10 Tips Perawatan Kulit Wajah Secara Alami & Mudah Dilakukan

10 Tips Perawatan Kulit Wajah Secara Alami & Mudah Dilakukan

Kulit adalah jaringan pada tubuh paling luar yang memiliki sensitifitas. Bagian tubuh manusia tersebut memiliki fungsi alat ekskresi atau pengeluaran. Salah satu bagian kulit yang harus selalu diperhatikan salah satunya adalah wajah. Karena kulit wajah terbilang mudah rusak dan banyak menghasilkan sel kulit mati. Wajah ada 4 jenis yaitu kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, dan kulit sensitif.

Selain itu, ada juga di antara sebagian manusia yang memiliki kulit kombinasi. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi elastisitas kulit, kandungan minyak pada kulit dan kepekaan kulit terhadap zat tertentu yang diaplikasikan pada kulit. Khususnya para perempuan, tak heran jika mereka selalu memilih dan banyak menggunakan produk kecantikan secara hati-hati dan yang sudah mendapat ijin.

Seperti diketahui, yang selalu menjadi keluhan pada setiap perempuan adalah kondisi wajah. Banyak yang mengidam-idamkan wajah yang sehat, putih, glowing dan tidak berjerawat. Namun, produk perawatan yang dijual di pasaran belum tentu aman dan dapat membuat wajah menjadi sehat. Oleh karena itu, berikut ada 10 tips perawatan wajah secara alami yang bisa Anda coba.

1. Mencuci Muka

Image Credit: Today.com

Cara yang paling praktis, mudah dan tidak menggunakan banyak produk kecantikan salah satunya adalah dengan mencuci muka. Ketika Anda akan tidur dianjurkan untuk mencuci muka. Karena dengan mencuci muka, bakteri penyebab jerawat tidak akan berkembangbiak di wajah ketika Anda tidur. Selain itu, cara ini bisa mengurangi kadar minyak.

Selain sebelum tidur, cuci muka juga wajib Anda lakukan minimal setelah melakukan kegiatan yang banyak berhadapan dengan polusi, kotoran dan debu. Karena kondisi ini, biasanya wajah Anda akan berminyak yang dapat menimbulkan banyak bakteri penyebab jerawat. Selain itu, mencuci muka juga bisa dilakukan setelah membersihkan make up.

Sabun yang digunakan pun jangan sabun yang mengandung scrub. Gunakan sabun yang creamy foam serta tidak mengandung banyak bahan yang menyebabkan sebum tertinggal di pori-pori. Kemudian gunakan lap wajah dengan handuk lembut dengan cara ditekan-tekan perlahan. Hindari mengusap wajah dengan keras karena bisa menimbulkan pori-pori besar.

2. Konsumsi Buah & Sayur

Buah & Sayur

Image Credit: Okezone.com

Makan sayur dan buah sangatlah penting untuk menjaga agar kulit wajah tetap sehat. Selain itu, dengan mengonsumsi buah dan sayur maka bisa mengurangi penuaan dini. Sayur mengandung banyak serat mineral dan air yang dibutuhkan untuk meregenerasi kulit wajah. Buah juga mengandung banyak kandungan vitamin dan antioksidan yang sangat bagus.

Jenis sayur yang menyehatkan bagi kulit wajah Anda seperti sayuran hijau, wortel, brokoli dan kacang-kacangan yang banyak mengandung vitamin E. Selain itu, jenis buah yang baik untuk kulit wajah adalah buah yang banyak mengandung antioksidan dan vitamin C, seperti stroberi, jeruk, alpukat, anggur, buah naga dan masih banyak lagi.

BACA:  Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Cepat & Mudah Dilakukan

Namun, dalam mengonsumsi buah dan sayur ini Anda harus memperhatikan beberapa hal, seperti konsumsi sayur dan buah secara seimbang dan dibarengi dengan mengurangi makanan yang memiliki kandungan minyak yang tinggi. Karena minyak bisa menyebabkan jerawat. Dengan cara ini kulit wajah Anda bisa terjaga kesehatannya.

3. Minum Air Putih

Image Credit: Hellosehat.com

Air putih adalah salah satu cairan yang mudah untuk didapat. Agar kulit wajah selalu terjaga kelembapannya, Anda disarankan untuk minum air putih sebanyak kira-kira kurang lebih 2 liter atau setara dengan 8 sampai 9 gelas. Air putih dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Dengan minum air putih juga bisa membantu mengurangi masalah kulit.

Selain itu, dengan minum banyak air putih, juga dapat memperlancar proses pencernaan Anda sehingga buang air besar bisa lancar. Karena buang air besar yang tidak lancar dapat menimbulkan wajah Anda penuh dengan komedo dan flek hitam. Selain itu, wajah akan terlihat kusam dan tidak sehat.

Masalah kulit tersebut seperti keriput, eksim serta psoriasis. Selain itu, dengan minum air putih dapat mengeluarkan racun di dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme. Tips yang satu ini adalah yang paling mudah, Anda hanya perlu membiasakan minum ketika makan, setelah aktivitas bahkan sebelum dan bangun tidur.

4. Menggunakan Masker Susu

Masker Susu

Image Credit: Fimela.com

Susu menjadi salah satu alternatif untuk Anda yang ingin hidup dengan kulit sehat. Susu selain bisa diminum juga bisa digunakan sebagai masker. Susu mengandung vitamin D yang berfungsi untuk meningkatkan kolagen kulit. Susu juga mampu membuat kulit menjadi putih, kencang dan lentur.

Selain membuat kulit wajah menjadi putih, kencang dan lentur, susu juga dipercaya bisa membuat kulit wajah Anda kenyal dan bebas dari kerutan. Agar mendapatkan kulit wajah yang kenyal dan bebas dari kerutan ada cara tertentu dalam menggunakan masker susu.

Caranya Anda harus menyiapkan segelas susu segar lalu dicampurkan dengan 4 sendok makan madu. Setelah itu campur susu dengan madu yang sudah ditambahkan tadi hingga madu larut, kemudian oleskan campuran tadi ke wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit. Jika sudah, Anda bisa membilasnya dengan air hangat.

5. Tidur yang Cukup

Menjaga Pola Tidur & Hindarkan Diri Anda Dari Stres

Image Credit: Liputan6.com

Cara yang bisa Anda lakukan selajutnya untuk mendapatkan kulit wajah yang segar dan fresh, Anda perlu mengatur pola tidur Anda. Pola tidur yang standart kira-kira minimal 8 sampai 9 jam setiap malam. Namun, pola tidur ini harus rutin dilakukan dan harus nyenyak. Sehingga pola tidur harus diperhatikan dengan baik, agar kulit wajah tetap kencang.

BACA:  15 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami yang Paling Ampuh

Dalam membiasakan pola tidur yang teratur, Anda juga harus memperhatikan posisi tidur yang bagus, yaitu telentang. Karena pada posisi ini, kulit wajah akan relaks dan tidak tertarik ke arah kanan maupun kiri. Selain itu, usahakan tangan jangan menyentuh wajah karena dapat menghambat kulit wajah untuk bernafas di malam hari.

Fungsi pola tidur yang baik ini dapat membantu kulit dalam meregenerasi sel kulit wajah yang baru, sehingga kulit wajah bisa berkurang keriputnya. Selain itu, kulit wajah bisa lebih bercahaya, lebih cerah, lebih sehat dan tampak halus serta bisa awet muda. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan kulit yang ideal dan awet muda.

6. Masker Mentimun

Masker Mentimun

Image Credit: Kawaiibeautyjapan.com

Mentimun menjadi salah satu buah yang sekaligus sayur. Buah ini selain bisa digunakan sebagai lalapan dan pendamping rujak juga bisa digunakan untuk perawatan wajah. Hal in dikarenakan kandungan mentimun yang bagus untuk perawatan kulit manusia.

Mentimun banyak mengandung vitamin E yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mentimun juga bermanfaat untuk pegmentasi kulit. Selain bermanfaat dalam pigmentasi, mentimun juga dapat menghilangkan lingkar hitam atau kantung mata di sekitar mata.

Untuk bisa memakai masker ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu mentimun bisa di blender dan diambil airnya. Kemudian air itu dioleskan ke kulit wajah. Lalu, diamkan selama 30 menit dan basuh dengan air hangat.

7. Masker Air Cucian Beras

Air Beras

Image Credit: Merdeka.com

Air cucian beras mungkin seringkali tidak dimanfaatkan untuk kecantikan. Kebanyakan air cucian beras hanya digunakan untuk menyiram tanaman saja. Namun, siapa sangka jika air cucian beras memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat membuat kulit wajah kencang, putih, bersih dan awet muda.

Air cucian beras mengandung mineral yang sangat baik. Mineral yang ada pada beras di antaranya berup vitamin B2, vitamin A, vitamin E dan serat yang larut di air ketika beras di cuci.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan air cucian beras untuk cuci muka namun, jangan memakai air. Setelah cuci muka, wajah jangan dikeringkan dengan handuk atau kain. Diamkan hingga kering sendiri.

8. Menggunakan Serum Wajah Alami

Serum Wajah Alami

Image Credit: Hellosehat.com

Jika sudah berbicara tentang serum wajah, maka yang ada di benak kita adalah serum dengan harga yang mahal dan tak setiap orang mau membelinya. Namun, lain yang dibahas dalam artikel ini. Serum yang dimaksud di sini adalah serum yang bisa kita racik sendiri. bahan-bahan yang diperlukan pun cukup mudah dan murah meriah.

BACA:  13 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Mudah Dilakukan

Bahan-bahan yang diperlukan adalah vitamin C tablet, air panas, dan minyak zaitun atau bisa juga diganti dengan jojoba oil. Pertama jadikan vitamin C tablet menjadi serbuk, kemudian tambahkan air panas beberapa sendok makan secukupnya saja. Lalu, tambahkan minyak zaitun atau jojoba oil. Setelah itu campur hinga merata dan masukkan di dalam botol kecil.

Setelah dimasukkan dalam botol Anda bisa mulai menggunakannya dengan mengaplikasikan serum alami tersebut ke kulit wajah. Namun, perlu diperhatikan untuk penggunaannya, disarankan wajah dalam keadaan sudah di cuci atau dalam keadaan bersih. Lalu diamkan beberapa menit hingga serum meresap di wajah. Untuk hasil maksimal gunakan saat tidur.

9. Masker Kentang

Masker Kentang

Image Credit: Merdeka.com

Kentang adalah jenis ubi yang dijadikan sebagai sayuran. Namun, siapa sangka jika kentang menjadi bahan yang bisa dijadikan masker. Kandungan vitamin E yang baik pada daging kentang bisa membuat kulit wajah Anda menjadi bersih, putih dan kencang. Selain itu, kentang bisa membuat kulit wajah Anda tampak awet muda.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat masker kentang. Pertama Anda bisa parut kentang, kemudian campur dengan madu. Aduk parutan kentang dengan madu tadi sampai campur. Lalu aplikasikan kentang parut tadi pada wajah Anda, diamkan selama 15 sampai 20 menit atau sampai kentang kering di wajah.

Setelah sudah, bersihkan masker dengan cara mengelupasnya dari wajah, kemudian basuh wajah dengan air hangat. Selain bisa untuk masker yang membuat kulit wajah sehat, kentang juga bisa membuat Anda menjadi relaks.

10. Masker Bengkoang

Masker Bengkoang

Image Credit: Fimela.com

Bengkoang adalah salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin E yang sangat tinggi. Buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini secara langsung. Namun, selain dikonsumsi secara langsung, buah bengkoang ini sangat bagus jika digunakan sebagai masker.

Untuk membuat masker bengkoang ini, ada beberapa bahan yang perlu Anda siapkan. Di antaranya adalah bengkoang, madu, susu bubuk dan teppung beras. Pertama Anda harus parut atau blender bengkoang sampai lembuat. Kemudian campur bahan lainnya hingga merata. Jika sudah, maka aplikasikan ke wajah sampai rata dan diamkan selama 30 menit.

Jika masker sudah kering, Anda bisa membersihkannya dengan mengangkat masker dengan tangan. Setelah itu bilas dengan air hangat. Tepuk-tepuk wajah Anda agar kandungan masker tadi meresap. Setelah itu, keringkan wajah dengan handuk secara perlahan.

Nah, itulah 10 tips perawatan kulit wajah secara alami dan mudah Anda lakukan di rumah. Selain mudah didapatkan bahannya, Anda juga lebih ringan mengeluarkan biaya, karena bahan yang Anda butuhkan tersedia di rumah Anda. Selain itu, tips-tips di atas kebanyakan adalah rutinitas. Sehingga Anda tinggal membiasakan diri untuk mengatur pola aktivitas Anda yang membuat kesehatan kulit wajah Anda terjaga.

Diet Sehat Makanan Beresiko Makanan Sehat Manfaat Buah Vitamin
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
15 Manfaat Buah Ciplukan yang Kaya Antioksidan Bagi Kesehatan
Perawatan Rambut Perawatan Wajah
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami & Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Terbukti Cepat
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
10 Makanan Bernutrisi Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba
13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil yang Patut Dicoba