niscaya Anda akan melihat hasil positif secepatnya. Flek hitam ini tidak akan hilang dalam satu atau dua minggu, sehingga Anda mungkin perlu untuk sabar selama beberapa minggu.

Tak hanya mengobati flek hitam di kulit wajah dari luar, Anda juga perlu untuk mengobatinya dari dalam dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi khususnya bermanfaat bagi kulit.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga
10 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga
Inilah 13 Menu Makanan Diet Sehat & Lezat untuk Menyukseskan Program Anda
Inilah 13 Menu Makanan Diet Sehat & Lezat untuk Menyukseskan Program Anda
15 Tips Diet Sehat Alami yang Aman & Hasilnya Cepat
15 Tips Diet Sehat Alami yang Aman & Hasilnya Cepat
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
15 Cara Merawat Rambut Kering & Rontok yang Mudah Dipraktikkan di Rumah
15 Cara Merawat Rambut Kering & Rontok yang Mudah Dipraktikkan di Rumah
10 Tanda-Tanda Awal Kehamilan yang Mudah Dikenali
10 Tanda-Tanda Awal Kehamilan yang Mudah Dikenali
10 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesuburan & Ibu Hamil
10 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesuburan & Ibu Hamil
Inilah Penyebab Kemandulan (Infertilitas) pada Wanita dan Pria
Inilah Penyebab Kemandulan (Infertilitas) pada Wanita dan Pria
9 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Produksi ASI
9 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Produksi ASI