Inilah 13 Menu Makanan Diet Sehat & Lezat untuk Menyukseskan Program Anda

Inilah 13 Menu Makanan Diet Sehat & Lezat untuk Menyukseskan Program Anda

Semua orang baik itu laki-laki maupun perempuan, pastinya sangat menginginkan badan yang sehat dan indah. Oleh sebab itu, tak heran banyak orang berlomba-lomba untuk melakukan segala cara agar tubuh yang diinginkan dapat tercapai. Salah satunya adalah dengan mengikuti program diet. Seperti yang kita tahu, diet dapat menjadi cara yang efektif untuk membentuk tubuh yang diinginkan.

Banyak orang telah melakukan berbagai jenis program diet dari yang paling mudah hingga yang ekstrim. Jika Anda melakukan program diet, Anda tentunya juga harus memperhatikan kesehatan tubuh juga. Diet yang sangat menyiksa juga tidak akan berdampak baik bagi tubuh Anda. Anda perlu untuk menerapkan diet yang sehat agar kondisi tubuh juga masih terjaga kesehatannya.

Namun, tidak sedikit orang seringkali berakhir gagal di tengah proses diet. Hal ini seringkali terjadi, salah satunya dikarenakan makanan yang dikonsumsi untuk diet dinilai tidak lebih lezat dari makanan yang lain. Menyebabkan banyak orang juga tidak sanggup bertahan. Tapi jangan khawatir, Anda dapat menyimak 13 menu makanan diet yang sehat dan lezat sebagai berikut:

1. Oregano dan Kacang Almond

Oregano dan Kacang Almond

Image Credit: Grid.id

Seperti yang kita tahu, oregano seringkali digunakan sebagai bahan untuk masakan terutama pada masakan barat. Oregano cocok bagi Anda yang ingin melakukan diet karena mengandung vitamin K, serat, kalsium, dan zat-zat organik yang dapat memperlancar pencernaan Anda.

Selain itu Anda juga dapat mengombinasikan oregano dengan kacang almond. Kacang almond tentunya tidak asing lagi bagi banyak orang karena kelezatan juga khasiat yang dimiliki. Kacang almond merupakan jenis kacang-kacangan yang rendah kalori. Mengonsumsi kacang almond sebagai pengganti snack juga merupakan pilihan yang tepat.

2. Yoghurt dan Pisang

Yoghurt dan Pisang

Image Credit: Bollywoodremind.com

Menu yoghurt dan pisang adalah kombinasi yang tepat untuk dikonsumsi. Anda dapat menerapkan menu pisang dan yoghurt sebagai menu sarapan Anda. Seperti yang kita tahu, kandungan dalam yoghurt sangat baik untuk pencernaan. Terutama apabila Anda mengonsumsinya sebagai bagian dari program diet sehat maka akan sangat membantu.

Selain itu, Anda dapat mengkonsumsi yoghurt dan pisang saat setelah Anda berolahraga. Jika Anda merasa lapar usai berolahraga, jangan mengonsumsi makanan berat terlebih dahulu. Anda dapat mengonsumsi pisang dan yoghurt sebagai penggantinya. Kandungan glukosa pada pisang juga akan sangat bermanfaat bagi pembentukan otot.

3. Roti Gandum dan Alpukat

Roti Gandum dan Alpukat

Image Credit: Dreamers.id

Roti gandum merupakan salah satu jenis makanan lain yang perlu Anda coba ketika menjalani program diet. Roti gandum memiliki beberapa kandungan nutrisi seperti serat dan vitamin yang baik bagi tubuh. Mengonsumsi roti gandum juga akan memberikan efek kenyang lebih cepat dan lebih tahan akan rasa lapar.

BACA:  10 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Saat mengonsumsi roti gandum, Anda juga dapat menjadikan buah alpukat sebagai olesan diatas roti. Anda dapat menghaluskan buah alpukat dengan blender maupun dengan dicacah kecil-kecil. Perlu Anda ketahui juga bahwa buah alpukat memiliki kandungan lemak baik yang mudah dibakar oleh tubuh untuk menghasilkan energi.

4. Paprika Hijau dan Sandwich

Paprika Hijau dan Sandwich

Image Credit: Bukalapak.com

Sandwich sayur dapat Anda coba sebagai menu makanan diet sehat Anda. Sandwich yang didalamnya terdapat berbagai jenis sayur-sayuran akan sangat bermanfaat bagi program diet Anda. Hal ini dikarenakan dalam sayur-sayuran terkandung berbagai macam vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

Jika Anda mengonsumsi sandwich sayur, Anda juga dapat menambahkan paprika hijau. Hal ini dikarenakan paprika hijau dapat menurunkan kadar kolesterol dan membakar lemak di tubuh. Bagi Anda yang memiliki permasalahan tumpukan lemak yang ada pada area tubuh, Anda dapat memanfaatkan paprika hijau. Paprika hijau tentunya akan sangat membantu dalam program diet Anda.

5. Oatmeal dan Pisang

Oatmeal dan Pisang

Image Credit: Winnetnews.com

Menyediakan oatmeal di rumah terutama saat program diet adalah pilihan yang sangat tepat. Karena tidak dapat dipungkiri, oatmeal dapat menjadi bahan makanan utama yang dapat Anda konsumsi ketika masa diet. Oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi, membuat Anda cepat kenyang dan tidak mudah lapar.

Anda dapat menggabungkan oatmeal dengan pisang agar rasa oatmeal tidak terlalu hambar. Rasa pisang yang manis akan membuat menu ini menjadi lebih lezat. Kelezatan inilah yang dapat membuat Anda bertahan lebih lama di program diet Anda tanpa perlu memaksakan lidah merasakan menu diet yang kurang lezat.

6. Bayam dan Buah Pir

Bayam dan Buah Pir

Image Credit: Theasianparent.com

Kombinasi antara bayam dan buah pir dapat Anda jadikan pilihan sebagai minuman jus pada program diet Anda. Bayam dan buah pir telah menjadi bahan makanan favorit bagi para vegetarian karena kombinasi dua bahan ini akan sangat menyegarkan dan berkhasiat bagi tubuh Anda.

Selain mengolahnya menjadi minuman, Anda juga dapat mengonsumsi bayam dan pir sebagai camilan sehat Anda ketika diet. Bayam dan pir akan sangat mengenyangkan apabila dikonsumsi. Cocok untuk diterapkan sebagai menu untuk pengganjal lapar sebelum waktunya untuk mengonsumsi makan berat. Anda juga akan sekaligus menambah asupan nutrisi.

7. Bubuk Kayu Manis dan Keripik Apel

Bubuk Kayu Manis dan Keripik Apel

Image Credit: Viva.co.id

Keripik apel merupakan camilan yang sangat lezat. Jika Anda sedang dalam program diet dan ingin makan keripik sebagai camilan, Anda dapat mencoba jenis keripik buah seperti keripik apel. Seperti yang kita ketahui apel mengandung berbagai nutrisi dan bermanfaat bagi tubuh. Namun, pilihlah keripik apel yang dipanggang agar tidak mengandung lemak.

Jika Anda merasakan keripik apel yang hambar dan kurang bercita rasa, Anda dapat menambahkan bubuk kayu manis agar rasa keripik menjadi lebih manis dan nikmat. Atau Anda juga dapat menambahkan perasan jeruk lemon pada keripik agar lebih segar. Anda dapat menjadikan menu ini sebagai camilan yang menyehatkan.

BACA:  15 Tips Diet Sehat Alami yang Aman & Hasilnya Cepat

8. Alpukat dan Salad

Alpukat dan Salad

Image Credit: Blog.sayurbox.com

Tidak diragukan lagi, salad merupakan makanan yang sangat menyehatkan karena mengandung berbagai jenis sayuran yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan serat harian. Selain itu, salad juga memiliki kandungan berbagai jenis nutrisi seperti vitamin dan mineral yang dapat Anda peroleh.

Jika Anda bosan dengan menu salad pada umumnya, Anda juga dapat mengombinasikan salad dengan alpukat. Seperti yang kita tahu, alpukat juga sangat bermanfaat bagi orang yang melakukan program diet. Penambahan alpukat pada salad ini tentunya juga akan menambahkan khasiat serta kesegaran pada makanan.

9. Yoghurt dan Ubi

Yoghurt dan Ubi

Image Credit: Wowkeren.com

Bagi Anda yang sedang diet, jangan meragukan manfaat yoghurt bagi tubuh Anda. Yoghurt memiliki berbagai macam manfaat salah satunya adalah memperlancar pencernaan dikarenakan pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Yoghurt sangat direkomendasikan sebagai menu diet Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mengombinasikan yoghurt dengan ubi untuk menu diet sehat Anda. Memang perpaduan ini terdengar sedikit aneh, namun Anda perlu tahu bahwa kombinasi ini juga akan sangat bermanfaat bagi tubuh Anda. Bagi Anda yang ingin memiliki lingkar perut kecil, Anda dapat mencoba menu ini karena akan sangat membantu pembentukannya.

10. Telur

Telur

Image Credit: Okezone.com

Telur merupakan jenis bahan makanan yang seringkali digunakan pada berbagai jenis masakan. Hal ini menjadikan telur sebagai bahan makanan favorit dan mudah ditemukan. Begitu pula dengan Anda yang sedang menjalankan diet. Anda dapat mengonsumsi telur sebagai menu diet Anda. Cara pengolahan seperti dikukus atau direbus akan lebih baik untuk menu makanan diet.

Banyak orang yang telah mempraktekkan diet telur untuk mengurangi berat badan mereka. Diet telur juga telah menjadi diet favorit bagi kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan telur mudah diolah. Selain itu rasanya juga akan terasa lezat walaupun tidak diberi bumbui.

Anda juga perlu mengetahui beberapa kandungan yang sangat bermanfaat pada telur. Seperti kandungan protein yang tinggi dan lemak yang sehat. Telur juga rendah kalori sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya. Mengkonsumsi telur sangat cocok untuk menu diet, karena membuat Anda kenyang lebih cepat dan cukup tahan lama.

11. Tahu

Tahu

Image Credit: Faktualnews.co

Tahu, bahan makanan satu ini sangat mudah didapatkan dan terjangkau. Sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan program diet tapi enggan membeli bahan makanan berkelas yang tentunya lebih mahal. Tak perlu khawatir, Anda dapat memilih tahu sebagai menu makanan terbaik dalam program diet Anda. Anda dapat merebus tahu sebagai makanan utama maupun camilan.

BACA:  10 Olahraga Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

Tahu merupakan sumber protein nabati yang baik bagi tubuh, terutama untuk mengendalikan berat badan. Beberapa studi telah membuktikan bahwa pola makan yang tinggi protein nabati akan meningkatkan kerja metabolisme di tubuh untuk membakar kalori yang lebih banyak ketika setiap kali makan.

Perlu Anda ketahui bahwa tahu memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga Anda tak perlu resah dan ketakutan jika berat badan Anda akan naik. Selain itu tahu juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga juga sangat baik untuk pencernaan. Anda juga dapat mengkonsumsi tahu sebagai pengganjal lapar di malam hari.

12. Jamur

Jamur

Image Credit: Dw.com

Jamur merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang melakukan program diet namun juga tetap ingin merasakan kelezatan pada makanan. Hal ini dikarenakan jamur memiliki rasa gurih yang alami. Jamur juga sangat bermanfaat baik bagi kesehatan Anda jika mengonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan.

Sebuah studi pernah menyatakan bahwa jenis jamur tiram berwarna baik cokelat, putih dan abu-abu memiliki kandungan serat dan protein cukup tinggi serta rendah lemak dan karbohidrat. Maka dari itu, jamur dapat dikatakan sebagai makanan yang sangat menunjang Anda untuk melakukan diet namun dengan nutrisi yang juga masih terpenuhi.

Jamur juga dapat dijadikan sumber serat yang baik bagi tubuh. Mengonsumsi jamur ketika diet akan lebih baik jika diolah dengan cara dikukus atau direbus. Anda dapat mencoba mengolah jamur menjadi makanan yang sehat seperti bothok jamur. Mengkonsumsi jamur sebagai menu diet tentunya menjadi pilihan makanan yang sangat lezat.

13. Kentang

Kentang

Image Credit: Hellosehat.com

Bagi Anda yang menjalankan program diet, mengonsumsi kentang dapat menjadi pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan seperti yang kita tahu, kentang merupakan bahan makanan sumber karbohidrat yang sangat mengenyangkan. Selain itu kentang juga kaya akan berbagai nutrisi dan vitamin yang tentunya akan sangat menyehatkan tubuh.

Diketahui bahwa kentang panggang juga dapat menurunkan kelebihan berat badan dengan cara menyerap lemak dan mengeluarkannya melalui kotoran. Hal ini tentunya akan sangat membantu bagi Anda yang menjalankan program diet untuk mengurangi berat badan tanpa membuat Anda menderita.

Anda dapat mengonsumsi kentang sebagai bahan makanan pengganti nasi. Rasanya yang lezat juga akan membuat Anda bertahan lebih lama saat menjalankan program diet. Anda dapat mengolah kentang menjadi beraneka macam masakan yang menggiurkan. Selain itu, kentang juga tidak akan membuat berat badan Anda bertambah secara berlebihan.

Itulah 13 rekomendasi menu makanan diet yang sehat dan lezat. Anda dapat mencoba menerapkan menu-menu tersebut kedalam program diet Anda. Anda juga perlu untuk menyeimbangkan program diet Anda dengan olahraga dan istirahat yang cukup agar hasil yang didapatkan semakin optimal. Semoga bermanfaat!

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba