13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba

13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba

Wanita hamil memiliki tingkat sensitif yang tinggi akibat perubahan hormon. Wanita yang sedang hamil rentan terkena stretch mark. Stretch mark adalah peristiwa meregangnya kulit akibat pecahnya jaringan kolagen pada lapisan dermis. Dermis adalah lapisan kedua dari luar kulit setelah epidermis. Stretch mark mudah dialami oleh orang yang kulitnya tidak elastis.

Wanita yang sedang hamil disarankan untuk tetap berolahraga untuk menjaga elastisitas kulit namun sesuai dengan porsinya. Peluang seseorang mengalami stretch mark adalah pertama karena obesitas. Selanjutnya karena faktor genetika, masa kehamilan terutama hamil usia muda, masa pubertas dan lain-lain.

Semua hal yang terjadi tentu bisa dicegah. Untuk mencegah stretch mark Anda tentu disarankan menerapkan pola hidup sehat seperti makan-makanan gizi seimbang, banyak mengkonsumsi air putih, dan hindari pengobatan dengan kortikosteroid. Jika stretch mark terlanjur Anda alami, berikut ini 13 cara untuk menghilangkannya.

1. Bubuk Coklat

Bubuk Coklat

Image Credit: Retnamudiasih.com

Kandungan vitamin C pada bubuk coklat berdampak baik bagi kulit karena vitamin C membantu memproduksi kolagen pada kulit serta membuat kulit tampah lebih cerah. Hal ini akan membantu menghilangkan stretch mark. Bubuk coklat juga mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas.

Cara menghilangkan stretch mark menggunakan bubuk coklat adalah dengan membuatnya menjadi pasta. Caranya siapkan bubuk coklat dan air atau minyak zaitun secukupnya. Campurkan kedua bahan dan aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pada bagian stretch mark dan tunggu hingga mengering. Lalu bersihkan dengan membilasnya menggunakan air hangat.

2. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Image Credit: Sehatq.com

Minyak zaitun mengandung zat linoleic acid yang berfungsi menjaga kadar air pada kulit. Minyak zaitun juga mengandung polifenol yang bisa membantu mencerahkan kulit. Kondisi fisik dari stretch mark sendiri membentuk guratan pada bagian tubuh yang berlemak, stretch mark berwarna merah terkadang juga ungu. Minyak zaitun bisa digunakan dengan atau tanpa campuran bahan lainnya.

Untuk menghilangkan stretch mark menggunakan minyak zaitun hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghangatkan minyak zaitun bisa menggunakan panci atau microwave. Kemudian ambillah minyak secukupnya dan oleskan ke area stretch mark dengan rata. Lakukan pemijatan dengan lembut sekitar 10 menit. Biarkan hingga minyak mengering. Lalu bersihkan.

Anda juga bisa mengkombinasikan beberapa bahan dengan minyak zaitun ini seperti lidah buaya, cuka, lemon, madu, garam, bubuk almond dan lain-lain. Namun dalam teknik mengoleskan bahan-bahan ini hindari penggunaan scrub pada area perut. Karena tekstur scrub cenderung kasar dan kulit perut ketika hamil tentu tipis, hal ini dikhawatirkan membahayakan janin.

3. Kentang

Kentang

Image Credit: Hellosehat.com

Selain bisa dibuat masker untuk wajah, kentang juga berpotensi membantu menghilangkan stretch mark perut dengan segera. Kentang mengandung antioksidan dan vitamin C dimana kandungan tersebut dapat membantu meregenerasi kulit (mengangkat sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan kulit baru). Kentang baik untuk dikonsumsi wanita hamil untuk mencegah keguguran.

BACA:  10 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesuburan & Ibu Hamil

Cara menghilangkan stretch mark menggunakan kentang Anda bisa membuatnya seperti masker atau untuk lebih mudahnya gunakan irisan-irisan kentang. Cara membuat masker kentang pertama kupas kentang dan parut kentang secukupnya. Aplikasikan parutan kentang pada kulit stretch mark. Tunggu sekitar 10 menit lalu bilas dengan air.

4. Putih Telur

Putih Telur

Image Credit: Alodokter.com

Putih telur telah dipercaya dalam hal mencerahkan kulit sejak dulu. Kandungan protein pada putih telur membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada telur dan mencerahkan kulit sehingga stretch mark akan segera hilang. Selain itu putih telur juga mengandung asam amino yang dapat membantu menyembuhkan iritasi kulit.

Cara memakainya, pertama pecahkan telur dan pisahkan putih telur dengan kuningnya. Kocok telur hingga berbusa. Sebelum mengolesi kulit stretch mark Anda dengan putih telur bersihkan terlebih dahulu agar putih telur meresap dengan sempurna. Olesi daerah stretch mark menggunakan kuas atau tangan. Diamkan hingga mengering. Bersihkan dengan air dingin.

5. Gel Lidah Buaya

Lidah Buaya

Image Credit: Sehatq.com

Kandungan lidah buaya atau lebih terkenal dengan sebutan aloe vera ini banyak mengandung zat yang baik untuk kesehatan kulit. Untuk ibu hamil tidak disarankan mengkonsumsi aloe vera ini karena dikhawatirkan untuk keselamatan janin. Tapi untuk ibu hamil cukup dengan mengoleskan saja pada bagian kulit stretch mark.

Cara menggunakannya, potong daun lidah buaya. Pisahkan gel lidah buaya dari daunnya. Campur dengan air hangat. Oleskan pada kulit stretch mark dan pijat dengan lembut. Melakukan pemijatan pada area perut tidak disarankan untuk ibu hamil. Oleskan saja pada stretch mark bagian seperti paha dan pantat. Biarkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air bersih.

6. Tomat

Tomat

Image Credit: Reviewed.com

Tomat sangat baik untuk perawatan kulit, tomat juga bisa membantu menghilangkan stretch mark. Vitamin C pada tomat dapat meningkatkan elastisitas kulit. Tomat juga mengandung antioksidan lycopene yang dapat melindungi kulit dari kerusakan kolagen dan melindungi akibat paparan sinar matahari.

cara menghilangkan stretch mark dengan tomat pertama potong menjadi 2 atau 4 bagian. Untuk mendapatkan sisi lebih banyak potong menjadi 4 saja. Kemudian gosokkan dengan perlahan pada bagian permukaan tomat pada bagian kulit stretch mark, biarkan hingga kering lalu bersihkan. Cara kedua Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung untuk membantu produksi kolagen.

Dalam penggunaan lemon Anda tentu bisa mencampurkan bahan-bahan tambahan. Bahan yang boleh dicampurkan antara lain mentimun, minyak almond, kentang, lidah buaya dan lain-lain. Penggunaan lemon tidak dianjurkan terlalu sering memakainya. Kandungan vitamin C berpotensi memicu iritasi pada kulit. Untuk hasil maksimal setidaknya gunakan 2x seminggu.

BACA:  10 Tanda-Tanda Awal Kehamilan yang Mudah Dikenali

7. Wortel

Wortel

Image Credit: Alodokter.com

Campuran kandungan antioksidan, vitamin C dan vitamin E pada wortel efektif dalam membantu menghilangkan stretch mark. Selain dapat mencerahkan kulit, wortel juga dapat meratakan warna kulit. Jika Anda tidak mau ribet untuk membuat olesan, bisa dengan mengkonsumsinya. Jika dikonsumsi tentu kandungan gizi wortel akan lebih maksimal diserap tubuh.

Cara membuat olesan dari wortel pertama kupas wortel seperti ketika Anda akan memasaknya. Potong wortel secukupnya dan iris kecil-kecil. Kemudian haluskan wortel bisa dengan blender. Setelah halus Anda boleh menambahkan sedikit madu untuk hasil maksimal. Oleskan campuran tadi ke bagian kulit stretch mark. Tunggu dan biarkan hingga meresap lalu bilas.

8. Minyak Yang Mengandung Vitamin E

Vitamin E

Image Credit: Alodokter.com

Dalam upaya menghilangkan stretch mark ini ada beberapa macam pilihan. Anda bisa dengan mengoleskan gel vitamin E yang dapat membantu pertumbuhan kulit sehingga stretch mark akan segera hilang. Anda juga bisa dengan mengoleskan minyak vitamin E yang dihasilkan oleh minyak nabati seperti minyak zaitun dan minyak kelapa.

Selain cara di atas Anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitaim E. Makanan yang mengandung vitamin E antara lain paprika merah, bayam, tomat, alpukat dan lain-lain. Mengkonsumsi vitamin E disarankan dengan porsi yang pas terutama untuk ibu hamil karena jika kekurangan bayi rentan lahir premature dan jika berlebihan dapat memicu pendarahan.

9. Lemon

Lemon

Image Credit: Rd.com

Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon dapat mempercepat regenerasi kulit sehingga membuat stretch mark cepat memudar. Jika dikonsumsi lemon akan lebih bermanfaat bagi tubuh karena lemon dapat memaksimalkan produksi kolagen. Namun mengkonsumsi lemon berlebihan juga tidak baik apalagi untuk ibu hamil. Cukup gunakan lemon dari bagian luar saja.

Caranya siapkan 1 atau 2 buah. Potong menjadi 2 bagian atau 3 bagian untuk mendapatkan sisi lebih banyak. Oleskan bagian belahan lemon pada kulit stretch mark dengan rata. Biarkan mengering kurang lebih setengah jam. Kemudian bersihkan dengan membilasnya menggunakan air hangat.

10. Minyak Castor

Minyak Castor

Image Credit: Journal.sociolla.com

Minyak castor atau lebih dikenal dengan minyak jarak merupakan salah satu bahan yang dapat membantu menghilangkan stretch mark. Minyak jarak dapat meratakan warna kulit karena minyak jarak membantu meningkatkan pertumbuhan jaringan kulit yang sehat. Selain itu minyak jarak berkhasiat menghidrasi kulit.

Cara membuat minyak jarak yang harus dilakukan pertama-tama jemur biji jarak selama 2 hari. Pecahkan biji jarak dengan kulitnya. Giling biji jarak kemudian peras hasil gilingan tersebut sampai keluar minyak jarak. Di zaman yang sudah maju ini mungkin akan sulit menemukan biji jarak, namun Anda jangan khawatir karena minyak castor ini bisa didapatkan di apotek.

BACA:  10 Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki yang Perlu Anda Ketahui

Cara menghilangkan stretch mark menggunakan minyak jarak sangat mudah. Oleskan saja secara rutin minyak jarak pada area kulit stretch mark. Lakukan pijatan lembut dengan gerakan melingkar, untuk wanita hamil jika ragu jangan dilakukan di area perut, karena pijatan haruslah benar-benar lembut, lalu bersihkan dengan handuk yang sudah dicelup dengan air hangat.

11. Ampas Kopi

Ampas Kopi

Image Credit: Merahputih.com

Mungkin banyak yang mengira bahwa ampas kopi tidak berguna sehingga langsung dibuang. Namun tidak seperti itu, ampas kopi mengandung senyawa dicaffeoylquinic acid dimana senyawa ini menghasilkan zat antioksidan. Antioksidan berfungsi meregenerasi kulit dan menangkal radikal bebas. Sehingga dapat membantu menghilangkan stretch mark.

Siapkan kopi hitam murni tanpa campuran apapun. Cara membuatnya tentu buat kopi dulu tanpa gula. Ambil ampas kopi lalu oleskan ampas kopi ke bagian tubuh stretch mark. Biarkan selama sekitar 20 menit agar meresap. Setelah itu bersihkan dengan membilasnya. Untuk mendapatkan hasil optimal lakukan secara rutin.

12. Cuka Apel

Cuka Apel

Image Credit: Wooomania.com

Cuka apel memiliki kandungan kalsium, magnesium, mineral dan kalium. Dimana kandungan ini efektif dalam menghilangkan stretch mark. Senyawa tersebut mampu membilas racun dan retensi air di area perut dan paha. Perut dan paha adalah bagian tubuh yang rawan terkena stretch mark. Selain itu kandungan asam pada cuka dapat meregenerasi kulit.

Cara menggunakannya oleskan cuka apel ke daerah stretch mark secara merata menggunakan kapas. Lakukan pijatan lembut, untuk wanita yang sedang mengandung tidak disarankan memijat area perut namun bisa di area lain seperti paha. Lakukan sekitar 15 menit. Diamkan sekitar 1 jam. Anda bisa menemukan cuka apel di supermarket, bisa juga apotek.

13. Mengkonsumsi Lebih Banyak Air Putih & Rutin Berolahraga

Image Credit: Hellosehat.com

Tubuh dengan kandungan lebih banyak air bagus untuk kulit. Karena kelembaban kulit yang baik akan membuat kulit lebih kencang dan lembut. Di sisi lain bukan hanya dapat menghilangkan stretch mark saja. melainkan wanita yang sedang hamil lebih banyak membutuhkan cairan karena untuk memproduksi cairan seperti air ketuban dan cairan ASI.

Berolahraga dapat membantu menghilangkan stretch mark jika dilakukan dengan rutin. Dengan berolahraga kulit dan otot akan lebih kencang sehingga stretch mark akan hilang. Namun untuk ibu hamil dianjurkan melakukan olahraga ringan saja dan pilihlah jenis olahraga yang aman seperti menghindari benturan.

Itulah cara untuk membantu menghilangkan stretch mark saat hamil. Sebagian dari wanita yang hamil merasakan menurunnya tingkat kepercayaan diri akibat perubahan bentuk yang drastis. Dalam hal ini tentu risiko stretch mark besar terjadi. Namun masalah ini dapat diatasi dengan cara-cara di atas. Di sisi lain disarankan untuk tidak berlebihan dalam menjalaninya karena dikhawatirkan kulit akan iritasi.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Kurma yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba